Written by 00:21 Olahraga

10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik

Mengendarai sepeda adalah kegiatan yang sehat sekaligus menyenangkan. Kalau Anda sering berkendara di jalan raya, Anda dapat menikmati serunya mengendarai sepeda balap (road bike). Seperti namanya, sepeda jenis ini lebih mumpuni untuk dipakai berkendara dalam kecepatan tinggi di atas jalanan rata.

Di Indonesia, ada banyak merek sepeda balap yang bisa Anda pilih, seperti Polygon, Pacific, dan United. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sepeda yang paling cocok buat Anda. Lebih dari itu, kami juga punya sepuluh rekomendasi sepeda balap terbaik pilihan PickyBest. Selamat membaca!

Cara Memilih Sepeda Balap (Road Bike)

Di bagian ini, kami membahas poin-poin pemilihan sepeda balap, dari mulai jenis, ukuran, material frame, groupset, sistem pengereman ukuran ban, hingga perlengkapan penunjang.

Pilih Jenis Sepeda Berdasarkan Kebutuhan Penggunaan

Secara umum, sepeda balap dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu race bike dan endurance bike. Keduanya sama-sama cocok dipakai berkendara di jalan raya, tetapi terdapat perbedaan spesifikasi yang membuat performanya berbeda pula.

Race Bike: Desain Aerodinamis untuk Kecepatan Tinggi

Race bike dirancang untuk penggunaan di kecepatan tinggi karena desainnya yang aerodinamis. Setangnya lebih masuk ke dalam sehingga batang tubuh pesepeda dibuat lebih menunduk untuk menghasilkan aerodinamika yang baik. Postur bersepeda seperti ini lebih agresif, memungkinkan handling yang lebih leluasa.

Karena mengutamakan kecepatan, bobot frame sepeda ini lebih ringan. Roda giginya pun lebih besar untuk menghasilkan rotasi lebih banyak pada roda belakang. Sistem pengeremannya lebih sering pakai rim. Sedangkan ban yang dipakai memiliki tapak lebih kecil, yaitu kisaran 23 atau 25 milimeter.

Race bike cocok untuk Anda yang sering mengikuti kompetisi profesional. Sebab, inilah jenis sepeda yang digunakan pada kompetisi bergengsi sekelas Tour de France. Untuk penggunaan di luar itu, sepeda ini juga bisa dipakai oleh Anda yang senang berkendara pada kecepatan tinggi dan tidak keberatan mengorbankan sedikit rasa nyaman.

Endurance Bike: Kenyamanan Lebih untuk Berkendara Jarak Jauh

Berkebalikan dari race bike yang mengutamakan kecepatan, endurance bike mengutamakan kenyamanan untuk berkendara jarak jauh. Dengan posisi setang dan sadel lebih sejajar, pesepeda tidak perlu terlalu menunduk. Rangkanya juga memiliki peredam getaran sehingga tetap nyaman saat melewati permukaan jalan yang tidak terlalu rata.

Karena celah fork-nya lebih lebar, endurance bike bisa memakai ban dengan tapak lebih lebar, biasanya pada ukuran 28 sampai 32 milimeter. Sebaliknya, gir rantainya memiliki ukuran lebih kecil untuk mengurangi energi yang harus dikeluarkan pesepeda ketika melewati tanjakan. Sistem pengeremannya menggunakan cakram yang diklaim lebih responsif.

Endurance bike cocok untuk Anda yang sering bersepeda jarak jauh. Geometrinya yang lebih stabil dan mantap membuat perjalanan Anda terasa nyaman. Kelelahan Anda juga akan diminimalisir berkat ukuran girnya yang kecil. Anda juga bisa menggunakannya untuk kecepatan tinggi dengan mengganti ukuran bannya dengan tapak lebih kecil.

Lakukan Bike Fitting untuk Mengetahui Ukuran yang Proporsional dengan Postur Tubuh

Sebelum membeli sepeda, apalagi yang harganya mahal, lebih baik Anda melakukan bike fitting terlebih dahulu. Bike fitting adalah proses pengukuran dan analisis bentuk sepeda untuk menyesuaikan dengan postur tubuh pesepeda. Proses ini mengandalkan program komputer khusus yang dioperasikan oleh tenaga fitter berlisensi.

