Written by 07:00 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik

Dermatix 9g

Untuk sejumlah orang, terdapatnya bekas luka pada kulit yang kasatmata sangatlah menganggu. Anda sedang dihadapi masalah serupa dan merasa tak nyaman dengan keberadaan bekas luka tersebut? Jangan khawatir sebab saat ini sudah tersedia banyak obat penghilang bekas luka baik berbentuk salep atau krim (cream) untuk membantu menghilangkan bekas luka.

Bekas luka dapat timbul karena berbagai penyebab, semisal akibat jerawat, luka bakar, atau bentuk luka lain yang kemudian menimbulkan trauma pada kulit. Kehadiran obat penghilang bekas luka tentu akan begitu membantu. Namun, tahukah Anda mana produk yang paling tepat? Jika Anda masih ragu untuk memilih salah satu di antara banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda temukan produk terbaik dalam artikel ini!

Apa Penyebab Munculnya Bekas Luka Pada Kulit?

Kemunculan bekas luka adalah hal yang normal terjadi. Kulit yang tergores, terbakar, atau disebabkan oleh hal lain akan menyebabkan kulit mengalami trauma. Hal ini juga berlaku apabila terjadi pada jaringan tubuh lain. Pada kondisi ini, tubuh akan merespon dengan menghasilkan protein bernama kolagen untuk membantu proses penyembuhan.

Produksi kolagen berlangsung selama 8 – 12 minggu dan selama fase ini berlangsung, pasokan darah ke jaringan yang terdapat luka juga meningkat sehingga menyebabkan bekas luka menjadi terangkat, kental, dan merah. Walaupun meninggalkan bekas yang permanen, sejatinya mereka dapat memudar hampir sampai tak terlihat. Namun, untuk bisa sampai tahap itu diperlukan waktu hingga dua tahun atau bahkan lebih yang setelahnya mereka tidak dapat memudar lagi.

Di bagian tubuh sendiri terdapat beberapa bagian yang rentan meninggalkan bekas luka lebih banyak, seperti misalnya di area dada, bahu, punggung, dan cuping telinga. Apabila ada bekas luka baru yang tidak terlindungi oleh kain pakaian, sebaiknya Anda bantu lindungi bekas luka tersebut dengan tabir surya. Oleh karena bekas luka baru dapat menggelap akibat sinar UVA, maka epnggunaan tabir surya dapat mengurangi perbedaan warnanya.

Cara Memilih Obat Penghilang Bekas Luka

Sebelum memakai obat penghilang bekas luka, tentu saja Anda perlu memakai produk yang tepat berdasarkan jenis luka. Ada beberapa bentuk bekas luka dan masing-masing memiliki perbedaan. Selain itu, komposisi bahan pada obat penghilang bekas luka juga mempunyai efek berbeda-beda. Untuk lebih memahaminya, perhatikan bagian ini dengan saksama!

Kenali Empat Jenis Bekas Luka yang Sering Terjadi

Kenali Empat Jenis Bekas Luka yang Sering Terjadi

Secara umum, bekas luka dibedakan menjadi empat macam. Apa saja?

  • Hipertrofik. Bekas luka ini yang paling umum dialami orang. Mempunyai warna merah dan terbentuk di sepanjang luka. Warna merah pada jenis luka ini tetap tidak berubah selama beberapa tahun.
  • Keloid. Termasuk yang paling umum dan penyebabnya bisa beragam. Keloid termasuk yang sulit dan lama dihilangkan karena bentuknya yang lebih tebal dan menonjol. Kemunculannya disebabkan oleh jaringan parut yang tumbuh melebihi lokasi luka.
  • Berbintik. Jenis bekas luka ini tampak di dalam permukaan kulit. Bintik-bintik terlihat seperti disebabkan oleh tusukan benda tajam. Biasanya luka berbintik dikaitkan dengan jerawat yang parah.
  • Kontraktur. Bekas luka jenis ini umumnya diakibatkan oleh luka bakar yang signifikan. Kemunculannya disebabkan oleh penyusutan dan pengencangan kulit yang pada beberapa kasus yang parah dapat mengatasi pergerakan.

Perhatikan Kandungan Produk yang Ingin Anda Beli

Masing-masing produsen mengandalkan sederet bahan untuk membantu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka pada produk keluarannya. Namun, beberapa bahan sudah sering diandalkan dan memang terbukti baik dalam mengurangi tampilan bekas luka, seperti gel silikon, retinol, asam salisilat, vitamin B3, dan vitamin E. Setiap kandungan tersebut mempunyai efek berbeda, mari kita pahami terlebih dahulu.

