Aksesori & Lainnya

10 Power Bank Terbaik Kapasitas 10.000 – 20.000 mAh

Mayoritas baterai HP modern dapat bertahan seharian dalam penggunaan normal. Biar begitu, ada banyak orang yang menggunakan HP-nya untuk kebutuhan berat yang menguras baterai seperti gaming, streaming video, dan sejenisnya. Jika Anda salah satunya, mulailah pertimbangkan untuk memiliki power bank.

Merek power bank sendiri ada banyak, misalnya Anker, Aukey, dan Mophie. Bingung pilih yang mana? Di artikel ini kami sudah merangkum power bank terbaik dari berbagai merek yang ada. Kita periksa satu per satu, yuk!

Cara Memilh Power Bank

Apa saja yang perlu Anda periksa saat memilih power bank? Supaya mudah, kami telah rangkum tips-nya untuk Anda.

Utamakan Penggunaan Baterai berjenis Li-Polymer

Utamakan Penggunaan Baterai Berjenis Li Polymer

Jika membuka casing power bank, akan terlihat beberapa battery cell yang masing-masing mempunyai kapasitas tersendiri, bisa sama bisa berbeda. Baterai yang terdapat di dalam power bank terbaik ini umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu baterai Li-Ion dan Li-Polymer.

Baterai Li-Ion

Bahan elektroda pada baterai Li-Ion diperoleh dari senyawa lithium. Jenis baterai ini bekerja dengan menggerakkan ion lithium dari elektroda negatif ke positif ketika dilepaskan. Ion kemudian kembali lagi sewaktu diisi ulang.

Baterai Li-Ion termasuk yang paling banyak digunakan untuk berbagai elektronik, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Jenis baterai ini memiliki bentuk kotak dengan kemampuan penyimpanan daya listrik lebih.

Baterai Li-Polymer

Li-Po atau Li-Polymer adalah jenis baterai yang bersifat cair. Baterai ini menggunakan elektrolit polimer padat yang dapat mengirimkan data lebih cepat.

Ukuran baterai Li-Polymer lebih ramping jika dibandingkan Li-Ion dan lebih ramah lingkungan. Baterai jenis ini juga memiliki fisik yang fleksibel, tahan lama, serta siklus isi ulangnya lebih panjang.

Pilihlah Jenis Baterai Li-Polymer

Meskipun baterai Li-Ion dapat menyimpan tenaga lebih besar, namun baterai ini tidak tahan panas sehingga pemakaian berlebihan bisa mengurangi usia penggunaannya.

Sementara baterai Li-Polymer yang walaupun biaya pembuatannya lebih mahal, tetapi jenis baterai ini lebih ramah lingkungan, lebih ringan, dan aman serta tidak mudah terbakar.

Pilihlah yang Memiliki Nilai Arus Seimbang dengan Ponsel

Pilihlah yang Memiliki Nilai Arus Seimbang dengan Ponsel

Baterai pada smartphone akan lebih awet apabila ketika diisi ulang memperoleh aliran daya yang seimbang dari sebuah power bank terbaik. Dengan kata lain, perlu bagi Anda menyamakan nilai arus pada power bank dan smartphone Anda.

Ditambah lagi, saat ini sudah semakin banyak diproduksi smartphone maupun gadget dengan fitur pengisian cepat atau fast charging, yang membuat nilai arusnya pun semakin besar.

Mari ambil contoh, anggaplah smartphone atau gadget Anda membutuhkan arus pengisian sebesar 2 ampere, ini berarti power bank terbaik yang hendak Anda beli haruslah mempunyai arus yang sama, tidak boleh lebih rendah.

Selain membuat proses pengisian berjalan normal, kesesuaian arus juga dapat memengaruhi usia baterai yang mampu bertahan lebih lama meski sering diisi dengan power bank terbaik. Untuk mengetahui nilai arus, Anda bisa melihatnya pada kardus ponsel (atau kepala pengisi daya) dan kemasan power bank.

Pertimbangan Jika Ingin Membawa Power Bank ke Pesawat

Pertimbangkan Ini Jika Ingin Membawa Power Bank ke Pesawat

Pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI pada tanggal 9 Maret 2018 penetapannya disebutkan, bahwa seluruh maskapai penerbangan dalam dan luar negeri yang mengudara di atau dari wilayah Indonesia harus memeriksa setiap penumpang dan personel pesawat terkait elektronik berupa baterai cadangan yang dibawa ke dalam pesawat.

