Elektronik

10 Rekomendasi Speaker Home Theater Terbaik

Modern ini, tanpa harus keluar rumah, kita dapat merasakan sensasi menonton film yang tak kalah imersif dari bioskop dengan home theater system. Namun, menghasilkan pengalaman sinematik setara bioskop tentu tidak mudah. Untuk melakukannya, Anda perlu speaker home theater terbaik.

Ada banyak produsen speaker home theater terbaik di pasaran, mulai dari Samsung, Sony, hingga JBL. Supaya tidak bingung, kami akan kupas cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami pun telah merangkum sepuluh home theater speaker terbaik yang recommended versi Pickybest. Mari ikuti pembahasannya bersama-sama!

Cara Memilih Speaker Home Theater

Memilih speaker home theater terbaik tidak semudah kedengarannya. Anda perlu memperhatikan aspek-aspek penting seperti konfigurasi channel dan detail tiap jenis speaker pada sistem.

Tentukan dulu Konfigurasi Channel Sistem Surround Sound yang Ingin Anda Buat Agar Tahu Berapa Jumlah Speaker yang Dibutuhkan

Konfigurasi channel sangat penting dalam menentukan kualitas suara speaker home theater terbaik Anda. Kalau Anda sudah beli receiver maka tinggal terapkan saja konfigurasi yang didukung. Bila belum, maka belilah receiver yang mendukung konfigurasi yang Anda inginkan pula.

Terdapat banyak macam konfigurasi, yang masing-masing memerlukan jumlah speaker berbeda-beda. Pastikan jumlah speaker yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan tiap konfigurasi. Di sini kami membahas dua konfigurasi dasar yang paling umum diterapkan.

5.1: Pas untuk Ruangan Kecil-Menengah

Konfigurasi 5.1 merupakan yang paling sederhana. Sesuai namanya, 5.1 memerlukan lima speaker dengan satu subwoofer (angka kedua menunjukkan jumlah subwoofer). Konfigurasi speaker home theater terbaik ini menempatkan tiga speaker di depan (tengah, kanan, dan kiri) dan dua di samping sebagai surround speaker.

Subwoofernya dapat ditempatkan di mana saja karena bersifat omnidirectional (memancar ke segala arah dengan daya yang sama), tapi umumnya diletakkan di depan atau samping dengan merapat ke dinding.

Konfigurasi ini cocok untuk kebutuhan kebanyakan orang, terutama Anda yang ruangannya relatif kecil hingga menengah. Jumlah speaker-nya yang lebih sedikit juga menjadikan biayanya lebih hemat dari konfigurasi 7.1. Meski begitu, konfigurasi ini kurang cocok untuk ruangan luas. Suaranya pun tidak sedetail 7.1.

7.1: Suara Lebih Detail, Khususnya untuk Ruangan Besar

Tambahan dua channel dalam konfigurasi 7.1 menghasilkan kualitas audio yang lebih detail dan imersif. Bedanya akan terasa sekali saat menonton film dengan tatanan suara yang kaya. Kelebihan ini ada berkat penempatannya yang mengepung pendengar, yakni tiga speaker di depan, dua di samping, dan dua di belakang.

Konfigurasi speaker home theater terbaik ini cocok untuk Anda yang benar-benar menginginkan pengalaman sinematik sepenuhnya. Ruangan yang tersedia pun harus luas. Minimal ada ruang lebih di belakang tempat duduk Anda untuk meletakkan dua speaker belakang.

Selain itu, karena harus membeli dua speaker tambahan, Anda juga harus merogoh kocek lebih dalam. Belum lagi, receiver yang mendukung 7.1 biasanya lebih mahal.

Dolby Atmos: Pengalaman Sinematik Nyaris Setara Bioskop

Teknologi Dolby Atmos menambahkan dua sampai empat channel atas ke dalam konfigurasi surround sound yang sudah ada. Jika diterapkan pada dua konfigurasi sebelumnya, menghasilkan konfigurasi baru seperti 5.1.2, 5.1.4, 7.1.2, 7.1.4 (angka ketiga menunjukkan jumlah speaker untuk channel atas).

Penambahan channel atas memberi pengalaman yang lebih imersif lagi, seolah menempatkan penonton secara langsung ke dalam situasi film. Katakanlah filmnya memunculkan adegan di mana banyak pesawat tempur melesat di udara, Anda pun akan mendengar dentumnya tepat di atas kepala.

