Written by 23:32 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik

Acara kumpul bersama teman atau keluarga rasanya kurang lengkap tanpa adanya snack atau makanan ringan. Begitu juga saat beraktivitas seorang diri atau sedang jeda istirahat di sela-sela pekerjaan Anda, camilan dapat menjadi teman setia untuk mengembalikan mood.

Recheese, Cheetos, dan Chitato, adalah contoh camilan populer. Masing-masing memiliki ciri khas rasa, bahan dasar, bentuk, tekstur, hingga kemasan tersendiri. Dengan banyaknya pilihan, kami akan jelaskan cara memilihnya untuk Anda, serta merekomendasikan snack yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Yuk, simak ulasannya!

Cara Memilih Snack (Makanan Ringan)

Snack selalu dikemas dengan desain kemasan yang menarik perhatian. Namun, dalam memilih snack, Anda tidak bisa hanya melihat dari tampilan kemasannya saja. Hal lain yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih snack adalah bentuk, bahan dasar, kandungan kalori, serta pilihan rasa, seperti yang akan kami sampaikan di bawah ini.

Pilih Snack dengan Bentuk yang Paling Anda Suka

Di Indonesia, makanan ringan umumnya ada dua bentuk, yakni kue dan crackers. Camilan di pasaran biasanya berupa kue kering atau kukis/biskuit, dan ada juga yang berbentuk kue basah.

Snack yang berbentuk kue biasanya mempunyai rasa manis dan lebih mengenyangkan, cocok untuk perbekalan saat hendak melakukan perjalanan jauh. Sedangkan snack berupa crackers rasanya cenderung gurih, cocok dinikmati saat bersantai atau disantap bersama makanan besar. Snack jenis ini biasa dinamakan kerupuk, keripik, stik renyah, dan sebagainya.

Selain crackers dan kue, ada juga snack berupa snack extrudedcorn puff manis maupun gurih, dan pop corn. Jika Anda bingung memilih camilan, Anda dapat mempertimbangkan dari segi keperluannya. Jika Anda ingin bepergian, Anda bisa memilih snack kue. Sedangkan bila Anda ingin bersantai, pilihlah crackers.

Cek Bahan Dasar yang Dapat Mempengaruhi Rasa dan Tekstur

Cara lain dalam memilih snack adalah dengan memeriksa bahan dasar camilan tersebut. Ada banyak jenis snack dengan berbagai jenis bahan dasar yang memengaruhi rasa serta teksturnya. Beberapa bahan dasar yang cukup sering digunakan dan disukai banyak orang adalah kentang, kacang-kacangan, susu, dan buah-buahan.

Kentang memiliki nutrisi seperti vitamin dan mineral. Diolah dengan cara yang beragam seperti digoreng hingga dijadikan keripik, snack kentang kerap diberikan tambahan bumbu agar menjadi lebih gurih. Begitu juga dengan kacang-kacangan yang memiliki rasa dan tekstur yang renyah, juga disukai banyak orang.

Snack dari bahan dasar susu biasanya dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti krim, tepung, juga cokelat atau perasa lainnya agar rasa menjadi lebih nikmat. Sedangkan bahan dasar buah-buahan, akan memberi warna dan rasa yang berbeda pada snack. Dengan tambahan potongan buah yang sudah dikeringkan, snack jenis ini bisa menjadi alternatif penganan sehat.

Pilih yang Kalori Rendah Namun Tetap Mengenyangkan dan Sehat

Banyak snack yang mengandung kalori tinggi, lemak, dan gula berlebih seperti permen, keripik, dan kerupuk. Snack seperti itu tidak mengenyangkan, hingga bisa membuat Anda memakannya terus menerus secara tak sadar. Maka dari itu, sebaiknya pilih snack yang rendah kalori, namun tetap mengenyangkan dan sehat.

Anda dapat memilih camilan yang hanya mengandung sekitar 150-200 kalori, sehingga cukup membuat kenyang selama beberapa waktu. Selain itu, pilihlah camilan yang mengandung banyak serat dan nutrisi penting seperti gandum, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

Camilan yang mengandung sedikit protein, lemak tidak jenuh, dan asam lemak omega 3 juga dapat dijadikan opsi, karena dapat membuat Anda merasa kenyang dan puas lebih lama. Snack sehat akan membantu Anda terhindar dari risiko kegemukan. Untuk itu, pilihlah snack berkalori rendah namun tetap menyehatkan.

