Written by 01:50 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik

Whipped cream merupakan salah satu bahan pembuat dan penghias kue yang paling sering digunakan. Dibandingkan butter cream, whipped cream biasanya lebih disukai karena memiliki tekstur dan rasa lebih enak. Selain untuk makanan, whipped cream juga bisa dijadikan sebagai topping dan penghias minuman.

Brand seperti Pondan, Elle & Vire, Anchor dan lainnya memproduksi whipped cream dengan masing-masing kelebihan. Bila Anda bermaksud membeli whipped cream, kami akan merekomendasikan whipped cream terbaik versi PickyBest untuk Anda. Namun sebelumnya, ketahui cara memilihnya dulu, ya!

Cara Memilih Whipped Cream

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, ada baiknya kami memaparkan cara memilih whipped cream yang tepat terlebih dahulu. Hal ini penting Anda ketahui untuk membantu memantapkan pilihan nantinya. Apa saja yang mesti diperhatikan?

Pilih Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli whipped cream adalah memeriksa bahan dasar pembuatnya.

Dairy Whipped Cream: Berasal dari Lemak Susu dengan Tekstur Lembut

Whipped cream jenis dairy memiliki rasa tawar dengan tekstur lebih lembut dan gurih. Karena tidak memiliki rasa, produk ini lebih cocok digunakan sebagai krim isian seperti ganache cream. Krim isian sendiri biasanya dicampur lagi dengan bahan lain yang nantinya akan tercipta perpaduan rasa lebih enak dan istimewa.

Jenis whipped cream yang sering digunakan dalam pembuatan filling roti ini berasal dari lemak susu hewan. Dari segi harga, produk yang umumnya berbentuk cair ini juga jauh lebih mahal dibandingkan non-dairy whipped cream.

Non-Dairy Whipped Cream: Berasal dari Lemak Nabati untuk Penambah Rasa

Whipped cream jenis non-dairy bercitarasa manis dengan tekstur lebih kukuh. Karenanya, krim ini lebih sering diaplikasikan sebagai penghias kue dan topping pada minuman. Sebagai penghias kue, krim ini lebih bisa bertahan di suhu ruang sehingga tidak cepat meleleh. Berkat rasanya yang manis, krim ini akan membuat minuman seperti mocha, cappucino, dan lainnya terasa lebih nikmat.

Non-dairy whipped cream terbuat dari lemak nabati atau tumbuh-tumbuhan, biasanya dari kelapa sawit. Jenis whipped cream ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki alergi laktosa. Meski kebanyakan memiliki rasa manis, non-dairy juga tersedia dengan rasa tawar. Krim yang bisa mengembang hingga empat kali ini dijual dalam bentuk bubuk dan cair.

Pilih Bentuk Whipped Cream sesuai Penggunaan

Ada tiga bentuk whipped cream yang biasa dijual di pasaran, yaitu cair, bubuk, dan aerosol. Ketiga bentuk whipped cream ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Cair: Rasa Lebih Gurih dengan Konsistensi yang Pas

Whipped cream tipe cair umumnya dijual dalam kemasan kotak yang mudah Anda temukan pada bagian chiller di supermarket. Whipped cream jenis ini bisa langsung dikocok menggunakan mixer tanpa perlu campuran lain. Namun, yang perlu Anda ingat, krim ini harus dikocok hingga mengental dalam keadaan dingin, ya!

Whipped cream cair sering digunakan pada cake bertekstur lembut, seperti chiffon cake, cotton cake, dan sponge cake. Whipped cream tipe cair dianggap lebih baik karena memiliki konsistensi yang pas tanpa tambahan air, sehingga tidak akan menjadi terlalu cair ataupun terlalu kental.

Selain itu, krim ini juga punya rasa yang lebih enak dan gurih dibandingkan whipped cream bubuk. Sayangnya, tipe ini lebih cepat meleleh jika diletakkan di suhu ruang. Karenanya, Anda harus memastikan agar tidak mendiamkan kue lebih dari dua jam. Bahkan, meski disimpan di dalam lemari es, sisanya tetap tak bisa bertahan lebih dari tiga hari.

Bubuk: Tidak Mudah Meleleh dalam Suhu Ruang

Sama halnya dengan whipped cream cair, whipped cream bubuk juga cocok digunakan dalam pembuatan cake bertekstur lembut. Namun, whipped cream bubuk tidak mudah meleleh, sehingga lebih tahan lama dalam suhu ruang. Itulah kenapa krim tipe bubuk lebih banyak dipakai di negara tropis seperti Indonesia.