Petugas harus memastikan power bank terbaik yang dibawa penumpang hanya mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Untuk power bank yang lebih besar dari 100 Wh namun tidak lebih dari 160 Wh perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dengan syarat lain maksimal dua unit yang boleh dibawa per penumpang. Sementara yang lebih dari itu dilarang dibawa dalam penerbangan.

10 Rekomendasi Power Bank Terbaik

Berikut ini sepuluh power bank terbaik yang kami ambil dari berbagai merek. Satu hal yang perlu diingat adalah makin besar kapasitas baterai, makin besar pula ukurannya. Jadi, pilihlah kapasitas yang Anda butuhkan sambil mempertimbangkan sisi portabilitasnya, ya!

1. Anker PowerCore Speed 20000mAh Quick Charge 3.0 Black – A1278

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Siap menjaga HP Anda tetap hidup selama camping!

Mau camping? Power bank biasa takkan cukup mempertahankan HP Anda agar tetap hidup selama Anda berkemah di alam. Anda butuh power bank terbaik berkapasitas jumbo seperti yang satu ini.

Anker PowerCore berkapasitas 20.000 mAh. Kalau baterai HP Anda berkapasitas 5000 mAh, secara teoritis paling tidak Anda dapat mengecasnya sebanyak empat kali dengan power bank yang bagus ini. HP pun tetap menyala sampai pulang camping!

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pengecasan HP cepat.
  • Kompatibel untuk Android maupun Apple.
  • Kapasitas besar, daya jadi awet.
  • Sudah mendukung protokol QC (Quick Charge) 3.0.
  • Aman dibawa bepergian naik pesawat terbang.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Cukup besar, berat, dan bulky.
  • Pengisian dayanya dari kosong sampai penuh cukup memakan banyak waktu.
Kapasitas 20.000 mAh
Output daya 5V/2A
Jumlah output port 2
Berat 369 g
Dimensi 166 x 62 x 22 mm
Kisaran harga Rp399.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Anker PowerCore+ 13400mAh Quick Charge 3.0 Black A1316H11

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kapasitas tetap besar, bodi lebih kecil!

Jika kapasitas 20.000 mAh dari power bank Anker di nomor sebelumnya terasa overkill karena Anda hanya mencari yang cocok dibawa dalam kegiatan sehari-hari, maka power bank terbaik inilah yang Anda cari.

Kapasitas 13.4000 mAh-nya dapat dipakai untuk dua sampai tiga kali pengecasan—tergantung kapasitas baterai perangkat Anda. Menariknya, meski menawarkan kapasitas yang tetap tergolong besar, ukurannya dibuat lebih kecil supaya portabilitasnya lebih tinggi.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukuran kecil yang muat di saku.
  • Sudah mendukung protokol QC 3.0.
  • Build quality solid.
  • Tetap cepat ketika mengecas beberapa perangkat sekaligus.
  • Bodi tetap adem saat mengecas.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Meski kecil, bobotnya lumayan berat.
Kapasitas 13.400 mAh
Output daya 5V/1.5A
Jumlah output port 2
Berat 303 g
Dimensi 99 x 78 x 22 mm
Kisaran harga Rp299.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Aukey PB-N83 Powerbank Smallest 10.000mAh PD 3.0

blank

Sumber: Aukey.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Salah satu power bank 10.000 mAh terkecil di pasaran

Aukey PB-N83 adalah salah satu power bank terbaik berkapasitas 10.000 mAh dengan ukuran terkecil yang beredar di pasaran. Lebih kecil dari kepalan tangan, produk buatan merek asal Tingkok ini sangat kompeten mengecas perangkat elektronik portabel Anda, mulai dari HP, tablet, bahkan handheld gaming console seperti Nintendo Switch.

Satu hal yang unik dari power bank terbaik ini adalah kemampuannya untuk dipakai mengecas sekaligus dicas di waktu yang sama. Ini menjadi fitur yang makin berguna untuk Anda yang hanya punya satu charger. Dengan begitu, Anda bisa mengecas HP dan power bank bersamaan untuk persiapan esok hari!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kecil dan enteng.
  • Mendukung protokol QC 3.0 dan PD (Power Delivery).
  • Desain compact.
  • Awet.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kabel bawaan tidak mendukung fast charging.
  • Hanya ada 1 output port.
Kapasitas 10.000 mAh
Output daya 18W
Jumlah output port 1
Berat 174 g
Dimensi 27 x 57 x 80 mm
Kisaran harga Rp235.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Redmi Fast Charge Power Bank 20000 mAh

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pengecasan lebih cepat dengan input port USB Type-C

Opsi jumbo lainnya adalah power bank Redmi ini. Tidak hanya berkapasitas besar, power bank terbaik ini juga lebih cepat dicas. Pasalnya, terdapat dua jenis input ports, yaitu microUSB dan USB Type-C.

