Written by 02:05 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Margarin Terbaik

Margarin termasuk salah satu bahan makanan yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kita biasa mengonsumsinya sebagai olesan roti tawar, bahan membuat kue, atau pengganti minyak ketika menumis. Merek yang beredar di pasaran pun sangat beragam, mulai dari Blue Band yang legendaris, Palmia, hingga Rose Brand yang lebih dikenal sebagai produsen tepung.

Sebetulnya, apa sih yang harus Anda perhatikan dalam memilih margarin? Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin yang bisa Anda jadikan perhatian. Setelah itu, kami juga akan memilihkan sepuluh rekomendasi margarin terbaik untuk Anda.

Cara Memilih Margarin

Ada beberapa faktor yang memengaruhi pilihan margarin Anda. Mulai dari rasa, kandungan nutrisi, serta kepraktisan pemakaiannya. Untuk menentukan pilihan margarin yang tepat, perhatikanlah poin-poin penting berikut ini.

Pilih Margarin yang Bebas atau Sangat Sedikit Kandungan Lemak Transnya

Tahukah Anda jika margarin juga bisa memberi efek buruk bagi tubuh meskipun terbuat dari minyak nabati? Margarin dibuat dengan proses yang disebut hidrogenasi. Proses ini dapat mengubah asam lemak tak jenuh (ALTJ) ganda menjadi lemak trans.

Lemak trans sendiri sering dikaitkan sebagai penyebab penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, pembuluh darah, dan diabetes mellitus. Selain itu, lemak trans juga bisa meningkatkan koleserol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Margarin buatan Indonesia biasanya terbuat dari minyak sawit yang dikenal memiliki kandungan lemak seimbang. Komposisi ALTJ gandanya hanya 10% sehingga lebih tahan terhadap proses pemanasan. Margarin yang terbuat dari minyak sawit juga tidak diproses dengan hidrogenasi parsial sehingga kandungan lemak transnya sangat kecil atau bahkan tidak ada.

Lain halnya dengan margarin buatan luar negeri, yang umumnya terbuat dari minyak kedelai atau jagung. Kandungan ALTJ gandanya lebih tinggi sehingga rentan berubah menjadi lemak trans. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih margarin buatan dalam negeri. Anda juga bisa memilih margarin dengan label lemak trans <1%. Selain itu, hindari margarin yang mencantumkan kalimat “mengandung minyak terhidrogenasi” atau “menggunakan hidrogenasi parsial” pada kemasannya.

 Periksa Kandungan Bahan Aditif seperti Pengawet, Pengemulsi, dan Sebagainya

Beberapa merek margarin sering mengeklaim rendah kalori dan lemak sehingga bagus untuk membantu menjaga berat badan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa produk semacam ini sering kali menambahkan bahan aditif tertentu ke dalamnya.

Bahan aditif ini dalam jangka panjang dapat memberi efek negatif bagi kesehatan Anda. Beberapa zat aditif memang sengaja ditambahkan untuk menjaga kualitas margarin dan sulit kita hindari. Di antaranya adalah asam benzoat, asam sorbat, dan butil hidroksida toluena.

Salah satu pengawet sintetis yang diperbolehkan oleh BPOM adalah asam benzoat, dengan kadar maksimal 1000 mg/kg. Bahan pengawet lain yang digunakan dalam margarin adalah asam sorbat dengan batas maksimal 1000 mg/kg. Butil hidroksi toluena adalah antioksidan yang ditambahkan untuk mencegah margarin cepat tengik. Meski demikian, pastikan untuk tidak mengonsumsi zat aditif berlebih, ya.

