Olahraga

10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik

Tenis meja adalah olahraga yang unik, mengasyikkan, dan menyehatkan. Meski hemat tempat dan terkesan simpel, permainan ini memiliki kompleksitasnya tersendiri. Tak heran, makin hari makin banyak saja orang yang tertarik menjajalnya. Apakah Anda salah satunya? Jika demikian, ada sederet peralatan yang mesti Anda beli. Salah satunya adalah raket atau sering juga disebut bat.

Merek raket tenis meja ada banyak. Beberapa yang terkenal contohnya Butterfly, Donic, dan Stiga. Biar tidak salah beli, kami akan jelaskan cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami juga telah mengumpulkan sepuluh raket tenis meja rakitan maupun blade untuk konfigurasi kustom terbaik yang cocok buat pemula. Ikuti pembahasannya sampai selesai, ya!

Cara Memilih Raket Tenis Meja

Meski ukurannya kecil jika dibandingkan raket olahraga lain seperti tenis atau badminton, memilih raket tenis meja bukan perihal sederhana. Sederet aspek mesti diperhatikan, di antaranya adalah konstruksi raketnya itu sendiri, kesesuaian dengan grip dan gaya bermain, serta bobotnya.

Rakitan vs Kustom, Pilih yang Mana?

Raket tenis meja terdiri dari dua komponen terpisah: blade dan rubber.

Blade adalah bilah kayu yang menjadi bagian utama raket. Terdiri dari permukaan rata untuk memukul bola dan handel. Kedua sisi permukaan rata ini kemudian dilapisi oleh rubber. Rubber memberi gigitan terhadap bola saat terjadi kontak, yang karakteristiknya bakal memengaruhi gaya permainan.

Pada raket rakitan, lapisan rubber telah dilem ke blade, sehingga Anda tidak perlu repot mengelemnya sendiri. Sebaliknya, raket kustom terdiri dari komponen-komponen terpisah yang perlu dirakit dulu. Anda bisa merakitnya sendiri atau membayar toko tempat Anda membeli untuk melakukannya.

Tidak ada yang salah dari membeli raket rakitan. Namun, jika Anda berniat menyeriusi olahraga ini, cepat atau lambat Anda bakal membutuhkan raket kustom. Pasalnya, raket rakitan hanya cocok untuk tujuan rekreasional atau pemula yang belum menemukan gaya permainannya. Berbeda dengan raket kustom, Anda dapat memilih jenis blade dan rubber yang mendukung gaya permainan Anda.

Selain itu, kebanyakan raket rakitan tidak dirancang untuk penggunaan yang lama. Karena rubber yang tidak bisa dicopot, bila rusak, Anda tidak dapat menggantinya dengan yang baru. Berkebalikan dengan raket kustom, Anda dapat meng-upgrade rubber kapan saja. Sudah begitu, kualitas komponen raket kustom umumnya lebih tinggi.

Kesimpulannya, silakan beli raket rakitan jika ini adalah pertama kalinya Anda berkenalan dengan tenis meja. Setelah gaya permainan Anda berkembang dan Anda sudah tahu apa yang Anda mau, segeralah ganti ke raket kustom untuk mengasah potensi tersebut lebih jauh. Tentu tak ada salahnya pula jika Anda langsung ingin memiliki raket kustom walaupun masih pemula.

Pilih Jenis Blade yang Cocok dengan Gaya Permainan Anda

blank

Sebagai komponen utama raket, Anda mesti ekstra selektif dalam memilih blade. Bilah kayu ini bakal memainkan peran besar dalam mengeluarkan potensi Anda. Blade itu sendiri dapat digolongkan menjadi tiga jenis sesuai gaya permainannya: defensive, offensive, dan allround.

Defensive Blade

Seperti namanya, defensive blade dirancang untuk gaya permainan bertahan. Blade ini memiliki kecepatan lebih lambat untuk memberi kontrol lebih pada pemain. Material blade ini biasanya terbuat dari plywood yang karakternya lembut. Jenis blade ini juga lebih banyak disukai pemain yang banyak melakukan spin pada bola. Blade seperti ini lebih banyak digunakan oleh pemain yang telah cukup mahir.

Offensive Blade

Berkebalikan dengan defensive blade, offensive blade dirancang untuk mendukung permainan menyerang yang cepat dan agresif. Blade ini umumnya terbuat dari plywood dengan karakter yang lebih keras untuk menghasilkan pukulan yang lebih kuat. Sama seperti defensive blade, blade ini umumnya dipakai oleh mereka yang sudah mahir.

