Kosmetik & Kesehatan

10 Susu Whey Protein Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Susu whey protein adalah salah satu jenis susu yang banyak dikonsumsi oleh atlet dan binaragawan. Selain membantu pertumbuhan massa otot, whey protein juga bagus untuk menambah berat badan dan meningkatkan imunitas.

Di pasaran, Anda dapat menemukan susu whey protein keluaran MuscleTech, Optimum Nutrition, dan beberapa merek lain. Agar tidak bingung, PickyBest sudah rangkum sepuluh susu whey protein terbaik berikut tips memilihnya. Baca sampai selesai, ya!

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktik di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah obesitas dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktik, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Cara Memilih Susu Whey Protein

Sebelum menentukan produk mana yang tepat untuk Anda, kami sarankan Anda mengetahui dahulu tips dalam memilih susu whey protein terbaik. Silakan cermati poin-poin berikut dengan saksama!

Cari Tahu Kebutuhan Protein untuk Membangun Massa Otot

Cari tahu kebutuhan protein untuk membangun massa otot

Melansir Harvard Medical School, orang dewasa dengan gaya hidup aktif memerlukan 10 persen protein dari jumlah kalori yang masuk ke badan setiap harinya. Ini setara dengan minimal 0,8 gram protein per kilogram berat badan Anda.

Bagi orang yang rutin melakukan angkat beban, maka direkomendasikan untuk konsumsi minimal 20 gram protein setelah berolahraga. Hal ini bertujuan agar otot yang rusak bisa langsung diperbaiki.

Sebenarnya, penelitian yang menunjukkan keuntungan pemberian protein dan karbohidrat tidak hanya segera setelah berolahraga saja, namun juga sebelum dan selama berolahraga.

Hasil konsumsi susu whey protein pun sangat bervariasi pada setiap individu, sehingga hasil yang diperoleh dapat berbeda pada tiap orang.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Kenali Jenis Whey Protein yang Tersedia di Pasaran

Kenali jenis <em>whey protein</em> yang beredar

Susu whey protein terbaik terbagi ke dalam beberapa ragam jenis ataupun bentuk, yaitu bubuk (powder), concentrate, isolate, dan peptide hydrolysate.

  • Whey powder: Kerap dipakai sebagai bahan untuk pembuatan roti, makanan kecil, atau produk olahan daging. Jenis ini jarang dipakai sebagai bahan baku pada suplemen olahraga, melainkan lebih sering digunakan pada makanan.
  • Whey concentrate: Sudah melewati proses pemisahan air, laktosa, dan sedikit mineral. Umumnya punya komponen aktif yang lebih banyak sehingga sering dipakai sebagai suplemen.
  • Whey isolate: Konsentrasi protein berada pada angka 90%, bahkan lebih. Pada prosesnya, whey protein isolate (WPI) dipisahkan dari lemak dan laktosa sehingga aman dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa.
  • Whey peptide hydrolysate (WPH): Kadar proteinnya juga tinggi, yakni sekitar 90%. Namun kelebihannya, protein jenis ini sudah dipecah dalam bentuk potongan-potongan peptida. sehingga lebih cepat diserap tubuh.

Semua jenis whey menunjukkan keuntungan pada pembentukan otot. Pada beberapa penelitian, whey isolate dan whey concentrate menunjukkan keuntungan. Pemilihan whey isolate dan whey hydrolysate menguntungkan terutama bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa

Yang perlu diketahui adalah, semakin banyak proses yang dilakukan untuk memisahkan whey (isolat dan hidrolisat)-nya, maka semakin rendah pula kandungan karbohidrat dan lemaknya.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Selain Protein, Perhatikan juga Kandungan Kalorinya

Selain protein perhatikan juga kandungan kalorinya

Tak mengherankan kalau susu whey protein terbaik diklaim efektif dalam membantu pembentukan massa otot untuk memberikan tampilan tubuh yang ideal. Hal ini karena kandungan protein pada susu ini punya takaran yang tinggi.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan perihal jumlah kalori agar memenuhi hasil program yang sedang Anda jalani, entahkah itu untuk menurunkan, menaikkan, atau menjaga berat badan. Ini berlaku pula untuk Anda yang ingin membentuk massa otot.

