Kosmetik & Kesehatan

10 Susu Penambah Berat Badan Terbaik [Kolaborasi dengan Dokter Gizi]

Jika Anda kesulitan menambah berat badan, Anda dapat mempertimbangkan susu penambah berat badan. Dibanding susu biasa, susu penambah berat badan mengandung jumlah kalori yang jauh lebih tinggi untuk mempercepat proses penggemukkan badan Anda.

Ada banyak susu penambah berat badan terbaik yang manfaatnya nyata dan rasanya lezat. Beberapa contoh merek yang terkenal adalah Muscle-Tech, Optimum Nutrition, dan BSN. Biar tidak bingung mesti pilih yang mana, PickyBest sudah menyaring sepuluh yang terbaik di artikel ini. Cek, yuk!

blank

Berkolaborasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Kurnia Sitompul

blank
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GKPakar/Spesialis

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK adalah dokter spesialis gizi klinik lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dokter yang berpraktik di klinik Panacea Balikpapan ini kerap menangani pasien dengan masalah obesitas dan penyakit metabolik.

Selain aktif sebagai dokter praktik, dr. Kurnia juga sering diundang sebagai narasumber pada acara atau seminar terkait kesehatan dan nutrisi. Melalui akun Instagram-nya, dr. Kurnia juga banyak berbagi informasi terkait kesehatan nutrisi.

Cara Memilih Susu Penambah Berat Badan

Agar menemukan susu penambah berat badan terbaik, kami sarankan Anda mengetahui tips memilihnya terlebih dahulu. Silakan disimak penjelasan berikut ini, ya!

Pilih yang Total Kalori per Konsumsinya Tinggi

blank

Kalori adalah kunci utama untuk menambah berat badan. Dalam dunia nutrisi, kalori dihubungkan dengan total energi yang dibutuhkan tubuh dan jumlah energi (kalori) yang dapat diperoleh dari makanan.

Pada susu penambah berat badan, perhatikan jumlah kalori per sajiannya. Secara umum, produk yang beredar menawarkan kalori lebih dari 500 kkal per sekali konsumsi. Angka ini sudah tergolong tinggi apabila didukung oleh kalori dari makanan harian lainnya.

Energi dalam makanan yang dikonsumsi sebaiknya memenuhi kebutuhan energi harian tubuh. Saat energi yang masuk lebih besar, maka kelebihan energi tersebut akan disimpan dalam tubuh yang pada akhirnya menunjukkan perubahan pada berat badan seseorang. Demikian pula sebaliknya.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam Peraturan Menteri Kesehatan, rata-rata energi harian yang dibutuhkan oleh perempuan dan pria dewasa adalah 2.000 – 2.700 kkal. Kebutuhan energi ini tergantung pada jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, aktivitas sehari-hari serta ada atau tidaknya suatu penyakit dalam tubuh.

Alat baku emas perhitungan kebutuhan energi adalah indirect calorimetry. Namun, karena keterbatasan alat ini, maka total kebutuhan energi dapat diperhitungkan dengan berbagai macam formula, salah satunya adalah formula Harris Benedict. Selain itu, dapat pula diperkirakan dengan mengalikan 25 – 30 kkal/kgBB.

Selanjutnya, mengenai jumlah kalori pada susu untuk menambah berat badan adalah yang padat kalori atau tinggi kalori per satuan volumenya, misalnya 1 mL mengandung 1 – 2 kkal. Namun, hal ini tentu disesuaikan dengan pola makan individu tersebut pula.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Perhatikan Kandungan Karbohidrat, Protein, dan Lemaknya

blank

Angka kalori pada susu penambah berat badan ataupun produk makanan lain adalah hasil dari konversi nutrisi yang tersimpan di dalamnya. Dalam hal ini, makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak) adalah poin lain yang mesti Anda perhatikan.

Persentase makronutrien dari setiap produk susu penambah berat badan berbeda-beda. Sebaiknya Anda mengutamakan susu dengan komposisi makronutrien yang seimbang serta mengurangi efek kesehatan yang muncul di kemudian hari.