Teknologi ini akan mengubah sistem speaker home theater terbaik Anda nyaris setara bioskop, karena memang teknologi inilah yang dipakai bioskop komersil. Sebab itu, wajar saja harga receiver-nya cukup mahal. Biaya tambahan juga diperlukan untuk membeli dua sampai empat speaker overhead.

Sesuaikan Tipe Speaker Depan Kanan dan Kiri yang Pas dengan Ketersediaan Ruang

Setelah speaker tengah yang mereproduksi sebagian besar dialog dari film, speaker terpenting yang kedua ialah speaker depan kanan dan kiri. Di channel inilah kebanyakan pembuat film meletakkan musik serta sebagian dialog yang berasal dari samping.

Itu sebabnya, Anda perlu memberi perhatian ekstra pada kualitas speaker-nya. Tersedia dua jenis alternatif speaker depan kanan dan kiri, yaitu floorstanding dan bookshelf.

Floorstanding: Lebih Menggelegar untuk Pengalaman Sinematik Sepenuhnya

Speaker floorstanding berukuran tinggi besar. Rentang frekuensinya pun lebar berkat jumlah driver (bagian penghasil suara di speaker) yang lebih banyak. Kabinetnya yang besar juga memungkinkan reproduksi suara yang lebih baik di frekuensi rendah. Meski demikian, karena sistem speaker home theater terbaik harus pakai subwoofer, bass yang lebih unggul ini tidak terlalu relevan.

Akibat ukurannya yang besar, speaker ini dapat Anda pilih jika ruangan di rumah Anda cukup lapang. Banyak juga yang memilihnya dibanding speaker bookshelf karena bobotnya lebih berat, sehingga tidak khawatir goyah ketika tersenggol atau dipanjat binatang peliharaan di rumah. Dengan harga yang relatif lebih mahal, pastikan budget Anda cukup kalau ingin memilih speaker floorstanding.

Bookshelf: Penempatan Fleksibel dengan Bodi Minimalis

Dinamai speaker bookshelf karena ukurannya yang kecil, lantas dapat ditaruh di atas rak buku (bookshelf) atau furnitur lainnya. Kendati begitu, dalam konfigurasi home theater terbaik, speaker ini baiknya jangan diletakkan di atas furnitur. Gunakanlah stand sebagai penopang atau mount ke dinding. Ukurannya yang kecil memang membuat penempatannya sangat fleksibel.

Bila ukuran ruangan Anda kecil, speaker bookshelf lebih leluasa diatur penempatannya. Memang secara umum suaranya kalah lantang dibanding speaker floorstanding. Tapi, jika Anda jeli dalam memilih produk, banyak juga speaker bookshelf yang kualitasnya setara. Di samping itu, harganya yang lebih terjangkau tidak akan mencekik Anda yang budget-nya terbatas.

Mana yang Lebih Bagus sebagai Surround Speaker, Dipole atau Bipole?

Ada tiga jenis surround speaker, yaitu monopole, dipole, dan bipole.

Speaker Monopole

Monopole adalah speaker yang driver-nya menghadap lurus ke depan. Speaker dihadapkan ke tempat duduk agar suara terpancar langsung ke pendengar. Speaker home theater terbaik pada umumya menggunakan model speaker ini.

Speaker Dipole

Speaker dipole memiliki dua bagian driver yang mengarah diagonal berlawanan yang memancarkan suara ke samping. Alhasil, suara dari speaker home theater terbaik ini tidak mengarah langsung ke arah pendengar. Bidang suara yang dihasilkan pun lebih luas, dengan konsekuensi akurasi yang menurun.

Model ini akan bekerja lebih baik dari monopole jika ruangan Anda sempit. Sebab, ruangan sempit membuat jarak monopole terlalu dekat dengan pendengar. Hasilnya, pancaran suara akan terasa terlampau dekat pula, memberikan sensasi ganjil karena suara di sekeliling terdengar lebih dekat dari yang depan.

Model dipole menetralisir masalah ini karena suaranya tidak langsung mengarah ke pendengar, melainkan disebar ke kanan-kiri (atau depan-belakang jika ditaruh di samping). Model ini menimbulkan sensasi seolah suaranya berasal dari jauh padahal letak speaker-nya sangat dekat.

Hal tersebut juga yang menyebabkan peletakkan suara menjadi tak akurat. Tidak heran, speaker dipole kurang direkomendasikan untuk konfigurasi di atas 5.1 (termasuk 5.1 Dolby Atmos).

