Written by 03:14 Olahraga

10 Rekomendasi Sepeda Gunung (Mountain Bike) Terbaik

United TMS 3080

Sepeda gunung atau MTB (mountain bike) pertama kali diperkenalkan tahun 1970. Walau sempat dianggap tidak populer, kenyataannya seiring perkembangan zaman, orang-orang di Amerika Serikat 80% lebih memilih sepeda jenis ini. Hingga kini, produsen sepeda mulai berlomba memproduksi sepeda gunung terbaik, mulai merek ternama United, Polygon, Element, dan banyak lainnya.

Jika Anda berencana untuk membeli sepeda gunung, tentukan dulu untuk medan seperti apakah sepeda tersebut digunakan. Selain itu, perhatikan juga material frame, sistem pengereman, diameter ban, dan bobot sepeda. Sepuluh sepeda gunung berkualitas menanti Anda pada list rekomendasi, namun sebaiknya, Anda simak terlebih dulu poin-poin pemilihan yang harus dipertimbangkan. Selamat membaca!

Cara Memilih Sepeda Gunung (MTB/Mountain  Bike)

Kami telah meringkas tips memilih MTB yang dapat Anda jadikan acuan sebelum membeli sepeda gunung impian. Simak beberapa poin berikut ini!

Periksa Bahan yang Digunakan pada Frame-nya

Frame merupakan bagian paling penting pada sepeda karena kerangka merupakan tempat komponen-komponen sepeda lainnya terpasang. Terdapat berbagai macam variasi bahan frame sepeda yang bisa ditemui di pasaran.

  • High-Tensile Steel. Pada kisaran harga low-end hingga mid-end, frame Hi-Ten Steel alias High-Tensile Steel sering digunakan karena materialnya cukup durable dengan harga ekonomis meski bobotnya berat karena terbuat dari baja.
  • Chromoly. Berbahan dasar baja yang dicampur dengan chromium dan molybdenum. Kualitasnya sedikit lebih baik dari Hi-Ten Steel dengan bobot yang juga lebih ringan. Frame ini cocok untuk melintasi track yang ekstrem.
  • Aluminium (Alloy). Merupakan material paling populer digunakan di hampir semua kelas harga. Kelebihan alloy terdapat pada bobot yang jauh lebih ringan dari baja, tahan korosi, serta kuat. Namun, bila frame penyok akan lebih sulit memperbaikinya.
  • Serat Karbon (Carbon Fiber). Sangat nyaman digunakan karena bobotnya yang ringan. Bahannya yang mudah dibentuk membuat kebanyakan frame carbon fiber memiliki desain unik dan keren. Materialnya juga tidak akan berkarat. Namun, harganya relatif lebih mahal serta kurang tahan panas dan jika patah akan sulit diperbaiki.
  • Titanium. Bagi Anda yang menyiapkan budget lebih untuk sepeda gunung, frame dengan material titanium adalah pilihan terbaik. Frame ini memiliki karakteristik sangat keras, kaku, namun tetap berbobot ringan dan ber-durability tinggi. Material ini juga biasa digunakan para biker profesional sebagai andalan saat bertanding.

Pada daftar rekomendasi produk di bawah, kami mencantumkan keterangan bahan frame sepeda untuk memudahkan proses memilih.

Kenali Performa Sepeda berdasarkan Sistem Suspensinya

Bagi Anda yang masih pemula, pemilihan sepeda gunung yang tepat sebaiknya disesuaikan dengan jenis suspensi atau pegas yang terpasang. Full suspension akan lebih cocok untuk track yang lebih ekstrem, sedangkan hard trail dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Mari kita bedah perbedaannya satu per satu..

Full Suspension (Soft Tail): Sanggup Meredam Benturan ketika Melompat

Jenis sepeda ini memiliki suspensi pada rangkanya sehingga lebih mampu dan kuat untuk meredam benturan saat sepeda melompat. Namun, kompensasi dari sistem suspensi penuh menjadikan bobotnya lebih berat karena penambahan suspensi pada frame. Sepeda full suspension kurang disarankan untuk Anda yang ingin menyusuri track halus.