Berikut hal lain yang juga perlu diketahui mengenai ketiga makronutrien tersebut:

Karbohidrat

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumber energi utama tubuh. Selain itu, karbohidrat juga menjaga keseimbangan mikrobiota usus, serta menjadi salah satu sumber vitamin dan mineral.

Berdasarkan AKG, jumlah kebutuhan harian karbohidrat pada dewasa adalah sekitar 280 – 430 gram per hari, atau sekitar 45 – 55% dari total kebutuhan kalori harian

Jumlah kandungan karbohidrat pada produk susu penambah berat badan sangat bervariasi. Untuk lebih tepatnya, Anda perlu memperhatikan komposisi pada setiap kemasan.

Protein

Peran protein dalam peningkatan berat badan sangat banyak, mulai dari menjaga struktur jaringan tubuh, berperan dalam menopang sistem imun membantu sintesis otot, mencegah degradasi otot, berperan dalam kerja hormon dan enzim, hingga menjadi salah satu sumber energi tubuh.

Menurut AKG, kebutuhan protein harian orang dewasa adalah 60 – 65 gram per hari, atau 0,8 – 1,2 g/kgBB/hari. Namun, jumlah ini akan berbeda pada kondisi tertentu, misalnya atlet, kehamilan, menyusui, dan individu dengan penyakit tertentu.

Kandungan protein dalam susu berbeda-beda. Sebagian besar produk susu di pasaran mengandung protein sekitar 5 – 7 gram dalam satu kali penyajian. Namun, pada susu yang menjanjikan pembentukan massa otot, kandungan protein dapat mencapai > 15 gram per sajian.

Lemak

Berbeda dengan karbohidrat dan protein, 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori energi, sedangkan protein dan karbohidrat hanya menghasilkan sekitar 4 kalori tiap gram nya. Lemak menjadi salah satu sumber energi tubuh, selain itu lemak juga membantu penyerapan vitamin dan kerja hormon.

Jumlah kebutuhan lemak berbeda-beda tergantung kondisinya. Sesuai AKG, kebutuhan lemak pada dewasa sekitar 65 – 70 gram per hari, atau <30% dari total kebutuhan kalori harian.

Kandungan lemak dalam susu di pasaran bervariasi, tergantung bahan dasarnya. Susu olahan hewani mengandung lemak lebih tinggi dibanding susu nabati, sekitar 2 – 6 gram per sajian.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

Perhatikan Juga Kandungan Pendukung Lainnya

Pilihlah susu yang mudah dicerna tubuh

Selain makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), Anda yang ingin menambah berat badan juga perlu memperhatikan konsumsi mikronutrien, yaitu vitamin, mineral, dan nutrien spesifik.

  • Vitamin dan mineral berperan penting dalam proses metabolisme, terutama siklus pembentukan energi. Selain itu juga berperan sebagai antioksidan, membantu sistem imun, menjaga kesehatan jaringan tubuh terutama pada kondisi malnutrisi.
  • Nutrien spesifik contohnya omega-3 dapat berperan sebagai anti peradangan dan dapat memicu selera makan.

[Informasi Tambahan dari Pakar terkait Kandungan Gula]

Semua susu hewani pada dasarnya mengandung gula alami berjenis laktosa. Berbeda dengan susu hewani, susu nabati mengandung gula jenis fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang sebagian besar berasal dari gula yang ditambahkan.

Keberadaan laktosa perlu menjadi perhatian apabila seseorang memiliki riwayat intoleransi laktosa, karena konsumsi susu justru dapat menimbulkan gejala saluran cerna sehingga target peningkatan berat badan tidak tercapai.

