Written by 01:10 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Susu Whey Protein Terbaik

Cellucor COR Performance Whey Protein

Minuman dengan kandungan whey protein kini marak beredar. Kebutuhan yang meningkat menjadi faktor para produsen semakin mengembangkan produk ini. Buat Anda yang terbiasa melakukan olahraga angkat beban atau fitness, mungkin sudah tidak asing dengan minuman berbentuk susu whey protein terbaik. Sedangkan untuk Anda yang berencana membentuk massa otot, maka produk whey protein menjadi minuman yang wajib dikonsumsi demi meningkatkan keberhasilan program.

Protein pada susu sendiri umumnya terdiri dari dua macam, yaitu kasein dan whey. Jenis protein whey punya kelebihan dibandingakn kasein, seperti mudah larut ke dalam tubuh, sedangakn kasein tidak. Whey protein juga punya kualitas lebih baik dikarenakan memiliki 9 asam amino esensial. Dikarenakan tubuh tidak mampu memproduksi asam amino esensial secara mandiri, maka zat ini perlu diperoleh dari luar, seperti susu whey protein untuk fitness.

Cara memilih susu whey protein yang bagus

Saat ini Anda sedang menjalankan program pembentukan massa otot dan menaikkan berat badan? Kami sarankan Anda untuk mengonsumsi minuman whey protein. Di Indonesia beredar sejumlah merek susu whey protein terbaik, seperti MuscleTech, Optimum Nutrition, BSN, hingga brand lokal seperti L-Men. Sebelum menentukan produk mana yang tepat untuk Anda, kami sarankan Anda mengetahui dahulu tips dalam memilih bubuk protein yang baik. Silakan cermati poin-poin berikut dengan saksama!

Cari tahu kebutuhan protein untuk membangun massa otot

Cari tahu kebutuhan protein untuk membangun massa otot

Mau punya badan seperti bintang iklan atau atlet yang begitu ideal dan proporsional? Anda perlu konsumsi whey protein. Sebagai langkah awal, Anda perlu mengetahui berapa kebutuhan protein dari setiap orang untuk merangsang pertumbuhan massa otot. Berdasarkan temuan Medical Daily dalam jurnal keluaran Harvard Medical Shool, orang dewasa dengan gaya hidup aktif memerlukan 10 persen protein dari jumlah kalori yang masuk ke badan setiap harinya. Dengan kata lain, ini setara 0,8 gram protein per kilogram berat badan Anda.

Apabila Anda punya bobot 70 kilogram, maka setidaknya jumlah protein yang perlu Anda penuhi sebanyak 56 gram. Sementara bagi orang yang rutin melakukan angkat beban, maka direkomendasikan untuk konsumsi minimal 20 gram protein setelah berolahraga. Hal ini bertujuan agar otot yang rusak bisa langsung diperbaiki. Jadi, selain memerhatikan berapa jumlah protein yang diperlukan, Anda juga perlu menyesuaikan dengan aktivitas Anda. Misal Anda sedang tidak berolahraga namun tubuh memperoleh asupan whey protein tinggi, maka protein tersebut akan dikonversi menjadi bentuk lemak.

Kenali jenis whey protein yang beredar

Kenali jenis whey protein yang beredar

Whey protein sendiri punya ragam jenis ataupun bentuk, seperti bubuk (powder), concentrate, dan isolate. Dalam industri makanan, protein whey dalam bentuk bubuk kerap dipakai sebagai bahan untuk pembuatan roti, makanan kecil, atau produk olahan daging. Jenis bubuk whey protein jarang dipakai sebagai bahan baku pada suplemen olahraga, melainkan lebih sering digunakan pada makanan. Selanjutnya, ada juga jenis whey dalam bentuk concentrate.

Bagi yang belum tahu, susu whey protein concentrate adalah jenis whey yang sudah melewati proses pemisahan air, laktosa, dan sedikit mineral. Umumnya whey protein concentrate punya komponen aktif yang lebih banyak sehingga sering dipakai sebagai suplemen olahraga untuk kebutuhan olahragawan, atlet, atau individu yang gemar melakukan aktivitas fisik berintensitas tinggi.

Sementara jenis whey isolate merupakan whey yang mempunyai sumber protein murni. Konsentrasi protein dalam jenis isolate sendiri berada pada angka 90% bahkan lebih. Pada prosesnya, whey protein isolate (WPI) dipisahkan dari lemak dan laktosa sehingga aman juga dikonsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa. Meski whey protein isolate mempunyai kadar protein yang tinggi dan rendah lemak, jenis whey ini punya protein yang sudah terdenaturasi sehingga kurang efektif untuk membangun otot.

