Written by 06:23 Aksesori & Lainnya

10 Rekomendasi Power Bank Terbaik

Energizer UE10030MP Powerbank 10000 mAh Quick Charge

Power bank adalah perangkat berupa baterai portabel yang berguna untuk melakukan pengisian daya baterai pada gadget. Power bank menjadi benda penting yang harus dimiliki setiap orang saat melakukan travelling atau perjalanan bisnis. Dengan membawa power bank yang bagus, setiap orang bisa melakukan pengisian ulang baterai saat daya baterai pada smartphone, tablet, atau bahkan kamera digital hendak habis.

Setiap power bank mempunyai kapasitas tampung daya yang berbeda-beda. Anda mungkin sedikit bingung untuk menentukan produk hasil ciptaan brand seperti Xiaomi, Pisen, Anker, atau brand-brand lainnya. Maka itu, kami akan membantu Anda mendapatkan power bank terbaik berdasarkan kebutuhan. Berikut kami ulas cara memilih beserta rekomendasi power bank terbaik yang dapat Anda pilih.

Cara Memilh Power Bank

Sebagai perangkat yang menunjang mobilitas tinggi, power bank haruslah memiliki kapasitas yang besar. Selain memperhatikan kapasitas, Anda juga perlu meninjau aspek lain dari sebuah power bank, seperti jenis baterai yang digunakan, nilai arus yang dimiliki, fitur-fitur tambahan, dan yang tak kalah penting telah memperoleh sertifikasi.

Hal penting lain yang perlu dijadikan pertimbangan juga ialah melihat, apakah power bank pilihan Anda cocok dibawa ke dalam kabin pesawat atau tidak. Dengan begitu, Anda yang terbiasa melakukan perjalanan udara bisa tetap menggunakan power bank saat berada di dalam pesawat. Untuk lebih jelasnya, simaklah panduan lengkap memilih power bank berikut ini.

Ketahui Penghitungan Kapasitas Power Bank Secara Penggunaan

Ketahui Penghitungan Kapasitas Power Bank Secara Penggunaan

Banyak orang keliru dalam mengalkulasikan kapasitas power bank dengan total penggunaannya untuk mengisi ulang ponsel atau gadget. Misalnya saja, power bank dengan kapasitas 10.000mAh dapat mengisi ulang hingga 5x ponsel atau gadget yang berkapasitas 2.000mAh. Sebenarnya, penghitungan semacam itu tidaklah benar, sebab ada variabel-variabel lain yang dilewatkan, seperti konversi tegangan, loss power (tenaga yang hilang), dan kapasitas yang mesti disisakan 10%.

Bagi Anda yang ingin membeli power bank, sangatlah penting mengetahui berapa kali penggunaan power bank berdasarkan kapasitas yang dimiliki oleh setiap produk. Pertama-tama, Anda harus tahu kalau secara umum power bank mempunyai tegangan 3,7V. Kemudian, untuk melakukan pengisian daya pada baterai smartphone diperlukan tegangan 5V, maka rumusnya adalah sebagai berikut: “(Kapasitas PB x (Tegangan PB : Tegangan yang Dibutuhkan)) – Sisa Kapasitas 10% – Loss Power 10%”.

Jadi, mari kita ambil contoh sekaligus penghitungannya:

Variabel utama:

  1. Kapasitas PB = 10.000mAh
  2. Tegangan PB = 3,7V
  3. Tegangan smartphone = 5V
  4. Loss power = 10%
  5. Kapasitas yang perlu disimpan PB = 10%

Jadi, penghitungannya sebagai berikut:

  • Menentukan konversi tegangan: 10.000mAh x (3,7V : 5V) = 7.400mAh
  • Jumlah kapasitas yang harus disimpan: 7.400 x 10% = 740mAh
  • Loss power/tenaga yang hilang: 7.400 x 10% = 740mAh
  • Jumlah total daya PB = 7.400mAh – 740mAh – 740mAh = 5.920mAh

Artinya, pada power bank yang tertuliskan 10.000mAh dengan tegangan 3,7V pada keterangan produk memiliki real capacity sekitar 5.920mAh. Sebagai akibatnya, smartphone dengan kapasitas baterai 2.000mAh dengan tegangan pengisian 5V dapat diisi ulang sebanyak 2 – 3x pengisian. Sebagai catatan, penghitungan ini tidaklah berlaku pada power bank yang diklaim mempunyai real capacity.

