Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik

Kebutuhan vitamin B secara alami bisa dipenuhi oleh makanan sehari-hari. Namun, kondisi tertentu, seperti pola tidur tidak teratur, kelelahan fisik dan mental, atau gangguan kesehatan membuat asupan tersebut tidak terpenuhi. Di situasi seperti inilah Anda butuh asupan vitamin B tambahan dari suplemen.

Beberapa suplemen vitamin B kompleks produksi Blackmores, Neurobion, Fatigon, dan lainnya bisa Anda pilih. Untuk menentukan mana suplemen yang paling sesuai kebutuhan Anda, simak tips memilihnya di artikel ini. Tidak hanya itu, PickyBest juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi suplemen vitamin B kompleks terbaik. Selamat membaca!

Manfaat Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah gabungan dari delapan vitamin B yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kedelapan vitamin itu bersinergi dalam menjaga dan meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan sesuai fungsinya masing-masing, yaitu:

  • Vitamin B1 (thiamine): Berfungsi memecah gula menjadi energi dan membantu pembuatan asam lemak.
  • Vitamin B2 (riboflavin): Berfungsi meningkatkan produksi energi, membantu metabolisme lemak, hormon steroid, dan obat-obatan, serta menjaga kesehatan mata dan kulit.
  • Vitamin B3 (niasin): Berfungsi sebagai koenzim yang berperan dalam proses pengubahan karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi serta membantu proses metabolisme dalam sel-sel tubuh.
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): Berfungsi memproduksi koenzim serta sel darah merah, juga membantu proses pembentukan energi dan metabolisme.
  • Vitamin B6 (pyridoxine): Berfungsi membantu tubuh dalam metabolisme asam amino, pemecahan karbohidrat dan lemak, mendukung perkembangan otak serta sistem imun.
  • Vitamin B7 (biotin): Berfungsi memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa menjadi energi, serta mengatur DNA.
  • Vitamin B9 (asam folat): Berfungsi mereplikasi DNA, metabolisme vitamin dan asam amino, membentuk sel darah merah, serta membantu perkembangan janin.
  • Vitamin B12 (kobalamin): Berfungsi untuk membantu kinerja fungsi otak dan saraf, meningkatkan produksi sel darah merah, sintesis DNA, serta membantu metabolisme protein dan lemak.

Siapa yang Membutuhkan Suplemen Vitamin B Kompleks?

Karena secara alami vitamin B terkandung dalam makanan sehari-hari, pada dasarnya Anda tidak membutuhkan suplemen, kecuali Anda dalam kondisi kekurangan vitamin B kompleks.

Individu yang membutuhkan manfaat dari suplemen vitamin B kompleks terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu:

  1. Berusia 65 tahun ke atas, karena kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan semakin menurun saat usia semakin bertambah.
  2. Vegan atau vegetarian, karena membutuhkan suplemen sebagai pengganti daging.
  3. Peminum alkohol yang ingin menghilangkan kebiasaan minumnya, karena tubuh kekurangan vitamin B.
  4. Orang yang mengalami lelah fisik atau mental, stres, depresi, dan kecemasan, karena suplemen akan membantu meningkatkan energi, mengurangi rasa lelah dan stres, juga meningkatkan suasana hati.
  5. Orang yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal untuk mengontrol kehamilan, karena obat kontrasepsi menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B.
  6. Wanita hamil atau sedang dalam program hamil, karena membutuhkan tambahan energi, terutama asam folat untuk mengurangi risiko keguguran atau risiko cacat lahir.

Namun, tidak semua suplemen vitamin B kompleks cocok dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Ada baiknya Anda membaca kontraindikasi atau berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Cara Memilih Suplemen Vitamin B Kompleks

Pada bagian selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih suplemen vitamin B kompleks yang tepat untuk Anda. Beragam poin telah kami siapkan guna memandu Anda dalam memilih produk unggulan. Simak terus artikel ini!