Selain ketiga bentuk tersebut, whey protein juga hadir dalam bentuk yang sudah terhidrolisis, atau istilahnya whey peptide hydrolyate (WPH). Kandungan protein dalam WPH juga sama dengan WPI, yakni sekitar 90%. Kelebihan yang dikantongi oleh susu whey protein jenis ini adalah proteinnya sudah dipecah dalam bentuk potongan-potongan peptida. Sehingga, pecahan-pecahan peptida sederhana tersebut akan lebih cepat diserap oleh tubuh. WPH juga sangat ideal untuk orang yang sedang menurunkan berat badan, lho.

Selain protein, perhatikan juga kandungan kalorinya

Selain protein perhatikan juga kandungan kalorinya

Tak mengherankan kalau susu whey protein diklaim efektif dalam membantu pembentukan massa otot untuk memberikan tampilan tubuh yang ideal. Hal ini karena kandungan protein pada minuman ini punya takaran yang tinggi. Namun, Anda juga perlu memperhatikan perihal jumlah kalori yang terkandung di dalam minuman berprotein tersebut. Alasannya, kalori diperlukan oleh tubuh sebagai sumber penghasil energi, sehingga keberadaan protein di dalamnya difokuskan untuk pembangunan massa otot.

Pada orang yang sedang melakukan program diet, maka carilah whey protein dengan kandungan kalori lebih sedikit. Sedangkan untuk orang yang sedang melaksanakan program peningkatan berat badan atau bulking misalnya, maka susu whey protein dengan jumlah kalori tinggi wajib dipilih. Selain jumlahnya, perhatikan pula sumber kalorinya darimana. Umumnya kalori diperoleh dari lemak dan gula, tapi pada produk whey yang bagus, kalorinya didapat hanya dari sedikit atau bahkan tidak sama sekali lemak dan gula.

Carilah yang mudah larut dalam air dan cepat diserap tubuh

Carilah yang mudah larut dalam air dan cepat diserap tubuh

Susu whey protein terbaik punya karakteristik yang ideal, seperti kandungan proteinnya yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Pada saat tubuh melakukan olahraga otot, setelahnya otot akan pecah dan otak merespon hal tersebut dengan mengirimkan asam amino esensial. Ketika kondisi ini berlangsung, maka protein yang lebih mudah dan cepat dicerna oleh tubuh menjadi syarat wajib yang harus dimiliki oleh sebuah produk. Maka dari itu, utamakan produk yang kandungan proteinnya sudah terhidrolisis seperti WPH karena kecepatan serapnya yang tinggi.

Biasanya pula, protein yang sudah terhidrolisis atau dipecah-pecah dalam bentuk kecil tidak mengandung lemak dan gula tinggi, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Jenis protein yang cepat diserap oleh tubuh juga tak akan menyebabkan kegemukan ataupun risiko kenaikan gula darah. Selain mempertimbangkan daya serapnya, Anda juga perlu mencari produk yang punya bubuk mudah larut dalam air. Sebab, bubuk minuman whey protein yang sulit larut akan memperlama proses pembuatannya, dan ini tentu menyebalkan.

Jika Anda mendapati produk yang sulit larut meskipun sudah dikocok lama, maka beralihlah ke produk lain yang lebih baik. Umumnya, produk yang beredar sekarang sudah mengantongi karakteristik ini sebagai nilai jual, jadi Anda bisa lebih mudah menemukannya. Tapi masalah semacam ini bisa disebabkan oleh ketidakcermatan seseorang dalam membaca petunjuk penyajian. Maka dari itu, perhatikan pada kotak kemasan bagaimana aturan pembuatannya, mungkin yang salah bukan produknya, melainkan akibat kurang cermat saja.

Hindari susu whey protein bubuk dengan bahan-bahan ini

Hindari susu whey protein bubuk dengan bahan bahan ini

Pada beberapa orang ditemukan reaksi alergi atau intoleransi terhadap produk susu. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi badan Anda setelah menerima susu whey protein, apakah ada reaksi atau tidak. Pasalnya, beberapa produk juga kemungkinan mengandung bahan-bahan spesifik yang perlu dihindari oleh mereka yang intoleransi atau alergi.