Di lain sisi, gula tambahan seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa juga dapat memicu obesitas dan sindroma metabolik apabila dikonsumsi berlebihan. Batasan konsumsi gula yang dianjurkan adalah 50 gram per hari.

dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik
dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Terbaik

Di bawah ini adalah sepuluh susu penambah berat badan terbaik versi PickyBest. Agar lebih yakin, kami juga mencantumkan kelebihan dan kekurangan tiap produk yang kami olah dari testimoni pelanggan. Semoga mempermudah, ya!

Sepuluh produk rekomendasi berikut sepenuhnya hasil pilihan PickyBest, bukan dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK.

1. Evolene EVO MASS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tambah berat badan oke, bentuk otot juga oke!

Evolene EVO MASS adalah susu penambah berat badan yang bisa dikonsumsi baik oleh orang yang menjalani latihan insentif, maupun yang normal. Jumlah kalori per sajiannya yang mencapai 932 kalori sangat signifikan menghasilkan surplus kalori.

Surplus kalori ini nantinya akan dipakai untuk pembentukan otot. Atau, jika itu bukan target Anda, konsumsi harian dalam frekuensi yang lebih sedikit akan menyediakan surplus kalori yang cukup untuk menaikkan berat badan setelah beberapa lama.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah termasuk shaker.
  • Cocok untuk program bulking.
  • Terbukti menambah berat badan.
  • Rasa yang lezat dan tidak bikin enek.
  • Harga lebih murah dibanding produk sejenis dari merek lain.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot 10 lbs
Kalori per sajian 932 kalori
Protein per sajian 52 g
Masa penyimpanan 24 bulan
Pilihan rasa Coklat, hazelnut, vanilla
Kisaran harga Rp750.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. VECTORLABS MASTER MASS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Formula khusus yang mudah diserap tubuh

Tubuh memiliki kebutuhan yang kompleks dan formula khusus VECTORLABS MASTER MASS dapat memenuhinya. Terdiri dari protein, karbohidrat kompleks, serta asam amino esensial dan non-esensial yang didapat dari bahan berkualitas tinggi, susu ini lebih mudah diserap tubuh.

Anda juga tak perlu khawatir dengan keamanan susu penambah berat badan ini. Pasalnya, semua produk VECTORLABS sudah lulus sertifikasi BPOM.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya manis dan pekat untuk varian dark chocolate.
  • Dapat shaker.
  • Kemasan kuat antitumpah.
  • Kandungannya memenuhi kebutuhan orang yang sedang menjalani latihan.
  • Harga murah.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada pengguna yang menilai rasanya terlalu manis.
  • Beberapa pengguna merasa tutup kemasannya sulit dibuka.
Bobot 12 lbs
Kalori per sajian 1100 kalori
Protein per sajian 60 g
Masa penyimpanan 12 bulan
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Dark coco, caramel, vanilla
Kisaran harga Rp600.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. MUSCLETECH Mass-Tech Extreme 2000

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tambah berat badan dengan asupan 2000 kalori di tiap sajian

Bagi Anda yang benar-benar ingin hasil nyata, 2000 kalori yang terkandung dalam tiap sajian Mass-Tech Extreme bisa menjadi solusi terbaik. Bukah hanya sekadar menambah berat badan, asupan kalori sebesar ini juga dibutuhkan untuk bodybuilding dan aktivitas intens lainnya.

Mass-Tech Extreme mengandung 100 persen whey protein. Dibanding bentuk protein lainnya, whey protein lebih baik karena mengandung berbagai jenis asam amino esensial yang dapat membantu meningkatkan tenaga dan pembentukan otot.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya lezat.
  • Mudah larut.
  • Efek yang terbukti nyata setelah dikonsumsi rutin.
  • Mudah dicerna.
  • Kandungan protein yang tinggi.
  • Sudah dapat shaker.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot 22 lbs
Kalori per sajian 2000 kalori
Protein per sajian 60 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, vanilla
Kisaran harga Rp1.490.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. MUTANT MASS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Nutrisi lengkap yang berasal dari makanan asli

Tiap sajian MUTANT MASS mengandung 1.100 kalori, 56 gram protein, 192 gram karbohidrat, dan 12 gram lemak. Nutrisi sebanyak ini sudah tentu akan berangsur-angsur menambah berat badan Anda.