Pilih Bentuk Sediaan yang Paling Nyaman untuk Anda Konsumsi

Pertama, Anda dapat memilih suplemen berdasarkan wujud atau bentuk sediaannya. Pada umumnya, suplemen vitamin B berbentuk tablet. Ada pula suplemen yang berbentuk tablet effervescent. Setiap bentuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu:

Tablet reguler

Kelebihan: Lebih cepat untuk dikonsumsi, lebih stabil saat disimpan.

Kekurangan: Rasa obat yang mungkin mengganggu bagi sebagian orang, tidak cocok untuk orang yang sulit menelan obat.

Tablet effervescent

Kelebihan: Memiliki rasa yang enak dan menyenangkan, dapat diminum dengan nyaman, distribusi lebih merata, dapat meningkatkan asupan cairan, sebagai alternatif bagi Anda yang kesulitan menelan obat.

Kekurangan: Harus menunggu tablet larut sebelum bisa dikonsumsi. Harganya juga relatif lebih tinggi.

Nah, dari dua bentuk sediaan suplemen di atas, manakah yang paling nyaman Anda konsumsi?

Pilih Kandungan Vitamin B Kompleks sesuai Dosis yang Dibutuhkan

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa suplemen vitamin B kompleks dapat dikonsumsi saat Anda dalam kondisi kekurangan vitamin B kompleks. Dalam memilih suplemen vitamin B kompleks, perhatikan dosis yang direkomendasikan tergantung jenis kelamin dan kondisi Anda, seperti yang tertera di bawah ini.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita:

  • B1: 1.1 mg
  • B2: 1.1 mg
  • B3: 14 mg
  • B5: 5 mg (AKG belum tersedia)
  • B6: 1.3 mg
  • B7: 30 mcg (AKG belum tersedia)
  • B9: 400 mcg
  • B12: 2.4 mcg

Asupan harian yang direkomendasikan untuk pria:

  • B1: 1.2 mg
  • B2: 1.3 mg
  • B3: 16 mg
  • B5: 5 mg (AKG belum tersedia)
  • B6: 1.3 mg
  • B7: 30 mcg (AKG belum tersedia)
  • B9: 400 mcg
  • B12: 2.4 mcg

Orang tua dan wanita hamil membutuhkan jumlah vitamin B yang lebih tinggi. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan informasi dosis yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai tambahan, perhatikan juga dosis vitamin tertentu, seperti vitamin B12 untuk non-vegetarian sebanyak 200 – 400 mcg, sedangkan untuk vegetarian dosisnya adalah 500 – 1000 mcg.

Saat hamil, tubuh membutuhkan folat dari 200 – 400 mcg naik hingga 1000 mcg. Sedangkan vitamin B5 yang dibutuhkan sebanyak 100 mg, namun di merek tertentu jumlahnya lebih rendah. Jadi Anda sebaiknya lebih cermat dan hati-hati dalam memperhatikan dosis yang tertera pada kemasan.

Pastikan Suplemen yang Anda Konsumsi Aman dan Terjamin Keasliannya

Sumber: Pom.go.id

Terakhir, Anda perlu memastikan keamanan dan keaslian suplemen yang Anda konsumsi. Jangan sembarangan memilih suplemen. Untuk itu, utamakan memilih suplemen yang sudah tersertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Sertifikasi BPOM menandakan produk tersebut aman dikonsumsi dan telah lolos izin edar di Indonesia.

Jika suplemen tersebut merupakan produk impor atau berasal dari luar negeri, sebaiknya Anda periksa komposisi dan tanggal kedaluwarsa dengan cermat. Periksa juga barcode yang terdapat pada kemasan untuk memastikan keaslian produk, dan pastikan terdapat label GMP (Good Manufacturing Product) pada produk tersebut.