Semisal pemanis buatan bernama aspartamine, sama, sakarin (954), xylitol, Splenda (955), dan xylitol, zat sintetis ini bisa ditemukan pada sebuah produk whey protein dan perlu dihindari baik buat Anda yang sensitif terhadap zat pemanis ataupun tidak. Kemudian, kandungan semacam minyak nabati dan lemak juga tak jarang bersemayam dalam produk lean protein powder guna meningkatkan kekayaan bubuk. Namun sayangnya, lemak ini diperoleh dari sumber terhidrogenasi, sehingga berbentuk lemak trans berbahaya.

Bahan tidak baik lain yang kemungkinan ditemui dari susu whey protein adalah fillers. Biasanya produsen yang nakal banyak menggunakan zat aditif ini secara massal demi meraih keuntungan lebih. Pasalnya, filler seperti tepung kelapa atau psyllium bisa diperoleh dengan harga yang lebih murah, sedangkan rata-rata bubuk protein whey yang beredar punya harga jual tinggi, maka ini bisa menjadi kesempatan buat para produsen curang untuk meraup banyak uang. Jadi, hati-hati juga, ya!

10 Rekomendasi merk susu whey protein terbaik

Whey protein dengan segudang manfaat baik memang menjadi pilihan tepat, terutama buat mereka yang gemar berolahraga. Tapi semua kebaikan yang dimiliki oleh masing-masing produk bisa hilang jika Anda tidak cermat dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, pada bagian ini kami akan mengenalkan Anda pada merek susu whey protein terbaik yang beredar di pasaran. Ada apa saja, ya? Yuk, silakan dilihat!

1. MuscleTech NitroTech Whey Gold

MuscleTech NitroTech Whey Gold

Kisaran harga: Rp450.000 (2lbs)

MuscleTech tahu betul kalau sekarang sudah tidak zaman minum susu whey protein penambah berat badan dengan rasa tidak enak. Maka dari itu, mereka mengembangkan bubuk berprotein tinggi yang beraroma dan bercita rasa nikmat, Anda pasti menyukainya! Bahkan, berkat kenikmatan yang dimilikinya, NitroTech Whey Gold sempat diberikan penghargaan sebagai whey protein dengan formula, rasa, dan nilai kandungan terbaik. Sudah berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun, MuscleTech menjadikan produk ini benar-benar baik untuk mendukung pengembangan massa otot.

Dihadirkan dalam bentuk Whey Peptide Hydrolized (WPH), kandungan utama berupa protein di dalamnya akan meresap cepat ke dalam tubuh. Pengiriman nutrisi yang maksimal dari NitroTech Whey Gold juga didukung dengan 5.5 gram BCAA anabolik dan 4 gram glutamin untuk sintesis jaringan otot yang lebih optimal. Bahkan, produk ini juga akan membantu proses pemulihan pasca olahraga.

2. Abbott Eas Myoplex Whey Protein

Abbott Eas Myoplex Whey Protein

Kisaran harga: Rp835.000 (5lbs)

Pada saat berolahraga, tubuh akan kehilangan sejumlah zat seperti BCAA, glutamin, dan prekursor. Sehingga, untuk mengembalikan zat tersebut, diperlukan asupan tambahan dari luar. Abott Eas Myoplex Whey Protein dihadirkan sebagai pengembalian terhadap kandungan yang hilang tersebut. Selain BCAA, glutamin, dan prekursor, ada juga asam amino esensial berupa EAA yang mana tidak bisa diproduksi secara alami oleh tubuh.

Susu whey protein yang bagus utuk diet ini mengandung 100% whey murni dengan nilai BV tertinggi. Berdasarkan alasan tersebut, maka senyawa proteinnya akan menjadi sumber yang berpotensi terhadap pembentukan otot lebih sempurna. Keunggulan lain dari produk ini adalah sudah mengantongi label halal dari USA. Oleh karena itu, buat Anda yang mencari susu whey protein yang halal, maka Eas Myoplex Whey Protein persembahan Abott pilihannya.

3. Optimum Nutrition 100% Whey Gold Standard

Optimum Nutrition 100 Whey Gold Standard

Kisaran harga: Rp900.000 (5lbs)

Berjenis Whey Protein Isolate (WPI), produk ini juga ideal untuk Anda beli sebagai teman pelengkap nutrisi untuk mendukung pertumbuhan otot. Optimum Nutrition (ON) 100% Whey Gold Standard diproses menggunakan teknologi tinggi untuk menjamin hasil cipta produk yang rendah lemak dan laktosa. Bagi Anda yang mencari susu whey protein yang rendah lemak, maka disarankan untuk membeli produk ini. Selain itu, susu ini juga aman buat orang yang mengalami lactose intolerance.

