Written by 05:23 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Terbaik

L Men Gain Mass

Punya badan yang kurus menjadi momok bagi sebagian dan bahkan bisa jadi semua orang, apakah Anda termasuk? Pasalnya, berat badan yang kurang ideal bisa menurunkan rasa percaya diri dan menjadi pintu masuk beberapa macam penyakit. Saat berat badan rendah, tak jarang orang mengambil langkah bijak dengan konsumsi susu penambah berat badan. Umumnya susu ini dikonsumsi sebagai pendamping makanan sehari-hari.

Setiap orang yang ingin punya berat badan ideal tentu harus berusaha lebih ekstra untuk memperolehnya. Beragam cara mulai dari makan makanan tinggi protein dan kalori sampai menambahkan asupan tambahan dari susu penambah berat badan pun dilakukan. Apabila Anda ingin meningkatkan berat badan, maka tak ada salahnya untuk mulai konsumsi susu untuk menambah berat badan.

Cara memilih susu penambah berat badan

Susu yang diciptakan khusus untuk membantu menaikkan berat badan tidak sama dengan susu sapi, terutama pada kandungannya. Susu ini juga tersedia untuk berbagai kebutuhan umur, mulai dari susu untuk anak hingga usia remaja dan dewasa. Untuk Anda yang sedang mencari merek susu penambah berat badan terbaik, kami sarankan Anda mengetahui tips memilihnya terlebih dahulu. Silakan disimak penjelasan berikut ini, ya!

Kenali ciri dan jenis susu penambah berat badan yang bagus

Kenali ciri dan jenis susu penambah berat badan yang bagus

Susu dengan kualitas yang bagus akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dalam waktu lebih cepat. Di pasaran beredar cukup banyak merek susu yang bisa Anda pilih, seperti Optimum Nutrition, Ultimate Nutrition, hingga brand lokal semisal L-Men dan Appeton. Setiap brand umumnya mengeluarkan susu dalam bentuk bubuk. Tapi demikian, ada juga yang mengeluarkan varian lain dalam bentuk minuman atau cair untuk memberikan nilai praktis ketika ingin dikonsumsi.

Mana yang harus dipilih? Ini kembali pada kebutuhan Anda. Semisal Anda tak ingin repot-repot mengolah susu, maka pilihlah susu penambah berat badan berjenis cair. Seperti L-Men misalnya, brand ternama ini mempunyai varian susu dalam bentuk cairan dengan kemasan kotak. Mudah dibawa dan pastinya praktis. Tapi yang menjadi masalah, hal ini bisa memberi sugesti kalau Anda seperti butuh banyak sekali konsumsi setiap kemasan.

Maka dari itu, tak ada salahnya juga untuk membeli susu yang berjenis bubuk. Pasalnya, susu bubuk untuk menambah berat badan di Indonesia ini lebih banyak ditemukan dibandingkan jenis cair. Jenis susu dengan tekstur bubuk perlu diolah terlebih dahulu sebelum bisa dikonsumsi. Biasanya, produk susu ini dapat dilarutkan dengan air biasa ataupun air hangat. Anda bisa memasukkannya ke dalam botol untuk dibawa berolahraga atau dikonsumsi di rumah dalam gelas biasa.

Pilihlah susu yang mudah dicerna tubuh

Pilihlah susu yang mudah dicerna tubuh

Bicara soal kualitas, tentu Anda wajib menemukan susu penambah berat badan dengan kualitas terbaik. Hal ini akan membantu tubuh memperoleh asupan nutrisi yang diberikan dengan lebih optimal. Bukan hanya itu, susu dengan kualitas bagus juga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Dengan demikian, kandungannya juga bisa diterima oleh tubuh secara sempurna. Ini akan berdampak baik pada program menambahkan berat badan yang sedang Anda jalankan.

Alasan lain kenapa Anda perlu mencari susu untuk menaikkan berat badan yang ideal karena untuk mencegah terjadinya hal-hal yang mengganggu. Semisal sakit perut atau diare bisa saja muncul apabila Anda mengonsumsi susu dengan kualitas yang buruk. Untuk memperoleh suplemen penambah berat badan dalam jenis bubuk atau cair ini, tak ada toleransi, Anda perlu mencari brand yang sudah punya nama dan berpengalaman lama. Jangan pernah tergiur oleh harga yang rendah, terlebih jika itu brand baru di pasaran.

