Written by 01:05 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik

Minyak wijen biasa digunakan sebagai penambah rasa pada masakan atau sebagai dressing salad. Tak hanya digunakan di rumah makan atau restoran, kini minyak wijen semakin digemari oleh masyarakat luas sehingga banyak digunakan pada masakan sehari-hari di rumah.

Di pasaran, banyak pilihan minyak wijen, seperti merek ABC, Oh Guan Hing, Chee Seng, dan sebagainya. Anda yang masih awam sulit menentukan minyak wijen yang paling cocok? Tenang, di artikel ini, kami akan jelaskan cara memilih serta merekomendasikan minyak wijen terbaik untuk Anda. Selamat membaca!

Tak Hanya Melezatkan Masakan, Minyak Wijen juga Menawarkan Manfaat Kesehatan

Minyak wijen dibuat dari biji wijen mentah yang diperas dengan tekanan tinggi hingga menghasilkan minyak beraroma khas. Beberapa jenis minyak wijen memiliki titik didih tinggi sehingga dapat digunakan untuk menumis dan menggoreng makanan, sementara yang lainnya dapat langsung dituangkan di atas makanan.

Selain melezatkan masakan, minyak wijen punya banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya, minyak wijen mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, memiliki sifat antiinflamasi untuk mencegah peradangan, dan mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, minyak wijen juga dapat membantu mengontrol gula darah, membantu mengobati radang sendi, mempercepat pengobatan luka, mengurangi rasa sakit, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, meningkatkan kesehatan rambut, serta memperbaiki kualitas tidur.

Cara Memilih Minyak Wijen

Bila Anda ingin mulai menggunakan minyak wijen, Anda dapat memilih berdasarkan jenis bijinya, metode pengolahannya, sertifikasi BPOM dan label halal, serta kemasan dan ukuran yang Anda butuhkan dalam memasak. Untuk lebih jelasnya, simak uraian selengkapnya berikut ini.

Jenis Biji Wijen akan Memengaruhi Warnanya, Biji Hitam atau Biji Putih?

Ada dua jenis biji wijen yang perlu Anda ketahui, yaitu wijen hitam dan wijen putih. Perbedaannya, wijen hitam kulitnya tidak dikupas, sedangkan wijen putih kulitnya dikupas hingga memperlihatkan bagian dalam biji yang berwarna putih.

Perbedaan ini menghasilkan rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda. Karena masih memiliki kulit, biji wijen hitam terasa lebih pahit dan lebih renyah dengan kandungan kalsium yang lebih kaya dari wijen putih. Sedangkan wijen putih memiliki rasa yang lebih manis dan pedas.

Dalam penggunaannya, biji wijen hitam biasa digunakan untuk hidangan berwarna terang, beraroma kuat dengan rasa gurih, dan menggunakan rempah-rempah seperti mi atau sushi. Sementara biji wijen putih biasa digunakan pada makanan penutup beraroma ringan, berwarna gelap, dan dipanggang seperti kue atau hamburger.

Periksa Metode Pengolahan untuk Mendapatkan Karakter Rasa yang Anda Inginkan

Berdasarkan metode pengolahannya, ada beberapa varietas minyak wijen yang dibuat dengan biji mentah atau biji panggang. Biji wijen mentah menghasilkan minyak wijen berwarna terang yang disebut minyak wijen polos atau putih, memiliki rasa yang ringan, dan digunakan sebagai minyak goreng netral.

Sedangkan biji panggang menghasilkan minyak wijen berwarna cokelat muda sampai cokelat gelap. Disebut wijen hitam atau minyak wijen Asia, minyak wijen jenis ini memiliki aroma dan rasa yang kuat, sering digunakan sebagai minyak akhir atau sebagai penyedap rasa pada hidangan panas atau dingin.

Selain kedua varietas di atas, varietas lain adalah minyak wijen murni dan campuran. Minyak wijen murni dibuat dengan proses diperas-dingin tanpa menggunakan panas atau bahan kimia. Anda dapat menemukannya di toko-toko makanan sehat dengan harga relatif mahal.