Pada setiap penyajiannya, ON 100% Whey Gold Standard akan mengirimkan 24 gram protein. Sementara di sisi lain, ada juga pemberian 4 gram glutamin dan 5 gram BCAA’s per porsi saji. Selain berkadar lemak rendah dan aman untuk penderita intoleransi laktosa, susu whey protein asli ini juga rendah kolesterol, lho! Buat Anda yang menginginkan bubuk whey protein mudah larut, maka produk ini juga mengantogi karakteristik tersebut.

4. BSN Syntha-6

BSN Syntha 6

Kisaran harga: Rp1.360.000 (5lbs)

Tanyakan kepada pegiat olahraga angkat beban, apakah susu whey protein terbaik yang ada di Indonesia? Mungkin sebagian mereka akan merekomendasikan banyak produk yang salah satunya adalah BSN Syntha-6. Dikenal sebagai bubuk pendukung sintesis protein otot, susu whey protein untuk diet ini dipastikan efektif dalam mendorong pertumbuhan jaringan otot serta mempromosikan hasil pemulihan pasca olahraga lebih cepat.

BSN Syntha-6 diformulasikan dengan protein ultra-premium yang punya rasa enak. Bukan hanya berisikan protein lezat, susu whey protein ini juga mencakup sumber serat dan 6 gram lemak per porsi sajian. Dengan begitu, saluran cerna juga dibantu agar lebih terpelihara. Bagi Anda dengan gaya hidup aktif atau sedang melakukan diet sehat, BSN Syntha-6 juga menyediakan kandungan berstandar tinggi yang dapat menyukseskan program tersebut.

5. FitMiss Delight Whey Protein

FitMiss Delight Whey Protein

Kisaran harga: Rp1.100.000 (2lbs)

Jika Anda sedang memerlukan susu whey protein untuk wanita (bukan untuk ibu hamil), maka FitMiss Delight Whey Protein adalah produk yang tepat untuk dibeli. Terbuat dari bahan-bahan alami berupa kombinasi sayuran dan buah-buahan, setiap wanita bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal setelah mengonsumsinya. Produk ini dapat dikonsumsi sebagai asupan nutrisi ketika rasa lapar menerjang. Alasannya, FitMiss menjamin kalau kandungan di dalam susu ini menyehatkan sehingga tidak akan membuat badan gemuk meskipun dikonsumsi setiap hari.

FitMiss menggunakan protein yang berasal dari Whey Protein Isolate (WPI) sehingga memastikan daya serap dan cerna yang lebih cepat. Dihadirkan bersama formula terbaru, yakni solathin maka Anda akan merasa kenyang lebih cepat, namun dengan pemenuhan nutrisi yang ideal! Untuk beraktivitas sehari-hari, produk ini juga bisa dkonsumsi pada pagi hari. Sebab, keberadaan karbohidrat bebas gula, protein, serta lemak bermutu tinggi akan menyediakan energi yang juga bisa menjaga nafsu makan Anda.

6. Dymatize ISO 100

Dymatize ISO 100

Kisaran harga: Rp1.150.000 (5lbs)

Salah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum sebuah produk dikatakan sebagai susu whey protein terbaik adalah rendah kandungan lemak. Dymatize ISO 100 hadir lebih dari itu. Kenapa? Sebab, bubuk protein ini di dalamnya sama sekali tidak mengandung lemak (fat 0 gram). Tentunya, ini menjadi kabar gembira buat Anda yang merasa cukup dengan lemak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bukan cuma itu, Dymatize ISO 100 juga dirilis sebagai suplemen isolate yang punya nilai kemurnian protein sangat tinggi. Dengan teknologi Hydrolized yang canggih saat proses pembuatannya, memastikan susu suplemen ini juga tidak mengandung laktosa dimana kerap menumpuk pada bagian perut. Bagi Anda yang memerlukan susu whey protein untuk membentuk perut sixpack, maka Dymatize ISO 100 tak boleh dilewatkan begitu saja.

7. Muscle Pharm Combat Powder

Muscle Pharm Combat Powder

Kisaran harga: Rp780.000 (5lbs)

Susu whey protein ini terbilang unik, karena hadir dalam bentuk blend alias campuran dari WPI dan WPC. Suplemen fitness persembahan Muscle Pharm menyediakan protein tinggi namun rendah karbohidrat, lemak, dan sodium. Umumnya, produk minuman yang rendah lemak punya rasa kurang nikmat. Tapi berbeda dengan produk ini karena Combat Powder dijamin oleh Muscle Pharm punya rasa yang lezat.