Pilih Rasa yang Sesuai dengan Selera

Ada banyak pilihan rasa yang ditawarkan oleh produk-produk camilan untuk memenuhi selera konsumen, termasuk Anda. Sesuai dengan selera, Anda dapat memilih beberapa varian rasa seperti rumput laut, daging sapi, daging ayam, jagung bakar, keju, dan cokelat.

Rumput laut adalah makanan yang kaya serat dan sering dijadikan agar-agar atau jeli, juga dijadikan penambah rasa dalam makanan ringan. Ciri khas snack ini memiliki butiran kecil berwarna hijau yang merupakan bubuk rumput laut.

Rasa lain yang tak kalah populer adalah daging sapi dan daging ayam. Hampir semua snack berperisa daging sapi atau daging ayam, dengan varian panggang, barbeque, atau bumbu pedas begitu digemari orang.

Selain ketiga rasa itu, rasa lain yang banyak ditawarkan adalah jagung bakar, keju, dan cokelat dengan masing-masing keunggulannya. Rasa jagung bakar memiliki rasa pedas manis, rasa keju yang seakan meleleh di mulut, dan cokelat yang manis. Anda dapat memilih camilan apa pun yang rasanya cocok dengan lidah Anda.

Cek Kemasan yang Praktis dan Mudah Dibawa

Kemasan juga menjadi salah satu unsur yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih snack. Umumnya ada dua macam kemasan camilan, yaitu yang terbuat dari plastik dan kertas.

Kemasan plastik dipilih oleh banyak produsen karena faktor ekonomis dan kemudahan dalam proses pengemasan. Selain itu juga, makanan yang ada di dalam kemasan plastik akan lebih tahan lama.

Sedangkan untuk kemasan kertas, biasanya menggunakan material kemasan food grade yang lebih ramah lingkungan. Ada empat jenis kertas yang sering digunakan untuk mengemas makanan ringan, yaitu kraft paper, coated paper, white cardboard, dan offset paper. Setiap jenis kertas memiliki tingkat kekakuan, kelenturan, dan estetika yang berbeda.

10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih makanan ringan berdasarkan poin-poin di atas, sekarang saatnya Anda memilih mana snack terbaik untuk Anda. Berikut produk pilihan PickyBest yang tergolong laris di pasaran. Selamat memilih!

1. Nextar Choco Brownies

Brownies kukis dengan krim cokelat lembut di dalamnya

Nextar Choco Brownies adalah salah satu makanan ringan produksi Nabati Snack yang mempunyai tekstur lembut layaknya brownies. Seluruh bagian, termasuk krim cokelat lembut di dalamnya, berasal dari bahan-bahan alami pilihan, membuat kukis ini kaya rasa dan dipastikan berkualitas.

Dengan harga yang cukup terjangkau, camilan ini cocok dinikmati saat sedang santai atau menemani Anda bekerja. Nextar Choco Brownies hadir dalam tiga pilihan ukuran. Selain kemasan kardus 112 gram, ada pula kemasan stoples 336 gram untuk kepuasan lebih atau alternatif dibawa bepergian.

Bahan dasarSusu, cokelat
BentukKukis
Kalori210 kkal
Ukuran112 gram (isi 8 bungkus)
Kisaran hargaRp8.000

2. Richeese Nabati Sip

Snack jagung dengan taburan bumbu jagung bakar berlimpah

Masih dengan produk buatan Nabati Snack, Richeese Nabati Sip tersusun dari bahan dasar jagung berbentuk stik dan bite size, berpadu dengan bumbu jagung bakar yang melimpah.

Sebagai extrudad snack, camilan ini memiliki kandungan pati yang tinggi dan rasa yang renyah. Bila Anda tak ingin mengonsumsi snack bercita rasa manis, cobalah membawa beberapa bungkus Richeese Nabati Sip sebagai teman ngemil di tengah-tengah aktivitas.