Pilih Kemasan yang Sesuai Kebutuhan Anda

Margarin yang ada di pasaran dijual dengan berbagai kemasan. Mulai dari kantong plastik atau sachet, aluminium foil, sampai kontainer plastik. Tiap-tiap kemasan tersebut dipilih produsen dengan tujuan tertentu. Sebagai konsumen, sebaiknya Anda memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kantong Plastik: Mudah Ditemukan, tetapi Perlu Disimpan dalam Wadah Tertutup

Margarin di supermarket biasanya dikemas dalam kontainer plastik. Kemasan berupa wadah bertutup seperti ini memang lebih praktis, mudah disimpan, tanpa harus khawatir akan tumpah. Selain kontainer plastik, ada juga margarin yang dibungkus menggunakan aluminium foil. Sayangnya, kemasan seperti ini masih cukup sulit ditemui di Indonesia.

Kemasan margarin yang paling populer adalah kemasan plastik. Kemasan plastik lebih cocok untuk penggunaan margarin yang langsung habis. Sebab, margarin mudah teroksidasi dan menjadi tengik jika tidak ditutup dengan rapat. Jadi, jika Anda membeli margarin kemasan plastik dan tidak habis dalam sekali pakai, pastikan untuk memindahkannya ke wadah lain yang tertutup, agar tetap segar.

Kontainer Sedang: Ukuran yang Pas untuk Penggunaan Sehari-hari

Sumber: Shopee.co.id

Memilih ukuran kontainer margarin yang tepat juga salah satu hal yang krusial. Kontainer ukuran sedang sangat ideal bila Anda membutuhkan margarin untuk penggunaan sehari-hari. Meski dilengkapi dengan tutup, margarin tetap rentan teroksidasi bila kontainernya terbuka saat kita mengonsumsinya. Oleh sebab itu, pilih ukuran yang sekiranya Anda bisa menghabiskannya tidak terlalu lama.

Selanjutnya, kontainer berukuran mini sangat pas bila Anda sedang menjamu tamu atau mengadakan pesta. Ukurannya yang mini akan memberikan kesan lebih elegan dan tentunya lebih higienis. Selain itu, ukuran ini juga lebih praktis karena lebih cepat habis.

Kemasan Besar, Ketika Anda Ingin Membuat Kue

Ukuran margarin yang dijual di pasaran sangat bervariatif, mulai dari 10 gr sampai 5 kg, bahkan lebih. Ukuran 10 gr sangat cocok untuk sajian per porsi yang sering digunakan hotel-hotel untuk menjamu tamunya. Ukuran ini juga cocok bagi anda yang selalu membawa bekal makan siang. Sementara itu, ukuran 200 gr atau 250 gr cocok untuk persediaan sehari-hari di rumah.

Bagi Anda yang sering membuat kue atau memiliki usaha catering, margarin dengan ukaran kiloan adalah pilihan yang cocok. Bila Anda menggunakan margarin sebagai pengganti butter, pilihlah margarin yang berlabel “salt free” atau “margarine for cake”. Dengan demikian, rasa kue yang Anda buat akan tetap terjaga.

Agar Tidak Bosan, Pilihlah Margarin dengan Varian Rasa selain Plain

Tahukah Anda jika sekarang ini ada banyak varian rasa margarin? Selain margarin plain yang kita kenal selama ini, beberapa produsen margarin mengeluarkan produk yang diberi tambahan rasa.

Ada margarin dengan rasa butter yang creamy dan harum sehingga cocok untuk pencinta produk dairy. Ada margarin yang dicampur dengan madu, selai buah, bahkan gula pasir sehingga tercipta perpaduan rasa manis dan gurih. Ada juga margarin rasa bawang putih yang harum dan siap dipakai menumis. Sayangnya, varian-varian ini masih sulit didapatkan di toko online di Indonesia

10 Rekomendasi Margarin Terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi margarin terbaik yang bisa Anda pilih. Tiap-tiap margarin memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi, silakan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

1. Palmia Cooking Margarine

Sumber: Palmia.co.id

Dengan rasa bawang putih, cocok untuk tumisan atau penganan asin.