Allround blade

Allround blade merupakan blade yang menyajikan keseimbangan antara kecepatan dan kontrol. Blade ini biasanya terdiri dari plywood keras sebagai lapisan dalam, sedangkan lapisan terluarnya dari plywood yang lebih lembut. Keseimbangan yang ditawarkan membuat blade paling cocok buat pemula atau pemain mahir yang memiliki gaya bermain counter-attacking.

Pilih Bentuk Handel yang Cocok dengan Cara Anda Memegang Raket (Grip)

blank

Blade memiliki beberapa bentuk handel. Tidak semua bentuk handel bisa digunakan untuk semua cara memegang raket (grip). Sebab itu, ketika memilih blade, pastikan pula bentuk handelnya cocok dengan cara Anda memegang raket.

Untuk Anda yang masih pemula, cobalah seluruh bentuk handel sekaligus cara memegang yang berbeda agar mengetahui dengan pasti mana yang paling nyaman buat Anda.

Shakehand grip

Shakehand grip adalah cara memegang raket seperti bersalaman. Jenis grip ini merupakan cara memegang yang paling disarankan buat pemula. Untuk Anda yang terbiasa memakai grip ini, bentuk handel yang dapat Anda pilih ada tiga, yaitu flared, anatomic, dan straight.

  • Flared handle memiliki bentuk yang melebar di bagian pangkal. Cocok digunakan untuk pemain yang jago melakukan pukulan forehand.
  • Anatomic handle memiliki bentuk yang mirip dengan flared handle, namun bagian tengahnya lebih lebar untuk menyesuaikan dengan bentuk telapak tangan.
  • Straight handle memiliki bentuk yang lurus dari atas sampai bawah. Bentuk seperti ini biasanya dipakai untuk permainan defensif karena dapat digenggam lebih longgar untuk memberikan kontrol tambahan.

Penhold grip

Penhold grip adalah cara memegang raket yang menyerupai cara menggenggam pulpen atau pensil. Jenis grip ini memiliki variasi lagi antara Chinese penhold grip dan Japanese penhold grip. Handel yang dirancang untuk jenis grip ini berbentuk lebih pendek dan tebal. Perlu dicatat bahwa cara memegang seperti ini kurang disarankan untuk pemula karena lebih sulit dikuasai.

Ini Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Rubber

blank

Setelah memilih blade, Anda harus memilih rubber. Karakteristik rubber sangat berpengaruh pada gaya bermain. Maka itu, pastikan karakteristik rubber yang Anda pilih cocok untuk gaya permainan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa berdasarkan peraturan terbaru International Table Tennis Federation (ITTF), salah satu sisi rubber harus berwarna terang sementara yang satunya hitam. Bila Anda berniat mengikuti kompetisi, pastikan untuk mengingat aturan ini.

Ketebalan Sponge

Material karet yang menutupi kepala blade ini memiliki lapisan sponge yang ketebalannya harus diperhatikan. Semakin tebal lapisan sponge, makin tinggi pula kecepatannya, yang lantas membuatnya lebih cocok mendukung gaya bermain ofensif. Sementara sponge yang tipis digunakan untuk gaya bermain defensif.

Pemula umumnya disarankan memakai sponge dengan ketebalan 1,9 mm ke bawah yang seimbang antara kecepatan dan kontrol. Namun, ada juga yang berargumen bahwa pemula justru harus menggunakan rubber setebal mungkin. Yang jelas, pastikan Anda tidak menggunakan yang terlalu tipis.

Pimples-In atau Pimples-Out

Permukaan rubber mempunyai bintil-bintil kecil alias pimples. Bintil-bintil ini ada yang letaknya di permukaan bagian dalam (pimples-in) atau bagian luar (pimples-out). Rubber dengan pimples-out terbagi menjadi dua jenis lagi: short pimples untuk gaya bermain ofensif dan long pimples untuk gaya bermain defensif.

Dari jenis-jenis bintil di atas, rubber dengan pimples-in adalah jenis yang disarankan buat pemula. Sebabnya, bintil-bintil yang terdapat di bagian dalam sementara lapisan luarnya mulus memberikan kemudahan kontrol bagi pemula dalam mengembangkan gaya permainan. Baru setelah Anda punya gaya bermain sendiri, Anda dapat beralih ke pimples-out rubber, baik short ataupun long.