Adanya suspensi juga menyebabkan gerak sepeda lebih lambat karena sebagian kayuhan tidak tersalurkan menjadi gerakan maju, melainkan gerakan ke atas dan ke bawah. Bagi Anda yang menyukai aktivitas bersepeda pada medan ekstrem, sistem full suspension akan lebih cocok untuk dipilih, seperti track berlubang dan berbatu, atau semisalnya.

Hard Trail: Bobot Lebih Ringan untuk Jalanan Non-Ekstrem

Bagi Anda yang menyukai medan rata, tipe hard trail akan lebih nyaman digunakan. Frame sepeda hard trail dibuat kaku tanpa suspensi agar sepeda berjalan lancar dan ringan. Pada sepeda ini, suspensi maksimal hanya terdapat pada fork atau suspensi depan saja, sedangkan pada sambungan lain akan disambung permanen.

Jenis sepeda hard trail didesain untuk track yang tidak terlalu ekstrem, seperti jalanan berbatu namun bebas lubang, atau pada medan yang tidak membutuhkan gerakan melompat. Sepeda gunung jenis ini juga yang paling banyak ditemui di pasaran, harganya pun lebih terjangkau dari sepeda soft tail.

Pilih Jenis Sepeda berdasarkan Trek yang Ingin Dilewati

Aspek tak kalah penting menjadi pertimbangan Anda adalah menentukan trek yang akan dilewati. Kebutuhan sepeda yang tepat dapat berbeda tergantung medannya. Berikut kami sajikan beberapa tipe sepeda yang cocok dengan medan-medan tertentu.

Trail: Cocok untuk Pemula yang Ingin Melewati Trek-trek Ringan

Pada sepeda gunung jenis trail, komponen suspensi disematkan di tengah rangka untuk memberikan kemampuan melewati medan yang sedikit berat. Track yang dapat dilewati oleh mountain bike trail lebih bervariasi bila dibandingkan dengan tipe XC atau cross country.

Tipe trail juga banyak yang didesain full suspension, namun beberapa lain tetap mengutamakan model hard trail. Sistem suspensi pada sepeda ini memiliki travel antara 120 hingga 140 milimeter. Bagi pesepeda pemula yang ingin menjajal medan yang sedikit challenging, tipe trail terbilang ideal untuk dipilih.

Cross Country (XC): Ideal untuk Tanjakan, Tikungan Tajam, hingga Medan Semi-Ekstrem

Tipe sepeda cross country (XC) memiliki bobot sangat ringan dan dirancang untuk Anda yang lebih membutuhkan kecepatan saat bersepeda. Sepeda gunung jenis ini terbagi lagi menjadi 2, yaitu XC Race Bikes dan XC Trail Bikes. Apa perbedaan keduanya?

XC Race bikes didesain simpel dan ringan. Beban akan diarahkan lebih berat ke depan untuk mempercepat laju sepeda. Jenis ini tidak dirancang untuk lompatan dan pendaratan, melainkan untuk tanjakan dan tikungan tajam. Sementara XC Trail Bikes memiliki bobotnya lebih berat, namun mampu melintasi medan berlumpur hingga tanah keras.

All Mountain (Enduro): Suspensi Lebih Lengkap untuk Jalur yang Menantang

Tipe MTB all mountain dirancang hampir mirip dengan XC Trail Bikes, namun desainnya lebih kukuh dan memiliki lebih banyak suspensi. Suspensi yang lengkap membuatnya mampu melalui medan lebih berat dibandingkan jenis XC Trail Bikes, seperti trek curam dan kompleks.

Kelebihan lain dari sepeda gunung all mountain enduro terdapat pada ukuran ban yang lebih lebar dan feel cengkeraman lebih baik. Untuk Anda yang senang menyusuri jalur lebih menantang, jenis sepeda all mountain siap memenuhi kepuasan Anda setiap kali bersepeda.