10 Rekomendasi Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik

Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi suplemen vitamin B kompleks yang kami kumpulkan untuk Anda jadikan referensi. Ingatlah cara-cara memilih produk suplemen yang sebelumnya sudah kami berikan, agar Anda tidak salah pilih.

1. Blackmores Multi B Performance

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Nutrisi untuk membantu mengatasi gejala stres dan insomnia

Jika Anda mengalami gejala stres atau insomnia, Anda membutuhkan suplemen yang dapat membuat Anda lebih rileks atau meningkatkan kualitas tidur , seperti Blackmores Multi B Performance. Suplemen ini mengandung passion flowers dan oats yang dapat membantu relaksasi, mengurangi ketegangan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Dengan komposisi vitamin, mineral, dan herbal, suplemen vitamin B kompleks ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi energi pada tubuh dan fungsi saraf ketika tubuh menghadapi kondisi stres atau tegang. Saat Anda merasa lelah, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen ini agar tubuh Anda dapat segar kembali.

Kandungan Vitamin B1 67 mg, Vitamin B2 10 mg, Nicotinamide 100 mg, Vitamin B5 69 mg, Vitamin B6 21 mg, Vitamin B12 30 µg, Vitamin H 20 µg, Asam askorbat 250 mg, Vitamin E 50 IU (34 mg), Magnesium 29 mg, Kalsium 37 mg, Kalium 34 mg, Asam folat 150 µg, Ekstrak Avena sativa (oats) setara dengan biji kering 250 mg, Ekstrak Passiflora incarnata (passion flower) 100 mg, Lecitin 50 mg, Kolin bitartrat 25 mg, Inositol 25 mg
Registrasi BPOM POM SI164507121
Bentuk sediaan Tablet
Isi 62 tablet
Aturan konsumsi 1 – 2 tablet sehari setelah makan atau sesuai anjuran dokter
Kisaran harga Rp300.000

2. Berocca Performance

Sumber: Berocca.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Tingkatkan stamina fisik dan mental

Terkadang ada saatnya stamina fisik Anda menurun atau mood sedang kurang baik. Saat itulah Anda butuh suplemen vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan stamina fisik dan memperbaiki mood Anda. Berocca Performance adalah produk yang Anda butuhkan.

Selain membantu mengurangi kelelahan fisik maupun psikis, suplemen vitamin B kompleks ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Anda akan lebih fokus dalam melakukan pekerjaan Anda dan dapat menyelesaikannya dengan baik.

Kandungan Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin H, folic acid, calcium, magnesium, zinc
Registrasi BPOM POM SD151547651E
Bentuk sediaan Tablet effervescent
Isi 10 tablet
Aturan konsumsi 1 tablet sehari, larutkan dalam 250 mL air
Kisaran harga Rp65.000

3. Nutrimax™ B Complex

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Mencukupi kebutuhan vitamin B kompleks untuk kesehatan yang lebih baik

Bagi Anda yang melakukan aktivitas fisik yang tinggi, cepat lelah dan pegal-pegal, Anda perlu menambah asupan B kompleks untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Segala nutrisi termasuk jenis vitamin B yang tubuh Anda butuhkan terkandung dalam Nutrimax™ B Complex.

Suplemen vitamin B kompleks ini adalah nutrisi untuk otak dan sistem saraf guna mengatasi kelelahan dan pegal-pegal, mengatasi stres, meningkatkan daya tahan tubuh serta menambah energi dan stamina.

Masih banyak lagi manfaat dari Nutrimax™ B Complex, seperti meningkatkan nafsu makan, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah anemia, serta menjaga kesehatan kulit, rambut, otot, darah, hati, dan jantung.