Diformulasikan dengan menambahkan minyak bawang putih, margarin satu ini ditujukan khusus untuk masakan savory. Rasa bawang putihnya yang gurih akan membantu menonjolkan cita rasa masakan Indonesia yang khas. Selain untuk tumisan, Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat penganan asin, seperti roti pizza. Cukup oleskan produk ini pada roti tawar, tambahkan saus tomat, keju parut, lalu panggang di atas wajan.

Tak hanya membantu dalam hal rasa, inovasi ini juga memadukan kebaikan dari margarin dan bawang putih. Kandungan bawang putih membawa manfaat zat anti kolesterol yang dapat menghambat sel kanker dan penuaan dini. Sst, dengan produk ini, Anda juga bisa menghemat pemakaian bawang putih, lho!

Kadar lemak trans 0 g
Jenis kemasan Plastik
Rasa Bawang
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artifisial alami), minyak bawang putih
Berat bersih 200 g
Kisaran harga Rp7.500

2. Palmia Margarin Serbaguna

Sumber: Palmia.co.id

Kandungan vitaminnya lengkap dan diperkaya asam folat

Vitamin merupakan asupan gizi yang diperlukan tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin adalah dengan menjalankan diet yang seimbang. Namun, tahukah Anda kalau margarin dari Palmia ini juga dilengkapi dengan delapan vitamin yang vital bagi tubuh? Dengan kandungan vitamin A, B1, B2, B12, D, E, niasin dan asam folat, margarin ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin Anda.

Sesuai namanya, margarin ini sangat serbaguna. Anda bisa menggunakannya untuk menumis, memanggang, hingga membuat kue. Tak hanya itu, formula baru margarin serbaguna ini memberikan aroma yang lebih harum. Hal itu tentunya akan membuat masakan Anda menjadi lebih menggugah selera.

Kadar lemak trans 0 g
Jenis kemasan Plastik dan kontainer
Rasa Plain
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artifisial alami), vitamin (A, B1, B2, B12, D, E, niasin, asam folat) antioksidan
Berat bersih 200 g
Kisaran harga Rp6.800

3. Filma Danish Pastry Margarine

Margarin yang tepat untuk danish pastry

Anda pencinta danish pastry dan ingin me-recreate kue favorit Anda? Tenang saja, margarin besutan Filma ini diformulasikan khusus untuk membuat danish pastry. Hal ini akan memudahkan pembuatan kue meskipun Anda bukan seorang baker profesional. Margarin ini memiliki plastisitas dan titik leleh yang sangat sesuai. Bisa dipastikan, hasil lapisannya akan mengembang dengan struktur crumb yang optimal.

Margarin ini terbuat dari minyak nabati yang telah dimurnikan dan dihilangkan baunya. Ia mengeluarkan rasa dan aroma khas butter yang menggoda saat dipanggang. Produk ini sangat cocok digunakan untuk membuat croissant dan raisin danish. Selain memiliki shelf life yang panjang yakni 12 bulan, margarin ini juga telah bersertifikat UKAS Management Systems, ISO 9001, ISO 22000, dan halal MUI.

Kadar lemak trans Tidak dicantumkan
Jenis kemasan Plastik (margarin berbentuk balok)
Rasa Buttery-milky
Komposisi Tidak dicantumkan
Berat bersih 2 kg
Kisaran harga Rp60.000

4. Blue Band Margarine Serbaguna

Kaya nutrisi yang berguna untuk tumbuh kembang anak

Anda mempunyai anak yang pilih-pilih makanan? Jangan khawatir, margarin dari Blue Band ini akan membantu melengkapi kebutuhan gizinya. Margarin ini diperkaya dengan kandungan Omega 3 dan 6 juga enam vitamin (A, D, E, B3, B2, dan B1). Kandungan Omega 3 dan 6 dalam margarin ini setara dengan 250 gr ikan salmon atau tiga gelas susu.

Teksturnya yang padat dengan warna kuning pekat menandakan daya emulsi margarin produksi Unilever ini sangat baik. Produk ini tersedia dalam kemasan plastik, kontainer, dan tube yang praktis. Blue Band Margarine bisa digunakan untuk membuat hidangan gurih atau untuk olesan roti.

