Written by 11:50 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori besar di wajah terkadang mengganggu penampilan. Kotoran, debu, minyak, dan sisa makeup menjadi penyebab masalah tersebut, termasuk kebiasaan memencet komedo. Bila Anda memiliki masalah serupa, Anda bisa melakukan perawatan dengan masker khusus untuk menyamarkan pori-pori.

Anda dapat memilih satu dari beberapa produk masker keluaran Garnier, Himalaya, Mediheal, dan masih banyak lagi. Agar Anda tak salah pilih, kami akan memberikan informasi cara memilih masker tersebut serta merekomendasikan produk terbaiknya kepada Anda. Silakan disimak, ya!

Cara Memilih Masker untuk Menyamarkan Pori-Pori

Agar tidak salah memilih masker, pertimbangkanlah hal-hal seperti kesesuaian jenis masker dengan kondisi kulit, lalu periksa kandungan yang terdapat pada masker, hingga perhatikan apakah komposisinya non-comedogenic atau tidak. Satu per satu mengenai poin-poin tersebut akan kami bahas di bagian ini.

Pilih Jenis Masker sesuai Kebutuhan Kulit Anda

Masker untuk perawatan pori-pori biasanya ada tiga macam, yaitu sheet mask (lembaran), clay mask (tanah liat), dan mud mask (lumpur). Masing-masing masker mempunyai manfaat yang disesuaikan untuk jenis kulit tertentu.

Jika kulit Anda kering, sebaiknya anda memilih sheet mask, masker berupa lembaran tisu yang mengandung serum untuk melembapkan kulit. Untuk kulit berminyak, masker yang cocok untuk Anda adalah clay mask. Dengan bahan dasar tanah liat yang mengandung mineral, clay mask mengatasi masalah jerawat dan komedo akibat kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Sedangkan mud mask cocok untuk semua jenis kulit, karena masker ini mampu menyerap minyak sekaligus memberikan kelembapan pada kulit. Mud mask berbahan dasar lumpur, biasanya diolah dari lumpur laut atau abu vulkanis yang mengandung banyak mineral.

Periksa Kandungan yang Bermanfaat Menyamarkan Pori-Pori

Selain jenis masker, Anda perlu memeriksa kandungan yang terdapat pada masker. Beberapa kandungan yang biasanya terdapat pada masker perawatan pori-pori adalah tea tree oil, hyaluronic acid, retinol, dan niacinamide.

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri yang ada di sel kulit, sehingga dapat mengurangi peradangan dan meminimalisir kemunculan pori-pori. Sedangkan hyaluronic acid menyalurkan nutrisi ke kulit dan menyebabkan kulit menjadi kencang.

Retinol, berfungsi menaikkan produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel kulit, serta membantu mengurangi jerawat, pori-pori tersumbat, dan komedo. Niacinamide berfungsi mengurangi sebum dan kulit mati, sehingga dapat mengecilkan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit yang kasar.

Pilih Masker dengan Kemampuan Deep Cleansing

Selanjutnya, pilihlah masker yang memiliki kemampuan deep cleansing. Artinya, masker dapat membersihkan dengan tuntas hingga pori-pori terdalam, agar pori-pori terbebas dari kotoran dan minyak berlebih. Selain dapat mengecilkan pori-pori, masker dengan fungsi deep cleansing juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Untuk mendapatkan deep cleansing, Anda bisa memilih masker yang mengandung charcoal dan exfoliator. Beberapa ahli kulit percaya bahwa masker charcoal dapat menarik kotoran dari kulit karena sifatnya yang menyerap bakteri dan racun di dalam tubuh.

Sementara exfoliator dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fisik dan kimia. Exfoliator fisik memiliki tekstur butiran-butiran halus yang terdapat pada masker, yang berperan untuk mengeksfoliasi kulit. Agar kulit tidak iritasi, sebaiknya gunakan masker yang butirannya lembut.