Diformulasikan bersama dua bentuk whey, produk ini begitu efektif dalam membangun dan mempertahankan massa otot. Di samping itu, susu whey protein Combat Powder dari Muscle Pharm juga menyimpan natrium dalam jumlah sedikit atau hanya 65 mg per porsi. Karena demikian, produk ini dapat mengurangi risiko kelebihan retensi air. Jika Anda mencari minuman whey yang tinggi protein, punya rasa lezat, berkadar gula dan lemak rendah, serta bebas gluten dan pewarna buatan, maka produk ini pilihannya.

8. Cellucor COR Performance Whey Protein

Cellucor COR Performance Whey Protein

Kisaran harga: Rp890.000 (5lbs)

Apabila Anda masih bingung dalam menentukan produk yang tepat, kami sarankan Anda untuk membeli Cellucor COR Perfomance Whey Protein. Ini bisa dijadikan suplemen whey bagi para pemula dalam dunia kebugaran. Suplemen bentuk bubuk berkandungkan whey jenis isolate dari Cellucor dapat dikonsumsi sebagai asupan nutrisi tambahan setelah berolahraga. Tanpa disertai efek samping buat gigi, Anda tak perlu ragu lagi untuk mencobanya!

Produk yang dikemas dalam tabung plastik berkualitas ini akan menyuplai 24 gram protein whey serta enzim pencernaan pada setiap penyajiannya. Jenis protein yang dihadirkan dalam susu ini dapat memelihara bentuk otot dan bahkan mempromosikan jaringan otot baru tanpa disertai lemak. Apabila Anda membutuhkan susu whey protein untuk pemula yang juga rendah karbohidrat, maka Cellucor COR Perfomance Whey Protein dapat dimasukkan dalam list pilihan.

9. L-Men Platinum

L Men Platinum

Kisaran harga: Rp425.000 (1kg)

Produk L-Men yang terkenal bukan hanya varian Gain Mass yang diutamakan untuk program penambahan berat badan. Pada jajaran produk lain, L-Men Platinum juga bisa dipilih sebagai susu whey protein lokal yang ideal untuk menemani program fitness Anda. L-Men mengklaim kalau produk ini, apabila dikonsumsi secara rutin, maka bentuk tubuh atletis dengan massa otot yang kering tanpa lemak bisa diperoleh. Tentu tidak mudah, ya, karena butuh waktu.

Klaim tersebut dikeluarkan oleh L-Men karena pada varian ini, L-Men menyertakan komponen berupa L-Carnitine yang siap dalam membakar lemak menjadi energi. Lebih dari itu, bahkan produk ini juga menyediakan creatine untuk meningkatkan energi selama latihan. Sedangkan BCAA dan L-Glutamine yang tak terlewatkan akan berguna untuk meningkatkan daya tahan otot agar tetap terkunci setelah berolahraga. Produk ini hadir dalam rasa cokelat latte yang enak, Anda bisa mengonsumsinya di antara makan pagi dan siang serta sesudah latihan.

10. PVL Mutant Whey

PVL Mutant Whey

Kisaran harga: Rp1.280.000 (10lbs)

PVL Mutant Whey disebut-sebut sebagai susu whey protein terbaik yang beda dengan produk serupa lainnya. Dirumuskan bersama campuran inovatif dari 5 tingkatan whey protein yang unik, produk ini mampu menciptakan massa otot yang lebih besar dan cepat. Dalam pembuatannya sendiri, PVL Mutant Whey melewati masa peneitian selama 28 bulan sebelum diedarkan secara massal.

Setiap tingkatan whey protein dari susu ini dapat dipastikan akan diserap secara sempurna oleh tubuh. Untuk mempercepat proses pengembalian otot yang rusak setelah olahraga, PVL Mutant Whey menyediakan BCAA anabolik dan glutamin agar proses ini berlangsung lebih cepat. Minuman whey protein satu ini juga sudah mengantongi lisensi Good Manufacturing Practices (GMP). Sehingga, jaminan kualitas dan keamanan dari produk ini tak perlu diragukan lagi!