Speaker Bipole

Sebaliknya, model bipole bekerja mirip monopole karena, walaupun bentuknya mirip dipole dan sama-sama menyebar suara ke kanan-kiri, tetap memancarkan suara lurus ke arah pendengar. Intensitasnya tentu tidak sekencang monopole, karena suara yang tertembak lurus merupakan bauran dari samping.

Karena memiliki karakteristik kedua model lainnya, bipole menjadi alternatif ketika setup speaker home theater terbaik Anda mestinya pakai monopole, tetapi terkendala titik penempatan yang kurang ideal. Misalnya, terlalu dekat dengan tempat duduk atau bentuk ruangan yang tidak simetris. Dengan bipole, distribusi suara menjadi lebih rata, sambil mempertahankan akurasi yang cukup baik.

Untuk Dolby Atmos, Lebih Baik Speaker In-ceiling atau Upfiring?

Seperti telah kami bahas pada poin yang lalu, kalau Anda ingin membuat konfigurasi Dolby Atmos, Anda perlu menambah dua sampai empat overhead speaker. Speaker ini berfungsi sebagai channel atas yang menambah kompleksitas detail audio. Memang, perbedaannya baru betul-betul terasa pada film-film tertentu yang memakai soundtrack Dolby Atmos.

Ada dua jenis overhead speaker, yaitu in-ceiling dan upfiring.

  • In-ceiling speaker (speaker plafon): Ditanam ke langit-langit ruangan. Inilah setup Dolby Atmos yang paling ideal. Kendati begitu, instalasi home theater terbaik seperti ini agak repot karena harus melubangi plafon yang barangkali tidak bisa Anda lakukan sendiri sehingga harus memanggil tukang.
  • Upfiring speaker: Bodi mirip seperti speaker bookshelf biasa,. Hanya saja, driver-nya mengarah ke atas untuk menembakkan suara ke langit-langit dan memantulkannya ke bawah. Alhasil, suaranya tidak selantang dan sejernih in-ceiling speaker. Tetapi di saat yang sama tidak memerlukan instalasi khusus macam-macam.

Kesimpulannya, periksalah dulu apakah plafon ruangan Anda mungkin dilubangi atau tidak. Kalau bisa, pasanglah in-ceiling speaker untuk performa Dolby Atmos yang sesungguhnya.

Sementara, jika dirasa tak memungkinkan, upfiring speaker pun tidak buruk. Sebelum itu, jangan lupa pula untuk memastikan apakah receiver Anda mendukung Dolby Atmos atau tidak.

Enggan Dibuat Repot? Pilih Saja Speaker Soundbar yang Sudah All-in-one!

Apakah setelah membaca poin-poin di atas Anda malah merasa malas pasang speaker home theater terbaik karena enggan dibuat repot? Tak perlu khawatir, kalau Anda hanya menginginkan speaker sederhana yang menghasilkan suara besar dari film favorit Anda, pilih saja speaker soundbar yang telah all-in-one!

Soundbar menghasilkan suara lantang yang luas, meskipun tak sampai terasa mengelilingi Anda seperti sistem surround sound. Banyak pula soundbar yang bahkan mendukung Dolby Atmos dengan tambahan driver upfiring. Kebanyakan soundbar juga menghasilkan suara yang apik, berkali-kali lipat lebih bagus dari speaker bawaan TV. Jika masih kurang puas, Anda pun dapat menambahkan subwoofer.

10 Rekomendasi Home Theater Speaker Terbaik

Setelah memahami cara memilihnya, apakah Anda sudah dapat gambaran home theater speaker macam apa yang Anda inginkan? Di bagian ini, kami punya sepuluh speaker home theater terbaik dari beragam jenis channel dan merek. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kesesuaiannya dengan budget, ya!

1. Samsung Soundbar HW-T420

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Konfigurasi speaker home theater yang simpel dan minimalis

Soundbar Samsung ini menerapkan konfigurasi 2.1 di mana terdapat 2 channel kanan kiri pada soundbar dan 1 subwoofer. Konfigurasi ini sangat cocok untuk home theater karena menghasilkan surround sound yang baik untuk menghasilkan efek teatrikal yang imersif. Konfigurasi ini juga lebih hemat tempat karena hanya terdiri dari 2 speaker sehingga tidak banyak makan tempat.