Lalu, exfoliator kimia memiliki kandungan asam AHA dan BHA. AHA atau glycolic acid berperan untuk menghilangkan penyumbatan pada pori-pori kulit akibat sel kulit mati, debu, dan sisa makeup. Sedangkan BHA atau salicylic acid berperan memecah kotoran dan minyak, meminimalisir terjadinya penyumbatan pada kulit, menghilangkan jerawat, dan mengecilkan pori-pori.

Utamakan Memilih Produk yang Komposisinya Non-Comedogenic

Produk dengan komposisi non-comedogenic adalah hal berikut yang harus Anda perhatikan. Masker non-comedogenic akan membantu Anda terhindar dari munculnya komedo dan jerawat, terutama bagi Anda yang berkulit berminyak serta rentan berjerawat.

Bermanfaat untuk mengatasi jerawat ringan, bahan-bahan yang termasuk dalam komposisi non-comedogenic adalah benzoyl peroxide, resorcinol, salicylic acid, dan sulfur. Bahan-bahan baik ini juga bisa Anda temukan pada produk minyak non-comedogenic untuk kulit kering.

10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori

Cara-cara memilih masker perawatan pori telah Anda ketahui dan pahami. Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi masker untuk mengatasi masalah pori-pori Anda. Pilih yang paling cocok, ya!

1. Himalaya Purifying Neem Mask

Masker lumpur untuk mencegah jerawat, noda, dan polutan kulit

Himalaya Purifying Neem Mask adalah masker perawatan wajah yang terbuat dari daun neem berkandungan antibakteri, Fuller’s Earth atau lumpur tanah liat yang mengandung mineral tinggi, serta kunyit yang mengandung antiseptik dan antiinflamasi.

Kandungan alami yang banyak manfaat tersebut bekerja sama untuk mengatur sekresi minyak berlebih pada wajah, membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan mencegah jerawat. Dengan demikian, wajah Anda akan menjadi lebih sehat, lembut, dan bersih dari polutan.

Jenis maskerClay mask
Tipe kulitBerminyak, rentan berjerawat
Kandungan utamaNeem, turmeric, fuller’s earth
Preferensi bahan aditifBebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran/isi100 gr
Kisaran hargaRp40.000

2. Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae

Sheet mask yang memberi nutrisi pada kulit kombinasi

Charcoal yang terkandung dalam masker ini berkemampuan dalam menyerap dan membersihkan kotoran hingga menyeluruh. Apalagi, ditambah dengan ekstrak black algae, LHA, dan hyaluronic acid, kesemuanya bila dipadukan akan menghasilkan tampilan pori-pori yang halus dan kulit cerah.

Masker ini cocok dipakai untuk kulit kombinasi cenderung berminyak. Setiap lembar produk Garnier ini mampu menutrisi wajah yang setara dengan satu minggu kadar konsentrasi serum. Setelah pemakaian satu minggu, kulit akan terasa lebih halus, tampak bening dan sehat.

Jenis maskerSheet mask
Tipe kulitKombinasi cenderung berminyak, pori-pori besar
Kandungan utamaBlack algae extract, LHA, & hyaluronic acid
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikon
Ukuran/isi28 gr/1 sheet
Kisaran hargaRp20.700

3. Skin Game Pore Armor – Pore Clay Mask

Masker tanah liat untuk pori-pori bersih dari kotoran

Sesuai dengan namanya, Pore Armor, masker dari Skin Game ini dibuat untuk melindungi dan merawat pori-pori wajah. Sangat cocok digunakan sebelum aplikasi makeup, masker ini fokus mengatasi masalah komedo, pori-pori besar, dan area T yang berminyak.

Produk ini aman untuk digunakan setiap hari karena tidak mengandung paraben dan alkohol. Selain itu, pemakaiannya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Jenis maskerClay mask
Tipe kulitNormal, berminyak, kombinasi
Kandungan utamaCalcium carbonate, kaolin, zinc oxide
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas alkohol
Ukuran/isi30 gr
Kisaran hargaRp125.000

4. Tony Moly I’m Real Sheet Mask – Red Wine

Sumber: Tonymoly.us

Ekstrak anggur merah untuk kulit yang lebih kencang, sehat, dan lembap

Masker yang berbentuk lembaran ini mempunyai kandungan ekstrak anggur merah yang mampu mengecilkan pori-pori serta membuat kulit lebih kencang dan sehat.

