Written by 01:48 Olahraga

10 Rekomendasi Treadmill Terbaik

Di tengah hari-hari padat aktivitas, Anda mesti memperhatikan kondisi kesehatan. Selain makan makanan yang bergizi, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk berolahraga. Kalau Anda orang yang super sibuk, treadmill bisa menjadi solusi praktis untuk Anda berolahraga.

Sebelum membeli, Anda perlu memahami cara memilih treadmill yang benar agar mendapatkan produk terbaik. Merek yang beredar pun banyak, mulai dari iReborn, OVICX, sampai Total Fitness. Kalau bingung mesti pilih yang mana, Anda bisa coba produk-produk yang kami rekomendasikan di akhir artikel. Maka itu, baca sampai selesai, ya!

Sebelum Membeli, Siapkan Dulu Ruangan untuk Meletakkan Treadmill

Treadmill adalah barang yang cukup memakan tempat. Agar mendapat gambaran tentang seberapa besar ruang kosong yang perlu Anda siapkan di rumah, pastikan untuk mengecek dimensi dari treadmill yang mau Anda beli. Kalau ruangan Anda benar-benar terbatas, pilihlah treadmill yang bisa dilipat untuk menghemat tempat saat tidak digunakan.

Treadmill kerap mengeluarkan getaran saat dipakai berlari. Pastikan lantai ruangan Anda cukup kuat untuk menopangnya. Selain itu, sebaiknya treadmill diletakkan pada ruangan yang bisa dikunci agar tidak diotak-atik oleh anak-anak tanpa sepengetahuan orang dewasa.

Cara Memilih Treadmill

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih treadmill. Mulai dari tipe, kecepatan, tenaga motor untuk tipe elektrik, ukuran sabuk konveyor, fitur incline, hingga aksesori. Selengkapnya, kami kupas di bawah!

Pilih Tipenya, Manual atau Elektrik?

Treadmill memiliki dua tipe, yaitu manual dan elektrik. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan saja.

Manual Treadmill: Pilihan Terjangkau untuk Anda yang Berbujet Tipis

Treadmill manual adalah treadmill yang tidak punya motor. Tenaga untuk menggerakkan konveyornya didapat dari pijakan ketika kaki Anda bergerak. Semakin cepat gerakan Anda, semakin cepat pula gerakan konveyornya. Begitu pun sebaliknya. Hal ini membuat treadmill manual cenderung lebih susah diatur pengoperasiannya.

Di sisi lain, absennya motor juga membuat harga treadmill manual lebih terjangkau, sehingga pas buat Anda yang budget-nya tipis. Perawatannya pun lebih gampang karena Anda tidak perlu merawat mesin motor yang rentan rusak. Cukup bersihkan badan treadmill setiap habis dipakai, treadmill pun bersih dari debu dan keringat!

Electric Treadmill: Selain Praktis, Tambahan Fiturnya pun Beragam

Treadmill elektrik memiliki motor yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan konveyor. Anda bisa mengatur kecepatan dan kemiringannya sesuai program latihan. Lebih dari itu, Anda juga dapat memantau indikator detak jantung dan parameter lainnya lewat konsol serbaguna.

Kemudian, treadmill elektrik menawarkan fitur-fitur tambahan yang bisa membuat aktifitas olahraga makin seru, seperti pemutar musik hingga dudukan ponsel maupun tablet.

Bila Memilih Electric Treadmill, Periksa Kecepatan Maksimal dan Skala HP/CHP-nya

Jika telah yakin memilih treadmill elektrik, selanjutnya Anda mesti pahami cara kerja motor penggeraknya.

Pilih yang Kecepatan Larinya Mudah Disesuaikan

Kebanyakan treadmill memiliki kecepatan maksimal sampai 16 km/jam. Namun, Anda dapat mengatur tingkat kecepatan sesuai penggunaan. Umumnya, kecepatan untuk berjalan adalah 5 km/jam, 8 km/jam untuk joging, dan selebihnya untuk berlari.

Kecepatan lari bisa diatur lewat handlebar atau tombol tertentu pada konsol. Agar tidak bingung di tengah pemakaian, lebih baik Anda pelajari dulu fungsi pengaturannya di panduan penggunaan.

Perhatikan Skala HP/CHP untuk Mengetahui Tenaga Motornya

Motor pada treadmill elektrik memiliki tenaga yang diukur dalam satuan horse power (HP) dan continous horse power (CHP). HP adalah jenis tenaga yang diproduksi motor pada saat treadmill baru dioperasikan. Sedangkan CHP adalah jenis tenaga yang diproduksi motor sepanjang treadmill digunakan.