Utamakan Penggunaan Baterai Berjenis Li-Polymer

Utamakan Penggunaan Baterai Berjenis Li Polymer

Jika membuka casing power bank, akan terlihat beberapa battery cell yang masing-masing mempunyai kapasitas tersendiri, bisa sama bisa berbeda. Baterai yang terdapat di dalam power bank ini umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu baterai Li-Ion dan Li-Polymer. Anda kami sarankan untuk memilih power bank yang menggunakan jenis baterai Li-Polymer. Mengapa? Perbedaan keduanya bisa dilihat pada poin-poin dan penjelasan berikut ini:

  • Baterai Li-Ion. Bahan elektroda pada baterai Li-Ion diperoleh dari senyawa lithium. Jenis baterai ini bekerja dengan menggerakkan ion lithium dari elektroda negatif ke positif ketika dilepaskan. Ion kemudian kembali lagi sewaktu diisi ulang. Baterai Li-Ion termasuk yang paling banyak digunakan untuk berbagai elektronik, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Jenis baterai ini memiliki bentuk kotak dengan kemampuan penyimpanan daya listrik lebih.
  • Baterai Li-Polymer. Li-Po atau Li-Polymer adalah jenis baterai yang bersifat cair. Baterai ini menggunakan elektrolit polimer padat yang dapat mengirimkan data lebih cepat. Ukuran baterai Li-Polymer lebih ramping jika dibandingkan Li-Ion dan lebih ramah lingkungan. Baterai jenis ini juga memiliki fisik yang fleksibel, tahan lama, serta siklus isi ulangnya lebih panjang.

Melihat perbedaan tersebut, tentu lebih unggul baterai berjenis Li-Polymer. Meskipun baterai Li-Ion dapat menyimpan tenaga lebih besar, baterai ini tidak tahan panas sehingga pemakaian berlebihan bisa mengurangi usia penggunaannya. Sementara baterai Li-Polymer yang walaupun biaya pembuatannya lebih mahal, tetapi jenis baterai ini lebih ramah lingkungan, lebih ringan, dan aman serta tidak mudah terbakar.

Pilihlah yang Memiliki Nilai Arus Seimbang dengan Ponsel

Pilihlah yang Memiliki Nilai Arus Seimbang dengan Ponsel

Baterai pada ponsel pintar akan bertahan lebih lama apabila ketika diisi ulang memperoleh aliran daya yang seimbang dari sebuah power bank. Dengan kata lain, perlu bagi Anda menyamakan nilai arus pada power bank dan smartphone Anda. Ditambah lagi saat ini sudah semakin banyak diproduksi smartphone maupun gadget dengan fitur pengisian cepat atau fast charging, maka nilai arusnya pun semakin besar.

Mari ambil contoh, anggaplah smartphone atau gadget Anda membutuhkan arus pengisian sebesar 2 ampere, ini berarti power bank yang hendak Anda beli haruslah mempunyai arus yang sama, tidak boleh lebih rendah. Hal ini selain bisa membuat proses pengisian berjalan normal, kesesuaian arus juga dapat meengaruhi usia baterai yang mampu bertahan lebih lama meski sering diisi dengan power bank. Untuk mengetahui nilai arus, Anda bisa melihatnya pada kardus ponsel (atau kepala pengisi daya) dan kemasan power bank.