Pastikan Bobotnya Nyaman Buat Anda

blank

Biar nyaman dimainkan, periksalah bobot raket yang mau Anda beli. Anda dapat langsung mengetahui bobot raket rakitan dari spesifikasi produk. Hal yang sama tidak berlaku buat raket kustom. Anda mesti memperkirakan akumulasi bobot dari tiap komponen sebelum dirakit. Adapun bobot akhir raket setelah dirakit berkisar antara 150 sampai 250 gram.

Jika Anda punya gaya bermain counter-attacking dan senang bermain di dekat meja, raket berbobot ringan bakal memberi Anda manuver yang lebih enteng. Kendati begitu, pastikan bobot raket Anda tidak di bawah 180 gram agar masih punya power. Sementara Anda yang lebih mengutamakan power dan sering bermain jauh dari meja bakal lebih diuntungkan dengan raket yang lebih berat, yakni 185 sampai 188 gram.

Pastikan Tiap Komponen yang Anda Beli Sudah Disetujui ITTF

blank

Jika Anda berniat mengikuti kompetisi resmi, maka pastikan bahwa tiap komponen raket Anda telah disetujui oleh ITTF selaku lembaga internasional yang berwenang mengeluarkan peraturan dan melakukan regulasi terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan tenis meja. Produk yang telah disetujui ITTF biasanya terdapat logo ITTF di permukaannya.

Cara lain untuk mencari tahu apakah raket yang mau Anda beli sudah disetujui ITTF atau belum adalah dengan mengunjungi situs resmi produsen. Merek yang sudah mendapat persetujuan ITTF pasti memiliki keterangan yang bisa Anda temukan di situs mereka.

10 Rekomendasi Raket Tenis Meja Terbaik

Setelah memahami aspek-aspek dasar yang perlu diperhatikan dalam memilih raket tenis meja untuk pemula, sekarang Anda tinggal menjatuhkan pilihan. Di bawah ini telah kami kumpulkan sepuluh produk yang sangat pantas Anda bawa pulang ke rumah.

1. Butterfly Nakama S5

Raket rakitan yang tidak bikin pusing pemula

Butterfly Nakama S5 adalah raket rakitan yang cocok buat Anda yang masih pemula dan malas dibuat pusing dengan membeli komponen-komponen terpisah yang harus dirakit sendiri.

Raket yang terbuat dari kombinasi kayu dan karbon fiber ini memiliki bobot yang enteng sehingga cocok buat permainan cepat. Kendati begitu, kontrol raket ini juga sangat baik berkat pengaplikasian rubber Pan Asia.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Memperhitungkan kualitasnya, harganya relatif terjangkau.
  • Performanya sangat baik untuk mendukung permainan rekreasional.
  • Sudah ITTF approved.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Hanya cocok untuk permainan kasual.
Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp415.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Butterfly Jonyer H II

Blade legendaris yang pernah dipakai juara dunia

Butterfly Jonyer H II adalah blade legendaris yang pernah dipakai oleh pemain tenis meja legendaris asal Hongaria, Istvan Jonyer, ketika memenangkan World Table Tennis Championships tahun 1975.

Raket ini memang memiliki kualitas tinggi dari bahan kayu Hinoki yang mampu mendukung permainan agresif tanpa kehilangan kontrol. Performa yang seimbang ini membuatnya cocok dipakai pemula.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok buat pemula yang masih mengembangkan gaya bermain.
  • Bobot ringan.
  • Handel terasa nyaman di tangan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp450.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Butterfly Timo Boll ALC

Blade yang perancangannya dibantu oleh Timo Boll

Jika blade Butterfly sebelumnya pernah dipakai oleh juara dunia, perancangan blade Butterfly yang ini dibantu oleh pemain tenis meja kelas dunia dari Jerman, Timo Boll.

Mengimplementasikan arylate-carbon, blade ini menawarkan kombinasi seimbang antara kecepatan dan kontrol. Karena ikut dirancang oleh Timo Boll, blade ini cocok untuk gaya bermain ofensif yang banyak bertumpu pada teknik spin.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Performa seimbang di segala aspek membuatnya bisa dipakai siapa saja. Tapi pemain bergaya ofensif mungkin bakal lebih diuntungkan dengan kapabilitasnya ini.
  • Enteng namun juga bertenaga.
  • Cocok digunakan untuk pemain yang sudah mengembangkan gaya permainannya sendiri.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin cukup mahal buat sebagian orang.
Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp2.100.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. DONIC Appelgren Allplay

blank

Sumber: Donic.com

Blade allround dengan spesifikasi seimbang di segala sisi

Blade allround satu ini merupakan salah satu produk terlaris dari DONIC. Tentu bukan tanpa alasan. DONIC Appelgren menawarkan kinerja seimbang di segala aspek. Tidak terlalu cepat, namun tidak pula terlalu lambat.