Gel Silikon: Mencegah Bekas Luka Baru Semakin Melebar

Gel Silikon Mencegah Luka Semakin Melebar

Keterhubungan silikon dengan perlakuan bedah plastik sangatlah erat. Akan tetapi, tidak selamanya silikon digunakan sebagai filler dalam tindakan tersebut, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah bekas luka menjadi lebar. Terutama pada luka baru yang sudah kering, pengolesan silikon dalam bentuk gel akan membantu menangkal bekas luka berkembang ke area di sekitarnya.

Gel silikon yang diterapkan pada lapisan teratas kulit akan membentuk film. Lapisan film ini akan bekerja menurunkan paparan udara dan sinar matahari sehingga luka tidak berkembang. Sebagai dampaknya, luka yang seharusnya memproduksi sel melanin untuk memberikan pigmen pada kulit akan terkontrol, bekas luka pun tidak melebar dan menghitam.

Vitamin E: Menghambat Pertumbuhan Jaringan Parut

Vitamin E Menghambat Pertumbuhan Jaringan Parut

Minyak vitamin E berperan dalam melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas yang muncul akibat sinar ultraviolet, polusi, dan asap rokok. Selain itu, vitamin E juga dipercaya mampu membantu mengobati bekas luka yang membandel. Walaupun menurut laman Very Well Health, sebuah penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan vitamin E dua kali sehari tidak membawa dampak cukup signifikan untuk menghilangkan bekas luka.

Akan tetapi dalam studi lain ditemukan bahwa anak-anak yang mempunyai bekas luka di tubuhnya akibat operasi tidak disertai pertumbuhan keloid atau jaringan parut berlebih setelah menggunakan vitamin E tiga kali sehari. Namun, untuk hasil lebih optimal, vitamin E lebih baik dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau sumber makanan karena dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit.

Retinol: Mempercepat Proses Regenerasi Sel

Retinol Mempercepat Proses Regenerasi Sel

Retinol adalah turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk salah satunya untuk menghilangkan bekas luka dengan mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi sel. Di pihak lain, retinol ikut bekerja mendorong produksi kolagen sehingga pemulihan luka lebih cepat berlangsung.

Selain itu, retinol pada obat penghilang bekas luka dalam bentuk salep ataupun krim juga dapat mencegah dan menyamarkan penuaan dini, mengobati jerawat, serta mencerahkan kulit di sekitar mata. Meski demikian, tetap tidak disarankan penggunaan di area selain luka apabila tidak tertera keterangan pada kemasan produk. Salep dengan retinol juga dapat memicu kulit memerah dan mengelupas yang menandakan kandungan retinolnya bekerja dengan aktif pada kulit.

Asam Salisilat dan Vitamin B3: Menghilangkan Bekas Luka Akibat Jerawat

Asam Salisilat dan Vitamin B3 Menghilangkan Bekas Luka Akibat Jerawat

Kandungan berupa asam salisilat umum ditemukan pada produk perawatan untuk mengatasi masalah jerawat dan mengurangi bekas luka. Senyawa alami ini bekerja dengan membersihkan kotoran dan sel-sel kulit pemicu jerawat dari pori-pori kulit. Risiko inflamasi, pembengkakan, dan kemerahan juga bisa diredam sehingga timbulnya jaringan parut semakin minim.

Asam salisiat berguna untuk semua jenis bekas luka. Oleh sebab itu, perhatikan label kandungan pada kemasan obat penghilang bekas luka yang ingin Anda beli, pastikan mengandung asam salisilat. Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif perlu melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap kandungan ini.

Selain asam salisilat, kandungan vitamin B3 atau niacinamide dapat juga membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit paling luar. Berkat kemampuan tersebut, vitamin B3 dapat memiliki sifat antiradang yang baik dalam menghilangkan kemerahan akibat jerawat. Vitamin B3 ini juga dapat menjaga kelembapan kulit sebab keberadaannya akan meningkatkan produksi ceramide.

10 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik

Seberapa lama bekas luka akan sirna dari kulit tergantung dari keparahan luka yang dialami. Namun, dengan pemakaian obat penghilang bekas luka terbaik secara rutin, tentu akan terjadi perubahan secara signifikan. Pada daftar berikut, kami tampilkan sepuluh produk salep atau krim untuk menghilangkan bekas luka yang bagus. Anda bisa mendapatkannya di toko obat atau apotek tedekat maupun secara online di marketplace.

1. Dermatix

Dermatix 9g

Kisaran harga: Rp185.000

Mampu menyamarkan berbagai bekas luka yang sulit dihilangkan

Dermatix adalah obat penghilang bekas luka yang terkenal di Indonesia. Anda tentu sudah familiar dengan nama atau brand obat satu ini, bukan? Dermatix merupakan obat dalam bentuk gel yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi berbagai bekas luka secara efektif. Produk berikut dirancang dengan teknologi canggih dan inovatif bernama cyclopentasiloxane (CPX).