Pada port USB Type-C, pengecasan ke power bank akan berlangsung lebih cepat. Ini tentu sangat bermanfaat karena untuk mengecas power bank berkapasitas 20.000 memang memerlukan waktu yang cukup lama.

Redmi Fast Charge Power Bank juga dibekali sirkuit yang canggih dan durabel. Diberi perlindungan terhadap overcharging, overheat, dan overvoltage. Power bank terbaik ini akan lebih awet sekaligus aman digunakan.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality kokoh.
  • Aman dibawa naik pesawat.
  • Tidak panas saat mengecas.
  • Cocok untuk segala perangkat elektronik.
  • Harga kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Besar dan berat.
Kapasitas 20.000 mAh
Output daya 5.1 V/3.6 A
Jumlah output port 2
Berat Tidak disebutkan
Dimensi 154 × 73.6 × 27.3 mm
Kisaran harga Rp249.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. RAVPower RP-PB170

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilindungi teknologi iSmart

RAVPower RP-PB170 merupakan power bank 10.050 mAh yang asyik dibawa beraktivitas. Tidak peduli apakah aktivitas tersebut ada di dalam atau luar ruangan, ia siap memastikan HP Anda dapat dicas ulang setidaknya dua kali.

Selain itu, power bank terbaik ini dilindungi oleh teknologi iSmart untuk mencegah dan menghindari overheat, overcharging, dan short circuit. Terdapat juga current stabilizer untuk melindungi dari fluktuasi voltage.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak panas saat dipakai mengecas.
  • Build quality apik.
  • Mendukung protokol QC 2.0.
  • Garansi 18 bulan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Protokol QC 2.0 masih kalah cepat dari QC 3.0.
Kapasitas 10.000 mAh
Output daya DC 5V/2.4A
Jumlah output port 2
Berat 185 g
Dimensi 102 x 63 x 22 mm
Kisaran harga Rp129.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Philips DLP 6812N

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Power bank yang bisa mengecas tiga perangkat sekaligus!

Philips mungkin bukan brand pertama yang terlintas di benak Anda saat memikirkan power bank. Siapa sangka ternyata power bank terbaik buatan merek asal Belanda ini sangat berkualitas dan patut dilirik. Terlihat dari kapabilitasnya yang dapat mengecas dua perangkat sekaligus

Tak hanya sampai situ, power bank terbaik dari Philips ini juga kandidat yang tepat untuk Anda yang mau mengecas dengan cepat. Pasalnya, power bank ini mendukung protokol QC 3.0 dan PD. Jadi, yang apapun pun protokol yang didukung perangkat Anda, pengecasan jadi lebih cepat!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tipis dan ringan.
  • Desain compact.
  • Terlihat elegan.
  • Aman dibawa naik pesawat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kabel bawaan masih microUSB.
Kapasitas 10.000 mAh
Output daya 5V/3A
Jumlah output port 3
Berat 280 g
Dimensi 195 x 95 x 30 mm
Kisaran harga Rp169.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Mophie Powerstation XXL with PD

blank

Sumber: Zagg.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Dilengkapi output port USB Type-C!

Ada lagi power bank 20.000 mAh yang kami rekomendasikan. Mophie Power XXL menawarkan kapasitas jumbo yang cukup untuk mengecas beberapa perangkat atau satu perangkat berkali-kali.

Hal spesial lain yang dimiliki power bank terbaik buatan brand asal Amerika Serikat ini adalah output USB Type-C. Dibanding kompetitornya yang masih kebanyakan masih menggunakan USB-A, pengecasan yang ia lakukan akan lebih cepat.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Fabric finish nyaman digenggam.
  • Bodi durabel.
  • Lampu indikator terang dan memberi tanda ketika sedang mengecas.
  • Mendukung PD.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Berat.
Kapasitas 20.000 mAh
Output daya 18W
Jumlah output port 2
Berat 437 g
Dimensi 154 x 78 x 23 mm
Kisaran harga Rp1.950.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Otterbox Fast Charge Power Bank 20,000 mAh

blank

Sumber: Otterbox.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Lebih cepat dicas!