Beda penggunaan, beda pula tingkat HP atau CHP yang dibutuhkan. Untuk berjalan, minimal Anda membutuhkan 2 CHP. Untuk joging, pilih yang memiliki 2.5 CHP. Sedangkan Anda yang sering memakai treadmill untuk berlari memerlukan 3.0 CHP. Supaya mesin lebih awet, pilihlah yang tenaganya besar, meskipun hanya dipakai untuk berjalan atau joging.

Pastikan Ukuran Belt Conveyor Mengakomodasi Kebutuhan Anda

Konveyor lebih luas artinya Anda bisa lebih leluasa bergerak. Paling tidak, sabuk konveyor treadmill mesti memiliki ukuran 50 x 127 cm untuk berjalan atau 55 x 140 cm untuk berlari. Kalau tinggi badan Anda di atas rata-rata, Anda mungkin membutuhkan treadmill yang lebih panjang lagi, misalnya 150 – 160 cm.

Untuk Membakar Lebih Banyak Kalori, Pilih yang Memiliki Fitur Incline

Kalau memungkinkan, pilihlah treadmill yang punya fitur incline. Fitur ini memungkinkan kemiringan konveyor treadmill untuk diubah. Incline yang lebih tinggi membuat Anda seolah sedang berlari menaiki bukit. Alhasil, kalori yang dibakar pun akan lebih banyak ketimbang berlari di bidang datar.

Fitur incline ada dua tipe, yaitu manual dan otomatis. Incline manual Anda atur sendiri dengan meninggikan atau merendahkan konveyor treadmill. Sedangkan pada incline otomatis, Anda tinggal mengatur kemiringannya melalui konsol. Keduanya sama-sama efektif untuk membakar lebih banyak kalori. Bedanya, incline otomatis hanya terdapat pada treadmill elektrik saja.

Ingin Lebih Fungsional? Cek Aksesori Tambahannya!

Banyak treadmill memberi aksesori yang menyajikan fitur tambahan untuk kebutuhan fitness Anda. Misalnya karpet treadmill untuk melapisi bagian bawah mesin agar lantai tidak rusak karena getaran yang dihasilkan.

Selain aksesori, biasanya terdapat fitur semacam pengeras suara dan pemutar musik agar Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik favorit. Selain itu, beberapa produk juga menyediakan dudukan ponsel atau tablet supaya Anda tetap dapat mengakses gawai meski sedang berolahraga.

10 Rekomendasi Treadmill Terbaik

Apakah Anda masih bingung walaupun telah mengetahui cara memilih treadmill? Kalau begitu, Anda bisa mencoba produk-produk yang kami rekomendasikan pada bagian ini!

1. Total Fitness TL-166 Treadmill Listrik

Bantu bakar kalori lebih banyak ditemani musik favorit Anda!

Kalau Anda sering memakai treadmill untuk berlari, Anda butuh motor kapasitas besar seperti yang dimiliki oleh produk satu ini. Total Fitness TL-166 Treadmill Listrik dipersenjatai motor bertenaga 3 HP yang mampu mencapai kecepatan maksimal 16 km/jam.

Dilengkapi pula dengan fitur incline sampai 15 derajat, Anda bisa manfaatkan untuk bakar lebih banyak kalori. Agar sesi latihan Anda lebih menyenangkan, produk buatan Total Fitness ini juga disematkan pemutar musik bluetooth dan dual speaker yang menghasilkan suara jernih.

Jenis treadmillElektrik
Dimensi160 x 66 x 138 cm
Kecepatan maksimal16 km/jam
Tenaga motor3 HP
Incline (tingkat kemiringan)Otomatis (1 – 15°)
Ukuran konveyor (L x P)49 x 130 cm
Fitur tambahanPemutar musik bluetooth, dual speaker, cup/bottle holder
Kisaran hargaRp12.350.000

2. iReborn i-Verona Motorized Treadmill

Desain minimalis yang terjangkau untuk budget tipis

Produk satu ini bentuknya minimalis, didesain untuk Anda yang ruangannya terbatas. Meski kecil, tenaga yang dihasilkan motornya terhitung cukup besar. Lebih dari cukup untuk berjalan, joging, dan berlari dalam intensitas dan waktu sedang.

Meski tanpa fitur incline, produk iReborn ini menawarkan alternatif pembakaran kalori ekstra lewat fitur massager yang bisa dipakai di pinggang. Uniknya, untuk jenis treadmill elektrik, iReborn i-Verona Motorized Treadmill memiliki harga yang cukup terjangkau. Kalau budget Anda terbatas, tidak usah berpikir dua kali untuk mendapatkan produk ini.