Kandungan Vitamin B1 (Thiamine HCl) 50 mg, Vitamin B2 (Riboflavin) 50 mg, Vitamin B3 (Niacinamide) 50 mg, Vitamin B5 (Pantothenic acid) 50 mg, Vitamin B6 (Pyridoxine HCl) 50 mg, Folic Acid 400 mcg, Vitamin B12 (Cyanocobalamin) 50 mcg, Biotin 50 mcg, Inositol 50 mg, PABA 50 mg, Choline 50 mg
Registrasi BPOM POM SD202508141
Bentuk sediaan Tablet
Isi 30 tablet
Aturan konsumsi 1 – 2 tablet sehari setelah makan pagi atau siang
Kisaran harga Rp140.250

4. Neurobion Forte

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Membantu menjaga kesehatan sistem saraf

Vitamin B1, B6, dan B12 disebut juga vitamin neurotropik, berguna untuk mengobati kesemutan yang merupakan gejala kerusakan sel saraf atau kekurangan vitamin neurotropik. Neurobion Forte mengandung kombinasi vitamin B1, B6, dan B12 yang tinggi dapat membantu menjaga sistem saraf Anda agar tetap sehat.

Diindikasikan bagi Anda yang mengalami gangguan penyerapan vitamin, suplemen vitamin B kompleks ini disarankan untuk lansia yang membutuhkan vitamin tambahan, termasuk juga penderita kencing manis dan gangguan ginjal.

Kandungan Thiamine mononitrate (Vitamin B1) 100 mg, Pyridoxine hydrochloride (Vitamin B6)      100 mg, Cyanocobalamin (Vitamin B12) 5000 mcg
Registrasi BPOM POM DBL9615806416A1
Bentuk sediaan Tablet
Isi 1 boks isi 3 strip @ 10 tablet
Aturan konsumsi 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter
Kisaran harga Rp102.600

5. Nature’s Plus B-Complex with Rice Bran

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menghilangkan kesemutan dan mengurangi rasa cemas

Suplemen vitamin B kompleks produksi Nature’s Plus ini dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda atau orang tua yang sering mengalami kesemutan di tangan dan kaki. Kandungan nutrisinya berperan untuk menjaga kesehatan sistem saraf, melancarkan peredaran darah dan metabolisme.

Selain itu, Nature’s Plus B-Complex with Rice Bran juga dapat menjaga kesehatan kulit, rambut, hati, mulut, peristaltik usus, meningkatkan fungsi otak serta mengurangi rasa cemas.

Kandungan Vitamin B1 10 mg, Vit B2 10 mg, Niacin 50 mg, Vit B6 10 mg, Folate 100 mcg, Vit B12 10 mcg, Biotin 20 mcg, pantothenic acid 15 mg, Choline 50 mg, Inositol 50 mg, PABA 10 mg
Registrasi BPOM POM SI 044511351
Bentuk sediaan Tablet
Isi 60 tablet
Aturan konsumsi 1 tablet sehari sebelum/sesudah makan
Kisaran harga Rp168.000

6. Fatigon Spirit

Sumber: Kalbe.co.id

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Menambah stamina, tenaga, dan kesegaran

Formula yang terkandung dalam Fatigon Spirit dapat memelihara serta menambah stamina dan tenaga, juga membantu proses metabolisme. Multivitamin ini bekerja meningkatkan daya tahan tubuh dan mengembalikan kesegaran saat dan setelah Anda beraktivitas, seperti berolahraga.

Meski dapat memelihara kesehatan dan kebugaran, produk ini tidak disarankan untuk anak-anak, wanita hamil dan menyusui, serta penderita hipertensi. Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks ini, jangan sampai menggunakannya dalam jangka lama karena dapat menyebabkan hipertensi.

Kandungan L-Carnitine 100 mg, BCAA 40 mg, Nano Ginseng Extract 10 mg, Vitamin B1 10 mg, Vitamin B6 5 mg, Vitamin B12 5 mcg, Guaranine 50 mg
Registrasi BPOM POM SD 201556741
Bentuk sediaan Tablet salut selaput
Isi 1 boks isi 6 strip @ 5 tablet
Aturan konsumsi 2 – 3 kali sehari 1 tablet (maksimal 3 kaplet per hari)
Kisaran harga Rp42.000

7. Vitabiotics Ultra™ Vit B Complex

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Memberi semua kebaikan vitamin B esensial yang Anda butuhkan

Vitabiotics Ultra™ Vit B Complex merupakan produk dari sebuah perusahaan vitamin ternama di Inggris. Multivitamin ini mengandung delapan macam vitamin B esensial yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh mulai dari rambut, kulit, serta sistem otak dan saraf agar tetap sehat.