Jenis lainnya yakni minyak wijen campuran, adalah gabungan minyak wijen panggang dengan minyak lain. Minyak wijen campuran memiliki rasa yang tidak terlalu kuat dan harga yang lebih murah. Anda bisa mempertimbangkan jenis ini apabila tidak ingin terlalu memengaruhi rasa masakan.

Bila Memungkinkan, Periksa Sertifikasi BPOM dan Label Halalnya

Sumber: Pom.go.id

Dalam memilih minyak wijen, coba periksa apakah produk tersebut memiliki sertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Produk makanan yang telah tersertifikasi BPOM artinya telah diakui oleh negara, baik keamanannya untuk dikonsumsi maupun izin edarnya.

Selain itu, jika Anda beragama Islam dan mencari produk berstatus halal, cek pula apakah label halal MUI tertera pada kemasan minyak wijen pilihan Anda. Kabar baiknya, di Indonesia sudah cukup banyak minyak wijen yang tersertifikasi halal MUI.

Pilih Kemasan dan Ukuran sesuai Kebutuhan Memasak Anda

Umumnya minyak wijen dikemas dalam botol plastik dan kaca. Kelebihan kemasan botol plastik adalah ringan dan mudah dibawa, tetapi berdampak buruk bagi lingkungan. Sementara, kemasan botol kaca dapat digunakan berulang kali dan tidak mengubah rasa, tetapi berat dan mudah pecah.

Pertimbangkan juga ukuran isi minyak wijen sesuai kebutuhan memasak Anda. Untuk kebutuhan memasak sehari-hari di rumah, Anda cukup menggunakan ukuran kecil atau sedang, misalnya 100 – 300 mL. Bila kebutuhan Anda untuk berjualan, Anda dapat menggunakan ukuran 1 liter atau lebih yang disediakan oleh beberapa merek.

10 Rekomendasi Minyak Wijen Terbaik

Setelah mengetahui cara memilihnya, kini Anda bisa lanjut menentukan salah satu produk minyak wijen yang cocok untuk Anda gunakan. Berikut kami pilihkan sepuluh minyak wijen yang bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan pilihan.

1. Oh Guan Hing Minyak Wijen Matahari

Sumber: Shopee.co.id

100% wijen asli dengan kualitas terbaik

Produk yang dibuat di pabrik minyak wijen Oh Guan Hing ini menggunakan 100% wijen asli berkualitas terbaik. Biji wijen dipanggang pada suhu optimal sebelum diperas, menghasilkan minyak wijen yang harum dan kaya rasa.

Tidak hanya enak, produk ini juga bebas kolesterol, pengawet, perasa, dan pewarna buatan, serta diperkaya omega 3, 6, 9 dan vitamin E. Dari segi kemasan, tutup botol dibuat agar bisa di-flip untuk memudahkan dalam pemakaiannya.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
PengolahanToasted
SertifikasiBPOM RI MD 111231007135, halal MUI
Ukuran600 mL
Kisaran hargaRp29.400

2. ABC Minyak Wijen

Sumber: Blibli.com

Terbuat dari biji wijen asli dan diproses secara modern

Minyak wijen produksi ABC ini terbuat dari biji wijen asli yang diproses secara modern. Mempunyai aroma yang khas dan menggugah selera, minyak wijen ini dapat dijadikan sebagai pengganti minyak goreng dan cocok digunakan untuk beraneka macam hidangan khas Asia.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
PengolahanTidak disebutkan
SertifikasiBPOM RI MD 109609060013, halal MUI
Ukuran195 mL
Kisaran hargaRp34.900

3. Hong Hien AAA

Berkualitas tinggi tanpa campuran minyak nabati lainnya

Terbuat dari 100% biji wijen asli Indonesia berkualitas tinggi, produk Hong Hien ini dibuat tanpa campuran minyak nabati lainnya. Karena diproses dengan teknologi modern, minyak ini tidak dapat membeku.