Meski beberapa terbuat dari dairy, kebanyakan whipped cream bubuk berbahan dasar non-dairy, misalnya lemak kelapa sawit atau lemak biji kedelai. Untuk mendapatkan tekstur maksimal, whipped cream tipe bubuk harus dicampur air es terlebih dahulu sebelum dikocok. Takaran airnya bisa dua kali dari takaran bubuk, atau sesuai panduan yang ada pada kemasan produk.

Selain itu, penggunaan krim tipe bubuk ini juga lebih bisa divariasikan. Misalnya, jika Anda ingin memperkaya cita rasa krim, Anda bisa mengganti air es yang akan digunakan untuk dikocok dengan susu cair dingin. Bahkan, Anda juga bebas menambahkan aneka bahan lain seperti selai dan pasta dengan berbagai rasa.

Aerosol: Praktis dalam Kemasan Kaleng Siap Semprot

Dari ketiga macam whipped cream, bentuk aerosol merupakan yang paling praktis, karena tidak perlu dicampur air. Cukup dengan sedikit menggoyangkan kaleng, lalu semprot, kue maupun minuman Anda langsung ter-cover sempurna. Anda yang ingin berkreasi juga dapat dengan mudah mengatur detail hiasan.

Beberapa kaleng dilengkapi dengan tulip shaped, yakni nozzle yang memudahkan Anda membuat rossete. Di sisi lain, whipped cream aerosol kurang tahan terhadap suhu ruang lebih dari dua jam. Untuk itu, perhatikan penggunaannya juga, ya, agar makanan dan minuman Anda tetap bisa dinikmati.

Pilih Produk Rendah Kalori untuk Anda yang Sedang Diet

Pada setiap 15 gram (1 sdm) whiped cream, terkandung 52 kalori, yang mana di dalamnya mencakup 6 gram lemak atau 9% dari total harian yang direkomendasikan, temasuk 3,5 gram lemak jenuh (17% dari total harian yang direkomendasikan), 1,6 gram lemak tak jenuh tunggal, dan 0,2% lemak tak jenuh ganda.

Oleh karena termasuk bahan makanan yang tinggi lemak, Anda perlu memperhatikan kandungan kalorinya, ya. Sementara bagi Anda yang tengah diet, usahakan memilih whipped cream yang rendah kalori. Sejumlah produsen menggunakan skim milk yang membuat lemaknya 20% lebih rendah dari whipped cream pada umumnya.

10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi whipped cream terbaik untuk referensi Anda. Silakan cermati dan pilih sesuai kebutuhan, ya!

1. Pondan Whip Cream

Sumber: Pondan.com

Tidak rusak meski ditimpa buah ceri, stroberi, dan penghias kue lainnya!

Whipped cream dari Pondan ini menawarkan rasa vanila yang lembut. Anda dapat mengandalkan produk ini untuk mendekorasi kue, yang selain menjadi lezat, juga berpenampilan cantik.

Pondan Whip Cream mempunyai ketahanan yang tinggi pada suhu ruang maupun singin. Anda dapat berkerasi dengan baik tanpa khawatir krim leleh. Bahkan, Pondan menyebutkan whipped cream-nya ini sanggup menahan buah-buahan penghias kue, lho!

Bahan dasarDairy
BentukBubuk
Kalori80 kkal per 15 g
Ukuran250 g
Kisaran hargaRp23.500

2. Puratos Ambiante Topping

Sumber: Blibli.com

Memudahkan kreasi kue, termasuk membuat detail kompleks sekalipun

Krim yang dapat mengembang hingga empat kali ini biasa digunakan untuk topping kue dan fine patisserie. Krim ini bersifat stabil sehingga dapat menutupi cake dengan sempurna. Selain itu, produk ini juga mampu menciptakan dekorasi lebih detail, bahkan untuk bebungaan kecil dan garis-garis tipis sekalipun.

Agar lebih mudah, krim ini memungkinkan untuk diaplikasikan dengan piping bag. Cake yang dihasilkan dapat bertahan tanpa retak hingga lima hari setelah selesai dikreasikan. Puratos Ambiante Topping diklaim bebas laktosa dan protein, serta kemasan UHT sterilized-nya memungkinkan shelf life dalam suhu ruang hingga sembilan bulan.

Bahan dasarNon-dairy
BentukCair
KaloriTidak diketahui
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp58.000

3. Tatua Dairy Whip

Halal, bebas gluten, dan ideal untuk lactovegetarian

Whipped cream satu ini praktis digunakan kapan saja karena dikemas dalam bentuk aerosol. Produk ini memiliki umur simpan dua belas bulan di dalam lemari es. Setelah dibuka, Anda dapat mencuci nozel dan menyimpannya kembali pada suhu 0 – 4 °C.

Krim yang tersertifikasi halal ini memiliki kandungan lemak 20 – 22% lebih rendah dibandingkan whipped cream lainnya. Selain itu, produk ini juga bebas gluten dan cocok untuk lacto-vegetarian.