Hal lain yang tak kalah penitng untuk diketahui adalah tubuh memerlukan waktu penyesuaian ketika hendak mencerna kandungan pada susu. Tapi biasanya periode penyesuaian ini tidak memakan waktu lama dan tidak akan mengganggu sistem pencernaan Anda. Pemilihan susu dengan mutu baik juga tidak akan membuat Anda kehilangan selera makan. Sebab, ini bisa menjadi PR lain, seperti membuat Anda perlu mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan misalnya.

Pahami nutrisi yang terkandung di dalamnya

Pahami nutrisi yang terkandung di dalamnya

Apakah Anda mengetahui bagaimana mekanisme susu penambah berat badan bekerja dalam tubuh? Susu ini akan menaikkan berat badan dengan menyuplai kalori dan lemak tambahan dari kandungan di dalamnya. Seperti sudah dijelaskan oleh banyak dokter, kalori dan lemak merupakan sumber energi untuk setiap orang. Setiap harinya, tubuh akan memerlukan energi atau stamina untuk beraktivitas dengan membakar kalori maupun lemak.

Dengan demikian, pada orang dengan berat badan rendah atau kurus, maka kebutuhan kalori harus diperbanyak. Asupan kalori tambahan ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi susu tinggi kalori. Jenis susu ini mudah ditemui pada produk semacam weight gainer yang memang dirancang khusus sebagai produk peningkat berat badan. Dengan konsumsi setidaknya dua gelas kalori, maka tubuh akan memperoleh sekitar 400-440 kalori tambahan yang berguna untuk mendukung peningkatkan berat badan.

Untuk balita dan anak-anak, temukan yang lebih banyak kandungan gizinya

Untuk balita dan anak anak temukan yang lebih banyak kandungan gizinya

Walaupun dengan pemberian makanan bergizi seimbang sudah bisa mendukung berat badan ideal, tak jarang orangtua memberikan asupan tambahan seperti susu. Susu penambah berat badan anak bayi atau balita berbeda untuk orang dewasa, terutama dalam kandungannya. Umumnya, susu untuk anak agar berat badannya meningkat menyimpan kandungan gizi lebih beragam. Hal ini dianggap wajar karena anak-anak juga memerlukan nutrisi untuk perkembangannya.

Adapun buat Anda yang mencari susu untuk menambah berat badan anak maka carilah yang menyimpan protein penggemuk badan. Protein akan membantu proses pembentukan sel dan otot agar anak lebih cepat gemuk. Selain protein, temukan juga susu dengan kandungan kalsium, fosfor, vitamin B kompleks, dan zinc di dalamnya. Semisal zinc, kandungan ini akan membantu memaksimalkan proses penyerapan zat gizi yang diperoleh dari susu ataupun makanan.

Meskipun di pasaran tersedia susu untuk menunjang kesehatan anak dengan tambahan manfaat seperti menaikkan berat badan, akan lebih baik jika Anda menyeimbangkan gizinya dari makanan. Namun ketika anak Anda mengalami gangguan susah makan, ini juga tidak baik untuk pertumbuhannya. Pada kasus semacam ini, keberadaan susu penggemuk badan anak memang sangat membantu mengatasi kekurangan nutrisi yang terjadi.

10 Rekomendasi susu penambah berat badan terbaik

Pada bagian ini, kami akan membantu Anda menemukan susu penambah berat badan yang ideal dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda mencari informasi lebih lanjut dari setiap produk yang hendak dibeli, terutama perihal kandungan gizinya, ya. Selamat memilih!

1. Optimum Nutrition Pro Gainer

Optimum Nutrition Pro Gainer

Kisaran harga: Rp1.550.000

Para penggemar olahraga tentu sudah tidak asing dengan nama Optimum Nutrition. Brand yang banyak merilis produk weight gainer ini mengeluarkan Pro Gainer yang dirancang untuk menambah berat badan Anda. Tak hanya timbangan badan yang meningkat, setelah mengonsumsinya, Anda juga bisa memperoleh massa otot yang lebih banyak. Dengan begitu, badan Anda juga akan menjadi terbentuk, tentunya ini perlu diimbangi dengan olahraga.

Susu penambah berat badan orang dewasa yang kami rekomendasikan ini menyimpan protein dan karbohidrat yang berkualitas tinggi. Optimum Nutrition Pro Gainer berbeda dengan produk gainer lainnya. Pasalnya, produk ini tidak meningkatkan kalori dari lemak dan gula berkualitas rendah, melainkan dari campuran 6 jenis protein, karbohidrat kompleks, dan MCT (Medium Chain Triglycerides) sebagai kandungan gizi unik yang jarang ditemukan pada produk lain.