Tidak hanya itu, masker dengan tiga lembar lapisan ini juga mengandung bahan-bahan alami yang diperkaya beberapa jenis essence berbeda seperti water-type, micro-emulsion type, dan milky lotion-type untuk melembapkan kulit secara maksimal.

Jenis maskerSheet mask
Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaEkstrak anggur merah, panthenol, Camellia sinensis leaf extract, allantoin
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol
Ukuran/isi21 gr/1 sheet
Kisaran hargaRp11.900

5. Freeman Feeling Beautiful Charcoal & Black Sugar Mud Mask

Angkat kotoran, minyak, dan racun pada wajah sekaligus

Masker lumpur ini, selain melembapkan dan memberi mineral pada kulit, juga memberikan sensasi lembut. Di dalamnya terdapat charcoal yang secara aktif membantu mengangkat minyak, sisa kotoran, dan toksin pada wajah.

Sedangkan black sugar-nya menghidrasi dan memperbaiki tekstur kasar pada kulit. Dengan segala keuntungan detoksifikasi tersebut, masker ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Jenis maskerMud mask
Tipe kulitNormal, kering, berminyak
Kandungan utamaActivated charcoal & black sugar
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, cruelty-free
Ukuran/isi175 mL
Kisaran hargaRp81.400

6. Mediheal H.D.P Pore-Stamping Black Mask EX

Ampuh hilangkan jerawat, komedo, dan tanda-tanda penuaan

Masker berbentuk lembaran ini berfungsi merawat pori-pori wajah, menghilangkan komedo, dan sebagai anti-aging. Dengan perpaduan ekstrak jamur Russula Maximowicziana Fr. Schm and Hig Definition Pixel Solution, masker ini mengontrol sebum dan menjadikan kulit lebih bersih serta sehat.

Bebas dari bahan aditif, produk dari Korea ini tidak hanya cocok untuk kulit dengan masalah minyak dan jerawat, tapi juga cocok untuk segala tipe kulit.

Jenis maskerSheet mask
Tipe kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaGlycerin, charcoal powder, adenosine, sodium hyaluronate extract, ekstrak jamur Russula Maximowicziana Fr. Schm
Preferensi bahan aditifBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran/isi25 mL/1 sheet
Kisaran hargaRp28.000

7. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Masker multifungsi dengan kandungan abu vulkanik dari pulau Jeju

Abu vulkanik yang kaya akan mineral, dibuat sebagai bahan baku kosmetik setelah mengalami proses pemanasan 150 derajat dan ditumbuk menjadi bubuk halus. Dengan struktur yang berpori, bahan ini memiliki daya serap yang sangat baik terhadap sebum berlebihan dan sel kulit mati.

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X dari Innisfree ini merupakan clay mask 10-in-1 yang mengandung Jeju Volcanic Cluster Sphere™. Dengan kandungan mineral tinggi, masker ini dapat mengencangkan pori-pori, melembutkan tekstur kulit, mencerahkan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Jenis maskerClay mask
Tipe kulitKombinasi, berminyak
Kandungan utamaJeju Volcanic Clusters & Spheres™, bubuk dari kulit buah kenari & unsur AHA
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, cruelty-free
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp131.000

8. Naruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear Mask

Kandungan karbon aktifnya mampu tingkatkan metabolisme untuk kulit lebih sehat

Sheet mask ini mengandung karbon aktif yang dirancang untuk menyerap minyak berlebih, mencegah timbulnya jerawat, dan menjaga keseimbangan minyak-air pada kulit. Tea tree oil-nya berfungsi mengatur dan membersihkan kulit, dapat mengencangkan pori-pori dan meningkatkan elastisitas, menjadikan kulit lembut, halus, dan tidak kusam.

Bahan-bahan lain yang terkandung di dalamnya, seperti salicylic acid dan tranexamic acid, masing-masing berfungsi meningkatkan laju metabolisme dan melembutkan lapisan luar kulit, serta meningkatkan kilau kulit juga mengurangi pigmentasi dan menghilangkan noda.