Bahan dasarDairy
BentukAerosol
Kalori23,4 kkal per 8 g
Ukuran250 g
Kisaran hargaRp40.900

4. Elle & Vire Excellence Whipping Cream

Cepat mengental dengan tekstur kukuh

Produk satu ini telah dipercaya oleh sebagian besar chef di seluruh dunia. Mengandung 35,1% lemak, krim ini mampu memberikan hasil yang stabil dan konsisten. Selain untuk memasak dan membuat cake, krim ini juga cocok digunakan sebagai topping dan isian kue.

Whipped cream asal Prancis ini terbukti cepat mengental dengan tekstur kukuh dan tidak mudah meleleh. Selain itu, krim ini juga dapat dikreasikan ke dalam berbagai varian rasa, membuatnya cocok disandingkan dengan semua hidangan Anda!

Bahan dasarDairy
BentukCair
Kalori335 kkal per 100 g
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp87.500

5. Pritchitts Millac Roselle Supreme Aerosol

Dilengkapi tulip nozzle untuk memaksimalkan kreativitas Anda!

Krim ini merupakan salah satu whipped cream tipe aerosol terbaik. Krim instan ini dapat bertahan dalam bentuk stabil tiga kali lebih lama dari krim susu lainnya. Memiliki nozel berbentuk tulip menjadikannya lebih mudah digunakan, bahkan membuat bunga mawar menghasilkan tampilan lebih rapi dan cantik.

Krim ini bisa bertahan di suhu ruang sehingga tidak perlu disimpan di dalam lemari es. Krim beraroma susu ini cocok digunakan dalam campuran ice cream, yoghurt, desserts, termasuk topping. Meski mengandung mentega, krim ini memiliki rasa universal yang lembut dan tidak meninggalkan rasa minyak di lidah.

Bahan dasarDairy
BentukAerosol
Kalori278 kkal per 100 g
Ukuran250 g
Kisaran hargaRp125.000

6. Anchor Food Professionals Whipping Cream

Sangat stabil sehingga topping dan dekorasi kue lebih tahan lama

Produk ini memiliki masa simpan selama tujuh bulan dalam suhu ruang selama kemasan belum dibuka. Setelah dibuka, Anchor Food Professional Whipping Cream sanggup bertahan kurang dari tiga hari dengan disimpan di lemari es bersuhu 2 – 4 °C.

Krim ini sudah lolos uji asam, membuatnya sangat stabil untuk topping dan dekorasi. Kue Anda takkan roboh, alias keindahan bentuknya tetap terjaga dalam waktu lebih lama. Berkat kualitasnya yang terjamin, krim ini telah menjadi kepercayaan berbagai toko kue.

Bahan dasarDairy
BentukCair
Kalori335 kkal per 100 mL
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp75.000

7. Greenfields Whipping Cream

Dapat digunakan sebagai teman makan buah

Whipped cream ini dapat menciptakan tekstur foam yang baik dengan rasa susu yang gurih, ringan, dan lembut. Produk ini cocok digunakan untuk dekorasi kue maupun topping pada minuman dan hidangan penutup.

Bahkan tak hanya untuk kue dan minuman, krim ini juga bisa digunakan sebagai pelengkap buah, lho. Anda bisa menambahkan krim ini ke dalam sajian buah potong yang asam untuk kenikmatan dan kesegaran lebih.

Bahan dasarDairy
BentukCair
Kalori50 kkal per 15 mL
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp98.000

8. President Whipping Cream

Membuat sajian terlihat mengilap dengan tekstur meleleh

President Whipping Cream sudah melewati penelitian berkelanjutan selama lebih dari tujuh puluh tahun. Krim ini dapat mengembang sempurna dengan hasil yang stabil dan konsisten. Aroma segarnya sedikit banyak ikut memengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan.

Meski bertekstur cair, President memastikan produk buatannya ini dapat bertahan selama 48 jam, asalkan disimpan dalam suhu dingin. Bila Anda hendak membuat ice cream, cokelat, ataupun ganaches, produk satu ini akan membuat hidangan bertekstur melting dengan efek glossy.

Bahan dasarDairy
BentukCair
Kalori336 kkal per 100 g
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp75.000

9. Rich’s Gold Label

Sumber: Richs.co.id

Pilihan utama untuk topping kue, dessert, hingga buah potong

Produk ini dapat memberikan Anda sajian yang memuaskan berkat stabilitas dan kualitasnya yang unggul. Rich’s Gold Label hadir dengan rasa vanila dan susu yang begitu nikmat.