Manfaat lain yang bisa didapat dari produk ini yaitu dapat menjaga kesehatan jantung dan homosistein serta fungsi sistem kekebalan tubuh. Sebagai asupan nutrisi tambahan, suplemen vitamin B kompleks ini ideal untuk dikonsumsi atlet, kaum pekerja, hingga vegan, vegetarian, dan mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Kandungan Vitamin B1 (5 mg) , Vitamin B2 (1,4 mg) , Niacin (16 mg) , Vitamin B6 (5 mg) , Folic Acid (200 mcg) , Vitamin B12 (50 mcg) , Biotin (25 mg) , Pantothenic Acid (6 mg)
Registrasi BPOM Tidak disebutkan
Bentuk sediaan Tablet salut selaput
Isi 60 tablet
Aturan konsumsi 1 kali sehari diminum bersama air, tidak untuk dikunyah
Kisaran harga Rp125.300

8. Nature’s Bounty Super B-Complex

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Bantu mengubah makanan menjadi energi

Suplemen vitamin B kompleks asal Amerika ini diformulasikan untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Mengandung vitamin B dan vitamin C yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan sistem saraf, Nature’s Bounty Super B-Complex juga memberikan nutrisi yang berguna untuk mengurangi stres sehari-hari.

Tidak hanya itu , suplemen ini juga meningkatkan imun tubuh dan antioksidan agar tubuh tetap sehat serta tidak mudah sakit. Jika Anda vegetarian, tak perlu khawatir mengonsumsi suplemen ini, karena produk keluaran Nature’s Bounty ini dibuat tanpa bahan baku yang berasal dari hewan.

Kandungan Vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, niacinamide, vitamin B6, folic acid, vitamin B12, biotin, pantothenic acid
Registrasi BPOM Tidak disebutkan
Bentuk sediaan Tablet
Isi 150 tablet
Aturan konsumsi Untuk dewasa 1 tablet sehari, dianjurkan saat makan
Kisaran harga Rp298.000

9. IPI Vitamin B Complex

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Lebih mudah dikonsumsi dengan ukuran tablet yang kecil

Ini dia vitamin B kompleks dari IPI, brand vitamin yang sudah akrab untuk banyak keluarga Indonesia. Vitamin ini bisa dikonsumsi untuk Anda yang mengalami defisiensi vitamin B kompleks seperti ibu hamil, penganut gaya hidup vegan, dan sejenisnya.

Vitamin ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dalam mencerna karbohidrat dan protein. Ukuran tabletnya yang kecil membuatnya lebih mudah dikonsumsi.

Kandungan Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, calcium pantothenate, nicotinamide
Registrasi BPOM POM SD141546221
Bentuk sediaan Tablet
Isi 45 tablet
Aturan konsumsi 1 tablet sehari
Kisaran harga Rp4.950

10. Swisse Ultiboost Mega B+

Cek harga di Shopee - Best Seller Cek harga di Shopee - Best Price Cek harga di Blibli Cek harga di Lazada

Formulasi vitamin, mineral, dan antioksidan berkualitas premium

Saat stres, tubuh mengalami ketegangan saraf dan penurunan performa mental, kebutuhan vitamin B pun meningkat. Swisse Ultiboost Mega B+ hadir untuk mendukung respon tubuh terhadap stres agar lebih rileks dan membantu meningkatkan kinerja mental yang lebih sehat.

