Written by 13:54 Kesehatan & Kecantikan

10 Merk Sikat Gigi Terbaik dan Bagus di Indonesia

Pepsodent Double Care Sensitive Sikat Gigi Soft

Sikat gigi saat ini telah dihadirkan dengan beragam susunan bentuk. Ukuran kepala, tingkat kelembutan dan bentuk bulu sikat, hingga model gagang, merupakan komponen penting yang harus diperhatikan. Tahukah Anda seperti apakah sikat gigi terbaik cocok dipakai untuk menyikat gigi setiap hari? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak terus artikel ini.

Melalui tulisan ini, kami akan memaparkan perihal cara memilih sikat gigi yang benar dan berkualitas bagus. Selanjutnya, kami juga merangkum sepuluh produk sikat gigi terbaik yang dapat Anda beli di Indonesia. Simak terus artikel kali ini hingga tuntas. Mari jaga kebersihan gigi dan mulut Anda agar senantiasa sehat dan segar seharian!

Cara Memilih Sikat Gigi yang Benar

Apa sajakah poin-poin pertimbangan tatkala membeli sikat gigi? Dua hal yang mesti Anda fokuskan adalah tingkat kelembutan bulu sikat dan bentuk handle atau gagang yang menjadi pegangan tangan saat Anda melakukan penyikatan. Secara mendetail akan dijelaskan di bagian ini. Mohon disimak, ya!

Periksa Tingkat Kelembutan Bulu Sikat

Periksa Tingkat Kelembutan Bulu Sikat

Sikat gigi yang dipakai oleh orang dewasa atau anak-anak tentu berbeda. Selain itu, kondisi gusi dan gigi yang bisa saja berbeda antara masing-masing orang juga memengaruhi jenis sikat yang digunakan. Hubungannya dengan hal tersebut, penting bagi Anda mengecek tingkat kekerasan bulu sikat. Bulu sikat terbagi menjadi tiga level, yaitu lembut, normal, dan keras.

Apabila Anda memiliki struktur gusi yang sehat, untuk memperoleh hasil pembersihan gigi yang optimal, Anda dapat memakai sikat gigi dengan bulu sikat yang keras. Efektivitas bulu sikat keras bukan sebatas menyapu kotoran pada permukaan gigi, melainkan juga membersihkan plak untuk mencegah terjadinya peradangan gusi.

Bulu sikat yang lembut dapat dipilih apabila Anda mempunyai masalah dengan gusi sensitif akibat satu dan lain hal, gingivitis (peradangan gusi) misalnya. Sikat gigi berbulu lembut dapat mengurangi rangsangan pada gusi, tetapi efektivitasnya pun berkurang sehingga kurang mampu menghilangkan plak pada gigi secara optimal. Jika Anda menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat keras, berhati-hatilah untuk tidak menyikat terlalu keras agar terhindar dari risiko terkikisnya lapisan gigi.

Mana Lebih Baik, Bentuk Ujung Bulu Sikat Datar atau Bergelombang?

Bentuk Ujung Bulu Sikat Datar atau Bergelombang

Masih berhubungan dengan bulu sikat, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah bentuk ujung bulu sikatnya. Secara umum, bulu sikat dibedakan menjadi dua macam susunan, yaitu bulu sikat datar dan bulu sikat bergelombang.

Bulu sikat dengan bentuk permukaan yang datar dapat menggosok gigi lebih efisien. Cukup dengan beberapa kali gerakan menyikat, permukaan gigi akan terjangkau secara lebih luas. Tetapi, akan lebih sulit untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi, sehingga Anda memerlukan sikat gigi tambahan seperti sikat interdental atau memakai dental floss.

Namun, apabila Anda menginginkan pembersihan yang lebih merata dan optimal sampai ke sela-sela gigi, Anda dapat memilih sikat gigi dengan ujung bulu sikat yang berbentuk gelombang. Desain bulu sikat semacam ini akan membersihkan setiap gigi lebih maksimal hingga ke celah-celahnya. Sayangnya, Anda harus lebih sering mengganti sikat gigi ini lebih sering karena sifat bulunya yang mudah tertekuk dan rusak.

Utamakan Bulu Sikat Berkepala Kecil untuk Anak dan Wanita

Pilih Bulu Sikat yang Halus untuk Anak dan Wanita

Jika Anda mencarikan sikat gigi untuk anak atau Anda adalah seorang wanita yang teliti dalam memilih produk, kami merekomendasikan Anda memilih sikat gigi dengan ukuran kepala sikat kecil. Struktur kepala yang kecil dapat menyikat hingga bagian belakang, sehingga lebih cocok untuk anak kecil atau wanita yang mempunyai ukuran mulut lebih kecil.