Pada praktiknya, bike fitting dapat meningkatkan performa bersepeda, meningkatkan kenyamanan, dan mengurangi risiko cedera. Anda bisa melakukan bike fitting di toko sepeda kelas menengah ke atas. Memang, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Tetapi, jika Anda pegiat sepeda yang punya komitmen tinggi, tidak ada salahnya mengeluarkan uang lebih untuk performa bersepeda yang lebih baik.

Sesuaikan Material Frame dengan Budget Anda

Untuk road bike, frame terbaik adalah yang berbobot ringan. Road bike keluaran lama banyak yang terbuat dari baja. Bobotnya memang cenderung berat, tetapi frame sepeda jadi sangat kokoh, tidak mudah rusak, bahkan setelah mengalami kecelakaan yang cukup berat.

Modern ini, road bike pada entry level sampai menengah, lebih banyak menggunakan alloy. Material ini merupakan campuran antara berbagai macam jenis logam, seperti aluminium dan titanium. Bobotnya jauh lebih ringan dari baja atau jenis besi lainnya, begitu pun kekokohannya. Untuk mengompensasinya, biasanya frame dibuat lebih tebal.

Karbon sebagai material frame road bike terbuat dari campuran fiber karbon dan resin. Kekuatannya pun sangat tinggi karena mempunyai properti peredam getaran. Bahan ini dipakai pada sepeda kelas menengah ke atas. Bobotnya paling ringan karena bukan merupakan jenis metal. Alasan yang sama juga membuat frame dari karbon tidak memiliki bekas pengelasan di sendi-sendinya.

Untuk menentukan bahan mana yang paling baik, Anda harus sesuaikan dengan budget Anda. Untuk mendapatkan sepeda berbahan karbon, Anda perlu mengeluarkan dana lebih karena hanya terdapat pada road bike kelas menengah ke atas. Kalau dana Anda cenderung tipis, sepeda berbahan alloy atau baja juga menawarkan kualitas yang baik.

Perhatikan Komponen-komponen Penggerak Sepeda (Groupset)

Groupset adalah kumpulan komponen drivetrain (penggerak) sepeda, di antaranya pedal, crank, chainring, rantai, gigi, shifter, front derailleur (FD), read derailleur (RD), dan rem.

Pengelompokkan ini bertujuan agar masing-masing komponen kompatibel antara satu dengan yang lain. Karena masing-masing komponen memiliki tipe yang berbeda sesuai level penggunaan, groupset pun terbagi ke dalam beberapa kelas. Untuk jenis road bike, salah satu merek groupset yang paling umum di Indonesia adalah Shimano.

Pada entry level, yakni untuk penggunaan santai di jalan raya, Shimano mengeluarkan varian Claris, Sora, dan Tiagra dengan tawaran enam sampai sepuluh kecepatan di gir belakang dan dua di gir depan. Di kelas menengah, terdapat varian 105 dan Ultegra dengan sebelas kecepatan, ditambah shifter elektronik dan rem cakram hidrolik.

Terakhir, di level profesional alias yang paling tinggi, varian Dura-Ace dibekali sebelas kecepatan dan double chainring ukuran besar untuk memberi kemampuan melesat di atas tipe-tipe lainnya. Material komponen pada kelas ini lebih ringan karena memang dirancang sesuai standar balapan.

Kelas-kelas groupset ini, selain berbeda penggunannya, juga berbeda harganya. Maka itu, dalam memilih groupset, keduanya sama penting untuk dipertimbangkan. Apabila Anda sudah berpengalaman, mungkin Anda bakal lebih puas dengan performa groupset di level yang tinggi. Sementara itu, untuk pemula atau orang yang hanya menggunakan sepeda sesekali, groupset level tinggi justru bakal mubazir.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa semua komponen dalam groupset dapat di-upgrade. Artinya, Anda yang budget-nya saat ini belum cukup untuk membeli sepeda dengan groupset level atas, selalu dapat menaikkan level groupset di kemudian hari.

Tentukan Sistem Pengereman, Rim atau Disc?

Rem tipe rim bekerja dengan dua material karet yang mengimpit pelek roda. Sedangkan, rem disc menggunakan cakram. Keduanya bekerja nyaris sama baik dalam mengurangi kecepatan dan menghentikan laju sepeda. Tetapi, terdapat sedikit perbedaan performa di antara keduanya.

