Written by 02:23 Makanan & Minuman

10 Merk Roti Gandum yang Bagus dan Enak di Indonesia

Sari Roti Roti Tawar Gandum

Roti gandum memiliki jumlah serat dan karbohidrat lebih tinggi dibandingkan roti putih tawar. Di Indonesia, kita bisa membeli roti gandum di berbagai toko, mulai supermarket, minimarket, atau melakukan pemesanan secara online di internet. Oleh karena diklaim lebih sehat ketimbang roti tawar biasa, tentu banyak orang yang tertarik mencoba dan bahkan mengonsumsinya secara rutin.

Sari Roti, Mr. Bread, hingga brand premium Pepperidge Farm, dan Breadtalk memproduksi roti gandum dengan ciri khasnya masing-masing. Manakah roti gandum yang paling cocok untuk Anda? Untuk menjawabnya, ikuti terus artikel ini. Kami akan menjelaskan apa saja manfaat konsumsi roti gandum, sekaligus memberikan tips memilih beserta rekomendasi roti gandum yang terbaik untuk Anda.

Beragam Manfaat dari Kebiasaan Konsumsi Roti Gandum

Beragam Manfaat dari Kebiasaan Konsumsi Roti Gandum

Roti gandum yang terbuat dari tepung biji gandum utuh disebut denganwhole wheat bread. Berbeda dengan roti tawar yang hanya mengambil bagian endosperma dari biji gandum, roti gandum utuh menggunakan seluruh bagiannya, sehingga lebih kaya akan tekstur dan nutrisi. Konsumsi dua potong roti gandum dapat membuat perut kenyang lebih lama dibandingkan roti tawar putih.

Oleh karena menggunakan seluruh bagian biji gandum utuh, roti gandum juga kaya akan serat. Bukan itu saja, roti gandum juga menyimpan nutrisi bermanfaat lain untuk tubuh, seperti protein, antioksidan, dan mineral semacam zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, sodium, dan zinc. Masih ada lagi nutrisi berupa vitamin B, asam folat, vitamin E, dan vitamin K pada setiap lembar roti gandum.

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa rutin memakan roti gandum dapat berdampak baik pada meningkatnya fungsi pencernaan, yakni melancarkan gerakan usus dan mendorong produksi bakteri baik di dalam usus. Di samping itu, meski perlu diteliti lebih lanjut, roti gandum yang dikonsumsi rutin juga diketahui membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, obesitas, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Di balik segala kelebihannya, perhatikanlah asupan sodium yang berasal dari ragi ketika proses pembuatan roti gandum. Setiap lembar roti tawar dari gandum utuh mengandung setidaknya 200 mg sodium. Angka tersebut masih di bawah batas harian yang disarankan akan sodium, yaitu 600 mg, dan batas maksimalnya 1.800 mg.

Cara Memilih Roti Gandum Berkualitas Baik

Walaupun menyimpan berbagai kelebihan seperti telah dijelaskan sebelumnya, roti gandum yang dikonsumsi juga harus terjamin baik kualitasnya. Selain memperhatikan tekstur, penting juga mengecek kandungan yang terkandung di dalam produk pilihan Anda, terutama kadar gula dan lemaknya. Mari kita bahas lebih lanjut di bagian ini!

Cermati Komposisi Bahan dan Kandungan Gizinya

Cermati Komposisi Bahan dan Kandungan Gizinya

Roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh tentu lebih baik dari segi nutrisi. Namun, bagaimana caranya mengetahui produk tersebut benar-benar berasal dari gandum utuh? Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek komposisi bahan pada kemasan produk.

Tak jarang, beberapa produk roti mencantumkan keterangan “bahan multigrain” atau “diperkaya dengan tepung gandum putih”, yang menjelaskan roti tersebut tidak berasal dari gandum sepenuhnya, melainkan campuran tepung putih berjumlah lebih banyak, sedangkan total gandum utuh yang digunakan sedikit. Anda juga dapat mengecek lebih lanjut mengenai persentase gandum yang digunakan dengan melihat langsung situs resmi produsennya.