Carilah yang Mudah Larut dalam Air dan Cepat Diserap Tubuh

Carilah yang mudah larut dalam air dan cepat diserap tubuh

Susu whey protein terbaik punya karakteristik yang ideal, seperti kandungan proteinnya lebih mudah diserap tubuh. Pada saat melakukan olahraga otot, setelahnya otot akan pecah dan otak merespon hal tersebut dengan mengirimkan asam amino esensial.

Ketika kondisi ini berlangsung, maka protein yang lebih mudah dan cepat dicerna tubuh menjadi pilihan terbaik. Maka dari itu, utamakan produk yang kandungan proteinnya sudah terhidrolisis karena kecepatan serapnya yang tinggi.

Beberapa penelitian memang menunjukkan whey protein hydrolyzed (WPH) memberikan efek yang lebih besar apabila dibandingkan dengan whey protein yang lebih intak kandungannya.

Namun, pada penelitian lain ditemukan hasil bahwa baik whey protein isolate maupun whey protein hydrolyzed efeknya sama-sama meningkatkan sintesis dan kekuatan otot.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Hindari Susu Whey Protein Bubuk dengan Bahan-bahan Ini

Hindari susu <em>whey protein</em> bubuk dengan bahan bahan ini

Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi badan Anda setelah menerima susu whey protein, apakah ada reaksi atau tidak. Pasalnya, beberapa produk juga kemungkinan mengandung bahan-bahan spesifik yang perlu dihindari oleh mereka yang intoleransi atau alergi.

Berikut adalah beberapa bahan yang perlu dihindari dari susu whey protein beserta alasannya.

  • Pemanis buatan aspartamine, sama, sakarin (954), xylitol, dan splenda (955): Perlu dihindari baik oleh orang yang sensitif terhadap zat pemanis maupun tidak.
  • Minyak nabati: Perlu dihindari karena sumbernya terhidrogenasi sehingga berbentuk lemak trans berbahaya.
  • Fillers: Bahan aditif merugikan yang ditambahkan oleh produsen demi memotong biaya produksi atau membuat produknya tampil lebih favorable (lebih banyak isinya, lebih mudah diaduk, dan sebagainya).

Selain memperhatikan bahan-bahan di atas, perhatikan pula hal-hal berikut:

  • Klaim “pesticide and antibiotic free
  • Klaim “no added sugar“, termasuk maltodekstrin dan gula alkohol seperti sorbitol (pada beberapa individu penambahan gula jenis ini juga memberikan efek samping pada saluran cerna). Selain itu, penambahan gula tambahan juga dapat memicu pengingkatan gula darah dan penyimpanan lemak.
  • Bahan pengental, umumnya “xanthan gum” di mana zat ini dapat memberikan efek samping pada saluran cerna seperti rasa kembung dan konstipasi.
  • Kandungan logam berat dan bisphenol-A yang beberapa tahun belakangan ini terdapat laporan ditemukan kedua bahan tersebut. Agar aman, pastikan produk menyertakan keterangan BPA-free.
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik

Berikut kami kenalkan pada Anda sepuluh merek susu whey protein terbaik yang beredar di pasaran. Ada apa saja, ya? Yuk, silakan dilihat!

Daftar produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia.

1. MuscleTech NitroTech Whey Gold

MuscleTech NitroTech Whey Gold

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Meraih penghargaan untuk cita rasa, formula, dan kandungan terbaik

MuscleTech tahu betul kalau sekarang sudah tidak zaman minum susu whey protein penambah berat badan dengan rasa tidak enak. Maka dari itu, mereka mengembangkan susu whey protein terbaik yang beraroma dan bercita rasa nikmat, Anda pasti menyukainya!

Bahkan, berkat kenikmatan yang dimilikinya, NitroTech Whey Gold sempat diberikan penghargaan sebagai whey protein dengan formula, rasa, dan nilai kandungan terbaik. Sudah berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun, MuscleTech menjadikan produk ini benar-benar baik untuk mendukung pengembangan massa otot.

Hadir dalam bentuk WPH, kandungannya cepat diserap tubuh. Pengiriman nutrisi yang maksimal dari NitroTech Whey Gold juga didukung dengan 5.5 gram BCAA anabolik dan 4 gram glutamin untuk sintesis jaringan otot yang lebih optimal. Bahkan, produk ini juga akan membantu proses pemulihan pasca olahraga.