Dengan speaker ini, Anda tidak perlu repot memikirkan manajemen kabel. Pasalnya, speaker ini sudah mendukung konektivitas wireless melalui bluetooth. Pengoperasiannya juga lebih simpel karena bisa dilakukan dari satu remote control yang memuat seluruh pengaturan speaker.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp1.577.900

2. WEYON Speaker TV Soundbar Portable Speaker Bluetooth

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Sudah mendukung bluetooth 5.0 yang minim latensi

Soundbar TV WEYON ini menghadirkan performa audio stereo yang jernih dan imersif untuk mendukung tontonan Anda. Performa bass-nya yang dalam dapat mereproduksi sound design dengan maksimal sesuai dengan visi dari filmmaker-nya. Soundbar ini menggunakan koneksi bluetooth versi 5.0 yang minim latensi sehingga tidak akan ada delay antara visual di TV dengan audio yang muncul.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp269.000

3. Olike Soundbar Speaker Mini Home Theater S3H

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menghasilkan pengalaman True Wireless Stereo sempurna

Tanpa perlu ditambah speaker lain, soundbar Olike ini bisa menghasilkan kualitas surround sound premium. Namun begitu, bila Anda ingin menaikkan levelnya satu tingkat lagi untuk menyamai kualitas bioskop, Anda bisa tambahkan satu unit lagi speaker ini. Pasalnya, Olike sudah mempersiapkan fitur interkoneksi bagi dua unit speaker ini untuk menghasilkan pengalaman True Wireless Stereo yang sempurna.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp235.000

4. Sony HT-S100F

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menghadirkan bass yang dinamis dan responsif tanpa memerlukan subwoofer tambahan

Sony menyematkan teknologi Bass Reflex pada speaker soundbar ini. Teknologi ini memungkinkan reproduksi bass yang dinamis dan responsif untuk menghadirkan pengalaman sinematik tiada tara tanpa memerlukan subwoofer tambahan. Bentuk sounbar ini lebih ringkas agar tidak banyak memakan tempat. Terdapat pula wall mounting yang memungkinkan soundbar untuk dipasang di dinding.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp1.719.000

5. Popcorn TS002ABK

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Soundbar yang menyediakan 4 channel

Tidak seperti soundbar kebanyakan yang hanya menyediakan 2 channel, soundbar Popcorn ini menyediakan 4 channel untuk mereproduksi frekuensi full range. Artinya, Anda tidak perlu menambahkan speaker lain untuk menikmati pengalaman audio yang utuh. Soundbar ini juga memanjakan para pencinta musik lintas genre karena menyediakan 6 mode EQ untuk musik klasik, rock, jazz, hingga country.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp423.000

6. SONY HT-S20R Sistem Soundbar Home Cinema 5.1

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Speaker dengan konfigurasi 5.1 untuk pengalaman home theater terbaik

Bagi Anda yang ingin all-out dan menciptakan bioskop sendiri di rumah, Sony HT-S20R menjadi speaker home theater yang patut Anda pilih. Speaker ini hadir dalam konfigurasi 5.1 di mana terdapat 2 speaker pada soundbar, 2 tweeter terpisah, dan 1 subwoofer. Kualitas surround sound yang dihasilkan begitu imersif dengan separasi yang jernih. Audionya akan lebih sempurna lagi bila dikombinasikan dengan mode bioskop yang tersedia.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp3.055.000

7. Bose Soundbar 700

Sumber: Boseapac.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Memiliki fitur SympleSync untuk terhubung dengan headphone

Jika TV Anda terletak di ruang keluarga, mungkin setup yang terdiri dari banyak speaker home theater terbaik akan membuat ruangan terasa sesak. Belum lagi risiko tersenggol oleh anggota keluarga yang lalu-lalang. Daripada ambil risiko, lebih baik pakai soundbar saja yang selain ringkas, juga aman ditaruh di bawah TV.

Performa audio produk ini jangan Anda ragukan. Walaupun tidak seimersif sistem surround sound canggih, suara yang dihasilkan tidak kalah menggelegar, kok. Uniknya lagi, ada fitur Bose SympleSync untuk menyambungkan soundbar dengan headphone. Alhasil, Anda bisa nonton film tanpa mengganggu orang lain karena suaranya terputar langsung ke headphone Anda.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setup sangat mudah.
  • Pengaturan dilakukan lewat remote control.
  • Mendukung voice assistant Alexa.
  • Desain elegan.
  • Pengoperasian memakai remote control.
  • Bass sudah memadai kalau tidak mau beli subwoofer.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin cukup mahal untuk beberapa orang.
Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp14.900.000

8. Sonos Arc

Sumber: Sonos.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek Harga di Lazada Cek Harga di Blibli

Walau hanya soundbar, suara yang dihasilkan sangat imersif!