Rim memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibanding rem cakram sehingga banyak dipakai pada race bike. Bentuknya pun lebih aerodinamis, tidak menahan udara ketika sepeda melaju pada kecepatan tinggi. Pengaturan dan perawatannya juga lebih sederhana dan murah. Tapi, rem ini cenderung menurun drastis performanya pada cuaca hujan karena air dapat mengurangi daya gigit karet pada rim.

Rem cakram sebenarnya lebih sering digunakan pada sepeda gunung. Karena itu, untuk road bike, rem cakram lebih cocok digunakan pada endurance bike. Daya pengeremannya lebih kuat dan tidak gampang panas. Ketika hujan atau melewati medan basah, kekuatan gigitan rem tidak terpengaruh. Rem ini juga lebih sesuai untuk ban ukuran besar. Karena bobotnya berat, ban ini kurang cocok untuk race bike.

Untuk Menghasilkan Kecepatan Lebih, Pilih Ban Bertapak Lebar

Road bike cenderung memiliki ban bertapak ramping. Tapak yang ramping memiliki banyak keunggulan, seperti rolling resistance dengan tanah yang lebih rendah sehingga ban lebih mudah berputar, dan bobot yang lebih ringan. Sebagai perbandingan, standar tapak ban sepeda balap paling lebar adalah 32 milimeter, sedangkan standar paling tinggi ban road bike sampai 57 milimeter.

Meski ramping sama dengan cepat, pada praktiknya, penggunaan ban yang lebih lebar justru dapat meningkatkan kecepatan sepeda balap. Tentu saja, pengertian lebar di sini tetap berada di koridor road bike. Untuk race bike, pilihlah yang lebar tapaknya paling tidak 25 milimeter. Sedangkan endurance bike lebih ideal menggunakan yang lebih lebar lagi, yaitu 28 atau 32 milimeter.

Ban adalah komponen yang cenderung murah dan gampang diganti. Jadi, jika sepeda balap pilihan Anda memiliki ban yang lebar tapaknya kurang ideal, Anda bisa menggantinya sendiri pasca pembelian.

Sisihkan Dana Ekstra untuk Membeli Perlengkapan Penunjang

Mengendarai sepeda, apalagi jenis road bike yang berkecepatan tinggi, mewajibkan Anda untuk memiliki perlengkapan penunjang keamanan, misalnya helm, bike short, sepatu, kacamata pelindung, dan bike jersey. Selain itu, ada juga perlengkapan tambahan lain seperti rumah botol untuk dipasang di frame dan tentu saja botol minum itu sendiri.

Untuk sepedanya, terdapat pula beberapa alat tambahan yang juga cukup penting untuk dipersiapkan, misalnya pompa ban dan pedal clip-in, atau lebih dikenal clipless, jika Anda memakai sepatu cleat. Semua ini memerlukan biaya, jadi jangan sampai lupa ditambahkan ke perencanaan belanja Anda.

10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik

Setelah memahami sejumlah aspek penting untuk memilih sepeda balap terbaik, sekarang adalah saat untuk Anda menentukan pilihan. Sebagai referensi, pada bagian ini kami telah merangkum sepuluh sepeda balap yang patut Anda pertimbangkan.

1. Polygon Strattos S2

Ngebut atau nanjak, sama baiknya!

Polygon adalah merek sepeda lokal yang punya reputasi mendunia. Produknya satu ini dirancang untuk Anda yang masih pemula. Dengan budget di bawah sepuluh juta, Anda sudah mendapatkan sepeda berjenis all-rounder yang apik untuk dibawa pada kecepatan tinggi, sekaligus mumpuni buat melahap tanjakan.

Frame berbahan alloy membuat bobot sepeda cukup ringan. Aerodinamikanya pun cukup baik dengan geometri frame yang tidak terlalu dalam. Dibekali groupset Shimano Claris dengan delapan kecepatan, sepeda ini sudah lebih dari cukup untuk melintasi jalanan perkotaan.

