Written by 23:44 Makanan & Minuman

10 Merk Oatmeal yang Bagus dan Baik untuk Kesehatan

Oatsy Rolled Oatmeal

Oatmeal mulai dijadikan sumber karbohidrat substitusi oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Merupakan salah satu jenis gandum, oatmeal menyimpan beraneka ragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Selain sebagai sumber karbohidrat dan kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih, oatmeal juga mengantongi nutrisi penting lain, seperti vitamin B6, thiamine, niasin, dan asam folat.

Peran penting oatmeal di dalam tubuh telah dibuktikan banyak sekali penelitian. Misalnya saja, mengonsumsi oatmeal akan memberikan tubuh energi dan kandungan serat yang dimilikinya juga membantu saluran pencernaan bekerja lebih baik. Risiko terhadap penyakit jantung dan obesitas bisa dicegah karena oatmeal dapat pula meminimalisir jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Setelah mengetahui peranan oatmeal bagi kesehatan, tentu Anda terdorong untuk mulai menyantap oatmeal sebagai menu sarapan atau overnight oat, bukan? Di pasaran, produk oatmeal terbaik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu instant oat, quick cooking oat, rolled oat, dan steel cut oat. Proses pengolahan yang berbeda menentukan berapa lama Anda perlu memasak setiap jenis oatmeal tersebut sebelum bisa disantap.

10 Rekomendasi Oatmeal Terbaik yang Enak dan Bagus untuk Diet

Instant oat atau oatmeal instan mendapatkan proses paling panjang dan memiliki tekstur akhir pipih serta lebih mudah menyerap air. Itulah alasan kenapa oatmeal instan cocok untuk Anda yang baru memulai karena lebih praktis serta mudah pengolahannya. Beda lagi dengan quick cooking oat yang perlu dimasak untuk kisaran kurang lebih 5 menit sebelum bisa dimakan.

Jenis oatmeal lain yaitu rolled oat mendapatkan perlakuan dengan dikukus tidak terlalu lama sehingga teksturnya jelas terlihat seperti biji yang dipipihkan. Untuk mematangkan rolled oat perlu waktu pemasakan hingga 10 menit. Terakhir yaitu steel cut oat, merupakan menir gandum (oat groats) yang belum menerima banyak proses pemasakan sehingga memiliki karakter yang jauh berbeda dengan oatmeal instan dan quick cooking oat.

Steel cut oat perlu dimasak di atas api sekitar 20 – 30 menit dan mempunyai cita rasa nutty lebih kuat serta bertekstur chewy. Dari keempat jenis oatmeal yang bagus ini, bisa dibilang kualitas steel oat cut dan rolled oat lebih baik karena mempunyai indeks glikemik (GI/Glycemic Index) paling rendah di mana lebih efektif memperlambat peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh dan mendukung penurunan berat badan. Sementara itu, oatmeal instan dan quick cooking oat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk menyiapkannya.

Apa pun pilihannya, pastikan Anda membeli oatmeal dengan kualitas yang sudah terbukti baik untuk kesehatan. Di bawah ini kami cantumkan sepuluh merek oatmeal dari berbagai jenis oat. Silakan Anda pilih yang sesuai dengan tujuan dan gaya hidup Anda, ya!

1. Quaker Instant Oatmeal

QUAKER Instant Oatmeal

Kisaran harga: Rp44.000

Pilihan tepat untuk cegah obesitas pada ibu hamil dan wanita yang sedang diet

Kurang afdal jika kami tidak menempatkan Quaker pada urutan pertama. Quaker adalah salah satu merek oatmeal yang bagus dan sudah diketahui sebagian besar penduduk Indonesia. Untuk varian ini kami rekomendasikan apabila Anda ingin menikmati bubur oat tanpa memakan waktu pemasakan lama. Produk ini mengantongi nilai kalori lebih rendah dibandingkan nasi sehingga cocok utuk Anda yang sedang diet.

Quaker Instant Oatmeal berkemasan merah ini kaya akan karbohidrat yang dipakai tubuh sebagai sumber energi. Makanan sehat yang juga mengandung protein ini terbuat dari 100% bulir oat utuh yang tinggi beta-glucan untuk turunkan kolesterol jahat dalam darah. Berhubung peranannya efektif dalam mengurangi jumlah kolesterol, tubuh pun akan terjauhkan dari risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

2. Oatsy Instant Oatmeal

Oatsy Instant Oatmeal

Kisaran harga: Rp27.800

Campurkan dengan berries dan kacang-kacangan, nikmati sarapan pagi menyehatkan

Ingin membuat santapan sehat dan nikmat menggunakan oatmeal tanpa memakan banyak waktu? Anda dapat jadikan Oatsy Instant Oatmeal sebagai opsi lain dengan nilai jual lebih murah. Selain Quaker, merek satu ini juga digemari banyak orang Indonesia karena bahannya yang tinggi serat pangan untuk bantu pertahankan fungsi saluran cerna.