Dematix mengombinasikan CPX dengan vitamin C yang telah terbukti secara medis baik dalam menyamarkan bekas luka. Bahkan, perpaduan teknologi dan bahan tersebut juga akan membantu mencerahkan warna kulit yang menggelap akibat luka. Anda bisa menggunakan obat penghilang bekas luka paling ampuh ini sebagai salep untuk bekas luka parut atau gores, luka bakar, dan luka lain akibat trauma.

2. Meilibahenling Original Penghilang Bekas Luka

Meilibahenling Original Penghilang Bekas Luka

Kisaran harga: Rp42.000

Formula yang bekerja cepat untuk menghilangkan bekas luka tanpa meninggalkan rasa gatal, perih, dan panas di kulit

Jika Anda memerlukan obat penghilang bekas luka hitam yang terbuat dari bahan-bahan alami, produk satu ini patut Anda pertimbangkan. Meilibahenling merupakan obat China yang diracik dari 100% bahan-bahan alami sehingga tidak membuat salep ini bau saat diaplikaskan ke permukaan kulit. Hadir dalam bentuk losion, produk ini begitu mudah dibaurkan.

Salah satu komposisi yang digunakan oleh produsen dalam obat ini adalah minyak ular. Formula minyak ular sudah dikenal lama mampu menghilangkan bekas luka dan menghaluskan kulit. Jika Anda memerlukan obat penghilang bekas luka bakar yang sulit dihilangkan akibat terkena tumpahan air panas atau knalpot, Meilibahenling sangatlah tepat untuk Anda.

3. Dermovate Hijau Original

Dermovate Hijau Original

Kisaran harga: Rp60.000

Efektif dalam menghilangkan bekas luka dan memutihkan area kulit yang menghitam

Kesal dengan adanya bekas jerawat atau bekas luka bakar yang susah disamarkan? Dengan memakai Dermovate Hijau Original secara rutin, Anda bisa melihat bekas luka tersebut hilang dalam waktu cepat. Dermovate merupakan obat penghilang bekas luka terbaik yang diproduksi dari Arab Saudi. Produk satu ini mempunyai bentuk krim berwarna putih yang dapat dipakai untuk menghilangkan bekas luka pada bagian leher dan badan.

Bukan cuma dapat menyamarkan bekas luka, Dermovate Hijau Original juga telah teruji baik untuk mengobati eksim serta memutihkan dan menyehatkan kulit pada area yang menghitam. Jadi, obat penghilang bekas luka jerawat ini sangatlah multifungsi. Anda bisa menggunaaknnya sekaligus untuk mencerahkan area kulit selangkangan, leher, ketiak, dan bagian lipatan lain yang kerap menghitam.

4. Bio-Oil

Bio Oil

Kisaran harga: Rp60.000

Dapat mengurangi kemungkinan pembentukan stretch mark pada area kulit lain

Salah satu permasalahan yang umum dijumpai pada wanita yang baru melahirkan adalah timbulnya stretch mark. Bila Anda telah lama mencari ramuan untuk menghilangkan stretch mark namun belum kelihatan hasilnya, kami rekomendasikan Bio-Oil untuk Anda gunakan. Produk satu ini telah dibuktikan banyak wanita berhasil untuk menghilangkan tampilan stretch mark dengan menghaluskan atau melenturkan kulit yang mengalaminya.

Masalah lain seperti warna kulit yang tidak merata juga bisa diatasi dengan baik oleh obat penghilang bekas luka satu ini. Bahkan, Bio-Oil juga dapat diandalkan untuk membantu menyamarkan kerutan yang mulai muncul baik pada area wajah ataupun kulit tubuh lainnya. Pilihan yang ideal untuk mengatasi berbagai bentuk tampilan luka, bukan?

5. LanBeNa Penghilang Bekas Luka

Lanbena Penghilang Bekas Luka

Kisaran harga: Rp55.000

Bekas luka, tanda penuaan, dan warna kulit tak merata bisa teratasi dengan sempurna!

Komposisi utama yang digunakan untuk merumuskan obat penghilang bekas luka ini tidak akan menyebabkan kulit teriritasi. Dengan begitu, Anda yang mempunyai kulit sensitif dan rentan terhadap sembarangan produk tidak perlu khawatir saat memakai LanBeNa Penghilang Bekas Luka. Pasalnya, produsen hanya mengadopsi bahan-bahan alami yang bersifat ringan sebagai ingredients pokoknya.