Dengan harganya yang lumayan mahal, sudah pasti Sonos Arc menjamin kualitas terbaik. Meskipun hanya soundbar, sound field yang dihasilkan begitu luas dan imersif. Bagaimana tidak, produk ini mendukung teknologi Dolby Atmos. Pengoperasiannya pun makin mudah karena dapat terhubung dengan program home assistant.

Dialog dalam film akan terasa lebih hidup karena speaker home theater terbaik ini di-tuning oleh penata suara pemenang Oscar. Kalaupun Anda merasa performanya masih kurang, terutama pada frekuensi rendah, tinggal pasangkan subwoofer Sonos yang harganya berkisar 13 jutaan.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Setup mudah.
  • Sudah dilengkapi voce assistant Alexa.
  • Desain modern, elegan, dan tidak mencolok sehingga tidak mengganggu fokus dari TV.
  • Bass sudah lumayan memadai walaupun tak pakai subwoofer.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin agak mahal untuk sebagian orang.
Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp18.990.000

9. JBL Bar 2.0 All-in-One Soundbar

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Tidak membutuhkan speaker tambahan untuk bekerja maksimal

Seperti namanya, JBL merancang speaker ini menjadi soundbar all-in-one yang tidak membutuhkan speaker tambahan untuk bekerja dengan maksimal. Suara yang dihasilkan tidak hanya kencang tapi juga jernih.

Kendati sambungan dengan TV hanya bisa dilakukan melalui HDMI, speaker ini sudah mendukung konektivitas bluetooth yang bisa Anda manfaatkan untuk memutar musik favorit dari smartphone atau laptop tanpa sambungan kabel.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp1.550.000

10. Simbadda CST 903N+

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Dilengkapi 1 buah wireless microphone untuk karaokean!

Jangan lupakan brand lokal, ada Simbadda yang juga menawarkan home theater speaker terbaik. Mengaplikasikan konfigurasi 2.1, speaker ini terdiri dari soundbar dan subwoofer.

Performa audionya sudah full range, bisa menunjang kebutuhan audio sinematik. Uniknya, Simbadda juga menyediakan 1 buah wireless microphone untuk Anda berkaraoke di rumah. Seluruh konfigurasi ini sudah didukung konektivitas bluetooth versi 5 supaya Anda tidak perlu ribet menata kabel.

Jenis speaker Soundbar
Dapat digunakan untuk channel All-in-one
Kisaran harga Rp895.000

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi kami, apakah ada speaker home theater terbaik yang ingin Anda bawa ke rumah? Jangan terburu-buru, supaya tidak kecewa, selalu pertimbangkan hal-hal penting dalam memilih speaker home theater. Misalnya, konfigurasi channel dan detail tiap jenis speaker pada sistem.

Kalau ini pertama kalinya Anda membeli speaker, kami sarankan untuk memeriksa dulu jumlah channel di receiver Anda. Jika Anda juga belum memiliki receiver, maka belilah yang mendukung jumlah channel yang ingin Anda buat, seperti telah kami jelaskan di bagian cara memilih. Semoga Anda menemukan speaker home theater terbaik untuk Anda, ya!

Referensi

5.1 vs. 7.1 Channel Home Theater Receivers
https://www.lifewire.com/5-1-vs-7-1-home-theater-receivers-1846774

What Is Dolby Atmos Immersive Surround Sound?
https://www.lifewire.com/dolby-atmos-cinema-to-home-theater-1847278

What to Look for When Purchasing a Floorstanding Speaker
https://www.klipsch.com/blog/what-to-look-for-when-purchasing-a-floorstanding-speaker

Bookshelf Speakers: What You Need to Know
https://www.klipsch.com/blog/speakers-for-bookshelves-need-to-know

Rear channel speakers for home theater
https://www.crutchfield.com/S-JDVPRm8EaQp/learn/rear-surround-speakers.html

Dipole vs Bipole vs Monopole: Which Surround Speaker is Best?
https://www.audioholics.com/loudspeaker-design/surround-speaker-dipole-vs-bipole

The Three Tiers of Dolby Atmos: In-Ceiling, Up-Firing, and Virtual Surround Compared
https://theinventory.com/the-three-tiers-of-dolby-atmos-in-ceiling-up-firing-1842383974

Soundbar vs. Surround-Sound System
https://www.nytimes.com/wirecutter/blog/soundbar-vs-surround-sound-system/

  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

You may also like

Comments are closed.