Periksa Pula Tekstur Roti Gandum Pilihan Anda

Periksa Pula Tekstur Roti Gandum Pilihan Anda

Secara umum roti gandum mempunyai tekstur yang lebih kasar dibandingkan roti tawar. Tetapi, jika dibandingkan antara satu roti gandum dengan roti gandum lain, akan terdapat pula perbedaannya. Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Roti gandum yang bagus tentu mempunyai tekstur yang padat dan berserat karena terbuat dari bahan gandum utuh.

Berbeda dengan roti gandum yang teksturnya lebih empuk dan lembut, umumnya produk ini berkomposisikan bahan tambahan untuk membuat roti mengembang dengan jumlah tepung lebih sedikit. Anda bisa mengecek hal ini dengan memperhatikan detail setiap produk atau melakukan perbandingan untuk melihat kualitas tekstur yang dimiliki masing-masingnya secara perlahan.

Lihatlah Jumlah Gula dan Hindari yang Mengandung Lemak Trans

Lihatlah Jumlah Gula dan Hindari yang Mengandung Lemak Trans

Kandungan serat pada gandum memanglah tinggi sehingga bermanfaat untuk pencernaan. Namun, jangan sampai Anda luput memeriksa kadar gula di dalamnya. Secara umum, rata-rata jumlah gula di dalam roti gandum antara 2 – 6 gram per dua potong roti. Beracuanlah pada angka tersebut saat memilih roti gandum agar Anda tidak mengonsumsi gula berlebih per harinya.

Kemudian, gandum utuh juga menyimpan lemak sehat. Namun, tidak sedikit produsen menambahkan lemak trans berbentuk minyak hidrogenasi yang dapat memicu peningkatan kolesterol. Cermatilah kemasan setiap produk dengan saksama. Jika tercantum keterangan “sebagian terhidrogenasi” pada komposisi bahannya, sebaiknya untuk tidak membeli produk tersebut dan alihkan pilihan Anda pada produk lain.

10 Rekomendasi Roti Gandum Terbaik yang Enak Dikonsumsi

Berikutnya akan kami perlihatkan sepuluh roti gandum yang enak dimakan, baik dengan selai, madu, maupun potongan keju dan telur. Ayo temukan roti gandum yang tepat untuk Anda nikmati sendrii ataupun bersama keluarga!

1. Sari Roti Roti Tawar Gandum

Sari Roti Roti Tawar Gandum

Kisaran harga: Rp18.000

Roti gandum yang tinggi serat pangan untuk sehatkan pencernaan

Sari Roti adalah merek produsen roti terkenal di Indonesia. Selain mengenalkan roti tawar putih, tersedia pula roti gandum yang dapat dibeli banyak pusat perbelanjaan, terutama Indomaret dan Alfamart. Pada dua lembar roti gandum Sari Roti terkandung 36 gram karbohidrat yang siap diolah menjadi energi oleh tubuh.

Anda bisa menyantapnya sebagai menu sarapan atau makan siang bersama selai stroberi, cokelat, atau olesan lain kesukaan Anda. Sari Roti menyebutkan bahwa produknya ini terbuat dari gandum utuh yang kaya serat, sehingga baik untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan.

2. The Living Bread Sourdough Whole Wheat

The Living Bread Sourdough Whole Wheat

Kisaran harga: Rp30.000

Roti gandum yang aman untuk penderita maag, asam lambung, dan diabetes

The Living Bread Sourdough Whole Wheat aman dikonsumsi setiap orang. Bagi penderita penyakit maag dan lambung tetap bisa memakan roti gandum ini karena dibuat tanpa menggunakan yeast atau ragi. Selain itu, produk berikut juga aman dikonsumsi bagi orang dengan diabetes karena kandungan gluten di dalamnya sangat rendah.

Di samping tanpa ragi, roti gandum The Living Bread juga tidak menggunakan pengembang kue buatan. Anda bisa membeli roti gandum yang terbuat dari gandum utuh ini secara online. Menurut beberapa lapak yang kami temukan, pemesanannya dilakukan dengan sistem pre-order, sehingga daya tahannya pun lebih lama.