Downhill (Park Mountain): Turuni Bukit dan Pegunungan dengan Sangat Cepat

Sesuai nama yang disematkan, jenis sepeda ini ditujukan untuk melibas jalan turunan seperti pada bukit atau gunung. Turunan yang dimaksud merupakan turunan yang membutuhkan kecepatan tinggi dan berlika-liku, sehingga akan kurang nyaman apabila digunakan untuk bersepeda di jalanan perkotaan yang minim bebatuan.

Turunan perbukitan membutuhkan gerakan terjun dan melompat yang intens, menjadikan sepeda ini dilengkapi peredam benturan. Travel suspensi sebesar 200 milimeter memungkinkannya untuk mendarat dengan mudah dari ketinggian 2 meter atau lebih. Frame-nya sendiri sengaja didesain berukuran besar guna menambah durability.

Sesuaikan Ukuran Frame dengan Tinggi Badan Anda

Menyesuaikan ukuran frame dengan tinggi badan sering dianggap sebagai hal yang sepele sehingga jarang menjadi perhatian. Padahal, penyesuaian ini akan menambah kenyamanan Anda saat bersepeda. Ukuran frame yang tepat untuk seseorang dapat ditentukan dari tinggi badannya.

Untuk Anda yang tinggi badannya kurang dari 170 cm, pilihan frame akan lebih tepat di ukuran S atau 16”. Tinggi 171-175 cm ideal dengan frame berukuran M atau 18”. Sedangkan tinggi badan di atas itu akan membutuhkan ukuran L atau 20”. Psst.. faktanya, ukuran frame yang lebih kecil akan lebih nyaman digunakan, lho!

Cek Diameter Roda dan Komponen Lain seperti Remnya

Besaran diameter roda pada sepeda gunung biasanya ada pada 26 inci. Meski demikian, akhir-akhir ini diameter roda 29 inci mulai populer dipilih pesepeda. Roda dengan ukuran 29 inci memiliki kelebihan pada kecepatan dan kemampuan geraknya melibas berbagai medan, Anda pun lebih nyaman menggunakannya di jalanan perkotaan.

Selain itu, perhatikan pula sistem pengeremannya. Anda dapat memilih di antara 2 jenis rem cakram, yaitu hidraulis dan mekanik. Rem hidraulis menggunakan bahan oli, sedangkan rem mekanik menggunakan kabel. Sepeda dengan harga lebih terjangkau biasanya masih mengandalkan kabel untuk remnya (mekanik). Jika hobi bersepeda Anda besar, maka kami menyarankan jenis hidraulis yang pengeremannya lebih kuat.

10 Rekomendasi Sepeda Gunung (MTB/Mountain Bike) Terbaik

Setelah memahami jenis sepeda gunung berdasarkan penggunaannya dan desain frame-nya, barulah Anda dapat ketahui sepeda seperti apa yang paling pas untuk kebutuhan Anda. Guna mempermudah Anda dalam menentukan, kami telah sediakan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk Anda jadikan referensi membeli. Silakan disimak dan pilihlah sepeda yang paling sesuai untuk Anda gunakan!

1. Element US Military Sepeda MTB Lipat

Element US Military

Mampu lintasi medan rata atau semi off-road, fleksibel!

Element merilis sepeda gunung dengan 27 pilihan kecepatan yang dapat Anda atur untuk berbagai medan. Mendaki tanjakan kini tidak berat berkat sistem operan gigi yang mudah dikontrol. Baik melintasi jalan raya yang lurus dan rata ataupun medan sedikit off-road, sepeda gunung Element US Military dapat diandalkan sebab dibekali suspensi yang dapat dikunci dengan dengan model saklar.

Bukan hanya memberikan fleksibilitas pada pengguna dalam bersepeda, produk ini juga dilengkapi rem cakram yang sangat pakem. Menerapkan sistem pengereman hidraulis, tidak perlu Anda memiliki kekuatan mencengkeran karena teknologi pengeremannya yang sama dengan kendaraan bermotor. Selain memiliki roda yang dilepas pasang tanpa alat, sepeda berangka alloy yang tahan karat ini juga dapat dilipat.