Jenis WPC, WPI
Kadar protein per saji 24gr
Berat 5,5lbs
Kisaran harga Rp813.000

2. Abbott EAS Myoplex Whey Protein

Abbott Eas Myoplex Whey Protein

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Whey protein halal dengan kandungan BCAA dan EAA tinggi

Pada saat berolahraga, tubuh akan kehilangan sejumlah zat seperti BCAA, glutamin, dan prekursor. Sehingga, untuk mengembalikan zat tersebut, diperlukan asupan tambahan dari luar.

Abott Eas Myoplex Whey Protein dihadirkan sebagai pengembalian terhadap kandungan yang hilang tersebut. Selain BCAA, glutamin, dan prekursor, ada juga asam amino esensial berupa EAA yang mana tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh.

Susu whey protein terbaik untuk diet ini mengandung 100% whey murni dengan nilai BV tertinggi. Berdasarkan alasan tersebut, maka senyawa proteinnya akan menjadi sumber yang berpotensi terhadap pembentukan otot lebih sempurna.

Keunggulan lain dari produk ini adalah sudah mengantongi label halal dari USA. Oleh karena itu, buat Anda yang mencari susu whey protein yang halal, maka Eas Myoplex Whey Protein persembahan Abott pilihannya.

Jenis WPC
Kadar protein per saji 30gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp835.000

3. Optimum Nutrition 100% Whey Gold Standard

Optimum Nutrition 100 Whey Gold Standard

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Aman dikonsumsi untuk penderita intoleransi laktosa

Optimum Nutrition 100% Whey Gold Standard diproses menggunakan teknologi tinggi untuk menjamin hasil cipta produk yang rendah lemak dan laktosa. Bagi Anda yang mencari susu whey protein yang rendah lemak, maka disarankan untuk membeli produk ini. Selain itu, susu ini juga aman buat orang yang mengalami lactose intolerance.

Pada setiap sajiannya, ON 100% Whey Gold Standard akan mengirimkan 24 gram protein. Sementara di sisi lain, ada juga pemberian 4 gram glutamin dan 5 gram BCAA’s per porsi saji.

Selain berkadar lemak rendah dan aman untuk penderita intoleransi laktosa, susu whey protein terbaik ini juga rendah kolesterol, lho! Buat Anda yang menginginkan bubuk whey protein mudah larut, maka produk ini juga mengantongi karakteristik tersebut.

Jenis WPI
Kadar protein per saji 24gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp670.000

4. BSN Syntha-6

BSN Syntha 6

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mendukung perkembangan massa otot secara signifikan

Tanyakan kepada pegiat olahraga angkat beban, apakah susu whey protein terbaik yang ada di Indonesia? Mungkin sebagian mereka akan merekomendasikan banyak produk yang salah satunya adalah BSN Syntha-6.

Dikenal sebagai bubuk pendukung sintesis protein otot, susu whey protein terbaik ini dipastikan efektif dalam mendorong pertumbuhan jaringan otot serta mempromosikan hasil pemulihan pasca olahraga lebih cepat.

BSN Syntha-6 diformulasikan dengan protein ultra-premium yang punya rasa enak. Bukan hanya berisikan protein lezat, susu whey protein ini juga mencakup sumber serat dan 6 gram lemak per porsi sajian.

Dengan begitu, saluran cerna juga dibantu agar lebih terpelihara. Bagi Anda dengan gaya hidup aktif atau sedang melakukan diet sehat, BSN Syntha-6 juga menyediakan kandungan berstandar tinggi yang dapat menyukseskan program tersebut.

Jenis WPC, WPI
Kadar protein per saji 22gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp630.000

5. FitMiss Delight Whey Protein

FitMiss Delight Whey Protein

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Bantu ciptakan bentuk tubuh idaman para wanita

Jika Anda sedang memerlukan susu whey protein untuk wanita (bukan untuk ibu hamil), maka FitMiss Delight Whey Protein adalah produk yang tepat untuk dibeli. Terbuat dari bahan-bahan alami berupa kombinasi sayuran dan buah-buahan, setiap wanita bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal setelah mengonsumsinya.

Produk ini dapat dikonsumsi sebagai asupan nutrisi ketika rasa lapar menerjang. Alasannya, FitMiss menjamin kalau kandungan di dalam susu ini menyehatkan sehingga tidak akan membuat badan gemuk meskipun dikonsumsi setiap hari.

FitMiss menggunakan protein yang berasal dari WPI sehingga memastikan daya serap dan cerna yang lebih cepat. Dihadirkan bersama formula terbaru, yakni solathin maka Anda akan merasa kenyang lebih cepat, namun dengan pemenuhan nutrisi yang ideal!