Apalagi, nutrisi yang terkandung dalam penambah berat badan ini diambil dari makanan asli, misalnya karbohidrat yang berasal dari sweet potato, rolled oats, barley, dan waxy maize; lemak dari coconut oil, avocado, flax seed, pumpkin seed, dan sunflower oil; protein dari whey protein dan casein; dan seterusnya.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa lezat, aroma enak.
  • Tercampur baik dengan air tanpa meninggalkan gumpalan.
  • Bisa menjadi pengganti makanan ketika tidak sempat makan.
  • Free shaker.
  • Hasil yang nyata untuk banyak orang.
  • Mudah dicerna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Ada segelintir pengguna yang menilai rasanya sedikit kemanisan.
Bobot 15 lbs
Kalori per sajian 1100 kalori
Protein per sajian 56 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, strawberry, vanilla
Kisaran harga Rp999.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. OPTIMUM NUTRITION ON SERIOUS MASS

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kalorinya melimpah, penyajiannya mudah!

Capai berat badan ideal dengan bantuan Optimum Nutrition SERIOUS MASS. Di tiap sajian, susu penambah berat badan ini menyediakan 1.250 kalori dan 50 gram protein untuk menyediakan energi melimpah sekaligus membantu pemulihan otot pasca latihan.

Penyajian susu penambah berat badan ini terbilang mudah. Anda tinggal blender dengan air atau susu. Biar makin lezat dan bernutrisi, Anda juga dapat mencampurkannya dengan bahan lain, misalnya buah-buahan, peanut butter, dan sebagainya.

7 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa yang sangat lezat.
  • Mudah tercampur dengan air.
  • Mudah dicerna.
  • Lebih bernutrisi dari banyak weight gainer lain karena mengandung banyak mikronutrien.
  • Efektif membantu menaikkan berat badan.
  • Tidak bikin enek.
  • Harga lebih terjangkau dari banyak weight gainer lain.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kurang tercampur dengan baik jika tidak pakai blender.
  • Segelintir pemakai berpendapat rasanya sedikit terlalu manis.
Bobot 12 lbs
Kalori per sajian 1250 kalori
Protein per sajian 50 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, vanilla
Kisaran harga Rp850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. MuscleMeds Carnivor Mass Gainer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Anabolic superfood yang lebih istimewa dari mass gainer kebanyakan

MuscleMeds Carnivor Mass mengklaim dirinya lebih istimewa dari mass gainer kebanyakan. Bukan tanpa dasar, klaim ini berangkat dari sifat anabolik susu penambah berat badan ini. Dengan kata lain, kandungannya lebih cepat diserap tubuh dan berkontribusi pada pembentukan otot.

Keistimewaan ini datang dari formula yang khas, mengombinasikan beef protein isolate dan dual-action insulin signal amplifying technology yang mereka sebut iSpike. Keduanya bekerja beriringan untuk mengoptimalkan proses anabolik. Alhasil, efeknya pada tubuh akan nampak lebih cepat!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Hasil yang terlihat nyata.
  • Rasa yang lezat.
  • Mudah dicerna.
  • Bebas laktosa.
  • Larut dengan baik.
  • Tidak bikin enek.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot 6 lbs
Kalori per sajian 720 kalori
Protein per sajian 50 g
Sertifikat keamanan BPOM, GMP
Pilihan rasa Coklat fudge, coklat peanut butter, vanilla caramel, strawberry
Kisaran harga Rp699.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Optimum Nutrition Pro Gainer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Susu penambah berat badan untuk pelengkap makanan bergizi

Optimum Nutrition Pro Gainer adalah susu penambah berat badan yang tepat untuk dikonsumsi sebagai pelengkap makanan bergizi. Bersama kalori dari makanan yang bernutrisi, ekstra kalori yang ia berikan akan mempermudah tubuh Anda mencapai surplus kalori.