Cara mengonsumsi suplemen whey protein berdasarkan waktunya

Dalam melakukan program pembentukan badan atau berolahraga rutin, kehadiran susu whey protein pastinya sangat membantu. Di samping memilih produk yang benar dan berkualitas bagus, Anda juga perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk meminum suplemen tambahan berbentuk bubuk siap olah ini. Pada bagian ini, kami akan menjelaskannya! Silakan dibaca hingga tuntas, ya.

Pagi hari, lebih praktis tanpa harus dimasak

Pagi hari lebih praktis tanpa harus dimasak

Tak jarang ditemui para atlet binaraga atau praktisi fitness yang setiap paginya mengonsumsi sarapan seperti telur rebus, parutan gandum, omelet, ataupun oatmeal. Jenis-jenis makanan tersebut perlu dibuat dengan cara dimasak, sehingga akan memakan waktu. Apabila Anda termasuk orang yang tidak suka repot-repot di pagi hari, maka susu whey protein dapat dijadikan alternatif yang tak kalah menyehatkan.

Anda dapat mendapatkan asupan protein dari susu whey yang praktis dibuat. Cukup dengan mengambil beberapa scoop bubuk ke dalam gelas, kemudian tuangkan air sesuai takaran yang dianjurkan, kocok dan susu sudah siap diminum. Kegiatan ini tentu dinilai lebih praktis karena penyajiannya yang instan, sehingga Anda tak perlu lagi repot-repot memasak atau merebus telur untuk sarapan pagi.

Pre-workout dan sesudah berlatih

Pre workout dan sesudah berlatih

Sebagian besar profesional menyarankan untuk membawa minuman whey yang dikonsumsi sebelum melakukan program latihan. Alasannya, suplemen ini akan memberikan nutrisi yang cukup sebelum berlatih. Anda bisa meminumnya 2 jam sebelum berlatih. Kandungan asam amino dalam susu whey protein akan menyuplai tubuh untuk membantu pemecahan protein yang diperlukan otot saat berlatih. Dengan konsumsi whey protein sebelum latihan, maka proses pemulihan otot juga bisa berlangsung lebih cepat.

Selain itu, tak ada salahnya juga meneguk seporsi susu whey protein pasca latihan. Hal ini baik dilakukan karena setelah berlatih, otot akan hancur dan mengalami kondisi anabolik pada 2 jam pertamanya. Pada waktu ini, massa otot akan masuk ke tahap paling responsif terhadap asam amino. Nah, dengan meminum whey protein, maka kebutuhan terhadap asam amino bisa dipenuhi. Kemudian, dalam periode 48 jam, protein yang sudah masuk akan berperan dalam proses pertumbuhan dan pemulihan jaringan otot. Pastikan Anda konsumsi susu whey protein yang mudah diserap pada fase ini.

Saat menjelang tidur

Sesaat sebelum tidur

Dalam sehari, susu whey protein bisa dikonsumsi antara satu hingga dua kali. Seperti pada workout day, Anda perlu mengonsumsi 2 kali sehari untuk menunjang asupan nutrisi yang diperlukan selama dan setelah latihan. Jika Anda tidak sempat meminumnya pada saat sarapan, maka sebagai penggantinya Anda juga bisa mengonsumsi saat menjelang tidur. Ini juga waktu terbaik lainnya untuk meminum suplemen whey protein.

Salah satu alasannya karena sesaat sebelum tidur, otot bisa dialiri asam amino yang akan terus terjaga pada kondisi anabolik, meskipun tubuh sedang beristirahat. Selain minuman berisikan whey protein, sebagian ahli juga merekomendasikan minuman alternatif seperti suplemen berkasein sebelum tidur. Jenis suplemen ini akan bekerja dengan mengubah diri menjadi bentuk gel saat dicerna. Sehingga, peningkatan daya serap dan produksi asam amino yang lebih lambat dan terfokus akan terjadi. Anda bisa mencari produk yang sudah dibekali oleh whey protein dan kasein sekaligus.

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan asupan protein seperti mengonsumsi susu whey protein terbaik, maka perkembangan otot yang ideal bisa diperoleh dalam waktu lebih singkat. Selain itu, pemberian karbohidrat setelah latihan juga bisa dilakukan guna mencegah tubuh mengambil cadangan protein yang berasal dari otot sebagai sumber energi. Dengan demikian, massa otot tidak akan berkurang. Makan lebih sering seperti tiga jam sekali dengan porsi lebih kecil juga akan mendukunng proses pembentukan tetap berjalan.

(Visited 1.233 times, 2 visits today)