Suplemen ini juga membantu produksi energi, dan membantu mengurangi kelelahan. Semua nutrisi yang terkandung bermanfaat bagi Anda yang aktif dan sibuk. Tanpa tambahan laktosa, gluten, ragi, telur, atau rasa buatan, suplemen vitamin B kompleks dari Australia ini ideal untuk dikonsumsi vegetarian.

Kandungan Vitamin B1 150 mg, Vitamin B2 20 mg, Nicotinamide 200 mg, Vitamin B5 137.4 mg, Vitamin B6 41.1 mg, Vitamin B12 60 mcg, Folic acid 400 mcg, Biotin 40 mcg, Choline bitartrate 25 mg, Inositol 25 mg, Vitamin C 119.8 mg, Vitamin E 100 IU, Calcium 60 mg, Magnesium 30 mg, Zinc 5,5 mg, Potassium 27 mg, Lemon Balm (Melissa officinalis) extract equiv. dry leaf 500 mg
Registrasi BPOM Tidak disebutkan
Bentuk sediaan Tablet
Isi 60 tablet
Aturan konsumsi 1 tablet sehari saat atau segera setelah makan
Kisaran harga Rp385.000

Tabel Perbandingan Suplemen Vitamin B Kompleks

Produk Blackmores Multi B Performance Berocca Performance Nutrimax™ B Complex Neurobion Forte Nature’s Plus B-Complex with Rice Bran Fatigon Spirit Vitabiotics Ultra™ Vit B Complex Nature’s Bounty Super B-Complex Enervita B Complex Plus Swisse Ultiboost Mega B+
Kandungan Vitamin B1 67 mg, Vitamin B2 10 mg, Nicotinamide 100 mg, Vitamin B5 69 mg, Vitamin B6 21 mg, Vitamin B12 30 µg, Vitamin H 20 µg, Asam askorbat 250 mg, Vitamin E 50 IU (34 mg), Magnesium 29 mg, Kalsium 37 mg, Kalium 34 mg, Asam folat 150 µg, Ekstrak Avena sativa (oats) setara dengan biji kering 250 mg, Ekstrak Passiflora incarnata (passion flower) 100 mg, Lecitin 50 mg, Kolin bitartrat 25 mg, Inositol 25 mg Vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin H, folic acid, calcium, magnesium, zinc Vitamin B1 (Thiamine HCl) 50 mg, Vitamin B2 (Riboflavin) 50 mg, Vitamin B3 (Niacinamide) 50 mg, Vitamin B5 (Pantothenic acid) 50 mg, Vitamin B6 (Pyridoxine HCl) 50 mg, Folic Acid 400 mcg, Vitamin B12 (Cyanocobalamin) 50 mcg, Biotin 50 mcg, Inositol 50 mg, PABA 50 mg, Choline 50 mg Thiamine mononitrate (Vitamin B1) 100 mg, Pyridoxine hydrochloride (Vitamin B6)  100 mg, Cyanocobalamin (Vitamin B12) 5000 mcg Vitamin B1 10 mg, Vit B2 10 mg, Niacin 50 mg, Vit B6 10 mg, Folate 100 mcg, Vit B12 10 mcg, Biotin 20 mcg, pantothenic acid 15 mg, Choline 50 mg, Inositol 50 mg, PABA 10 mg L-Carnitine 100 mg, BCAA 40 mg, Nano Ginseng Extract 10 mg, Vitamin B1 10 mg, Vitamin B6 5 mg, Vitamin B12 5 mcg, Guaranine 50 mg Vitamin B1 (5 mg) , Vitamin B2 (1,4 mg) , Niacin (16 mg) , Vitamin B6 (5 mg) , Folic Acid (200 mcg) , Vitamin B12 (50 mcg) , Biotin (25 mg) , Pantothenic Acid (6 mg) Vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, niacinamide, vitamin B6, folic acid, vitamin B12, biotin, pantothenic acid Vitamin B1 10 mg, Vitamin B2 10 mg, Vitamin B3 20 mg, Vitamin B6 5 mg, Vitamin B12 12 mcg, Biotin 45 mcg, Folic Acid 400 mcg, Pantothenic Acid 20 mcg, Vitamin E 30 IU, Vitamin C 100 mg, Zinc 20 mg, Cooper 3 mg Vitamin B1 150 mg, Vitamin B2 20 mg, Nicotinamide 200 mg, Vitamin B5 137.4 mg, Vitamin B6 41.1 mg, Vitamin B12 60 mcg, Folic acid 400 mcg, Biotin 40 mcg, Choline bitartrate 25 mg, Inositol 25 mg, Vitamin C 119.8 mg, Vitamin E 100 IU, Calcium 60 mg, Magnesium 30 mg, Zinc 5,5 mg, Potassium 27 mg, Lemon Balm (Melissa officinalis) extract equiv. dry leaf 500 mg
Registrasi BPOM POM SI164507121 POM SD151547651E POM SD202508141 POM DBL9615806416A1 POM SI 044511351 POM SD 201556741 Tidak disebutkan Tidak disebutkan POM SI 044515681 Tidak disebutkan
Bentuk sediaan Tablet Tablet effervescent Tablet Tablet Tablet Tablet salut selaput Tablet salut selaput Tablet Tablet Tablet
Isi 62 tablet 10 tablet 30 tablet 1 boks isi 3 strip @ 10 tablet 60 tablet 1 boks isi 6 strip @ 5 tablet 60 tablet 150 tablet 30 tablet 60 tablet
Aturan konsumsi 1 – 2 tablet sehari setelah makan atau sesuai anjuran dokter 1 tablet sehari, larutkan dalam 250 mL air 1 – 2 tablet sehari setelah makan pagi atau siang 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter 1 tablet sehari sebelum/sesudah makan 2 – 3 kali sehari 1 tablet (maksimal 3 kaplet per hari) 1 kali sehari diminum bersama air, tidak untuk dikunyah Untuk dewasa 1 tablet sehari, dianjurkan saat makan 1 tablet sehari 1 tablet sehari saat atau segera setelah makan
Kisaran harga Rp300.000 Rp65.000 Rp140.250 Rp102.600 Rp168.000 Rp42.000 Rp125.300 Rp298.000 Rp107.100 Rp385.000
Periksa ketersediaan Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli Cek di Shopee Cek di Bukalapak Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Blibli Cek di Tokopedia Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Bukalapak Cek di Shopee Cek di Lazada Cek di Blibli