JenisAll-rounder
Material frameALX performance road (alloy)
GroupsetShimano Claris
RemTEKTRO R-312 (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp7.500.000

2. Element Roadbike FRC 38 Gen 2

Sumber: Elementmtb.com

Nyaman untuk berkendara jauh dengan efek lelah yang minim

Kalau Anda pemula yang baru coba-coba dan memiliki budget tipis, maka road bike produksi Element satu ini layak dibawa pulang. Meski harganya bersahabat, penampakan sepeda ini cukup rapi karena punya sistem internal cable. Dengan delapan group speed, sepeda ini menawarkan performa cukup baik di jalan raya.

Element Roadbike FRC 38 Gen 2 juga cocok untuk berkendara jarak jauh berkat geometrinya yang menyejajarkan tinggi sadel dan setang. Anda dapat duduk dengan posisi cenderung lebih tegak, sehingga kelelahan pun berkurang.

JenisTidak disebutkan
Material frameAlloy
GroupsetKustom
RemMechanical disc brake
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp3.500.000

3. JAVA Suprema

Kombinasi frame enteng dengan perfroma yang maksimal

Kalau Anda penggemar sepeda yang punya budget cukup besar, jangan ragu untuk memuaskan hasrat Anda dengan produk buatan Java satu ini. Dengan geometri yang cukup dalam, Anda akan berada dalam posisi berkendara yang agresif dengan aerodinamika yang sangat baik.

Mencapai kecepatan tinggi tidak akan menjadi masalah buat sepeda ini berkat frame enteng full karbon, plus jeroan Shimano 105 yang digadang oleh banyak pesepeda sebagai kombinasi terbaik antara performa dan ketahanan. Di atas sadel JAVA Suprema, Anda bakal merasakan sensasi mengendarai race bike seutuhnya!

JenisAero road bike
Material frame700C carbon
GroupsetShimano 105 R7000
RemAero brake
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp20.800.000

4. Polygon Helios LT9X

Sumber: Polygonbikes.com

Memiliki standar balapan profesional

Untuk Anda yang budget-nya tinggi, maka Polygon Helios adalah salah satu alternatif yang sangat pantas dipertimbangkan. Keseluruhan komponen sepeda ini, mulai dari material frame hingga groupset-nya, memenuhi standar balap profesional dari Union Cycliste Internationale (UCI). Kecepatannya di jalan tidak akan mampu didekati oleh sepeda balap lain pada kelas di bawahnya.

Karena merupakan sepeda standar balap, tentu saja geometrinya telah dirancang untuk memastikan aerodinamika sempurna dan handling responsif. Nyaris seluruh bagian sepeda ini terbuat dari karbon sehingga bobotnya sangat ringan, yakni sekitar 6 kilogram saja. Rasanya, mustahil Anda bakal kecewa dengan performa dari Polygon Helios LT9X.

JenisPerfomance bike
Material frameUCI approved ACX (karbon)
GroupsetShimano Dura Ace
RemShimano Dura Ace BR-R9100 (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp73.000.000

5. Pacific Primum Pro

Endurance bike kelas profesional untuk penghobi gowes jarak jauh

Pacific Primum Pro adalah alternatif road bike kelas profesional lainnya yang bisa menjadi alternatif. Sepeda ini lebih dari mampu untuk Anda ajak lari di kecepatan tinggi.

Namun, karena termasuk jenis endurance bike, Anda juga bisa membawanya menempuh perjalanan jauh. Ukuran girnya tidak sedemikian besar, membuat tarikannya cukup mantap untuk menaklukkan tanjakkan.

Geometri sepeda tidak terlampau dalam untuk menghadirkan keseimbangan antara aerodinamika dan kenyamanan. Komponen penggeraknya dipersenjatai Shimano Ultegra sebelas kecepatan yang ditahan dengan rem cakram bawaan set Ultegra. Hal ini membuat produk dari Pacific ini mampu mengeluarkan performa baik di kondisi hujan sekalipun!

JenisEndurance bike
Material frameAdvance nano carbon
GroupsetShimano Ultegra
RemShimano Ultegra R8020 hydraulic disc brake
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp28.800.000

6. United Vitessa 1.00

Menawarkan performa seimbang antara speed dan endurance

Satu lagi sepeda buat Anda yang baru mau memulai hobi bersepeda. Dengan merogoh kocek yang tidak terlalu dalam, Anda sudah mendapatkan groupset lengkap Shimano Sora sembilan kecepatan yang asyik buat mengebut.