Untuk beraktivitas sehari-hari, susu whey protein terbaik ini juga bisa dikonsumsi pada pagi hari. Sebab, keberadaan karbohidrat bebas gula, protein, serta lemak bermutu tinggi akan menyediakan energi yang juga bisa menjaga nafsu makan Anda.

Jenis WPI
Kadar protein per saji 16gr
Berat 2lbs
Kisaran harga Rp741.000

6. Dymatize ISO 100

Dymatize ISO 100

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Berkomposisikan protein yang terhidrolisis agar mudah diserap tubuh

Salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum sebuah produk dikatakan sebagai susu whey protein terbaik adalah rendah kandungan lemak. Dymatize ISO 100 hadir lebih dari itu.

Sebab, di dalam bubuk protein ini sama sekali tidak mengandung lemak. Tentunya, ini menjadi kabar gembira buat Anda yang merasa cukup dengan lemak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bukan cuma itu, Dymatize ISO 100 juga dirilis sebagai suplemen isolate yang punya nilai kemurnian protein sangat tinggi. Teknologi Hydrolized yang canggih saat proses pembuatannya memastikan susu suplemen ini juga tidak mengandung laktosa di mana kerap menumpuk pada bagian perut.

Jenis WPH, WPI
Kadar protein per saji 25gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp1.185.000

7. Muscle Pharm Combat Powder

Muscle Pharm Combat Powder

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Tinggi kandungan protein, namun rendah akan lemak dan gula

Susu whey protein ini terbilang unik, karena hadir dalam bentuk blend alias campuran dari WPI dan WPC. Suplemen fitness persembahan Muscle Pharm menyediakan protein tinggi namun rendah karbohidrat, lemak, dan sodium.

Umumnya, produk minuman yang rendah lemak punya rasa kurang nikmat. Tapi berbeda dengan susu whey protein terbaik ini karena Combat Powder dijamin oleh Muscle Pharm punya rasa yang lezat.

Diformulasikan bersama dua bentuk whey, produk ini begitu efektif dalam membangun dan mempertahankan massa otot. Di samping itu, susu whey protein Combat Powder dari Muscle Pharm juga menyimpan natrium dalam jumlah sedikit atau hanya 65 mg per porsi.

Karena demikian, produk ini dapat mengurangi risiko kelebihan retensi air. Jika Anda mencari minuman whey yang tinggi protein, punya rasa lezat, berkadar gula dan lemak rendah, serta bebas gluten dan pewarna buatan, maka produk ini pilihannya.

Jenis WPI, WPC
Kadar protein per saji 25gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp850.000

8. Cellucor COR Performance Whey Protein

Cellucor COR Performance Whey Protein

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mempercepat pertumbuhan muscle yang Anda idam-idamkan

Suplemen bentuk bubuk berkandungkan whey jenis isolate dari Cellucor dapat dikonsumsi sebagai asupan nutrisi tambahan setelah berolahraga. Tanpa disertai efek samping buat gigi, Anda tak perlu ragu lagi untuk mencobanya!

Produk yang dikemas dalam tabung plastik berkualitas ini akan menyuplai 24 gram protein whey serta enzim pencernaan pada setiap penyajiannya. Jenis protein yang dihadirkan dalam susu ini dapat memelihara bentuk otot dan bahkan mempromosikan jaringan otot baru tanpa disertai lemak.

Apabila Anda membutuhkan susu whey protein terbaik untuk pemula yang juga rendah karbohidrat, maka Cellucor COR Perfomance Whey Protein dapat dimasukkan dalam list pilihan.

Jenis WPI, WPC
Kadar protein per saji 24gr
Berat 5lbs
Kisaran harga Rp830.000

9. L-Men Platinum

L Men Platinum

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Gapai tubuh atletis sekaligus pangkas lemak melalui L-Carnitine-nya

L-Men mengklaim kalau produk ini, apabila dikonsumsi secara rutin, akan membentuk tubuh atletis dengan massa otot yang kering tanpa lemak. Klaim tersebut dikeluarkan oleh L-Men karena pada varian ini, L-Men menyertakan komponen berupa L-Carnitine yang siap dalam membakar lemak menjadi energi.