Keunggulan lain dari Optimum Nutrition Pro Gainer adalah pemanis tambahannya yang sedikit, tidak lebih dari 4 gram saja. Ini adalah kabar baik untuk Anda yang tidak terlalu suka manis. Anda pun dapat mengolahnya bersama buah-buahan yang karakternya manis tanpa khawatir jadi kemanisan.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak terlalu kental.
  • Ramah di perut, tidak bikin begah.
  • Kandungan gula dan lemak jenuh lebih rendah dibanding weight gainer lainnya.
  • Mudah larut di air.
  • Efektif menambah berat badan.
  • Mengandung banyak vitamin dan mikronutrien lainnya.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot 5 lbs
Kalori per sajian 650 kalori
Protein per sajian 60 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat
Kisaran harga Rp1.800.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. BSN True Mass 1200

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Untuk Anda yang butuh asupan kalori serius!

Inilah susu penambah berat badan yang perlu Anda minum kalau Anda butuh asupan kalori yang serius. Sudah jumlah kalorinya besar, kandungannya juga sangat lengkap, termasuk di antaranya adalah 12 gram BCAA dan 25 gram EAA.

BSN True Mass 1200 terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi sehingga dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Sebagai minuman, ia juga lezat dikonsumsi dengan rasa susu kocok cokelat, stroberi, dan es krim vanila yang disukai semua orang.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Sudah dapat shaker.
  • Rasa yang enak, terutama jika pakai susu.
  • Mudah larut dalam air.
  • Efek nyata terhadap berat badan.
  • Mudah dicerna.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Beberapa orang tidak menyukai teksturnya yang cenderung kental dan agak grainy.
  • Kurang larut dengan baik jika tidak pakai blender.
Bobot 10 lbs
Kalori per sajian 1220 kalori
Protein per sajian 50 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, strawberry, vanilla
Kisaran harga Rp1.420.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. BPI Sport Bulk Muscle XL Mass Gainer

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Tekstur tetap mulus meski tanpa blender

Susu penambah berat badan satu ini bersifat anabolik alias mempromosikan pembentukan otot. Seperti susu penambah berat badan biasanya, BPI Sport Bulk Muscle XL juga mengandung protein tinggi. Namun, protein di dalamnya berasal dari sumber terbaik yang tidak mengandung lemak berlebih seperti yang lain.

Hal lain yang unik dari susu penambah berat badan ini sifatnya yang mudah larut. Tidak seperti produk lain yang kerap menyisakan gumpalan jika tidak diaduk pakai blender, BPI Sport Bulk Muscle menghasilkan tekstur mulus walaupun hanya diaduk dengan sendok.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Hasil nyata.
  • Gratis shaker.
  • Rasanya cokelat dan vanila yang enak.
  • Tidak bikin begah.
  • Mudah dicerna.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Bobot 15 lbs
Kalori per sajian 820 kalori
Protein per sajian 50 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, vanilla
Kisaran harga Rp980.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. The Protein Works Total Mass Matrix

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Mengandung protein dan karbohidrat dari sumber terbaik

The Protein Works Total Mass Matrix adalah mass gainer yang mengombinasikan protein dan karbohidrat dari sumber-sumber terbaik seperti whey protein concentrate, maltodextrin, soya protein isolate, golden flaxseed, dan medium chain triglycerides.

Protein tinggi dari susu penambah berat badan ini berkontribusi pada pembentukan otot, serta menyediakan energi lebih banyak untuk latihan. Asyiknya lagi, The Protein Works juga menyediakan varian vegan dari produk ini!