Bahan frameAlloy
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda26”
Sistem remHidraulis
Bobot15 kg
Kisaran hargaRp4.860.000

2. United TMS 3080

United TMS 3080

Bagian velg ban atau rimnya berbahan alloy

Apabila bujet Anda terbatas di angka 2 jutaan, kami rekomendasikan United TMS 3080 ini agar Anda jadikan pertimbangan memilih. Sepeda gunung ini menggunakan frame berbahan stainless steel yang ringan dan anti karat.  Walau tidak mengandalkan frame alloy yang nyaman, material steel telah banyak digunakan untuk merakit sepeda MTB kelas menengah kebawah.

Mengandalkan sistem suspensi berbahan Zoom (T80) Rear Coil Spring Suspension pada garpu depan (front fork)-nya, sepeda gunung United berikut cukup stabil saat Anda melewati jalan yang tidak rata seperti bebatuan di pedesaan. United juga menambahkan Rear Derailleur (RD) dan Front Derailleur (FD) dari Shimano, menjadikan sepeda gunung ini mudah dalam melakukan perpindahan gigi.

Bahan frameAlloy
Ukuran frame16”
Diameter roda20”
Sistem remMekanik
Bobot13,72 kg
Kisaran hargaRp2.506.000

3. Polygon Rayz 1

Polygon Rayz 1

Sudah bersertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia)

Polygon Rayz 1 memiliki tampilan yang minimalis. Tidak nampak bekas lasan karena melewati proses produksi yang mengikuti standar ketat dengan quality control yang sudah berpengalaman. Terlebih lagi, kabel rem dari sepeda gunung ini diinstalasi pada jalur yang berada di dalam rangka sehingga membuat tampilannya semakin modis dan rapi.

Dengan 21 pilihan kecepatan, keleluasaan menjadi nilai lebih bagi Anda yang ingin menumpaki sepeda gunung untuk banyak medan. Baik menaiki, mendorong, ataupun mengangkat sepeda kini tidak lagi menjadi masalah karena frame berbahan alloy-nya membuat sepeda ini enteng. Dilengkapi roda berukuran 27,5 inci dengan disc brake berdaya cengkeram kuat, menjadikan ban tidak licin di jalanan. Pasti aman!

Bahan frameAlloy
Ukuran frame16”
Diameter roda27,5”
Sistem remMekanik
Bobot15,9 kg
Kisaran hargaRp3.600.000

4. Turanza 2906

Turanza 2906

Melewati medan cross country? Siapa takut!

Meskipun Turanza merupakan nama baru dalam industri sepeda di tanah air, komitmen dan konsistensinya untuk memproduksi produk-produk berkualitas tinggi membuat namanya semakin didengungkan. Salah satu sepeda gunung terbaik dari Turanza adalah Turanza 2906.

Sepeda yang dibekali kerangka bermaterial alloy yang ringan dan tahan karat ini mempunyai 24 opsi kecepatan. Anda dapat memakai sepeda gunung ini untuk mengarungi medan jalan yang rata ataupun cross country ringan. Baik remaja ataupun dewasa, produk ini akan pas digunakan karena memberikan kesan elegan bagi pengguna berkat desainnya yang modern dan tampak kukuh.

Bahan frameAlloy
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda27,5”
Sistem remHidraulis
Bobot14,3 kg
Kisaran hargaRp2.650.000

5. Aviator MTB 2691

Aviator MTB 2691

Dapat memperlambat putaran ban cukup dengan jari jempol dan telunjuk

Aviator menyuguhkan berbagai komponen resmi yang tidak berafiliasi dengan banyak produsen, seperti bagian handle bar, stem, saddle, dan operan giginya. Dengan rem cakram depan belakang yang pakem, sepeda gunung ini akan menunjang aspek keamanan selama digunakan.