Kontrolnya pun sangat baik, didukung dengan bobot yang ringan sehingga sangat nyaman ketika dimainkan. Hasilnya, Anda dapat memainkannya secara ofensif maupun defensif tanpa masalah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cocok untuk pemula maupun yang sudah mahir.
  • Bobot ringan.
  • Kualitas unggulan yang tahan dipakai bertahun-tahun.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Performanya mungkin terlalu lambat buat orang yang punya gaya bermain agresif dan cepat.
Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp260.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Donic Waldner 600

Mengimplementasikan hollow handle biar lebih enteng sekaligus bertenaga

Anda yang lebih mengutamakan kontrol akan menyukai raket rakitan satu ini. Dengan kontrol tinggi yang diberikan oleh rubber-nya yang empuk, Anda bakal lebih leluasa dalam melakukan spin.

Di samping itu, bobot raket ini juga mengimplementasikan hollow handle (handel kopong) yang efeknya membuat bobot raket lebih ringan, sekaligus menempatkan pusat massa ke arah kepala raket yang lantas menghasilkan tenaga dan kecepatan lebih.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bagus buat pemula, cocok pula buat yang mahir.
  • Tersedia dalam berbagai macam bentuk handel.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp275.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. DONIC Original Carbospeed

blank

Sumber: Donic.com

Dirancang khusus buat mendukung permainan ofensif berkecepatan tinggi

DONIC Original Carbospeed adalah blade yang ideal buat Anda yang telah berhasil mengembangkan gaya permainan ofensif Anda. Blade ini mempunyai kecepatan di atas rata-rata dengan dengan kepala yang terdiri dari kombinasi kayu dan karbon. Hebatnya, blade ini juga menawarkan kontrol yang baik. Alhasil, permainan agresif Anda takkan hilang kendali!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kontrolnya sangat baik meski cepat dan bertenaga.
  • Tak hanya cepat, akurasinya juga baik.
  • Tersedia dalam handel lurus dan flared.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bukan blade paling ideal buat pemula.
Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp750.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Stiga Infinity VPS V

Sederet teknologi untuk menyempurnakan performanya

Terdapat sederet teknologi di balik blade ini. Salah satunya adalah teknologi VPS yang membuat raket terasa lebih stabil. Ada pula teknologi Diamond Touch yang membuat tiap lapisan kayu terasa lebih keras namun permukaannya tetap mulus. Kombinasi kedua teknologi ini menghasilkan raket yang enteng dan nyaman digenggam. Aspek ini sangat penting untuk permainan menyerang yang agresif.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersedia handel penhold.
  • Kecepatan tinggi namun kontrol tetap apik.
  • Sangat enteng namun tetap stabil di genggaman.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mungkin bukan pilihan paling ideal buat pemula.
Jenis blade Offensive
Kisaran harga Rp930.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Palio Energy 03

blank

Sumber: Revspin.net

Offensive blade yang harganya sangat kompetitif

Kami punya satu lagi blade ofensif buat Anda. Sebagaimana namanya, Palio Energy 03 menghadirkan performa bertenaga untuk menunjang permainan agresif nan cepat tanpa mengabaikan kontrol dan akurasi.

Menariknya lagi, harga yang dibanderol oleh blade ini sangat kompetitif bila dibandingkan offensive blade lain yang juga kami rekomendasikan di nomor-nomor sebelumnya.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kecepatan tinggi tapi kontrol tetap baik.
  • Cocok untuk permainan pendek hingga menengah.
  • Bertenaga dan stabil, terutama pada area sweet spot.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mungkin kurang cocok untuk pemula.
Jenis blade Offensive
Kisaran harga Rp225.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Andro Gauzy HL CO

blank

Sumber: Andro.de

Stabil dan minim getaran

Produsen peralatan tenis meja dari Jerman, Andro, berkolaborasi dengan Simon Gauzy, atlet tenis meja asal Prancis untuk menciptakan blade ini. Mengedepankan stabilitas dan pengurangan getaran, produk ini dibuat dari kombinasi plywood dan KVL Carbon.