Selain itu, pemilihan bulu sikat yang lembut dan halus juga penting. Umumnya, bulu sikat mempunyai standar ketebalan 0,02 mm. Ukuran bulu sikat yang lebih tipis disebut dengan bulu microfine. Jenis tersebut lebih efektif untuk mengangkat kotoran dan kumpulan plak yang menumpuk di kantong gusi. Pembersihan dengan sikat gigi berbulu halus dan tipis secara telaten akan mengantarkan Anda terhadap gigi yang bersih dan sehat.

Pastikan Gagang Sikatnya Nyaman Digenggam

Pastikan Gagang Sikatnya Nyaman Digenggam

Saat menggerakan sikat gigi ke seluruh permukaan gigi di dalam mulut, Anda perlu memegang gagang sikat dengan benar. Gagang sikat atau handle grip dikatakan bagus apabila dibuat agak panjang agar lebih nyaman digenggam. Carilah handle grip yang tidak mudah selip (non-slip) sehingga tidak memicu risiko terpelesetnya sikat yang menyebabkan gusi berdarah.

Gagang sikat yang tidak mudah lepas karena genggaman licin akan membantu Anda menyikat lebih tenang dan teliti. Selain itu, perhatikan juga seberapa lama Anda nyaman memegang gagang sikat tersebut. Setidaknya, handle grip yang baik harus nyaman dipegang selama 3 menit, di mana durasi tersebut merujuk pada waktu ideal untuk menyikat gigi.

10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik untuk Anak dan Dewasa

Setelah membahas cara pemilihan sikat gigi yang dapat Anda ikuti sebagai panduan, sekarang Anda sudah siap untuk membelinya, bukan? Sepuluh merek sikat gigi terbaik, seperti Systema, Pepsodent, Formula, dan Oral-B, hadir untuk Anda. Selamat memilih produk, dan perhatikanlah struktur, bentuk, dan model dari kepala, bulu, serta gagang sikatnya!

1. Systema Smart Clean Soft Toothbrush Isi 3

Systema Smart Clean Soft Toothbrush

Kisaran harga: Rp10.000

Bulu sikat super halusnya mampu rontokkan sisa makanan secara optimal

Sikat gigi yang murah dari Systema ini dapat dibeli untuk persediaan hingga beberapa bulan. Dalam satu set tersedia 3 sikat gigi dengan bulu sikat super halus berketebalan 0,02 mm. Setiap helai bulu sikat yang lembut dari Smart Clean Soft Toothbrush mampu menjangkau kotoran hingga ke sela gigi dan gusi tersempit.

Bulu sikatnya yang banyak didukung ukuran kepala sikat yang cukup besar, sehingga sangat efektif untuk memperluas daerah pembersihan. Teknologi Micro Clean yang dimiliki sikat gigi merek Systema ini akan mencegah akumulasi bakteri untuk menghindari masalah radang gusi (gingivitis). Sebagai tambahan, Systema merancang tongue cleanser pada salah satu sisi untuk bantu bersihkna lidah.

2. Colgate SlimSoft Charcoal Toothbrush

Colgate SlimSoft Charcoal Toothbrush

Kisaran harga: Rp28.900

Sikat gigi halal yang telah mendapatkan izin resmi dari Kemenkes RI

Para dokter gigi dan hygienist banyak merekomendasikan setiap orang untuk menggunakan sikat gigi Colgate sebagai perawatan gigi dan gusi hariannya. Colgate SlimSoft Charcoal Toothbrush mempunyai bulu sikat sangat lembut yang diperkaya Active Charcoal.

Arang aktif tersebut akan mengoptimalkan pengangkatan plak dan bakteri dari gigi. Bulu sikatnya bukan cuma lembut, tetapi juga super tipis yaitu hanya 0,01 mm sehingga tergolong sebagai bulu sikat microfine. Bagian permukaan bulu yang ramping memungkinkannya menjangkau ke tempat sulit seperti kantong gusi.

3. GUM Summit+ Toothbrush

GUM Summit Toothbrush

Kisaran harga: Rp91.350

Gagang sikat berteknologi Comfort-Grip modern yang lebarnya telah disesuaikan ibu jari

GUM adalah merek sikat gigi impor yang cukup laris di Indonesia. Salah satu varian unggulannya adalah GUM Summit+ Toothbrush yang disebut oleh banyak ahli gigi sebagai sikat gigi favorit yang memenuhi kriteria dalam mendukung perawatan kesehatan mulut. Terdapat banyak sekali kelebihan dari sikat gigi ini yang sayang Anda lewatkan.