Sudah pasti, Aviator MTB 2691 mendapatkan izin edar resmi karena telah melewati proses uji sehingga memperoleh label SNI. Melaju cepat di jalan datar atau menghadapi medan tanjakan yang sedikit curam sekalipun, tersedianya 24 opsi kecepatan memudahkan Anda mengatur gigi yang digunakan sesuai medan yang dilewati.

Bahan frameSteel
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda27,5”
Sistem remMekanik
Bobot15 kg
Kisaran hargaRp1.545.000

6. United Hydraulic Detroit 2

United Hydraulic Detroit 2

Kisaran harga: Rp2.940.000

Rem hydraulic yang effortless penggunaannya

United Hydraulic Detroit 2 merupakan sepeda gunung full suspension dengan ukuran ban berdiameter 27,5 inci dan lebar ban sebesar 2,10 inci. Rim berbahan alloy double wall menjadikan ban lebih kukuh meski harus beradu dengan jalanan yang berkontur. Menggunakan sistem rem hidraulis, tidak butuh effort lebih setiap kali ingin menghentikan laju sepeda. Cukup dengan dua jari, sepeda ini bisa diperlambat kecepatannya.

Rangka alloy yang kukuh semakin membuat Anda tenang karena dapat mengendarai sepeda lebih berani. Menariknya lagi, ban dari sepeda gunung satu ini tak hanya daat terpasang sempurna dan kuat, tetapi juga mudah dicopot maupun dipasang kembali. Jadi, saat rodanya rusak dan perlu diganti, Anda tidak perlu murung sebab kemudahan yang ditawarkannya ini.

Bahan frameAlloy
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda27,5”
Sistem remHidraulis
Bobot15,88 kg
Kisaran hargaRp2.940.000

7. Pacific Masseroni 7

Pacific Masseroni 7

Badan tidak bungkuk saat mengendarai sepeda ini

Kurang suka dengan sepeda yang terlalu banyak memberikan opsi pengaturan kecepatan? Pilihlah Pacific Masseroni 7, hanya menyediakan 20 pilihan kecepatan, Anda dapat mencapai level kecepatan yang diinginkan tanpa harus mengoper gigi terlalu jauh. Sepeda gunung berkerangka alloy yang ringan dan tahan karat ini mengadopsi full suspension dengan garpu depan yang dilengkapi  travel 120 mm.

Dengan mendesain bagian depan lebih tinggi, hal tersebut bukan hanya membuat sepeda stabil ketika dipakai menuruni jalanan, tetapi menjadikan postur pemakai lebih tegak dan tampak gagah. Belum lagi dengan teknologi pengereman hidraulisnya, Anda dapat megnerem mendadak tanpa perlu mencengkeram rem keras-keras.

Bahan frameAlloy
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda27,5”
Sistem remHidraulis
Bobot14,03 kg
Kisaran hargaRp6.350.000

8. Exotic 2655

Exotic 2655

Tampilan dinamis dengan lekukan frame yang berkarakter

Jika Anda mencari sepeda gunung dengan merek yang tidak terlalu mainstream, Exotic hadir menjawa kebutuhan Anda. Sepeda gunung Exotic 2655 ini tergolong murah di kelas sepeda full suspension lain. Frame yang dibuat melengkung pada bagian top tube menjadikan sepeda ini tampak berkarakter, gagah, dan berani.

Dibekai 21 speed level, menghadapi berbagai medan kini hanya perlu diatur operan giginya. Dengan diameter ban yang berukuran 26 inci, sepeda ini akan mempercepat laju sepeda tanpa harus mengayuhnya sering-sering. Sepeda ini ideal dikendarai di berbagai kondisi jalan sebab fleksibilitas dan keamanan menjadi fokus utama yang diberikan oleh Exotic 2655.