Pertimbangkan Ini Jika Ingin Membawa Power Bank ke Pesawat

Pertimbangkan Ini Jika Ingin Membawa Power Bank ke Pesawat

Pada Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI pada tanggal 9 Maret 2018 penetapannya disebutkan, bahwa seluruh maskapai penerbangan dalam dan luar negeri yang mengudara di atau dari wilayah Indonesia harus memeriksa setiap penumpang dan personel pesawat terkait elektronik berupa power bank baterai cadangan yang dbawa ke dalam pesawat.

Petugas harus memastikan power bank yang dibawa penumpang hanya mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Untuk power bank yang lebih besar dari 100 Wh namun tidak lebih dari 160 Wh perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dengan syarat lain maksimal dua unit yang boleh dibawa per penumpang. Sementara yang lebih dari itu dilarang dibawa dalam penerbangan.

Anda tentu bertanya-tanya bukan bagaimana cara mengetahui Wh (watt-hour) dari sebuah power bank yang hanya tercantum besaran mAh-nya, bukan? Anda bisa melakukan penghitungan sendiri menggunakan rumus E = V x I di mana E untuk daya per jam dengan satuan Wh, V untuk tegangan dengan satuan volt (V), dan I untuk arus dengan satuan ampere (Ah).

Jika pada perangkat hanya tertera nilai miliampere per jam (mAh), maka harus dibagi 1.000 untuk mendapatkan ampere-hour (Ah)-nya. Contoh: Apabila voltase 5V dan jumlah kapasitas 10.000mAh, maka jumlah daya per jam adalah 10.000mAh : 1.000 = 10 Ah. Jadi, daya per jam pada power bank berkapasitas 10.000mAh berdasarkan rumus E = V x I tadi adalah 5V x 10Ah = 50Wh. Ini berarti power bank dengan kapasitas 10.000mAh masih boleh dibawa dalam penerbangan dengan catatan Anda tidak menggunakannya selama penerbangan.

10 Rekomendasi Power Bank Terbaik

Aksesori yang dapat me-recharge banyak macam gadget ini dihadirkan dalam varian kapasitas daya baterai, ukuran fisik, kecepatan pengisian, hingga jumlah ouput yang berbeda-beda. Kami akan tampilkan sepuluh merek power bank terbaik di Indonesia yang bisa Anda temukan langsung di gadget store terdekat atau melakukan pembelian secara online di marketplace favorit Anda.

1. Xiaomi Mi Power Bank 2 10000mAh

Xiaomi Mi Power Bank 2 10000mAh

Kisaran harga: Rp185.000

Bertipe baterai lithium-polymer yang dapat mengalirkan tegangan listrik dengan lebih stabil

Xiaomi merancang power bank berkualitas satu ini dengan kapasitas yang cukup besar. Bukan hanya menampung tenaga listrik dengan porsi tinggi, Xiaomi pun mendesain badan produk dengan bentuk yang kompak dan ringkas. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan power bank ini di mana pun Anda mau tanpa memakan banyak tempat. Bahkan, power bank ini memungkinkan untuk disimpan di dalam kantong atau saku celana.

Bukan hanya berbentuk seukuran saku, Xiaomi membekali Mi Power Bank 2 dengan pasokan daya hingga 10000mAh. Kapasitas yang sedemikian besar akan mengakomodasi aktivitas Anda dengan gadget selama bepergian. Produk ini menggunakan baterai lithium-polymer hasil produksi Texas Instruments. Berkat baterai tersebut, power bank bagus harga murah ini akan mengalirkan voltase yang stabil selama penggunaan.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)13 x 7,1 x 1,41 cm
Berat228 gram
Tipe bateraiLithium-polymer

 

2. Hippo Ilo F1 12500mAh

Hippo Ilo F1 12500mAh

Kisaran harga: Rp190.000

Terdapat lampu flash yang berguna sebagai senter di ruangan gelap

Kelebihan utama dari power bank terbaik ini terletak pada kapasitas tenaga yang tersimpan melebihi kapasitas utama dari sebuah baterai smartphone. Artinya, Anda bisa memakai produk ini untuk mengisi baterai lebih dari satu ponsel. Hippo melengkapi power bank yang aman di pesawat ini dengan 3 slot pengisian. Jadi, produk ini bisa dipakai untuk mengisi ulang baterai antara 1 – 3 gadget  secara bersamaan.