Jenis maskerSheet mask
Tipe kulitSemua jenis kulit, terutama berminyak & berjerawat
Kandungan utamaSalicylic acid, saw palmetto, lentil seed extract, Phytoferulin®, witch hazel extract, tranexamic acid, piroctone olamine, pore-refining factors, hyaluronis acid, tea tree oil, mentha piperita oil
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon
Ukuran/isi26 mL/1 sheet
Kisaran hargaRp25.160

9. GlamGlow Supermud® Clearing Treatment

Sumber: Glamglow.com

Lumpur super untuk perawatan kulit berjerawat

Masker lumpur ini diciptakan dan dikembangkan oleh dermatologis untuk melawan masalah kulit dan ketidaksempurnaan kulit. Mengandung activated-x charcoal, produk ini bakal membersihkan pori-pori dengan mengangkat kotoran, toksin, dan minyak dari area terdalam kulit.

Kandungan lainnya adalah super 6 acid, yang berfungsi melepas dan membersihkan sel-sel kulit mati, membuat kulit menjadi segar dan halus.

Jenis maskerMud mask
Tipe kulitSemua jenis kulit, terutama kulit rentan berjerawat, berminyak, & pori-pori  besar
Kandungan utamaActivated-x charcoal, super six acid blend, K-17 clay, Teaoxi™ eucalyptus leaves
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran/isi50 gr
Kisaran hargaRp1.095.000

10. AXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack

Sumber: Axis-y.com

Mengandung 61% ekstrak Mugwort untuk kulit cerah dan sehat

Berbahan utama ekstrak mugwort, sebuah tanaman sejenis bunga aster yang mengandung vitamin serta antioksidan dan antiradang, membuat produk ini efektif menenangkan kulit yang teriritasi atau radang, serta merevitalisasi kulit dari kerusakan.

Selain itu, masker ini juga mengatasi kulit kasar dengan butiran adzuki bean yang dapat mengeksfoliasi kulit mati secara lembut. Tak cuma itu, butiran exfoliator-nya sekaligus membersihkan pori-pori untuk menghasilkan kulit yang cerah dan sehat.

Jenis maskerClay mask
Tipe kulitSemua jenis kulit, terutama kulit berjerawat, komedo, pori-pori besar, kusam, & iritasi
Kandungan utama61% mugwort extract, adzuki bean seed powder, kelp extract, artichoke leaf extract, Vigna radiata seed extract, Houttuynia cordata extract, Nelumbo nucifera leaf extract
Preferensi bahan aditifBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran/isi100 mL
Kisaran hargaRp185.000