Bahan frameSteel
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda26”
Sistem remMekanik
Bobot17,86 kg
Kisaran hargaRp2.304.000

9. Evergreen EG 225

Evergreen EG 225

Kisaran harga: Rp2.511.000

Cocok untuk pemula karena menawarkan kemudahan sekaligus ketangguhan melintasi medan berkontur

Evergreen EG 225 banyak dipilih oleh pesepeda pemula yang ingin melintasi medan ringan, seperti cross country atau jalanan pedesaan yang sedikit berkontur. Terdapat crankset depan dengan 3 piringan serta cassette sprocket masing-masing 7 piringan, membuat sepeda gunung ini memiliki 21 tingkat kecepatan yang berbeda.

Shifter atau komponen pemindah gigi yang dinamakan grupsets dari sepeda ini mudah diatur perpindahannya hanya dengan ibu jari dan telunjuk. Di samping itu, frame sepeda yang terbuat dari steel ini terbuktu kuat dan tahan banting. Dukungan rem cakram yang pakem semakin menambah nilai lebih dari sepeda ini. Jadi, tertarik membelinya?

Bahan frameSteel
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda26”
Sistem remMekanik
Bobot13,41 kg
Kisaran hargaRp2.511.000

10. Alton XC 3.2

Alton XC 3 2

Pilihan ekonomis untuk sekadar berolahraga rutin setiap pagi atau sore

Bingung mencari sepeda gunung terbaik harga 1 jutaan di pasaran dengan kualitas yang terjamin baik? Kami sarankan Anda menengok Alton XC 3.2 ini. Dihadirkan dengan desain yang sporty dan dinamis, bersepeda sendiri atau mengikuti ajang apapun membuat Anda menjadi salah satu pusat perhatian.

Meskipun ekonomis, sepeda gunung ini telah dibekali ban berukuran 26 inci dan opsi kecepatan hingga 24 operan gigi. Hanya saja, sepeda ini lebih cocok dipakai untuk penggunaan jarak dekat serta tidak untuk anak dengan tinggi di bawah 150 cm. Jika untuk jarak jauh, durabilitas yang dimiliki tidaklah sebaik sepeda gunung kelas menengah keatas lainnya.

Bahan frameSteel
Ukuran frameTidak ada keterangan
Diameter roda26”
Sistem remMekanik
Bobot14,54 kg
Kisaran hargaRp1.325.000

Baca juga rekomendasi sepeda lipat terbaik lainnya!

Selain sepeda gunung, jenis sepeda lipat juga banyak dipilih karena lebih memungkinkan untuk dibawa bepergian. Sepeda lipat juga dapat disimpan ketika tidak dipakai untuk menjaga ketahanan kerangkanya. Bila Anda tertarik untuk membeli sepeda lipat, baik digunakan sendiri atau dijadikan hadiah untuk anak, artikel berikut akan memperlihatkan sepeda lipat terbaik dari berbagai merek.

10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik

Kesimpulan

Seusai melihat list sepeda gunung terbaik dari berbagai merek di atas, sudahkah Anda temukan salah satu yang paling tepat untuk Anda? Dalam memilih sepeda, selalu perhatikan komponen bahan yang dipilih produsen untuk memproduksi sepeda. Umumnya, sepeda gunung mempunyai kerangka yang terbentuk dari baja, aluminium, alloy, dan serat karbon (carbon fiber reinforced plastic) yang menjadikan sepeda gunung ringan.

Selain itu, pertimbangkan juga komponen suspensi atau shock breaker (peredam guncangan) agar menunjang kenyamanan Anda selama bersepeda. Pilihan kecepatan dan jenis rem cakram yang digunakan juga perlu ditinjau, apakah memakai sistem mekanik (menggunakan kabel) atau hidraulis (menggunakan oli dengan kemampuan pengereman lebih kuat).

Kini, segala medan yang Anda temui tidak lagi menjadi masalah tatkala Anda menggunakan sepeda gunung dengan desain kerangka yang disesuaikan dengan jenis jalan yang akan Anda hadapi. Dengan begitu, Anda bisa bersepeda kapan pun Anda mau selama kondisi jalan dipastikan cocok dilewati oleh sepeda gunung milik Anda.

(Visited 98.419 times, 68 visits today)