3. Mr Bread Roti Tawar Gandum

Mr Bread Roti Tawar Gandum

Kisaran harga: Rp15.000

Mudah didapatkan di Indomaret atau Alfamart terdekat

Ingin membeli roti gandum tanpa harus memesannya secara online? Anda bisa mendatangi pusat perbelanjaan terdekat untuk membeli Mr. Bread Roti Tawar Gandum. Produk dengan karakter yang eye-catching pada kemasannya ini dapat dibeli dengan harga belasan ribu saja.

Untuk satu kemasan terdapat 8 lembar roti gandum siap santap. Oleh karena menggunakan ragi pada ingredients-nya, pengonsumsiannya harus dibatasi agar tidak membuat saluran cerna bermasalah. Anda bisa memakan roti ini sebagai menu sarapan atau pengganjal ketika lapar.

4. Swanish Roti Tawar Gandum

Swanish Roti Tawar Gandum

Kisaran harga: Rp16.000

Kebaikan gandum untuk mengontrol berat badan

Dengan bangga Swanish meramaikan pasar roti gandum di Indonesia. Jika Anda mencari produk lokal, selain Sari Roti, Swanish ini dapat dijadikan opsi. Dengan harga yang lebih murah, Swanish Roti Tawar Gandum siap menjadi teman sarapan atau makan siang Anda.

Untuk ibu hamil atau orang yang sedang diet, jangan lupa memasukkan roti gandum ke dalam menu hariannya. Dengan batas konsumsi yang dianjurkan, seluruh kebaikan dari roti gandum akan tubuh terima, termasuk menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gula darah.

5. Garmelia Roti Tawar Gandum

Garmelia Roti Tawar Gandum

Kisaran harga: Rp16.000

Punya tekstur yang lebih lembut

Tidak sedikit ahli gizi menyarankan setiap orang untuk mengganti roti tawar biasa dengan roti gandum yang lebih sehat dan bernutrisi. Salah satu produk yang patut Anda pertimbangkan adalah Garmelia Roti Tawar Gandum. Jika sehari Anda memakan 2 potong roti gandum, maka produk ini dapat bertahan hingga 5 hari. Jangan lupa periksa masa kedaluwarsanya juga, ya!

Garmelia Roti Tawar Gandum memiliki tekstur yang sedikit lebih lembut dibandingkan roti gandum lain. Mengenai rasa tentu sama dengan roti gandum pada umumnya. Satu lagi, roti gandum ini dimanufakturisasi oleh pabrik asal Bandung. Jadi, cocok untuk Anda yang ingin mencoba produk lokal!

6. Breadlife Whole Wheat Toast

Breadlife Whole Wheat Toast

Kisaran harga: Rp14.000

Menghadirkan rasa gandum yang kuat ketika disantap

Breadlife adalah toko roti terkenal yang banyak menjajakan aneka macam roti, salah satunya roti gandum. Meski beberapa jenis rotinya dipasarkan dengan harga cukup tinggi, untuk varian Whole Wheat Toast-nya termasuk ramah di kantong.

Hanya dengan Rp14.000-an, Breadlife memasukkan 10 lembar roti per pack-nya. Karakteristik roti gandum Breadlife adalah rasa gandumnya yang kuat, tetapi tekstur rotinya lembut meskipun berserat. Anda bisa memakannya saat sarapan ditemani selai, susu, ataupun dipanggang agar lebih nikmat.

7. Breadtalk Whole Meal Toast

Breadtalk Whole Meal Toast

Kisaran harga: Rp17.000

Lebih enak dari roti tawar putih biasa!

Nama Breadtalk tentu tidak asing bagi banyak orang Indonesia, terlebih mereka yang biasa berbelanja di mall. Jika Anda termasuk pecinta produk roti keluaran Breadtalk, Anda bisa mencoba roti gandum buatannya dengan price tag yang bersahabat. Soal rasa, banyak yang bilang roti gandumnya justru lebih enak dari roti tawar putih yang biasa.