Tabel Perbandingan Masker untuk Menyamarkan Pori-pori

ProdukHimalaya Purifying Neem MaskGarnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black AlgaeSkin Game Pore Armor – Pore Clay MaskTony Moly I’m Real Sheet Mask – Red WineFreeman Feeling Beautiful Charcoal & Black Sugar Mud MaskMediheal H.D.P Pore-Stamping Black Mask EXInnisfree Super Volcanic Pore Clay MaskNaruko Tea Tree Shine Control & Blemish Clear MaskGlamGlow Supermud Clearing TreatmentAXIS-Y Mugwort Pore Clarifying Wash Off Pack
Jenis maskerClay maskSheet maskClay maskSheet maskMud maskSheet maskClay maskSheet maskMud maskClay mask
Tipe kulitBerminyak, rentan berjerawatKombinasi cenderung berminyak, pori-pori besarNormal, berminyak, kombinasiSemua jenis kulitNormal, kering, berminyakSemua jenis kulitKombinasi, berminyakSemua jenis kulit, terutama berminyak & berjerawatSemua jenis kulit, terutama kulit rentan berjerawat, berminyak, & pori-pori besarSemua jenis kulit, terutama kulit berjerawat, komedo, pori-pori besar, kusam, & iritasi
Kandungan utamaNeem, turmeric, fuller’s earthBlack algae extract, LHA, & hyaluronic acidCalcium carbonate, kaolin, zinc oxideEkstrak anggur merah, panthenol, Camellia sinensis leaf extract, allantoinActivated charcoal & black sugarGlycerin, charcoal powder, adenosine, sodium hyaluronate extract, ekstrak jamur Russula Maximowicziana Fr. SchmJeju Volcanic Clusters & Spheres™, bubuk dari kulit buah kenari & unsur AHASalicylic acid, saw palmetto, lentil seed extract, Phytoferulin®, witch hazel extract, tranexamic acid, piroctone olamine, pore-refining factors, hyaluronis acid, tea tree oil, mentha piperita oilActivated-x charcoal, super six acid blend, K-17 clay, Teaoxi™ eucalyptus leaves61% mugwort extract, adzuki bean seed powder, kelp extract, artichoke leaf extract, Vigna radiata seed extract, Houttuynia cordata extract, Nelumbo nucifera leaf extract
Preferensi bahan aditifBebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas silikonBebas paraben, bebas alkoholBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkoholBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe, cruelty-freeBebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, cruelty-freeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikonBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safeBebas paraben, bebas sulfat, bebas alkohol, bebas silikon, fungal acne safe
Ukuran/isi100 gr1 sheet30 gr21 gr/1 sheet175 mL25 mL/1 sheet100 mL26 mL/1 sheet50 gr100 mL
Kisaran hargaRp40.000Rp18.600Rp125.000Rp11.900Rp81.400Rp28.000Rp131.000Rp25.160Rp1.095.000Rp185.000
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi pilihan masker wajah dari PickyBest lainnya!

Saat pori-pori terbuka akibat tumpukan kotoran, wajah Anda rentan berkomedo dan berjerawat. Selain itu, kondisi wajah yang berbeda ikut menentukan jenis masker yang tepat.

Untuk memperoleh perawatan terbaik, gunakanlah masker wajah sesuai peruntukkannya. Berikut, kami sediakan rekomendasi pilihan masker wajah berdasarkan fungsi dan kondisi wajah pengguna. Selamat memilih!

Kesimpulan

Apa pun jenis kulit Anda, perawatan wajah sangat penting untuk menghindari masalah-masalah kulit dan pori-pori, mulai dari jerawat, komedo, kulit kusam, hingga iritasi. Untuk itu, Anda memerlukan perawatan seperti masker wajah yang sesuai dengan kulit dan kebutuhan kulit Anda.

Setelah membaca uraian ini, kami harap Anda semakin mudah menemukan masker yang berguna untuk menyamarkan pori-pori Anda. Lakukan perawatan selain secara rutin, juga pastikan dengan benar. Semoga berhasil!

Referensi

Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit
https://www.alodokter.com/jenis-jenis-masker-wajah-dan-manfaatnya-bagi-kulit diakses pada 26 Januari 2021

The Best Ingredients For A Pore Minimizer
https://www.healthyhairplus.com/best_ingredients_for_pore_minimizer_s/4878.htm diakses pada 26 Januari 2021

How Does Retinol Work on the Skin?
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-does-retinol-work diakses pada 26 Januari 2021

Minimize Pores and Tighten Skin with Hyaluronic Acid Serum
https://artnaturals.com/blog/minimize-pores-and-tighten-skin-with-hyaluronic-acid-serum.html diakses pada 26 Januari 2021

The Best Retinol Serums and Creams for Smoother, Brighter Skin
https://www.glamour.com/gallery/best-retinol-creams-serums diakses pada 26 Januari 2021

What Is Niacinamide: How It Works, How to Use It and All the Ways It Can Help Your Skin
https://theskincareedit.com/what-is-niacinamide diakses pada 26 Januari 2021

What Are the Benefits of a Charcoal Face Mask?
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/charcoal-mask-benefits diakses pada 26 Januari 2021

Yuk Kenali 9 Kandungan Skincare yang Kamu Butuhkan untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah
https://nose.co.id/kandungan-skincare-untuk-mengecilkan-pori-pori/ diakses pada 26 Januari 2021

What Noncomedogenic Means in Skin Care Products
https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/non-comedogenic diakses pada 26 Januari 2021

(Visited 1.255 times, 1 visits today)