Karena berjenis all-rounder yang menghasilkan performa seimbang antara speed dan endurance, sepeda ini juga nyaman dipakai untuk perjalanan jauh dan medan menanjak.

Meski frame-nya masih berbahan alloy, khusus bagian fork, materialnya terbuat dari full carbon. Alhasil, getaran yang merembet ke tangan pun teredam lebih baik. Bobot keseluruhan sepeda juga menjadi lebih ringan.

JenisAll-rounder
Material frameHYDRO Forming Alloy
GroupsetShimano Sora
RemShimano Sora set (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp7.900.000

7. Thrill Enthral Elite

Sepeda kelas menengah yang sudah dipersenjatai Shimano 105

Sebagai road bike kelas menengah, spesifikasi yang ditawarkan Thrill Enthral Elite sangat menggiurkan. Tidak tanggung-tanggung, sepeda ini telah dilengkapi groupset Shimano 105 yang cukup baik untuk level kompetisi. Meskipun rangkanya belum karbon, penyematan Shimano 105 sudah lebih cukup untuk mengompensasi bobotnya.

Menariknya, geometri sepeda ini juga tidak tidak terlalu dalam, artinya kenyamanan Anda tidak akan terkorbankan. Dari segi penampilan, road bike buatan brand lokal ini terlihat gahar dengan warna hitam redup.

JenisTidak disebutkan
Material frameHydroforming light alloy
GroupsetShimano 105
RemShimano 105 BR-R7000 (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp12.620.000

8. Pacific Tractor 3.0

Dilengkapi spesifikasi mumpuni yang tetap ramah di kantong

Dengan harga yang tidak membuat kantong tipis, delapan kecepatan dari Shimano Claris bisa Anda miliki. Selain itu, fork dan frame bagian bawahnya dibuat pipih untuk memaksimalkan aerodinamika. Anda pun dapat mengajaknya lari di kecepatan tinggi tanpa masalah!

Jika Anda bosan berkendara di jalanan perkotaan yang terkesan monoton, Anda bisa membawa sepeda ini ke daerah pinggiran yang jalannya naik-turun dan penuh liku. Tidak perlu khawatir, kelelahan Anda bakal diminimalisir berkat geometrinya yang menjamin endurance.

JenisEndurance bike
Material frameHydroforming light alloy
GroupsetShimano Claris
RemShimano Claris set (rim)
Ukuran Ban700 x 25 c
Kisaran hargaRp5.200.000

9. United Stygma

Road bike full carbon dengan harga di bawah 20 juta

Mengingat harganya yang masih cukup terjangkau, United Styigma bisa dikatakan sebagai road bike yang cukup mewah. Bagaimana tidak, sepeda ini sudah memiliki rangka full carbon. Jika itu masih kurang, komponennya juga full pakai Shimano 105. Dengan kombinasi antara bobot ringan dan penggerak yang kompeten, sepeda ini bakal menghasilkan top speed yang memacu adrenalin Anda.

Aerodinamika sepeda ini sangat baik berkat geometrinya yang dalam. Meski belum pada level balap profesional, kecepatan sepeda ini sudah cukup untuk kompetisi di kelasnya. Jika harga sepeda ini sedikit melebihi budget Anda, United juga menyediakan varian Stygma Lite yang mengganti groupset dengan Tiagra untuk menciptakan selisih harga yang lebih murah beberapa juta.

JenisTidak disebutkan
Material frameKarbon HMC-7
GroupsetShimano 105
RemShimano 105 set (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp15.800.000

10. Thrill Ardent 3.0

Mulai kebiasaan bike to work dengan sepeda ini!

Anda yang berniat memulai bike to work sangat cocok memakai Thrill Ardent 3.0. Selain harganya terjangkau, performa sepeda ini cukup baik untuk pemakaian jarak jauh dalam waktu lama. Jika ingin mengendarai pada kecepatan tinggi, penggerak Shimano Claris pada sepeda ini mampu mengabulkannya tanpa masalah.

Geometrinya menghasilkan postur bersepeda yang nyaman, alias takkan menyiksa Anda ketika menempuh perjalanan pulang kantor saat kondisi badan sudah lelah. Selain itu, produk Thrill berwarna merah neon ini juga cocok untuk membakar kalori maupun kardio low impact.