Di samping itu, Oatsy Instant Oatmeal rendah akan lemak dan kolesterol sehingga tidak membahayakan tubuh meski dimakan setiap hari. Menurut keterangannya, oatmeal ini diproduksi menggunakan teknologi modern tanpa banyak melibatkan campur tangan manusia sehingga kualitas dan mutunya lebih terjamin.

3. Gerber Lil’Bits Oatmeal Banana Strawberry Food Cereal

Gerber LilBits Oatmeal Banana Strawberry Food Cereal

Kisaran harga: Rp75.000

Oatmeal untuk bayi dari Amerika yang lezat dan bersertifikasi USDA

Gerber Lil’Bits Oatmeal Banana Strawberry Food Cereal dihadirkan khusus untuk memenuhi asupan nutrisi buah hati Anda secara praktis. Oatmeal ini dapat membantu mendorong kemampuan mengunyah dan mengenal rasa serta tekstur makanan pada bayi yang sedang memasuki golden age.

Jika ingin diberikan pada bayi, Anda dapat campurkan dengan cairan seperti ASI atau susu formula hingga tingkat kekentalan yang dikehendaki. Kemudian, apabila ingin dicampurkan dengan jus, setidaknya berikan pada bayi yang telah berumur 1 tahun lebih. Tenang saja, Gerber Lil’Bits telah memastikan oatmeal produksinya ini bersertifikasi USDA dan material kemasannya pun bebas BPA (bisphenol-A).

4. Energen Oatmilk Instant Oats & Milk Mixberry

Energen Oatmilk Instant Oats Milk Mixberry

Kisaran harga: Rp4.700

Cukup 1 sachet sudah bikin kenyang!

Energen menyediakan beberapa varian oatmeal, salah satunya Oatmilk Instnat Oats & Milk Mixberry. Produk seberat 24 gram ini cocok untuk Anda yang ingin menjajal sensasi menyantap oatmeal. Dengan kata lain, produk ini hanya untuk satu kali olah sehingga Anda bisa beralih ke varian lain misal kurang cocok dengan rasanya.

Produk ini sangatlah instan karena Anda hanya perlu menuangkan air panas dan dapatkan oatmeal, susu, sekaligus buah kering asli di dalamnya. Karena sifatnya ini, Anda yang terbiasa melewatkan sarapan tak perlu lagi melakukan rutinitas buruk tersebut. Olah saja oatmeal dari Energen ini, hemat waktu dan nikmat, sangat pas dijadikan stock untuk lain hari.

5. Captain Oats Instant Oatmeal Cereal

Captain Oats Instant Oatmeal Cereal

Kisaran harga: Rp37.500

Sumber energi praktis di pagi hari Anda

Captain Oats sudah berdiri sejak 1965 dan produknya telah melanglang buana ke berbagai negara, Indonesia salah satunya. Instant Oatmeal Cereal ini disarankan untuk Anda yang ingin konsumsi makanan sehat buat diet sekaligus mengontrol tekanan darah dan menurunkan kolesterol LDL.

Sereal yang berasal dari 100% biji oat impor ini memiliki kualitas tinggi dan tidak mengandung bahan pengawet tambahan apa pun. Selain aman, produk ini juga dijamin mengantongi nilai nutrisi tinggi dan tidak rusak karena diproduksi melalui metode OatiFresh yang bakal menjaga kandungannya tetap utuh.

6. Trio Natural Regular Oat (Oat Polos)

Trio Natural Regular Oat Oat Polos

Kisaran harga: Rp27.300

Buat kreasi oatmeal Anda sendiri: dengan madu, buah segar, dan susu pastilah nikmat!

Oat polos berikut ini banyak dipilih orang yang ingin mengkreasikan sendiri menu oatmeal buatannya atau bahkan dijadikan bahan baku untuk masker perawatan wajah. Jika Anda ingin menjadikannya creamy soup maupun dicampur dengan beraneka macam buah, produk dari Trio Natural ini patut dicoba.

Trio Natural Regular Oat merupakan oatmeal yang bagus dari gandum utuh dengan sifat karbohidrat yang mudah diserap tubuh. Jika Anda butuh asupan energi instan untuk beraktivitas, produk ini jawabannya! Selain menyimpan jenis karbohidrat cepat serap, oatmeal ini juga tinggi akan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan.