Kadar lemak trans 0 g
Jenis kemasan Plastik, kontainer, dan tube
Rasa Plain
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi monodigliserida (nabati), pengawet, kalium sorbat, pengatur keasaman (trinatriumsitrat, asam sitrat), minyak mentega, perisa identik alami mentega, antioksidan BHA & BHT, vitamin B2, pewarna beta karoten CI 75130 (mengandung antioksidan DL alfa tokoferol), sekuestrin EDTA
Berat bersih 250 g
Kisaran harga Rp19.200

5. ForVITA Margarine

Sehat, bebas lemak trans

Banyak orang menghindari produk margarin karena kandungan lemak transnya yang tinggi. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk produk yang satu ini. Margarin forVITA diolah secara khusus sehingga tidak mengandung lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan dapat menaikkan kadar kolesterol. Selain itu, margarin ini juga diperkaya dengan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Produk ini terbuat dari bahan pilihan dari berkualitas tinggi. Teksturnya lembut sehingga cocok untuk olesan roti, memanggang roti, atau memasak. ForVITA Margarine tersedia dalam kemasan kontainer serta sachet yang menarik dan praktis digunakan.

Kadar lemak trans 0 g
Jenis kemasan Kontainer dan sachet
Rasa Plain
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, pengemulsi lesitin kedelai, perias margarine, pewarna anato (CI 75120), (CI 75300), tartrasin (CI 19140), pengatur keaasaman, sekuestran EDTA , antibioksidan (BHA, BHT), vitamin A (mengandung antioksidan) dan vitamin D (mengandung antioksidan A-tocoferol)
Berat bersih 250 g
Kisaran harga Rp11.500

6. Master Martini Gioia Margarine

Sumber: Shopee.co.id

Aromanya tidak akan hilang meski telah melalui proses pembakaran

Butter dapat memberikan roti atau kue tekstur lembut dan aroma yang lezat. Sayangnya, butter dibanderol dengan harga yang lumayan mahal karena terbuat dari lemak hewani. Master Martini Gioia Margarine hadir sebagai subtitusi butter yang lebih murah dengan rasa yang tidak kalah.

Produk ini terbuat dari bahan terbaik berkualitas tinggi. Teksturnya creamy sehingga cocok digunakan untuk membuat krim dekorasi kue. Dengan teknologi enkapsulasi flavor butter, margarin ini mampu memberikan aroma khas butter yang tidak akan hilang bahkan setelah proses pembakaran.

Margarin dari Italia ini cocok untuk berbagai olahan roti, kue, martabak, filling, topping, atau menumis bumbu serta memanggang steak. Ia bahkan bisa digunakan untuk membuat fine biscuit, seperti shortbread.

Kadar lemak trans Tidak dicantumkan
Jenis kemasan Kotak dan Kontainer (bucket)
Rasa Butter
Komposisi Tidak dicantumkan
Berat bersih 1 kg
Kisaran harga Rp38.000

7. Palmboom Cake Margarine

Pilihan utama bakers di Indonesia sejak lama

Margarin produksi Sinar Mas Agribusiness and Food ini telah dipercaya secara turun-menurun oleh bakers di Indonesia. Kepercayaan tersebut telah membuktikan kualitas Palmboom Cake Margarine memang sangat baik.

Pada tahun 2017, produk ini meng-upgrade kualitasnya dengan formulasi baru yang bebas lemak trans. Hal ini menjadikan Palmboom Cake Margarine lebih sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, aroma butter fruity dalam margarin ini tentunya dapat membuat olahan roti atau kue semakin harum dan lezat.

Kadar lemak trans 0 g
Jenis kemasan Kontainer
Rasa Plain
Komposisi Tidak dicantumkan
Berat bersih 500 g
Kisaran harga Rp24.000

8. Mother’s Choice Margarine

Sumber: Shopee.co.id

Margarin kemasan kiloan untuk memasak partai besar

Jika Anda mempunyai usaha katering dan membutuhkan margarin dalam jumlah besar, Mother’s Choice Margarine ini adalah pilihan yang pas. Dengan harga 230.000an, Anda sudah bisa mendapatkan margarin sebanyak 15 kg. Meskipun tergolong murah, tetapi kualitasnya dijamin tidak murahan.