Mengusung kapasitas 20.000 mAh, Otterbox Fast Charge masuk ke golongan power bank berkapasitas jumbo. Uniknya, meski jumbo, power bank terbaik ini termasuk cepat dicas.

Jika power bank 20.000 mAh lainnya perlu waktu 7-8 jam untuk diisi dari kosong sampai penuh, produk ini hanya membutuhkan waktu 4-5 jam saja.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Build quality solid.
  • Case rubber yang durabel.
  • Tersedia dalam kapasitas 20.000, 15.000, dan 10.000 mAh.
  • Menyimpan daya dalam waktu lama.
  • Aman untuk naik pesawat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Besar dan agak berat.
Kapasitas 20.000 mAh
Output daya 5V/3A (USB-C), 5V/2.4A (USB-A)
Jumlah output port 2
Berat 435 g
Dimensi 159 x 78 x 23 mm
Kisaran harga Rp1.149.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Strom Bitte Smallest QC PD Power Bank 10000 mAh

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Power bank 10.000 mAh ekstra mungil!

Dari namanya saja Anda tentu sudah dapat menebak kelebihan power bank terbaik satu ini. “Smallest” menandakannya sebagai salah satu power bank terkecil di kapasitas 10.000 mAh yang telah mendukung protokol QC 3.0 dan PD.

Biarpun kecil, Strom Bitte sudah diberikan perlindungan tangguh untuk memastikan keawetan serta keamanannya. Di antaranya adalah sensor monitoring heat yang memastikan temperatur power bank tidak kelewat panas. Lalu ada pula mekanisme khusus yang secara otomatis mematikan baterai ketika terjadi gangguan sirkuit.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Ukuran setelapak tangan.
  • Walau kecil sudah tersedia dua output port.
  • Aman untuk naik pesawat.
  • Garansi 18 bulan.
  • Sudah ada output port USB Type-C.
  • Tersedia dalam pilihan warna yang lucu (pink dan abu-abu muda).

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Kapasitas 10.000 mAh
Output daya 5V/2.1A (USB-A), 5V/3A (USB-C)
Jumlah output port 2
Berat 183 g
Dimensi 90 x 63 x 12,6 mm
Kisaran harga Rp189.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Diodel 10.000 mAh Dual USB Solar Power Bank + 2X LED Flashlight

blank

Sumber: Diodel.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Power bank bertenaga surya untuk para petualang!

Di pendakian panjang Anda dan grup sependakian perlu mengecas HP berkali-kali. Masalahnya, power bank 10.000 mAh biasa takkan cukup. Hal ini tak berlaku untuk power bank 10.000 mAh dari Diodel ini.

Pasalnya, power bank terbaik ini bertenaga matahari. Dengan panel surya mini di bodinya, dayanya dapat diisi ulang hanya dengan membuatnya terpapar oleh sinar matahari. Tentu, power bank ini juga dapat dicas dengan normal secara elektrik.

Solar power bank Diodel ini memang dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan para petualang. Selain bertenaga surya, build produk ini sudah waterproof IPX4. Sekadar percikan air atau cipratan air hujan takkan cukup merusaknya. Lalu, terdapat juga 2 senter LED untuk cadangan jikalau senter utama Anda bermasalah.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Durabilitas di atas rata-rata power bank normal.
  • Terdapat katup penutup slot-slot yang ada biar tidak kemasukan air dan debu.
  • Ada fitur kompas.
  • Tetap bisa dicas saat matahari tidak terlalu terik.
  • Garansi 1 tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tidak ada manual book sehingga fitur-fiturnya mesti dikulik sendiri.
Kapasitas 10.000 mAh
Output daya 5V/1A, 5V/2.1A
Jumlah output port 2
Berat 300 g
Dimensi 152 x 77 x 17 mm
Kisaran harga Rp239.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Power Bank