Dengan aromanya yang khas, minyak wijen ini tidak hanya akan menghasilkan aneka masakan yang beraroma lezat, tapi juga baik untuk kesehatan. Produk ini tersedia dalam berbagai ukuran kemasan, mulai dari 140 mL hingga 5 liter.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
PengolahanTidak disebutkan
SertifikasiBPOM RI MD 109613022253, halal MUI
Ukuran1 L
Kisaran hargaRp150.300

4. Lee Kum Kee Pure Sesame Oil

Sumber: Id.lkk.com

Terbuat dari biji wijen pilihan yang dipanggang

Minyak wijen keluaran Lee Kum Kee ini terbuat dari biji wijen panggang pilihan. Dengan kemurnian alami 100%, minyak ini baik digunakan untuk mengasinkan makanan dan dapat disajikan langsung pada mi, sayuran, sup, dan salad.

Minyak wijen ini dibuat tanpa MSG, perasa tambahan, bahan pengawet, atau pewarna, sehingga ideal digunakan untuk memasak harian. Dikemas dalam botol kaca, Anda perlu sedikit hati-hati setiap kali menggunakannya.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
Pengolahan bijiToasted
SertifikasiBPOM RI ML 109609102009, halal MUI
Ukuran207 mL
Kisaran hargaRp51.290

5. Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil

Kebaikan alami dari ekstrak biji wijen putih

Chee Seng 100% Pure White Sesame Oil adalah minyak wijen yang terbuat dari ekstrak biji wijen putih yang berkualitas tinggi. Memiliki aroma yang khas, minyak ini dapat digunakan sebagai penyedap rasa untuk berbagai masakan seperti sup, rebusan, atau tumisan.

Dengan desain botol modern yang memperhatikan faktor ergonomis, tutup yang memudahkan pemakaian, hingga faktor lingkungan, produk ini dihasilkan dengan sentuhan tradisi tanpa mengurangi kualitas hasilnya.

Jenis biji wijenPutih
Pengolahan bijiCold-pressed
SertifikasiBPOM RI ML109609494038
Ukuran375 mL
Kisaran hargaRp95.500

6. Ivenet Sesame Oil

Sumber: Blibli.com

Menggunakan biji wijen asli dari Korea

Minyak wijen yang satu ini menggunakan biji wijen pilihan dari Korea dengan kualitas standar ISO 9001. Dengan teknik kompresi, biji wijen ditumis pada suhu rendah dan diperas sekali saja agar terhindar dari benzopyrene dan karsinogen.

Selain lebih bergizi karena mengalami proses perkecambahan, biji wijen juga lebih bersih karena telah dicuci lebih dari tiga kali. Dengan kesegaran biji wijen asli dan premium, minyak wijen ini bisa digunakan untuk tumis atau dicampur langsung pada makanan.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
Pengolahan bijiCold-pressed
SertifikasiBPOM RI ML 109609012828
Ukuran75 mL
Kisaran hargaRp160.000

7. Ottogi Premium Roasted Sesame Oil

Sumber: Ottogi.co.kr

Dari 100% biji wijen utuh dengan tiga kali penyaringan

Terbuat dari 100% biji wijen utuh bukan dari bubuk biji wijen, produk ini merupakan 100% minyak wijen murni. Dalam pembuatannya, biji wijen disaring sebanyak tiga kali untuk memberikan rasa manis dan kaya aroma.

Anda yang mengutamakan produk bebas zat aditif bisa mempertimbangkan Ottogi Premium Roasted Sesame Oil. Tak hanya itu, minyak wijen ini juga dilengkapi nutrisi baik seperti tokoferol dan karotena yang menambah kebermanfaatannya.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
Pengolahan bijiToasted
SertifikasiBPOM RI ML 109609062104
Ukuran320 mL
Kisaran hargaRp118.100

8. Chosen Foods Toasted Sesame Oil

Sumber: Shopee.co.id

Cita rasa Asia dengan rasa kacang yang ringan

Produk Chosen Foods ini dibuat tanpa bahan kimia, pelarut atau hexane, dan dipastikan bebas dari GMO (genetically modified organism). Rasa seperti kacang yang ringan serta warna cokelat yang indah turut menjadi keunggulan produk ini.

Minyak wijen panggang ini sangat cocok untuk menambahkan cita rasa Asia pada aneka masakan terutama sup, saus salad, sayuran, tumis, dan mi.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
Pengolahan bijiToasted
SertifikasiNon-GMO
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp215.000

9. Seng Guan Huat

Sumber: Blibli.com

Murni dan alami dengan tambahan antioksidan

Mengandung 100% minyak wijen murni dan alami, produk dari Seng Guan ini memiliki rasa dan aroma yang kuat. Lengkap oleh antioksidan, minyak wijen ini cocok digunakan sebagai bumbu, saus celup, dan untuk merendam makanan sebelum diolah.