Bila Anda mencari produk berlabel halal, Rich’s Gold Label telah mengantongi halal certificate dari MUI. Dengan krim ini, Anda dapat menghias kue maupun menggunakannya sebagai isian pastry ala barat. Pengin sekadar menaruhnya sebagai penghias buah potong, es krim, atau minuman? Bisa juga, kok!

Bahan dasarNon-dairy
BentukCair
Kalori20 kkal per 7 g
Ukuran907 g
Kisaran hargaRp47.500

10. Tatua Whipping Cream

Bisa juga ditambahkan ke dalam minuman panas

Selain berbentuk aerosol, Tatua juga terkenal akan whipping cream liquid-nya. Produk ini dapat dipilih oleh Anda yang hobi membuat roti dan kue. Bahkan, bagi Anda yang mempunyai kafe, Tatua Whipping Cream bisa diandalkan untuk topping berbagai aneka sajian.

Di samping pengaplikasikan ke minuman dingin, krim ini juga nikmat meskipun ditambahkan ke dalam minuman panas. Menggunakan bahan premium tanpa pemanis buatan, Anda bisa lebih setiap kali menggunakannya. Lebih dari itu, jaminan bebas gluten juga membuat produk ini suitable untuk pelaku diet lacto-vegetarian.

Bahan dasarDairy
BentukCair
Kalori170 kkal per 50 mL
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp65.000

Tabel Perbandingan Whipped Cream

ProdukPondan Whip CreamPuratos Ambiante ToppingTatua Dairy WhipElle & Vire Excellence Whipping CreamPritchitts Millac Roselle Supreme AerosolAnchor Food Professionals Whipping CreamGreenfields Whipping CreamPresident Whipping CreamRich’s Gold LabelTatua Whipping Cream
Bahan dasarDairyNon-dairyDairyDairyDairyDairyDairyDairyNon-dairyDairy
BentukBubukCairAerosolCairAerosolCairCairCairCairCair
Kalori80 kkal per 15 gTidak diketahui23,4 kkal per 8 g335 kkal per 100 g278 kkal per 100 g335 kkal per 100 mL50 kkal per 15 mL336 kkal per 100 g20 kkal per 7 g170 kkal per 50 mL
Ukuran250 g1 L250 g1 L250 g1 L1 L1 L907 g1 L
Kisaran hargaRp23.500Rp58.000Rp40.900Rp87.500Rp125.000Rp75.000Rp98.000Rp75.000Rp47.500Rp65.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi produk-produk pendekorasi kue dari PickyBest lainnya!

Dengan whipped cream, Anda dapat mendekorasi kue untuk mempercantik tampilannya. Selain whipped cream, ada pula cream cheese yang juga sering dipakai sebagai topping kue, roti, bahkan selada.

Apabila Anda pecinta keju, cobalah perkaya rasa hidangan Anda dengan cream cheese. Melalui artikel berikut, kami telah menyiapkan sepuluh cream cheese pilihan. Silakan pilih satu atau lebih yang Anda suka!

Kesimpulan

Whipped cream umumnya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai bahan penghias kue dan minuman. Meski demikian, sebelum memutuskan membeli, sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan kegunaan serta kelebihan dan kekurangan produk, ya! Hal ini penting agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, setelah melihat sepuluh rekomendasi whipped cream di atas, sudahkah Anda menemukan produk yang cocok? Semoga sajian artikel kami kali ini juga dapat memberikan solusi untuk Anda yang ingin memberikan sajian terbaik untuk keluarga tercinta, ya! Selamat berkreasi!

Referensi

Whipping Cream Dairy VS Non Dairy
https://www.titanbaking.com/articles/whipping-cream-dairy-vs-non-dairy/ diakses pada 12 Desember 2020

Mengenal Whipping Cream Non Dairy
http://www.basilicha.com/2013/06/mengenal-whipping-cream-non-dairy.html/ diakses pada 12 Desember 2020

Mengenal lebih dalam tentang whipping cream
https://www.cakefever.com/mengenal-whipping-cream/ diakses pada 12 Desember 2020

Mengenal Whipped Cream dan Cara Pengolahan Untuk Cake Cantik nan Lezat
https://sajiansedap.grid.id/read/10756553/mengenal-whipped-cream-dan-cara-pengolahan-untuk-cake-cantik-nan-lezat/ diakses pada 12 Desember 2020

Apa Bedanya? Whipped Cream vs Heavy Cream
https://resepkoki.id/apa-bedanya-whipped-cream-vs-heavy-cream/ diakses 12 Desember 2020

Whipping Cream Bagus yang Cair atau Bubuk?
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/01/06/298/1281786/whipping-cream-bagus-yang-cair-atau-bubuk/ diakses pada 12 Desember 2020

What Is Whipped Cream?
https://www.thespruceeats.com/whipped-cream-765594/ diakses pada 12 Desember 2020

(Visited 231 times, 2 visits today)