2. MuscleTech Mass-Tech

MuscleTech Mass Tech

Kisaran harga: Rp718.000

Agar keutamaan yang dijanjikan dari sebuah produk dapat dirasakan oleh tubuh secara maksimal, maka Anda perlu memastikan susu penambah berat badan yang dipilih punya kandungan yang cepat dicerna. Karakteristik produk ini bisa Anda temukan dalam MuscleTech Mass-Tech. Pada setiap porsinya, susu ini akan memberikan 80 gram protein atau 97 gram jika dicampurkan dengan 2 cangkir susu skim.

MuscleTech Mass-Tech hadir dalam formula baru, saat ini tersedia 1170 kalori yang didapat dari protein berkualitas tinggi dan karbohidrat kompleks yang cepat dicerna. Tak hanya itu, susu weight gainer terbaik ini juga menyimpan lemak khusus sebagai sumber energi yang diperlukan saat berolahraga. MuscleTech juga menyertakan formula 10 gram BCAA dan 5 gram leusin yang akan mempertahankan penyimpanan glikogen pada otot serta meminimalisir jumlah pemecahan protein.

3. Ultimate Nutrition Iso Mass Xtreme Gainer

Ultimate Nutrition Iso Mass Xtreme Gainer

Kisaran harga: Rp624.000

Ingin punya badan yang atletis seperti model iklan di layar kaca? Cukup dengan berolahraga fisik disertai konsumsi rutin Iso Mass Xtreme Gainer dari Ultimate Nutrition, keinginan tersebut bisa Anda capai. Ini adalah susu penambah berat badan terbaik yang bisa meningkatkan massa otot. Bahkan, produk ini juga disebut-sebut sebagai suplemen all in one yang pernah ada. Di dalamnya tersedia kandungan super lengkap untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, terutama dalam mencapai tujuan pembentukan tubuh dan peningkatan berat badan.

Pada setiap serving-nya, susu ini akan mengirimkan 65 gram whey protein padat, 4 tipe glutamine, 940 kalori, 7 tipe creatine, dan 60 komponen baik untuk membangun massa otot. Buat Anda yang ingin menjalani proses bulking atau penggemukan badan, produk satu ini sangat baik untuk dikonsumsi. Formulasi protein dengan rasio 16:13 darinya akan memberikan tambahan otot tanpa memberikan timbunan lemak. Produk ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lho!

4. MuscleMeds Carnivor Mass

MuscleMeds Carnivor Mass

Kisaran harga: Rp620.000

Carnivor Mass dari MuscleMeds diklaim sebagai susu penambah berat badan terbaik yang punya keunikan dibandingkan produk lain. Gainer ini menyediakan Beef Protein Isolate (BPI) sebagai protein anabolik dari daging sapi yang diisolasikan dengan konsentrasi sebesar 350%. Dengan demikian, protein tersebut tidak hadir bersama lemak jenuh ataupun kolesterol serta lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.

Suplemen gainer terbaik untuk menambah berat badan dan massa otot persembahan MuscleMedis juga mendukung anabolisme otot agar berkembang secara optimal. Tak hanya itu, susu penggemuk badan ini juga diformulasikan tanpa kandungan laktosa (lactose-free) dan bebas gula (sugar-free). Pada setiap penyajian Carnivor Mass, tubuh akan memperoleh 125 gram karbohidrat reaktif dan 50 gram BPI yang terhidrolisis.

5. Mutant Mass Muscle Mass Gainer

Mutant Mass Muscle Mass Gainer

Kisaran harga: Rp780.000

Suplemen penambah berat badan dari Mutant Mass dihadirkan langsung dari Kanada. Produk ini juga diklaim sangat berbeda dengan produk gainer lain. Formula dalam susu ini sudah dibuktikan memberikan hasil maksimal untuk pembentukan otot serta peningkatan berat badan. Sebelum diluncurkan, Mutant Mass telah melakukan penelitian selama kurang lebih 2 tahun. Penelitian ini dilakukan untuk memastikan kalau komposisi dalam suplemen gainer ini benar-benar efektif dalam mencapai tujuannya.