Margarin ini terbuat dari bahan nabati pilihan dan melewati serangkaian pengujian mutu dalam proses produksinya. Tak heran, margarin yang dihasilkan berkualitas tinggi dengan tekstur yang lembut. Aromanya yang fruity dan tahan panas, membuatnya cocok untuk segala jenis olahan katering Anda.

Kadar lemak trans Tidak dicantumkan
Jenis kemasan Plastik
Rasa Fruity
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa identik alami, niasin, vitamin E, antioksidan BHA, sekuestran EDTA, pewarna beta karotena (CI 40800), vitamin A, perisa artifisial, vitamin D, vitamin B2, Pengatur keasaman ( Asam sitrat),Vitamin B1
Berat bersih 15 kg
Kisaran harga Rp255.000

9. Royal Palmia Butter Margarine

Sumber: Palmia.co.id

Tekstur dan aromanya tidak kalah dengan butter

Roti atau kue yang dibuat menggunakan margarin memang tidak selembut dan seharum kue atau roti yang menggunakan butter. Namun, hal itu tidak berlaku jika Anda menggunakan margarin ini.

Margarin ini mengandung butter sehingga tekstur dan aromanya pun menyerupai butter. Teksturnya creamy dengan aroma harum yang sangat khas. Produk ini sangat cocok digunakan untuk membuat kue atau roti. Selain itu, produk ini juga diperkaya dengan delapan jenis vitamin dan asam folat yang dapat menunjang kebutuhan vitamin tubuh.

Kadar lemak trans Tidak dicantumkan
Jenis kemasan Plastik
Rasa Plain
Komposisi Minyak nabati, air, garam, pengemulsi nabati, perisa (artificial alami), vitamin (A, B1, B2, B12, D, E, niasin, asam folat)
Berat bersih 250 g
Kisaran harga Rp8.000

10. Rose Brand Margarine

Produk ekonomis dan sangat mudah ditemui

Margarin dari Rose Brand ini dibuat dari minyak kelapa sawit sehingga dapat dipastikan tidak melalui proses hidrogenasi parsial. Seperti yang sudah dijelaskan, proses hidrogenasi parsial dapat mengubah asam lemak tak jenuh (ALTJ) ganda menjadi lemak trans. Dengan demikian, produk ini tidak akan memberi efek buruk bagi kesehatan Anda.

Margarin yang dilengkapi dengan vitamin A dan D ini hadir dalam kemasan plastik berukuran 200 gr. Produk ini cocok untuk berbagai olahan masakan, mulai dari kue, roti, hingga masakan gurih. Satu lagi, margarin ini sangat ekonomis. Dengan budget lima ribuan saja, Anda bisa memperoleh margarin ini di toko-toko serba ada.

Kadar lemak trans Tidak dicantumkan
Jenis kemasan Plastik
Rasa Plain
Komposisi Tidak dicantumkan
Berat bersih 200 g
Kisaran harga Rp5.300

Kesimpulan

Demikian sepuluh rekomendasi margarin yang kami pilihkan untuk Anda. Apakah ada produk yang menarik dan ingin Anda coba? Bagi Anda yang senang membuat kue, ada baiknya memilih produk dalam kemasan ekonomis. Margarin dengan aroma yang rich dan titik didih tinggi juga akan membantu kue yang Anda buat terasa lebih lezat.

Bagi Anda yang mengonsumsi margarin sebagai olesan roti, sebaiknya memilih margarin dengan tekstur creamy. Hal itu akan memudahkan Anda ketika mengoles dan tidak merusak tekstur roti. Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih margarin yang sesuai.

(Visited 64 times, 1 visits today)