Bahan dasarTepung
BentukExtrudad snack
Kalori160 kkal
Ukuran28 gram
Kisaran hargaRp5.000

3. Glico Pocky

Sumber: Glico.com

Enak dan menyenangkan untuk dimakan

Biskuit produksi Glico ini mempunyai bentuk yang panjang dan ramping, bertekstur pretzel panggang yang ringan dengan lapisan cokelat yang tebal, membuat rasanya tidak hanya enak, tapi juga menyenangkan untuk dimakan.

Glico Pocky tersedia dalam beberapa varian rasa seperti Pocky Strawberry yang manis dengan wangi strawberry, Pocky Double Chocolate yang memberikan kombinasi biskuit dan cokelat manis, Pocky Matcha yang berbalut matcha khas Jepang, dan juga Pocky Vanilla Cocoa, serta Pocky Choco Banana.

Bahan dasarTepung, susu
BentukBiskuit
Kalori110 kkal
Ukuran21 gram
Kisaran hargaRp5.000

4. Fitbar

Sumber: Kalbe.co.id

Rendah kalori dan kaya serat

Terbuat dari oat, quinoa, dan whole wheat yang merupakan sumber serat, Fitbar adalah snack sehat yang mengandung kalsium, vitamin A, B12, dan C. Selain itu, Fitbar juga bebas kolesterol, tidak mengandung lemak trans, dan rendah kalori, membuatnya cocok untuk camilan saat diet.

Fitbar diciptakan dengan 3 pilihan rasa, dari mulai buah-buahan, cokelat, hingga rasa kacang untuk menambah variasi. Bila Anda penghobi olahraga, sediakanlah snack sehat satu ini agar program yang Anda targetkan lebih cepat tercapai.

Bahan dasarOat
BentukBiskuit
Kalori90 kkal
Ukuran22 gram
Kisaran hargaRp3.000

5. Potabee Potato Chips

Sumber: Potabee.com

Keripik kentang yang kriuk dan tasty

Keripik kentang dengan bentuk bergelombang ini mempunyai rasa gurih dan renyah. Potabee Potato Chips tersedia dalam beberapa rasa seperti ayam bakar dengan bumbu pedas terpisah, beef BBQ, bistik sapi wagyu dengan taburan bits wagyu asli, dan rumput laut.

Selain itu, Anda dapat memilih Potabee Selections dengan rasa telur asin dan rasa melted cheese. Dengan rasa yang gurih dan asin, snack ini cocok dinikmati saat berkumpul bersama teman-teman, atau ketika Anda ingin me time ditemani tontonan favorit.

Bahan dasarKentang
BentukKeripik
Kalori320 kkal
Ukuran68 gram
Kisaran hargaRp8.000

6. Tao Kae Noi Crispy Seaweed

Camilan bergizi bisa untuk campuran makanan

Rumput laut dikenal sebagai makanan kesehatan penuh gizi dan rasanya yang lezat. Tao Kae Noi Crispy Seaweed, camilan yang terbuat dari rumput laut ini mengandung gizi yang ada pada rumput laut seperti yodium, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Ada lebih dari sepuluh jenis rasa yang ditawarkan, seperti original, hot & spicy, seafood, dan masih banyak lagi. Snack rumput laut ini bisa dinikmati sebagai camilan biasa maupun sebagai campuran makanan pada mie atau nasi.

Bahan dasarRumput laut
BentukKeripik
Kalori75 kkal
Ukuran15 gram
Kisaran hargaRp14.000

7. Lay’s Rumput Laut

Sumber: Indofood.com

Kelezatan rumput laut di tiap kepingnya

Lay’s Rumput Laut terbuat dari kentang pilihan dan bahan-bahan berkualitas. Diperkaya dengan rasa rumput laut, snack ini bercita rasa gurih dan lezat. Bentuk potongan keripiknya sangat tipis, sehingga renyah di setiap gigitannya.