Didesain secara klinis, GUM Summit+ mempunyai ujung bulu sikat runcing yang efektif membersihkan dan menghapus karang gigi dan plak. Terdiri dari dua tingkat bulu sikat dengan perbedaan struktur. Pada tingkat pertama, bulu sikatnya dibuat runcing halus untuk membersihkan kotoran pada saku periodontal. Sementara di tingkatan kedua, bulu sikatnya difungsikan untuk membersihkan permukaan gigi yang berlubang.

4. Pepsodent Silver Charcoal Sikat Gigi Soft

Pepsodent Silver Charcoal Sikat Gigi Soft

Kisaran harga: Rp12.000

Dilengkapi karet pembersih lidah pada sisi belakang yang empuk di lidah

Sikat gigi dengan charcoal aktif sekarang ini sedang ramai-ramainya diproduksi dan diburu orang. Karena tak ingin ketinggalan. Pepsodent pun hadir bersama Silver Charcoal Toothbrush dengan harga pasaran yang terjangkau. Active charcoal pada sikat gigi ini dilengkapi partikel silver untuk memaksimalkan pembersihan sekaligus mengurangi pertumbuhan bakteri pada gigi.

Kemudian, struktur leher 3 sudutnya sangatlah unik. Selain bisa menjangkau bagian permukaan secara luas, desain tersebut membuat sikat gigi dengan arang ini mampu membersihkan bagian gigi belakang. Membeli sikat gigi ini akan membantu Anda dapatkan gigi bersih menyeluruh, sekaligus menjaga lidah terjaga kesegarannya karena Pepsodent melengkapinya dengan karet pembersih lidah.

5. Kodomo 2 in 1 Zig Zag

Kodomo 2 in 1 Zig Zag

Kisaran harga: Rp6.900

Bantu tanamkan kebiasaan menyikat gigi sejak dini pada anak

Untuk Anda yang mencari sikat gigi buat anak, Kodomo menghadirkan produk 2 in 1 Zig Zag. Sikat gigi ini dikhususkan bagi anak berusia 6 – 9 tahun. Dilengkapi pasta gigi dengan rasa fruity mint, diharapkan akan membantu anak Anda terbiasa untuk rutin menyikat gigi.

Kodomo Toothbrush Blister (Zigzag) ini akan menanamkan kebiasaan baik pada anak dengan cara menyenangkan. Dirancang dengan bulu sikat berpermukaan lembut dan berbentuk zigzag, sikat ini mampu merawat kebersihan gigi dan gusi anak dalam masa pertumbuhannya. Handle-grip yang tidak licin menjadikannya terasa mantap dan nyaman digenggam tangan anak Anda.

6. Ciptadent Complete Care Soft

Ciptadent Complete Care Soft

Kisaran harga: Rp3.420

Desain gagang berlekuk yang sesuai genggaman tangan

Salah satu yang disukai orang dari sikat gigi Ciptadent adalah kemudahannya dicari. Anda bisa membeli produk ini di warung kelontong atau minimarket seperti Alfamart dan Indomaret dengan price tag yang sangat murah. Ciptadent merumuskan sikat gigi ini denga formulasi filamen ganda untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil pembersihan yang maksimal.

Filamen pertamanya mampu membersihkan plak pada permukaan gigi, sedangkan filamen keduanya yang super thin akan mengusir kotoran hingga ke bagian terdalam dan sela-sela gigi. Sikat gigi multi lines cleaner dari Ciptadent ini didesain dengan bentuk permukaan bulu sikat bergelombang. Bagian belakanya dilengkapi kontur untuk bantu bersihkan lidah dari sisa-sisa makanan agar Anda terhindar dari bau mulut yang mengganggu.

7. Formula Silver Protector Diamond

Formula Silver Protector Diamond

Kisaran harga: Rp11.900

Investasi murah untuk merawata kesehatan dan kebersihan gigi anggota keluarga Anda

Di samping Ciptadent, ada lagi opsi sikat gigi terbaik untuk Anda sekeluarga keluaran Formula. Jika dihitung-hitung, Anda hanya perlu merogoh dana tak sampai Rp5.000 untuk membeli setiap sikat gigi. Terdapat 3 buah sikat dalam satu kemasannya, Anda bisa pakai untuk kebutuhan sendiri selama beberapa bulan atau dibagikan dengan keluarga yang lain.

Formula Silver Protector Diamond membuat pekerjaan menyikat gigi terasa lebih menyenangkan. Selain dikarenkaan bulu sikat medium dan ujung kepala yang mengecil, Anda tidak hanya mampu menjangkau gigi paling belakang, tetapi merasakan kenyamanan berakt gagang ergonomisnya.