Bukan hanya itu, Hippo juga menambahkan fitur Safety Protection pada setiap output port-nya. Saat terjadi pemadaman listrik, Anda bukan hanya bisa memanfaatkan perangkat ini untuk menyuplai pasokan daya untuk smartphone atau gadget kepunyaan Anda. Lebih dari itu, Hippo juga melengkapi power bank yang ada safety protection ini dengan flashlight sehingga Anda bisa lebih mudah mencari barang berkat lampu tersebut.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)14,95 x 7,23 x 1,05 cm
Berat202 gram
Tipe bateraiCell

 

3. Delcell 10000mAh Powerbank Jupiter Real Capacity Fast Charging

Delcell 10000mAh Powerbank Jupiter Real Capacity Fast Charging

Kisaran harga: Rp100.000

Pengisian akan berhenti otomatis saat baterai smartphone penuh

Selain memperhatikan performa, tentu Anda juga ingin keliatan bergaya bukan saat menggunakan power bank di tempat umum? Maka dari itu, kami rekomendasikan produk ini untuk Anda. Delcell mendesain produk dengan tampilan yang simpel dan elegan. Warna putih yang mengitari keseluruhan bodi produk membuat power bank ini tampak mewah. Padahal, harga jualnya murah, bukan? Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran!

Power bank murah tapi berkualitas dengan baterai lithium-ion dari Delcell ini diklaim mampu mengisi baterai ponsel pintar hingga 4x pengisian. Tersedia 2 slot USB yang dapat mengalirkan voltase hingga 2,4 A (dengan IQ) dan 1.0A (tanpa IQ). Bukan itu saja, Delcell juga melengkapi baterai portabel ini dengan Power Management Scheme dan Intellegence Circuit Control yang berguna untuk menghentikan aliran listrik ke gadget saat baterai telah penuh.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)14,2 x 6,2 x 2 cm
Berat250 gram
Tipe bateraiLithium-ion

 

4. Pisen 10000mAh LED Portable Power Bank

Pisen 10000mAh LED Portable Power Bank

Kisaran harga: Rp250.000

Bisa mengisi ulang baterai ponsel bertipe Android ataupun iOs

Jika Anda mempunyai smartphone dengan sistem operasi Android dan iOs, tentu produk satu ini wajib dipertimbangkan. Pisen mengeluarkan power bank generasi kedua yang didesain dengan bentuk kompak dan berbobot ringan. Terdapat indikator LED yang menampilkan sisa daya dengan ketepatan akurasi hingga 1%. Power bank ini dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone sebanyak 3 hingga 5 kali, Samsung Galaxy sebanyak 2 hingga kali, dan iPad Mini 4 sebanyak 1 kali.

Performa yang unggul dari power bank asli terbaik Pisen juga diiringi dengan adanya teknologi perlindungan tegangan lebih, Anda tak perlu takut akan terjadinya arus berlebih yang bisa memperpendek usia baterai gadget. Selain bisa dipakai untuk smartphone merek iPhone dan Samsung, power bank cepat penuh ini juga kompatibel pada merek lain semisal Xiaomi, Oppo, dan masih banyak lagi.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)13,76 x 6,37 x 2,24 cm
Berat270 gram
Tipe bateraiLithium-ion

 

5. Uneed Powerbank 12000mAh Qualcomm Quick Charge 3.0

Uneed Powerbank 12000mAh Qualcomm Quick Charge 3 0

Kisaran harga: Rp350.000

Dapat melakukan pengisian 4x lebih cepat dari power bank lainnya!

Teknologi terbaru berupa chip Quickcharge 3.0 dari Qualcomm yang secara resmi memperoleh sertifikasi menjadikan produk satu ini begitu diminati orang-orang. Dengan performa pengisian cepat memungkinkan perangkat ini melakukan mengisian daya 4x lebih cepat dibandingakn power bank biasa. Tentunya, agar bisa merasakan kemampuan ini, Anda harus mempunyai perangkat gadget yang mendukung.