Bahan dasarKentang
BentukKeripik
Kalori660 kkal
Ukuran120 gram
Kisaran hargaRp25.000

8. Cheetos Puffs

Sumber: Cheetos.com

Camilan rasa keju yang dibuat dari keju asli

Merek Cheetos mungkin sudah tak asing di telinga Anda. Varian terlarisnya satu ini, Cheetos Puffs, dapat dengan mudah Anda beli di supermarket maupun minimarket kenamaan.

Snack ini terbuat dari keju asli dengan tekstur yang ringan dan berongga. Rasa gurih berpadu kerenyahannya menjadikan Anda tak bosan menyantapnya. Selain bentuk puff, ada pula varian bentuk paws dan bites yang boleh jadi Anda suka juga.

Bahan dasarTepung
BentukExtruded snack
Kalori300 kkal
Ukuran60 gram
Kisaran hargaRp22.000

9. Pringles

Sumber: Pringles.com

Tumpukan keripik kentang yang tipis dan renyah

Pringles merupakan keripik kentang yang berbentuk tipis dan renyah, serta mempunyai banyak varian rasa. Beberapa di antaranya adalah rasa barbeque, cheddar cheese, cheddar & sour cream,  jalapeño, pizza, dan masih banyak lagi.

Dengan kemasannya yang khas, membuat keripiknya bertumpuk. Pringles cocok dibawa dan dinikmati saat piknik, dalam perjalanan, atau menghabiskan beberapa episode film seri favorit Anda ketika weekend.

Bahan dasarKentang
BentukKeripik
Kalori269 kkal
Ukuran107 gram
Kisaran hargaRp25.000

10. Chitato Potato Chips

Sumber: Chitato.com

Keripik kentang asli tanpa bahan pengawet dan MSG

Makanan ringan yang dikenal sejak 1992 ini dibuat dari kentang asli, diproses secara higienis tanpa bahan pengawet dan MSG. Tersedia dalam bentuk yang bergelombang dan rata, Chitato Potato Chips yang renyah dan gurih memiliki varian rasa seperti sapi panggang, ayam bumbu pedas, dan keju supreme.

Dengan berbagai perubahan dan perbaikan, kini Chitato Potato Chips memiliki lebih banyak varian rasa yang terinspirasi dari masakan tradisional Indonesia, seperti rendang dan sambal terasi, juga makanan khas Asia, seperti Korean spicy bulgogi, Japanese okonomiyaki, dan Thailand kung satay.

Bahan dasarKentang
BentukKeripik
Kalori110 kkal
Ukuran68 gram
Kisaran hargaRp26.000

Tabel Perbandingan Snack (Makanan Ringan)

ProdukNextar Choco BrowniesRicheese Nabati SipGlico PockyFitbarPotabee Potato ChipsTao Kae Noi Crispy SeaweedLay’s Rumput LautCheetos PuffPringlesChitato Potato Chips
Bahan dasarSusu, coklatTepungTepung, susuOatKentangRumput lautKentangTepungKentangKentang
BentukBiskuitExtrudad snackBiskuitBiskuitKeripikKeripikKeripikExtruded snackKeripikKeripik
Kalori210 kkal160 kkal110 kkal90 kkal320 kkal75 kkal660 kkal300 kkal269 kkal110 kkal
Ukuran112 gram (isi 8 bungkus)28 gram21 gram22 gram68 gram15 gram120 gram60 gram107 gram68 gram
Kisaran hargaRp8.000Rp5.000Rp5.000Rp3.000Rp8.000Rp14.000Rp25.000Rp22.000Rp25.000Rp26.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Snack sering dibutuhkan untuk menemani acara dan situasi tertentu. Namun, kadang suasana jadi agak terganggu bila snack yang dimakan kurang sesuai dengan lidah Anda. Untuk itulah, dalam memilih snack perlu dipertimbangkan hal-hal seperti bentuk, bahan dasar, kandungan kalori, pilihan rasa, dan kemasan.

Setelah mengetahui seluk-beluk memilih snack serta rekomendasi produk-produk yang telah kami rekomendasikan, semoga Anda bisa mendapatkan snack yang paling sesuai dengan selera Anda. Selamat menikmati snack favorit, tetap kontrol porsi makannya, ya!

(Visited 95 times, 1 visits today)