Bagi Anda yang baru ingin memulai program penambah berat badan dengan fitness atau gym, kami sarankan untuk mengonsumsi weight gainer satu ini. Pasalnya, produk ini bukan cuma mendukung pertumbuhan otot Anda, melainkan juga memberikan 1000 kalori lebih dari setiap takaran saji yang dianjurkan. Muscle Mass Gainer dari Mutant Mass juga siap memberi tambahan energi bagi tubuh melalui 3 kombinasi serat rendah gula yang terkandung di dalamnya.

6. Dymatize Super Mass Gainer

Dymatize Super Mass Gainer

Kisaran harga: Rp850.000

Dalam rencana memperoleh berat badan dan ukuran otot yang ideal, terkadang makan banyak saja belum cukup, terlebih jika mengabaikan pemilihan nutrisi. Apalagi untuk Anda yang sehari-harinya banyak melakukan aktivitas fisik, maka kalori di dalam tubuh akan lebih banyak terbakar. Oleh karena itu, Super Mass Gainer dari Dymatize dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan kalori harian Anda, bahkan mencapai 1.300 kalori. Sangat banyak, bukan?

Super Mass Gainer juga dapat dikonsumsi oleh Anda yang punya metabolisme tinggi. Pasalnya, produk ini siap memberi makan otot Anda agar bertumbuh. Sejumlah kandungan seperti protein, kalori, vitamin, mineral, dan BCAA akan mendukung kekuatan fisik serta merangsang kenaikan berat badan lewat pertumbuhan massa otot. Produk ini bisa dikonsumsi sebagai minuman sebelum atau sesudah olahraga untuk memberikan kekuatan dan daya tahan saat olahraga fisik.

7. BSN True Mass

BSN True Mass

Kisaran harga: Rp1.398.000

Tak bisa dibantah memang kalau untuk mendapatkan ukuran badan yang ideal, konsumsi susu penambah berat badan terbaik saja belumlah cukup. Anda perlu memulai program latihan secara rutin agar otot bisa berkembang. Tapi dengan dukungan True Mass, Anda akan lebih mudah memperoleh massa otot dalam waktu cepat. Ini tentunya akan berdampak baik pada peningkatan angka timbangan secara signifikan!

True Mass keluaran BSN sendiri dirancang untuk orang dengan kebutuhan dukungan kalori yang serius. Bersama dengan rasio 1:4 dari protein dan karbohidrat, atau 50 gram protein dengan 215 gram karbohidrat kompleks, formula ini akan menyuplai nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Selain itu, susu mass gainer ini juga menyediakan 12 gram BCAA alami dan 25 gram EAA per porsi dengan tambahan serat makanan serta medium chain trigliserida untuk melengkapi nilai gizinya.

8. Optimum Nutrition Serious Mass

Optimum Nutrition Serious Mass

Kisaran harga: Rp880.000

Para atlet ataupun individu yang ingin serius membentu tubuh agar lebih padat dan berisi disarankan untuk konsumsi Optimum Nutrition Serious Mass. Bubuk protein ini menyediakan asupan 1250 kalori dan 250 gram karbohidrat kompleks bebas gula. Sedangkan untuk proteinnya sendiri, produk ini akan menyuplai sekitar 50 gram protein yang disertai 25 vitamin dan mineral esensial termasuk creatine, glutamine, dan asam glutamat untuk mendukung pertumbuhan otot.

Kandungan glutamine di dalam susu penambah berat badan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyusutan massa otot pasca latihan. Sementara kandungan proteinnya sendiri akan dilepas secara berkala (time release technology) di dalam tubuh selama 8 jam. Produk ini aman dikonsumsi untuk jangka panjang karena bebas bahan aspartam atau pemanis buatan. Kelebihan lain dari ON Serious Mass adalah bubuknya yang mudah larut ketika dikocok atau diaduk.

9. L-Men Gain Mass

L Men Gain Mass

Kisaran harga: Rp115.000

L-Men mengeluarkan banyak varian produk untuk menunjang kenaikan berat badan dan massa otot, salah satunya adalah L-Men Gain Mass. Suplemen penambah berat badan ini dikatakan efektif dalam membangun massa otot hingga 1 kilogram per minggunya. L-Men menyertakan kandungan berupa L-Lysine yang bisa meningkatkan gairah makan serta produksi protein.