Jenis treadmillElektrik
Dimensi143 × 63 × 106 cm
Kecepatan maksimal10 km/jam
Tenaga motor1.5 HP
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)39×110 cm
Fitur tambahanMassager, MP3 from smartphone, speaker, cup/bottle
Kisaran hargaRp3.650.000

3. iReborn IR-502A Manual Treadmill

Dilengkapi incline tiga level untuk atur nilai kalori yang ingin Anda bakar

iReborn IR-502A Manual Treadmill cukup unik karena, meskipun berjenis manual, tersedia fitur incline yang dapat Anda atur dalam tiga level. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, Anda tetap dapat membakar kalori dengan maksimal.

Jika itu masih kurang,  produk ini juga dilengkapi massager untuk membakar lemak di bagian pinggang dan perut. Karena tidak memakai motor, pengoperasian treadmill ini hanya memakan daya 100 watt saja. Anda bisa menggunakannya lebih sering tanpa perlu khawatir tagihan listrik membengkak.

Jenis treadmillManual
Dimensi196 × 66 × 122 cm
Kecepatan maksimal
Tenaga motor
Incline (tingkat kemiringan)Manual (tiga level)
Ukuran konveyor (L x P)34 x 117 cm
Fitur tambahanMassager, twister, stepper, arm pull stretcher
Kisaran hargaRp2.950.000

4. Twen T198

Sumber: Blibli.com

Bisa dipakai oleh Anda dan keluarga, termasuk anak-anak!

Twen T198 memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat cocok untuk dipakai anak-anak. Harganya pun sangat ramah di kantong. Jika khawatir anak Anda akan mengotak-atik di luar pengawasan, treadmill ini juga dilengkapi fitur safety key yang membuat mesin tidak bisa menyala tanpa kunci.

Untuk memancing ketertarikan anak, Anda bisa memutar musik favoritnya melalui speaker yang melengkapi treadmill ini. Penggunaannya pun sangat mudah, yakni tinggal sambungkan gawai Anda ke cable jack audio yang menempel di konsol, musik siap diputar!

Jenis treadmillElektrik
Dimensi136 x 58 x 123 cm
Kecepatan maksimal10 km/jam
Tenaga motor1.0 HP (0.5 CHP)
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)35 x 110 cm
Fitur tambahanUSB port untuk musik, cable jack audio, bottle holder, safety key
Kisaran hargaRp2.735.000

5. BG SH-306 Sport Treadmill

Sumber: Blibli.com

Walau berukuran kecil, kerangka utamanya terbuat dari baja!

Kalau Anda merasa treadmill elektrik terlalu mahal untuk digunakan anak-anak, Anda bisa pilih treadmill manual satu ini. Ukurannya kecil namun terbuat dari baja yang kokoh, sehingga mampu menopang seluruh gerakan pengguna.

BG SH-306 Sport Treadmill juga dilengkapi twist disc sebagai aktivitas sampingan yang menyenangkan untuk buah hati Anda. Satu lagi, produk ini dapat dilipat, sehingga Anda leluasa meletakkan, memindahkan. maupun menyimpannya di berbagai ruang.

Jenis treadmillManual
Dimensi110 x 45 x 105 cm
Kecepatan maksimal
Tenaga motor
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)40 x 96 cm
Fitur tambahanPiringan twist
Kisaran hargaRp1.590.000

6. Jezfit London Treadmill Elektrik

Sumber: Jezfit.id

Memiliki tenaga ekstra besar untuk pelari cepat

Jika telah berpengalaman melakukan latihan di pusat kebugaran, Anda mungkin menginginkan kualitas treadmill yang setara. Jezfit London Treadmill Elektrik merupakan treadmill yang memiliki tenaga motor sangat besar. Jika Anda suka tantangan, mesin ini juga memiliki fitur incline otomatis.

Produk buatan Jezfit ini memiliki memiliki ukuran cukup besar, menjadikannya cocok untuk pengguna berpostur tinggi. Agar latihan lebih komplit, Anda bisa manfaatkan fitur massager untuk membakar lemak perut, serta barbel untuk melatih tangan.

Jenis treadmillElektrik
Dimensi200 × 90 × 157 cm
Kecepatan maksimal20 km/jam
Tenaga motor3.5 HP
Incline (tingkat kemiringan)Otomatis (0 – 15°)
Ukuran konveyor (L x P)56 x 145 cm
Fitur tambahanMassager, barbel, pemutar musik, speaker, USB port
Kisaran hargaRp12.500.000

7. iReborn Siena Walking Treadmill

Cocok digunakan manula untuk menjaga kebugaran

iReborn Siena Walking Treadmill adalah mesin khusus untuk latihan berjalan. Produk ini sangat cocok untuk menjaga kebugaran Anda yang sudah berusia lanjut. Dibekali motor bertenaga 0.8 HP, mesin produksi iReborn ini mampu mencapai kecepatan 8 km/jam, sehingga dapat pula Anda pakai untuk joging.