JenisTidak disebutkan
Material frameAlumunium
GroupsetShimano Claris
RemRadius alloy caliper (rim)
Ukuran Ban700C
Kisaran hargaRp5.390.000

Tabel Perbandingan Sepeda Balap (Road Bike)

ProdukPolygon Strattos S2Element Roadbike FRC 38 Gen 2JAVA SupremaPolygon Helios LT9XPacific Primum ProUnited Vitessa 1.00Thrill Enthral ElitePacific Tractor 3.0United StygmaThrill Ardent 3.0
JenisAll-rounderTidak disebutkanAero road bikePerfomance bikeEndurance bikeAll-rounderTidak disebutkanEndurance bikeTidak disebutkanTidak disebutkan
Material frameALX performance road (alloy)Alloy700C carbonUCI approved ACX (karbon)Advance nano carbonHYDRO Forming AlloyHydroforming light alloyHydroforming light alloyKarbon HMC-7Alumunium
GroupsetShimano ClarisKustomShimano 105 R7000Shimano Dura AceShimano UltegraShimano SoraShimano 105Shimano ClarisShimano 105Shimano Claris
RemTEKTRO R-312 (rim)Mechanical disc brakeAero brakeShimano Dura Ace BR-R9100 (rim)Shimano Ultegra R8020 hydraulic disc brakeShimano Sora set (rim)Shimano 105 BR-R7000 (rim)Shimano Claris set (rim)Shimano 105 set (rim)Radius alloy caliper (rim)
Ukuran Ban700C700C700C700C700C700C700C700 x 25 c700C700C
Kisaran hargaRp7.500.000Rp3.500.000Rp20.800.000Rp73.000.000Rp28.800.000Rp7.900.000Rp12.620.000Rp5.200.000Rp15.800.000Rp5.390.000
Pembelian

Yuk, lihat rekomendasi produk-produk sepeda dari PickyBest lainnya!

Produk sepeda ada banyak macamnya. Di samping sepeda balap, produsen juga memproduksi jenis sepeda lain, misalnya sepeda lipat, sepeda hybrid, dan sepeda gunung.

Masing-masing jenis sepeda dirancang untuk kebutuhan berbeda. Level kenyamanan dan performa yang ditawarkan pun beragam.

Apabila Anda penasaran dengan jenis-jenis sepeda tersebut, berikut kami rangkum pilihan produknya pada tiga artikel berbeda. Selamat membaca!

Kesimpulan

Sepeda balap adalah investasi yang baik untuk hobi dan kesehatan. Namun, harganya yang tidak murah membuat Anda harus mempertimbangkan aspek-aspek seperti jenis, sepeda, ukuran, material frame, groupset, sistem pengereman, ukuran ban, dan perlengkapan penunjang.

Jika Anda masih pemula, kami sarankan untuk memilih sepeda balap pada entry level atau menengah. Ketika sudah terbiasa dan merasa cocok dengan sensasi berkendara road bike, Anda bisa investasikan lebih banyak uang pada sepeda kelas profesional. Mudah-mudahah Anda bisa menemukan sepeda balap yang terbaik buat Anda!

Referensi

Best road bikes 2020: how to choose the right one for you? https://www.bikeradar.com/advice/buyers-guides/best-road-bikes/ diakses pada 4 Desember 2020

Every Different Type of Road Bike, Explained https://www.roadbikerider.com/road-bike-types-explained/ diakses pada 4 Desember 2020

Haruskah Kita Melakukan Bike Fitting? https://portalsepeda.com/haruskah-kita-melakukan-bike-fitting/ diakses pada 4 Desember 2020

How much difference does a bike fit make? https://www.bikeradar.com/advice/fitness-and-training/how-much-difference-does-a-bike-fit-make/ diakses pada 4 Desember 2020

Road Biking 101: A Beginner’s Guide https://www.roadbikerider.com/road-biking-101-a-beginners-guide/ diakses pada 4 Desember 2020

Road bike groupsets: everything you need to know https://www.bikeradar.com/advice/buyers-guides/road-bike-groupsets-everything-you-need-to-know/ diakses pada 4 Desember 2020

(Visited 822 times, 8 visits today)