Yuk, cek rekomendasi produk suplemen multivitamin dan mineral dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Vitamin B kompleks secara alami terdapat pada makanan sehat yang Anda konsumsi. Namun saat kondisi tertentu, tubuh memerlukan tambahan dari suplemen vitamin B kompleks untuk menjaga kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagi beberapa kelompok individu, mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks sangat dianjurkan, tetapi harus sesuai dengan dosis yang direkomendasikan. Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Semoga Anda berhasil temukan produk yang tepat!

Referensi

Vitamin B
https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/vitamin-b diakses pada XXX

Benefits and uses of B-complex vitamins
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324856 diakses pada XXX

A complete guide to B vitamins
https://www.medicalnewstoday.com/articles/325292 diakses pada XXX

Why Is Vitamin B Complex Important, and Where Do I Get It?
https://www.healthline.com/health/food-nutrition/vitamin-b-complex diakses pada XXX

Who Needs A B-Complex Vitamin and How to Choose a Good One
https://sheiladyernd.com/who-needs-a-b-complex-vitamin-and-how-to-choose-a-good-one/ diakses pada XXX

  • Seluruh materi pada konten ini dikurasi secara independen oleh PickyBest. Kami mungkin mendapatkan sedikit komisi dari setiap pembelian produk yang terjadi. Namun tenang, tidak ada penambahan biaya apa pun bagi Anda.

You may also like

Comments are closed.