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa yang sangat enak dan tidak terlewat manis.
  • Cocok untuk naikkan berat badan.
  • Ada varian “Extreme” untuk orang yang butuh kalori lebih intenstif lagi.
  • Mudah larut dengan baik.
  • Menunjukkan hasil yang nyata.
  • Dapat shaker.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tekstur agak kasar kalau tidak diaduk pakai blender.
Bobot 12 lbs
Kalori per sajian 954 kalori
Protein per sajian 62 g
Sertifikat keamanan BPOM
Pilihan rasa Coklat, kukis, stroberi
Kisaran harga Rp850.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Susu Penambah Berat Badan

Produk Evolene EVO MASS VECTORLABS MASTER MASS MUSCLETECH Mass-Tech Extreme 2000 MUTANT MASS OPTIMUM NUTRITION ON SERIOUS MASS MuscleMeds Carnivor Mass Gainer Optimum Nutrition Pro Gainer BSN True Mass 1200 BPI Sport Bulk Muscle XL Mass Gainer The Protein Works Total Mass Matrix
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bobot 10 lbs 12 lbs 22 lbs 15 lbs 12 lbs 6 lbs 5 lbs 10 lbs 15 lbs 12 lbs
Kalori per sajian 932 kalori 1100 kalori 2000 kalori 1100 kalori 1250 kalori 720 kalori 650 kalori 1220 kalori 820 kalori 954 kalori
Protein per sajian 52 g 60 g 60 g 56 g 50 g 50 g 60 g 50 g 50 g 62 g
Masa penyimpanan 24 bulan 12 bulan 12 bulan 24 bulan 24 bulan 12 bulan 24 bulan 24 bulan 12 bulan 24 bulan
Sertifikat keamanan BPOM, HALAL MUI, GMP, Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) BPOM BPOM BPOM BPOM BPOM, GMP BPOM BPOM BPOM BPOM
Pilihan rasa Coklat, hazelnut, vanilla Dark coco, caramel, vanilla Coklat, vanilla Coklat, strawberry, vanilla Coklat, vanilla Coklat fudge, coklat peanut butter, vanilla caramel, strawberry Coklat Coklat, strawberry, vanilla Coklat, vanilla Coklat
Kisaran harga Rp750.000 Rp600.000 Rp1.490.000 Rp999.000 Rp850.000 Rp699.000 Rp1.800.000 Rp1.420.000 Rp980.000 Rp850.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Tip dan Saran dari dr. Kurnia Sitompul, M.Gizi, Sp.GK

blank

Upaya lain yang bisa diterapkan untuk membantu menambah berat badan?

Upaya utama untuk menambah berat badan adalah mengatasi penyebab utama, misalkan adanya penyakit atau masalah metabolisme, serta asupan yang tidak adekuat.

Setelah itu, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan pemberian diet seimbang (komposisi karbohidrat, lemak dan protein yang seimbang) yang tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan individu.

Hindari konsumsi makanan yang sekadar tinggi kalori saja untuk menghindari penyakit di kemudian hari. Pilih makanan bernutrisi, karbohidrat yang lebih kompleks, dan lauk tinggi protein dengan kandungan lemak yang lebih baik.

Apabila dibutuhkan, suplementasi berupa susu penambah berat badan yang tinggi kalori dapat dikonsumsi. Berhati-hatilah mengonsumsi susu dengan kandungan protein tinggi, karena asupan protein terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan penyaringan di ginjal

Olahraga tetap perlu dilakukan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan massa otot. Selain itu, tidur yang berkualitas, pengelolaan stres psikologis, serta pola hidup bersih tetap harus dijaga.

Berapa angka kenaikan berat badan yang aman?

0,5 – 1 kg per minggu.

Kesimpulan

Memiliki berat badan ideal adalah impian semua orang. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk mencapainya adalah dengan mengonsumsi susu penambah berat badan. Asal diiringi makan makanan bergizi dan olahraga yang cukup, tinggal masalah waktu saja sampai berat badan ideal jadi kenyataan.

blank

Pilihlah susu penambah berat badan yang jumlah kalori per sajiannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena tiap orang punya kebutuhan yang berbeda, Anda dapat menghitungya sendiri dengan bantuan kalkulator kalori yang bisa ditemukan di internet. Mudah-mudahan berat badan Anda cepat bertambah, ya!

You may also like

Comments are closed.