Pengoperasiannya sangat mudah karena menggunakan remote control serbaguna. Supaya Anda lebih semangat latihan, mesin ini juga dilengkapi dudukan ponsel atau tablet. Anda tetap bisa menyaksikan tayangan favorit meski sedang latihan!

Jenis treadmillElektrik
Dimensi124 × 54 × 89 cm
Kecepatan maksimal8 km/jam
Tenaga motor0.8 HP
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)38 x 100 cm
Fitur tambahanRemote control, smartphone/tablet holder
Kisaran hargaRp3.600.000

8. OVICX Smart Run

Memiliki desain futuristis, cocok sebagai dekorasi ruangan

Produk ini tak hanya mumpuni sebagai treadmill, tetapi juga sangat keren dijadikan dekorasi ruangan. Pasalnya, OVICX Smart Run berdeasain futuristik yang memanjakan mata. Ukurannya cukup besar tanpa mengorbankan kesan minimalis, treadmill ini pun difavoritkan banyak orang, khususna wanita.

Jika sedang tidak dipakai, Anda juga dapat melipat treadmill ini dengan mudah. Produk ini kuat menopang pengguna dengan berat badan hingga 100 kg, lho! Belum lagi, fitur photo electric heart monitor-nya yang canggih memungkinkan Anda mengetahui mengetahui denyut jantung selama latihan. Keren, bukan?

Jenis treadmillElektrik
Dimensi149 x 70 x 118 cm
Kecepatan maksimal12 km/jam
Tenaga motor0.85 HP
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)42 x 120 cm
Fitur tambahanPhone/tablet holder, bluetooth
Kisaran hargaRp5.999.000

9. Xiaomi Kingsmith WalkingPad R1 Pro 2 in 1

Sumber: Fujishop.id

Sangat user-friendly dan bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga

Kalau Anda tinggal di aparetemen, tentu sering dibuat pusing dengan keterbatasan ruang. Treadmill ini ideal buat Anda karena dapat dilipat hingga berbentuk tipis. Saat tidak dipakai, Anda bisa menaruhnya di sela-sela perabotan yang lain.

Walau kecepatan maksimalnya tidak tinggi, hal ini bisa dikompensasi dengan waktu lari lebih lama. Tanpa konsol, Anda dapat mengatur penggunaan dengan remote control serbaguna. Supaya latihan lebih asyik, Anda bisa menaruh gawai di holder yang tersedia pada handle. 

Jenis treadmillElektrik
Dimensi146 x 72 x 90 cm
Kecepatan maksimal10 km/jam
Tenaga motor1.25 HP
Incline (tingkat kemiringan)
Ukuran konveyor (L x P)42 x 120 cm
Fitur tambahanPhone/tablet holder, remote control, safety key
Kisaran hargaRp7.990.000

10. Total Fitness TL-607 Treadmill Listrik

Memiliki fitur lengkap dengan harga terjangkau

Jika Anda menginginkan treadmill kelas menengah dengan fitur lengkap, maka produk Total Fitness satu ini bisa menjadi alternatif. Dengan budget yang tidak seberapa, Anda akan mendapatkan treadmill bertenaga lengkap dengan fitur incline.

Anda bisa memanfaatkan fitur massager pada produk ini untuk membakar tumpukan lemak di pinggang dan perut lebih banyak. Selain itu, tersedia pula pemutar musik yang dilengkapi pengeras suara agar Anda bisa latihan sambil mendengarkan musik kesukaan.

Jenis treadmillElektrik
Dimensi123 x 53 x 126 cm
Kecepatan maksimal12,8 km/jam
Tenaga motor1.5 HP
Incline (tingkat kemiringan)Manual
Ukuran konveyor (L x P)39 x 100 cm
Fitur tambahanMassager, speaker, MP3
Kisaran hargaRp4.950.000

Kesimpulan

Apakah Anda menemukan treadmill yang cocok di antara rekomendasi kami? Mencari treadmill memang memerlukan banyak perhitungan. Jangan sampai sudah keluar uang banyak, tetapi produk yang didapat tidak memuaskan, ya!

Jika Anda belum berpengalaman, kami sarankan jangan beli treadmill yang terlalu mahal. Pilihlah treadmill dengan kapasitas motor yang mumpuni untuk berjalan, joging, maupun berlari. Bila ingin lebih hemat, coba treadmill manual terlebih dulu. Kami harap Anda bisa menemukan treadmill yang terbaik setelah membaca artikel ini!

 

(Visited 53 times, 1 visits today)