Produk Gain Mass dari L-Men juga dijamin rendah lemak dan bebas gula, Anda tak perlu khawatir mengalami kerusakan gigi atau batuk setelah rutin meminumnya. Dengan L-Glutamine yang juga tersimpan di dalamnya, produk ini siap mengunci massa otot dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. L-Men Gain Mass saat ini tersedia dalam dua varian rasa, yakni cokelat dan pisang. Produk ini juga sudah mendapat sertifikat aman dari BPOM dan pastinya halal.

10. Appeton Weight Gain Adult

Appeton Weight Gain Adult

Kisaran harga: Rp330.000

Appeton Weight Gain Adult adalah susu penambah berat badan dewasa yang pastinya sudah familiar di telinga Anda, bukan? Produk yang banyak mengudara di media iklan layar kaca ini juga bisa menjadi alternatif buat Anda. Susu bubuk dengan formula khusus untuk menaikkan ukuran badan ini dijamin sehat dan terbuat dari bahan-bahan alami. Di dalamnya terkandung vitamin, mineral, dan asam amino protein lengkap untuk mendukung pertumbuhan jaringan tubuh.

Appeton juga dilengkapi dengan L-Lysine yang dikenal sebagai peningkat kadar Protein Efficiency Rating (PER). Dijual denga harga 300 ribuan, tentu produk ini dapat menjadi alternatif yang lebih bersahabat dibandingkan weight gainer lainnya. Untuk rasanya sendiri ada rasa cokelat yang nikmat saat diminum. Buat Anda yang ingin memperoleh berat badan ideal, kami sarankan untuk mulai rutin mengimbangi asupan makanan harian dengan konumsi susu ini.

Hindari efek negatif susu penambah berat badan

Hindari efek negatif susu penambah berat badan

Bukan tidak mungkin efek samping dimiliki oleh masing-masing produk yang beredar. Maka dari itu, Anda perlu membaca aturan pakai dengan cermat untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Meskipun susu ini dirancang untuk membantu meningkatkan berat badan, bukan berarti Anda bisa minum seenaknya. Sebab, pada beberapa kasus juga ditemui masalah akibat konsumsi berlebihan terhadap susu penambah berat badan. Inilah yang perlu Anda hindari!

Salah satu efek samping yang mungkin terjadi antara lain risiko terhadap diabetes. Hal ini dikarenakan pada produk yang beredar, umumnya terdapat kandungan gula yang cukup tinggi, yakni sekitar 17 gram. Jadi jika Anda mengonsumsi 3 gelas per hari saja, tentu sudah bisa dihitung kalau tubuh Anda memperoleh asupan 51 gram gula. Padahal, Kementrian Kesehatan sudah mengeluarkan informasi perihal batas aman konsumsi gula harian yaitu sebesar 50 gram.

Tak hanya berkadar gula tinggi, susu penambah berat badan yang diminum dalam porsi berlebih juga berdampak buruk akibat protein yang diterima tubuh melewati kebutuhan normal. Protein yang terlalu tinggi akan membebani kinerja organ hati atau liver dalam menyaring zat-zat sisa di dalam tubuh. Jika dibiarkan, ini akan berujung pada meningkatnya risiko penyakit hati. Bahkan, pemberian kalori yang berlebih juga bisa memunculkan risiko jantung!

Jalan aman yang paling baik dan sehat untuk menaikkan berat badan dengan bantuan susu ini adalah dengan memulai pelan-pelan. Buatlah target peroleh peningkatan berat badan 0,5 kilogram per minggunya. Dengan begini maka Anda tak akan memaksa diri untuk konsumsi susu suplemen dalam jumlah tak wajar. Cukup dua gelas sehari, Anda sudah bisa memperoleh hampir 500 kalori tambahan. Jika membutuhkan kalori lebih, Anda bisa memperolehnya dari sumber lain seperti camilan sehat semisal buah alpukat atau pisang.

Kesimpulan

Keinginan untuk tampil dengan bentuk fisik yang ideal memang menjadi dambaan setiap orang, terutama kaum pria. Untuk memperolehnya, Anda bisa melakukan serangkaian cara seperti rutin berolahraga, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang, serta dibantu dengan konsumsi susu penambah berat badan. Tapi perlu diingat juga, karena susu ini bersifat sebagai suplemen atau tambahan, jadi jangan sampai kehadirannya menggantikan peran makanan yang Anda konsumsi setiap hari. Dengan demikian, tubuh akan memperoleh nutrisi yang seimbang dari berbagai macam sumber.

(Visited 188 times, 2 visits today)