Agar bisa terisi penuh, power bank yang paling bagus ini hanya perlu di-charge selama 7 – 8 jam saja. Sewaktu digunakan untuk memasok kembali kebutuhan daya baterai ponsel, Anda bisa memantau sisa daya yang tertampung melalui indikator LED yang tersedia. Bagi orang dengan mobilitas tinggi, produk dari Uneed satu ini sangat layak untuk dijadikan pilihan.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)12 x 7 x 2 cm
BeratTidak diketahui
Tipe bateraiTidak diketahui

 

6. Anker Powercore 10400mAh A1214H11 Power Bank

Anker Powercore 10400mAh A1214H11 Power Bank

Kisaran harga: Rp690.000

Tidak perlu khawatir terjadi arus pendek berkat sistem pengaman MultiProtect-nya

Bila Anda tertarik untuk menggunakan power bank terlaris di Indonesia, maka kami menyarankan Anda untuk membeli produk kepunyaan Anker. Telah dipakai oleh ratusan ribu hingga jutaan orang, Anda tak perlu ragi meragukan kualitas dari power bank real capacity ini. Anker menyertai perangkat ini dengan teknologi powerIQ dan volageBoost yang tak memakan waktu lama untuk melakukan pengisian ulang baterai ponsel ataupun daya baterainya sendiri.

Anker menerapkan dua port USB input (2A) dan output (3A) pada power bank berkualitas tinggi unggulannya ini. Bukan hanya itu, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan semisal terjadinya arus pendek yang bisa merusak gadget, Anker melengkapi power bank bagus dan tahan lama ini dengan sistem keamanan MultiProtect.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)9,7 x 8 x 2,2 cm
Berat240 gram
Tipe bateraiTidak diketahui

 

7. d-power GC51L Powerbank 10000mAh

d power GC51L Powerbank 10000mAh

Kisaran harga: Rp315.000

Kecepatan pengisian cepat dengan 4 fitur pengaman dari segala bentuk bahaya dan kerusakan

Tak punya waktu banyak untuk menunggu baterai ponsel terisi penuh dengan charger biasa di rumah? Jangan khawatir! Anda bisa membeli perangkat ini dan membawanya ke mana pun Anda mau sebagai alternatif pemasok daya yang lebih fleksibel. d-power menawarkan power bank dengan performa pengisian daya 4x lebih cepat daripada power bank keluaran produsen lain.

Bukan cuma mampu mengalirkan listrik pada baterai ponsel denga metode quick charging, power bank ini juga dibekali 4 sistem perlindungan keamanan. Jadi, d-power menerapkan teknologi pengaman untuk mencegah terjadinya pengeluaran arus berlebih, menghentikan pengisian daya saat perangkat terisi penuh, mencegah over-heating saat pengisian berlangsung, dan memotong pengisian daya saat terjadi korsleting atau arus pendek.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)14 x 6,3 x 2,25 cm
BeratTidak diketahui
Tipe bateraiLithium-ion

 

8. Aukey PB-T9 Powerbank 16000mAh Quick Charge 3.0

Aukey PB T9 Powerbank 16000mAh Quick Charge 3 0

Kisaran harga: Rp460.000

Kapasitas super besar untuk mengisi 2 gadget sekaligus!

Setiap merek smartphone yang Anda miliki dapat diisi ulang tenaga baterainya hingga  75% lebih cepat menggunakan power bank ini. Aukey menggandeng fitur Qualcomm Quickcharge 3.0 yang begitu efektif dalam melakukan pengisian cepat. Teknologi AI Power yang ikut dibenamkan memampukan aksesori portabel ini untuk mengisi hingga 2 buah device secara bersamaan.