Berdasarkan visi Simon Gauzy, blade ini ideal untuk pemain yang lebih memprioritaskan feeling, kreativitas, dan spin daripada serangan agresif.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Performa seimbang pas untuk pemula.
  • Bobot enteng.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin kemahalan buat sebagian orang.
Jenis blade Allround
Kisaran harga Rp900.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Tokopedia

10. Yinhe T1S

blank

Sumber: Revspin.net

Offensive blade untuk Anda yang sudah mahir

Produk terakhir dalam daftar rekomendasi kami kali ini adalah offensive blade Yinhe T1S. Biarpun ofensif, yang otomatis berarti memiliki kecepatan tinggi, blade ini juga memiliki kontrol yang bagus.

Jika Anda tipe pemain yang suka bermain di dekat meja dengan agresif, raket ini memiliki performa fast blocking yang sangat baik. Tentu, potensinya ini baru bakal keluar dengan sempurna ketika digunakan oleh pemain yang lebih mahir.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kecepatan dan kontrolnya apik.
  • Bobot enteng dan bentuknya tipis.
  • Harga sangat kompetitif.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang cocok untuk pemula.
Jenis blade Offensive
Kisaran harga Rp410.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Raket Tenis Meja

Produk Butterfly Nakama S5 Butterfly Jonyer H II Butterfly Timo Boll ALC DONIC Appelgren Allplay Donic Waldner 600 DONIC Original Carbospeed Stiga Infinity VPS V Palio Energy 03 Andro Gauzy HL CO Yinhe T1S
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jenis blade Allround Allround Allround Allround Allround Allround Offensive Offensive Allround Offensive
Kisaran harga Rp415.000 Rp450.000 Rp2.100.000 Rp260.000 Rp275.000 Rp750.000 Rp930.000 Rp225.000 Rp900.000 Rp410.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Dari seluruh raket rakitan dan blade di atas, adakah yang menarik perhatian Anda? Untuk Anda yang pemula, meski sudah kami sarankan untuk mulai dengan raket allround, sebisa mungkin coba juga jenis raket lainnya.

Jika Anda punya teman atau kenalan yang sudah duluan menggeluti tenis meja, jangan ragu untuk meminjam raket yang mereka punya. Hal ini sangat penting dalam mengembangkan gaya bermain Anda nantinya. Mudah-mudahan Anda tidak kesulitan menemukan raket tenis meja yang tepat, ya!

Referensi

The Best Rated Table Tennis Paddle
https://www.sportsrec.com/367670-rated-table-tennis-paddle.html diakses pada 24 September 2021

Basic Types Of Table Tennis Equipment
https://pingsunday.com/table-tennis-equipment/ diakses pada 24 September 2021

The 8 Best Ping Pong Paddles To Skyrocket Your Game
https://www.bestpingpongtables.review/paddle/ diakses pada 24 September 2021

Table Tennis Bats – Choosing Between Pre-Made and Custom Rackets
https://gregsttpages.com/guide-to-table-tennis/get-advice-about-table-tennis-equipment-what-to-buy-and-where-to-buy-it/table-tennis-bats-choosing-between-pre-made-and-custom-rackets/ diakses pada 24 September 2021

The Parts Of A Table Tennis Bat – Blade, Rubbers & Glue
https://palioett.com/parts-table-tennis-bat-blade-rubbers-glue/ diakses pada 24 September 2021

Guide to Choosing a Table Tennis Blade
https://www.megaspin.net/store/extra/blade-guide.asp diakses pada 24 September 2021

Choosing a Table Tennis Blade
https://www.megaspin.net/articles/view.asp?id=303 diakses pada 24 September 2021

Should I Seal My Ping Pong Racket?
https://pingsunday.com/should-i-seal-my-ping-pong-racket/ diakses pada 24 September 2021

Choosing Your Table Tennis Rubbers
https://www.megaspin.net/articles/view.asp?id=304 diakses pada 24 September 2021

Effect of Rubber Sponge Thickness in Table Tennis
https://pingsunday.com/effect-of-sponge-thickness-in-table-tennis/ diakses pada 24 September 2021

Difference Between Red and Black Table Tennis Rubbers?
https://pingsunday.com/difference-red-black-table-tennis-rubbers/ diakses pada 24 September 2021

Choose the Right Handle for Your Style
https://pingsunday.com/best-handle-type-in-table-tennis/ diakses pada 24 September 2021

Choose Heavy or Light Racket – Which One Is Better?
https://pingsunday.com/choose-heavy-or-light-racket-which-one-is-better/ diakses pada 24 September 2021

You may also like

Comments are closed.