Walau namanya tidak begitu populer, minyak wijen ini tetap unggul dari segi rasa dan kualitas. Anda yang mengutamakan produk berlabel halal MUI juga bisa memilih produk ini.

Jenis biji wijenPutih
Pengolahan bijiTidak disebutkan
SertifikasiBPOM, halal MUI
Ukuran620 mL
Kisaran hargaRp87.499

10. Clearspring Organic Toasted Sesame Oil

Terbuat dari bahan organik dengan cita rasa oriental

Produk ini dibuat dari 100% minyak wijen organik dan dipanaskan dengan suhu maksimum yang direkomendasikan, yaitu 180 °C. Memiliki aroma kacang yang kaya rasa, minyak wijen ini memberikan rasa oriental yang otentik pada makanan.

Tersedia dalam kemasan 250 mL dan 500 mL, minyak wijen panggang ini dapat digunakan sebagai bumbu perendam, saus, dan salad dressing, serta penyedap rasa pada masakan tumis dan mi.

Jenis biji wijenTidak disebutkan
Pengolahan bijiToasted
SertifikasiTidak disebutkan
Ukuran250 mL
Kisaran hargaRp201.550

Tabel Perbandingan Minyak Wijen

ProdukOh Guan Hing Minyak Wijen MatahariABC Minyak WijenHong Hien AAALee Kum Kee Pure Sesame OilChee Seng 100% Pure White Sesame OilIvenet Sesame OilOttogi Premium Roasted Sesame OilChosen Foods Toasted Sesame OilSeng Guan HuatClearspring Organic Toasted Sesame Oil
Jenis biji wijenTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPutihTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanPutihTidak disebutkan
PengolahanToastedTidak disebutkanTidak disebutkanToastedCold-pressedCold-pressedToastedToastedTidak disebutkanToasted
SertifikasiBPOM RI MD 111231007135, halal MUIBPOM RI MD 109609060013, halal MUIBPOM RI MD 109613022253, halal MUIBPOM RI ML 109609102009, halal MUIBPOM RI ML109609494038BPOM RI ML 109609012828BPOM RI ML 109609062104Non-GMOBPOM, halal MUITidak disebutkan
Ukuran600 mL195 mL1 L207 mL375 mL75 mL320 mL250 mL620 mL250 mL
Kisaran hargaRp29.400Rp34.900Rp150.300Rp51.290Rp95.500Rp160.000Rp118.100Rp215.000Rp87.499Rp201.550
Periksa ketersediaan

Yuk, cek rekomendasi minyak untuk memasak dari PickyBest lainnya!

Minyak untuk menggoreng dan menumis terdiri dari banyak macam. Pada artikel ini, kita membahas salah satunya, yakni minyak wijen serta berbagai fungsi dan manfaatnya.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun ataupun minyak goreng sebagai minyak memasak sehari-hari. Berikut, kami juga sudah rangkum produk terbaiknya!

Kesimpulan

Ketika hendak memilih minyak wijen, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda sehari-hari. Tujuannya, selain cocok dengan masakan yang biasa Anda buat, memiliki tampilan yang menggugah selera serta cita rasa yang nikmat, kesehatan juga tetap terjaga.

Demikianlah rekomendasi minyak wijen terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan mana minyak wijen yang paling sesuai untuk Anda. Selamat memilih dan selamat memasak!

Referensi

10 Science-Backed Benefits of Sesame Oil
https://www.healthline.com/nutrition/sesame-oil-benefits diakses pada 18 Februari 2021

Black Sesame Seeds Vs. White: SPICEography Showdown
https://www.spiceography.com/black-sesame-seeds-vs-white diakses pada 18 Februari 2021

What Is Sesame Oil?
https://www.thespruceeats.com/sesame-oils-in-chinese-cooking-4056391 diakses pada 18 Februari 2021

(Visited 50 times, 1 visits today)