8. Pepsodent Double Care Sensitive Sikat Gigi Soft

Pepsodent Double Care Sensitive Sikat Gigi Soft

Kisaran harga: Rp11.000

Sikat gigi terpercaya nomor 1 yang dipakai dokter gigi di Indonesia

Pepsodent selama ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai produsen pasta gigi terkemuka. Padahal, Pepsodent juga menawarkan produk sikat gigi yang bagus untuk pelanggan setianya, seperti Double Care Sensitive Sikat Gigi Soft ini. Dengan bulu sikat berketebalan 0,01 mm, menjangkau celah antara gigi tidak lagi menyulitkan.

Selain dirancang untuk mendapatkan hasil pembersihan menyeluruh, Pepsodent merumuskan bentuk leher sikat berlekuk 3 yang nyaman di genggaman tangan, serta mampu menjangkau bagian belakang gigi. Napas segar dari gigi bersih disempurnakan oleh pembersih lidah di bagian belakangnya. Sangat cocok dipakai oleh Anda yang mengalami masalah gusi sensitif, namun tetap mengharapkan produk yang mampu membersihkan secara total.

9. Formula Flip Go

Formula Flip Go

Kisaran harga: Rp16.000

Dilengkapi kotak, bulu sikat micro-charcoal berketebalan 0,01 mm, dan dapat dilipat. Ideal bagi traveler!

Formula Flip Go adalah sikat gigi yang cocok dibawa bepergian. Anda bisa saja membeli sikat gigi biasa, tetapi Flip Go didesain khusus untuk traveler atau Anda yang ingin tetap merawat kebersihan mulut di luar rumah. Pasalnya, sikat gigi ini dapat dilipat dengan 3 langkah mudah, dan posisi bulu sikat terlindungi di dalam batang lehernya ketika dilipat.

Di balik desainnya yang unik, Formula tetap mengutamakan performa pembersihan dari sikat gigi lipat ini. Bulu nano charcoal yang ramping dapat mendukung pembersihan sampai ke sela-sela gigi. Kemudian, bahan charcoal-nya akan memperlambat pertumbuhan bakteri guna ciptakan lingkungan mulut yang lebih higienis.

10. Oral-B CrossAction Pro-Health Superior Clean Toothbrush Soft

Oral B CrossAction Pro Health Superior Clean Toothbrush Soft

Kisaran harga: Rp20.000

Bulu CrissCross yang superior untuk mengangkat dan menyapu plak

Oral-B menghadirkan sikat gigi berkualitas premium yang menjadi produk rekomendasi para dokter gigi. Salah satu variannya ini diklaim teruji klinis mampu hilangkan plak hingga 90% di antara gigi. Jika dibandingkan sikat gigi biasa, tentu Oral-B CrossAction Pro-Health Superior Clean ini layak menjadi juara.

Bulu sikat berdesain CrissCross dapat mencapai bagian terdalam celah gigi sehingga tidak menyisakan plak dan “sampah” makanan di dalamnya. Di samping itu, tekstur bulunya yang halus juga bekerja secara lembut dalam membersihkan gigi dan gusi Anda. Dengan kata lain, memakai sikat gigi ini secara rutin dapat mengurangi risiko terjadinya pengikisan lapisan gigi dan penyakit gusi.

Baca juga rekomendasi pasta gigi terbaik lainnya di sini!

Apakah Anda telah menemukan sikat gigi terbaik dalam daftar ini? Jika sudah, Anda bisa mengoptimalkan proses penyikatan dengan memakai pasta gigi yang tepat. Pasta gigi diformulasikan dengan beragam bahan berdasarkan tujuannya, mulai untuk memutihkan gigi, untuk kebutuhan gigi berlubang, dan untuk dipakai anak.

Supaya hasil penyikatan Anda terasa lebih maksimal, gunakanlah pasta gigi sesuai dengan keinginan Anda. Sederet pasta gigi untuk berbagai kebutuhan telah kami rangkum rekomendasi produknya melalui artikel lain. Silakan Anda klik salah satu tautan berikut untuk melihat selengkapnya!

Kesimpulan

Secara rutin menyikat gigi dan gusi dapat menghindarkan kita dari beragam masalah pada kedua bagian tersebut. Saat menggosok dengan sikat gigi terbaik pilihan Anda, lakukanlah secara betul untuk dapatkan hasil optimal. Anda dapat menyikat dengan memposisikan sikat gigi tegak lurus dengan sisi-sisi gigi untuk membersihkan plak yang menempel dengan sempurna.

Metode penyikatan lain disebut bass, yaitu melakukan penggosokan untuk membersihkan celah antara gigi dan gusi atau biasa disebut kantong gusi (saku periodontal). Caranya adalah dengan memposisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat, lakukan penggosokan secara perlahan. Silakan Anda kombinasikan kedua metode penyikatan ini untuk mendapatkan gigi yang putih, bersih, dan sehat.

(Visited 48 times, 2 visits today)