Lebih dari itu, bahkan produk ini juga menyediakan creatine untuk meningkatkan energi selama latihan. Sedangkan BCAA dan L-Glutamine yang tak terlewatkan akan berguna untuk meningkatkan daya tahan otot agar tetap terkunci setelah berolahraga.

Susu whey protein terbaik ini hadir dalam rasa cokelat latte yang enak, Anda bisa mengonsumsinya di antara makan pagi dan siang serta sesudah latihan.

Jenis WPC
Kadar protein per saji 25gr
Berat 2lbs
Kisaran harga Rp420.000

10. PVL Mutant Whey

PVL Mutant Whey

Cek Harga di Shopee Cek Harga di Lazada Cek Harga di Bukalapak

Mempercepat pembentukan kembali otot yang rusak pascalatihan

PVL Mutant Whey disebut-sebut sebagai susu whey protein terbaik yang beda dengan produk serupa lainnya. Dirumuskan bersama campuran inovatif dari 5 tingkatan whey protein yang unik, produk ini mampu menciptakan massa otot yang lebih besar dan cepat.

Dalam pembuatannya sendiri, PVL Mutant Whey melewati masa penelitian selama 28 bulan sebelum diedarkan secara massal. Setiap tingkatan whey protein dari susu whey protein terbaik ini dapat dipastikan akan diserap secara sempurna oleh tubuh.

Untuk mempercepat proses pengembalian otot yang rusak setelah olahraga, PVL Mutant Whey menyediakan BCAA anabolik dan glutamin agar proses ini berlangsung lebih cepat. Minuman whey protein satu ini juga sudah mengantongi lisensi Good Manufacturing Practices (GMP). Sehingga, jaminan kualitas dan keamanannya tak perlu diragukan lagi!

Jenis WPC, WPI, WPH
Kadar protein per saji 22gr
Berat 10lbs
Kisaran harga Rp885.000

Cara Mengonsumsi Susu Whey Protein Berdasarkan Waktunya

Di samping memilih produk yang benar dan berkualitas bagus, Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk meminum suplemen tambahan berbentuk bubuk siap olah ini, yakni:

  • Pagi hari (sebagai alternatif sarapan)
  • Sebelum dan sesudah olahraga
  • Sebelum tidur

Penelitian menunjukkan bahwa keuntungan terbesar dalam konsumsi susu whey protein adalah sekitar 15 – 60 menit setelah berolahraga karena periode ini disebut jendela anabolik.

Sementara itu, konsumsi susu whey protein di luar periode olahraga juga memberikan keuntungan, seperti:

  • Memberikan rasa kenyang sehingga diharapakan dapat mencegah asupan kalori berlebih
  • Membantu pencegahan kerusakan otot saat berolahraga
  • Mempercepat penyembuhan
  • Membantu mengurangi kelelahan otot setelah berolahraga
  • Membantu sintesis protein
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Informasi Pendukung, Tip, dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul

blank

Konsumsi susu whey protein bermanfaat bagi mereka yang asupan protein hariannya tidak mencukupi. Pengonsumsian susu whey protein juga bisa dikreasikan dengan mencampurkan bahan-bahan lain, contohnya:

  • Protein shake: Mencampurkan susu whey protein dengan buah-buahan, misal strawberry atau anggur yang dapat meningkatkan kandungan multivitamin di dalamnya.
  • Adonan roti, pancake, muffin yang menjadikan produk tinggi kalori dan protein.
  • Oat, coklat atau cinnamon lalu dipanggang untuk menghasilkan snack tinggi protein (protein bar).

Sebelum mengonsumsi susu whey protein, penuhi terlebih dahulu diet yang sehat dan seimbang. Konsultasikan dengan tenaga medis apabila memang memiliki riwayat gangguan saluran cerna, ginjal dan liver (hepar).

Yuk, cek rekomendasi minuman protein dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan asupan protein seperti mengonsumsi susu whey protein terbaik, maka perkembangan otot yang ideal bisa diperoleh dalam waktu lebih singkat. Makan lebih sering seperti tiga jam sekali dengan porsi lebih kecil juga akan mendukunng proses pembentukan tetap berjalan.

Di samping minum susu whey protein terbaik, pemberian karbohidrat setelah latihan juga bisa dilakukan guna mencegah tubuh mengambil cadangan protein yang berasal dari otot sebagai sumber energi. Dengan demikian, massa otot tidak akan berkurang. Semoga otot Anda cepat terbentuk, ya!

You may also like

Comments are closed.