Produk Anker PowerCore Speed 20000mAh Quick Charge   3.0 Black – A1278 Anker PowerCore+ 13400mAh Quick Charge 3.0   Black A1316H11 Aukey PB-N83 Powerbank Smallest 10.000mAh PD   3.0 Redmi Fast Charge Power Bank 20000 mAh RAVPower RP-PB170 Philips DLP 6812N Mophie Powerstation XXL with PD Otterbox Fast Charge Power Bank 20,000 mAh Strom Bitte Smallest QC PD Power Bank 10000   mAh Diodel 10.000 mAh Dual USB Solar Power Bank +   2X LED Flashlight
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Kapasitas 20.000 mAh 13.400 mAh 10.000 mAh 20.000 mAh 10.000 mAh 10.000 mAh 20.000 mAh 20.000 mAh 10.000 mAh 10.000 mAh
Output daya 5V/2A 5V/1.5A 18W 5.1 V/3.6 A DC 5V/2.4A 5V/3A 18W 5V/3A (USB-C), 5V/2.4A (USB-A) 5V/2.1A (USB-A), 5V/3A (USB-C) 5V/1A, 5V/2.1A
Jumlah output port 2 2 1 2 2 3 2 2 2 2
Berat 369 g 303 g 174 g Tidak disebutkan 185 g 280 g 437 g 435 g 183 g 300 g
Dimensi 166 x 62 x 22 mm 99 x 78 x 22 mm 27 x 57 x 80 mm 154 × 73.6 × 27.3 mm 102 x 63 x 22 mm 195 x 95 x 30 mm 154 x 78 x 23 mm 159 x 78 x 23 mm 90 x 63 x 12,6 mm 152 x 77 x 17 mm
Kisaran harga Rp399.000 Rp299.000 Rp235.000 Rp249.000 Rp129.000 Rp169.000 Rp1.950.000 Rp1.149.000 Rp189.000 Rp239.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Ketahui Penghitungan Kapasitas Power Bank secara Penggunaan

Ketahui Penghitungan Kapasitas Power Bank Secara Penggunaan

Banyak orang keliru dalam menghitung kapasitas power bank dengan total penggunaannya untuk mengisi ulang ponsel atau gadget. Misalnya saja, power bank terbaik dengan kapasitas 10.000mAh dapat mengisi ulang hingga 5x ponsel atau gadget yang berkapasitas 2.000mAh.

Sebenarnya, penghitungan semacam tersebut tidaklah tepat, sebab ada variabel-variabel lain yang dilewatkan, seperti konversi tegangan, loss power (tenaga yang hilang), dan kapasitas yang mesti disisakan 10%. Bagi Anda yang ingin membeli power bank, penting untuk mengetahui berapa kali penggunaan power bank berdasarkan kapasitas yang dimiliki oleh setiap produk.

Pertama-tama, Anda harus tahu kalau secara umum power bank mempunyai tegangan 3,7V. Kemudian, untuk melakukan pengisian daya pada baterai smartphone diperlukan tegangan 5V, maka rumusnya adalah sebagai berikut:

(Kapasitas PB x (Tegangan PB : Tegangan yang Dibutuhkan)) – Sisa Kapasitas 10% – Loss Power 10%”

Jadi, mari kita ambil contoh sekaligus penghitungannya:

Variabel utama:

  1. Kapasitas PB = 10.000mAh
  2. Tegangan PB = 3,7V
  3. Tegangan smartphone = 5V
  4. Loss power = 10%
  5. Kapasitas yang perlu disimpan PB = 10%

Jadi, penghitungannya sebagai berikut:

  • Menentukan konversi tegangan: 10.000mAh x (3,7V : 5V) = 7.400mAh
  • Jumlah kapasitas yang harus disimpan: 7.400 x 10% = 740mAh
  • Loss power/tenaga yang hilang: 7.400 x 10% = 740mAh
  • Jumlah total daya PB = 7.400mAh – 740mAh – 740mAh = 5.920mAh

Artinya, pada power bank yang tertuliskan 10.000mAh dengan tegangan 3,7V pada keterangan produk memiliki real capacity sekitar 5.920mAh.

Sebagai akibatnya, smartphone dengan kapasitas baterai 2.000mAh dengan tegangan pengisian 5V dapat diisi ulang sebanyak 2 – 3 kali pengisian. Sebagai catatan, penghitungan ini tidaklah berlaku pada power bank yang diklaim mempunyai real capacity.

Kesimpulan

Power bank adalah solusi untuk mengatasi perangkat kehabisan daya saat tidak ada sumber listrik lain. Bukan hanya petualang alam bebas, masyarakat perkotaan pun membutuhkannya, terutama mereka yang mobilitasnya tinggi.

Kami ingatkan lagi untuk memilih power bank terbaik yang kapasitasnya pas dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu kelewat besar, namun jangan sampai terlalu kecil. Sebabnya, makin besar ukuran power bank, makin besar pula ukurannya. Semoga power bank baru Anda awet, ya!

You may also like

Comments are closed.