Satu paknya berisikan 10 lembar roti gandum dengan dimensi yang lebih kecil, tetapi cukup tebal sehingga tetap mengenyangkan. Warna roti gandum Breadtalk kecokelatan, dengan tampilan bintik-bintik khas untuk mengesankan teksturnya yang kasar. Walau tampilannya seperti susah dimakan, sebenarnya roti ini lembut dan empuk, serta tidak menyebabkan serat di tenggorokan.

8. Pepperidge Farm® Natural Whole Grain Bread

Pepperidge Farm® Natural Whole Grain Bread

Kisaran harga: Rp0

Buat sandwich kesukaan Anda dengan roti gandum ini!

Satu lagi roti gandum yang terbuat dari 100% tepung gandum utuh, Pepperidge Farm menjadi sumber utama serat yang bisa Anda nikmati saat pagi hari. Selain menyehatkan, roti ini juga enak dimakan sehingga bisa dinikmati oleh seisi anggota keluarga Anda. Oleh karena jumlah lemak lemak transnya 0%, roti gandum yang satu ini cocok juga untuk diet.

Anda dapat membuat sandiwch atau roti panggang yang lebih sehat dan enak dengan produk ini. Selain menggunakan gandum utuh, Pepperidge Farm juga menambakan taburan biji pada permukaan roti untuk memperkaya rasa dan nutrisi di dalamnya. Menyantap 2 potong roti di pagi hari atau sebelum bepergian dapat menjadi sumber energi sekaligus pengganjal perut selama di perjalanan.

9. MYROTI Roti Tawar Funwari Gandum

MYROTI Roti Tawar Funwari Gandum

Kisaran harga: Rp15.500

Roti tawar gandum halal dengan tekstur lembut sampai ke kulit

Saat kumpul bersama keluarga, Anda tetap bisa menyajikan roti gandum dengan tambahan selai, buah, atau tuna mayo, lho! Produk dari MYROTI akan cocok menemani waktu santai Anda bersama keluarga. Selain itu, Roti Tawar Funwari Gandum juga cocok dijadikan menu pengganjal perut saat lapar menerpa di perjalanan.

Roti gandum dari MYROTI terbuat dari gandum dan bahan pilihan berkualitas lain yang menjadikan teksturnya lebih lembut hingga ke bagian kulit. Sebagai salah satu brand asal Indonesia, produk berisikan 8 potong roti ini dipastikan halal oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

10. Sari Roti Sandwich Gandum Kacang

Sari Roti Sandwich Gandum Kacang

Kisaran harga: Rp5.500

Tidak sempat sarapan pagi? Bawa saja sandwich gandum kacang ini!

Sari Roti Sandwich Gandum Kacang merupakan opsi terbaik bagi Anda yang seringkali tidak sempat sarapan pagi. Cukup membawa satu hingga dua buah roti gandum bersertifikat halal MUI ini, perut pun terhindar dari serangan lapar, energi Anda tetap terisi untuk menjalani hari.

Sebagaimana namanya, roti gandum seberat 40 gram ini dibuat dalam bentuk sandwich siap santap yang di dalamnya terdapat selai kacang nikmat. Tekstur lembut di setiap gigitnya membuat banyak orang ketagihan. Selain sebagai menu sarapan praktis, Anda juga bisa membeli Sari Roti Sandwich Gandum Kacang sebagai camilan santai, bekal di perjalanan, hingga pengganjal perut ketika lapar.

Kesimpulan

Bagaimana tanggapan Anda setelah menengok kesepuluh merek roti gandum yang bagus tersebut? Perlu diingat, mekipun konsumsi roti gandum membawa manfaat sehat bagi tubuh, bukan berarti Anda bebas memakannya secara berlebihan. Alasannya, roti gandum juga bisa membuat tubuh memperoleh asupan sodium yang tinggi jika dikonsumsi berlebihan.

Agar lebih sehat dan mengenyangkan, Anda bisa tambahkan nutrisi lain dengan menyantap roti gandum bersama sebutir telur dan sayuran. Buatlah sandwich  dengan roti gandum untuk dijadikan bekal makan siang. Menyantap roti gandum saat sarapan juga bisa bikin kenyang perut dan tubuh lebih berenergi, lho!

(Visited 62 times, 8 visits today)