Pada sisi kanan dan kiri terdapat dua slot output yang masing-masing mempunyai besaran ampere berbeda. Anda bisa menyesuaikan device mana yang hendak dipasok dengan daya lebih besar untuk mempercepat proses recharging dengan power bank yang boleh dibawa di pesawat ini.  Produk Aukey ini telah melewati proses uji yang cukup panjang sehingga dipastikan aman untuk mengisi smartphone ataupun tablet kepunyaan Anda.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)16,5 x 7,1 x 1,88 cm
BeratTidak diketahui
Tipe bateraiTidak diketahui

 

9. Energizer UE10030MP Powerbank 10000 mAh Quick Charge

Energizer UE10030MP Powerbank 10000 mAh Quick Charge

Kisaran harga: Rp325.000

Tersedia banyak port dengan tipe kabel USB-A dan USB-C

Energizer menyediakan dua pilihan warna pada power bank terbaik keluarannya ini, yakni warna putih dan hitam. Setiap varian warna didesain dengan bentuk bodi yang kompak, ergonomis, dan tampak elegan. Semisal ingin dipegang pun, Anda akan merasakan sensasi nyaman dan senang berkat kesan artistik pada rancangan bodi luarnya. Ukuran yang tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil membuat power bank ini tidak memberatkan saat dibawa ke mana pun Anda mau.

Penggunaan baterai tipe lithium polymer dari produk ini menjadikannya cukup andal untuk mengisi berbagai macam perangkat, mulai dari smartphone, tablet, smartwatch, dan kamera digital. Power bank ini telah built-in dengan port untuk dimasukkan kabel USB-C dan dual port USB-A yang didukung fitur fast charging. Saat melakukan pengisian ulang daya dengan power bank ini, Anda tak perlu khawatir karena Energizer telah membekali fitur Low Current Mode yang membuatnya semakin aman.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)Tidak diketahui
BeratTidak diketahui
Tipe bateraiLithium polymer

 

10. Proda 6J Powerbank 20000mAh

Proda 6J Powerbank 20000mAh

Kisaran harga: Rp250.000

Daya tampung super besar untuk banyak perangkat bawaan Anda

Sebagai barang yang wajib dibawa saat menjalani aktivitas harian, tentunya Anda memerlukan kapasitas penyimpanan daya yang besar. Proda menawarkan kemampuan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai smartphone atau gadget lain Anda berulang kali berkat daya tampung tenaga yang mencapai 20.000mAh. Power bank fast charging terbaik dengan kapasitas besar ini ideal untuk Anda yang mempunyai banyak perangkat untuk menunjang kegiatan harian.

Satu keunggulan yang dapat ditemukan dari power bank terbaik ini ialah bahan dasar aluminium yang digunakan untuk merancang komponen luar produk, membuat daya tahannya lebih awet karena power bank tidak panas saat menghantarkan tenaga listrik melalui kabel menuju device yang diisi ulang. Dengan berat yang ringan, Anda juga takkan berpikir dua kali untuk membawa barang ini ke mana saja Anda mau.

Dimensi (panjang x lebar x tebal)Tidak diketahui
BeratTidak diketahui
Tipe bateraiTidak diketahui

 

Kesimpulan

Setelah melihat daftar produk power bank terbaik hasil rekomendasi kami, apakah Anda telah mempertimbangkan salah satu diantaranya? Untuk menjaga smartphone dan gadget bawaan lainnya tetap hidup selama perjalanan, Anda memerlukan power bank yang telah terisi penuh untuk melakukan recharging. Dengan demikian, aktivitas berjejaring sosial, bermain game, hingga menjalankan percakapan bisnis tetap lancar karena gadget yang senantiasa aktif.

Setiap produk tentu menawarkan kapasitas input yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi Anda menyesuaikannya dengan kebutuhan penggunaan. Jika Anda mempunyai bujet lebih, kami sangat menyarankan agar Anda memilih power bank dengan fitur fast charging sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pengisian ulang hingga baterai kembali penuh.

(Visited 70 times, 1 visits today)