7. Polococoa Instant Oatmeal seri Doraemon

Polococoa Instant Oatmeal seri Doraemon

Kisaran harga: Rp25.000

Memiliki rasa manis alami dari rempah dan buah-buahan

Polococoa adalah brand lokal Indonesia yang merilis oatmeal instan berkemasan lucu. Untuk seri karakter Doraemon ini banyak digandrungi orang tua yang ingin membiasakan anaknya konsumsi makanan sehat saat sarapan. Produk ini terbuat dari 100% gandum berkualitas asal Jerman. Meski bahan bakunya impor, oatmeal ini tetap terjangkau dari segi harga.

Selain itu, Polococoa Instant Oatmeal juga menambahkan bahan berupa rempah kayu manis dan buah-buahan kering. Dengan begini, Anda tidak perlu memakai gula tambahan untuk memberikan rasa manis yang menggugah selera. Jika ingin bereksperimen membuat oatmeal overnight juga bisa. Satu lagi, oatmeal ini telah terdaftar di Badan POM (BPOM) sehingga terjamin aman dikonsumsi.

8. Haverjoy Instant Oatmeal

Haverjoy Instant Oatmeal

Kisaran harga: Rp30.000

Menggunakan 100% Australian oats yang tinggi serat pangan larut

Beralih ke produk import, Haverjoy mengambil gandum langsung dari perkebunan oat di Australia. Tergolong instant oatmeal, Anda cukup mematangkan oatmeal ini dengan air panas ke dalam gelas selama 2 menit atau dipanaskan di dalam microwave untuk waktu 1 menit atau lebih.

Serat larut yang menjadi karakteristik dari Australian oats pada Haverjoy Instant Oatmeal membuatnya efektif mengontrol kolesterol dalam darah, lemak jenuh, serta berat badan. Meski produk impor, oatmeal ini telah mendapatkan sertifikasi halal MUI (Majelis Ulama Indonsia) yang labelnya bisa ditemukan di depan kemasan.

9. Quaker Quick Cooking Oatmeal

Quaker Quick Cooking Oatmeal

Kisaran harga: Rp46.835

Sensasi mengunyah bubur oat. Ingin coba?

Kadar GI (glycemic index) yang cukup rendah pada Quaker Quick Cooking Oatmeal memungkinkan Anda mendapatkan berat badan ideal dalam waktu lebih cepat. Sebagai brand oatmeal nomor 1 di dunia, Quaker membekali produk ini dengan kebaikan serat untuk solusi penurunan kadar koelsterol dan pemeliharaan fungsi saluran pencernaan yang praktis.

Berjenis quick cooking oat, produk dengan kemasan berwarna kombinasi biru dan putih ini perlu dimasak menggunakan kompor atau dimatangkan ke dalam microwave dengan rentang waktu berbeda. Cukup dipadukan dengan susu segar, cita rasa yang dihadirkan mudah diterima oleh lidah. Selain itu, ketika terkena susu pun, teksturnya memang lembut tetapi tidak seperti bubur sehingga masih bisa dikunyah oleh gigi.

10. Oatsy Rolled Oatmeal

Oatsy Rolled Oatmeal

Kisaran harga: Rp39.900

Pilihan terbaik untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan

Oatsy Rolled Oatmeal sangat direkomendasikan bagi Anda yang betul-betul niat menjalani program diet. Pasalnya, tekstur sebelum olah dari oatmeal ini benar-benar menyerupai biji gandum yang hanya dipotong-potong. Meski perlu waktu lama untuk mematangkannya, oatmeal ini bakal memenuhi perut Anda untuk hadirkan rasa kenyang lebih lama.

Hanya mengambil bahan baku dari 100% biji oat, sudah pasti tawaran serat pangan yang tinggi di dalamnya optimal membantu pemeliharaan fungsi usus pencernaan. Di samping itu, pemenuhan gizi tambahan berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalium, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, dan zat besi, akan diterima tubuh guna menjaga kesehatan jaringan serta penjagaan sistem metabolisme tubuh.

Kesimpulan

Apabila Anda membeli oatmeal yang bagus untuk dikonsumsi sebagai salah satu alasan menyukseskan program diet, ketahuilah bahwa berbagai penelitian belum menemukan bukti yang signifikan antara korelasi dari konsumsi oat dengan penurunan angka berat badan seseorang.

Meski demikian, oatmeal tetaplah lebih baik untuk diet karena dapat mengontrol pola makan dengan mencegah tubuh merasa lapar lebih cepat. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat beta-glucan yang terkandung di dalamnya. Serat ini akan memberikan efek penebalan volume makanan yang diterima usus sehingga terjadilah perlambatan proses cerna yang berujung pada perasaan kenyang lebih lama.

(Visited 91 times, 6 visits today)