Formulasi bahan ringan dalam obat satu ini dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit untuk mempercepat proses pembaruan atau penyembuhan alami kulit. Tekstur yang lembut juga menjadikan krim pada produk ini bisa dengan mudah diaplikasikan dengan jari. Ingin menghilangkan bekas luka, menyamarkan tanda penuaan, dan menyeimbangkan warna kulit sekaligus? Milikilah produk ini!

6. Guci Pusaka Salep Kulit Multiguna

Guci Pusaka Salep Kulit Multiguna

Kisaran harga: Rp12.500

Salep yang terbuat dari 100% bahan herbal, menjadikannya aman dan tidak menyebabkan alergi atau efek samping lain!

Ini adalah salep penghilang bekas luka serbaguna. Anda bisa mengandalkannya untuk mempercepat proses perataan warna kulit pada area yang terkena luka atau bahkan bentuk ketidaksempurnaan kulit lainnya. Sebagai contoh, untuk mengatasi masalah kulit pecah-pecah pada tumit, telapak kaki, dan telapak tangan, Guci Pusaka Salep Kulit Multiguna memampukannya.

Bukan cuma itu, salep kulit satu ini juga dapat mengobati aneka luka-luka lain seperti luka bakar akibat terkena setrika, knalpot, air panas, minyak panas, api, dan bahkan sengatan sinar matahari (sunburn). Lebih menariknya lagi, Guci Pusaka Salep Kulit Multiguna bisa dipakai oleh anak-anak dan bahkan bayi juga, lho! Jadi, sewaktu anak Anda terjatuh dari sepeda dan timbul bekas luka, Anda bisa mengaplikasikan salep ini secara rutin untuk membantu menghilangkannya.

7. Mederma Advanced Scar Gel

Mederma Advanced Scar Gel

Kisaran harga: Rp290.000

Menjadi rekomendasi utama para dokter dan apoteker di berbagai negara

Mederma Advanced Scar Gel merupakan obat penghilang bekas luka dalam bentuk gel yang diproduksi dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Produk ini begitu laris di Eropa dan bahkan telah menjadi rekomendasi utama dari para dokter dan ahli farmasi sebagai produk untuk mengatasi berbagai bekas luka. Alasannya tak lain karena Mederma Advanced Scar Gel telah terbukti secara klinis mampu melembutkan ketidaksempurnaan kulit yang terdapat luka.

Formula berupa gel yang terkandung di dalamnya bekerja secara proaktif untuk mengurangi kemerahan dan membuat jaringan kulit lebih halus, elastis, dan lembut. Mederma Advanced Scar Gel dapat digunakan untuk menangani banyak jenis bekas luka, seperti akibat operasi (terdapat jahitan), jerawat, luka bakar, keloid, stretch mark, dan bentuk luka lainnya.

8. Breylee Acne Scar Removal Cream

Breylee Acne Scar Removal Cream

Kisaran harga: Rp90.000

Bekerja dengan mempromosikan sel kulit baru pada lapisan epidermis

Para ilmuwan begitu menyukai mekanisme kerja dari obat penghilang bekas luka yang menghitam satu ini. Breylee Acne Scar Removal Cream akan mempercepat proses regenerasi sel dalam jaringan epidermis. Sangat efektif dalam merawat bekas luka akibat trauma kulit terhadap berbagai insiden atau kejadian, seperti terbakar, operasi, dan semacamnya.

Produk ini juga bisa Anda gunakan untuk menghialngkan bekas luka jerawat. Cukup dengan mengoleskannya sebanyak 2 – 3 kali sehari, formulanya aknan bekerja menembus ke dalam kulit untuk mempromosikan beberapa sel dalam jaringan epidermis. Breylee Acne Scar Removal Cream diperuntukkan bagi semua jenis kulit. Namun, untuk Anda yang berkulit sensitif, sebaiknya lakukan pengujian terlebih dahulu dengan mengoleskan krim ke belakang telinga untuk mengetahui apakah timbul efek samping atau tidak.

9. Skin Medica Scar Recovery Gel

Skin Medica Scar Recovery Gel

Kisaran harga: Rp620.000

Membantu mengembalikan kulit yang lembut, halus, dan sehat

Bekas luka yang kasatmata membuat Anda tak percaya diri saat menghadapi dunia luar? Skin Medica menghadirkan Scar Recovery Gel untuk mengembalikan mood Anda beraktivitas. Berbahan dasar alami yang dicapurkan dengan Bulbine Frutescens asal Afrika menjadikan obat penghilang bekas luka terbaik ini dapat memberikan dukungan topikal dan hidrasi pada efek kerjanya.

Obat satu ini dapat dipakai pada siang dan malam hari pada bekas luka di area kulit mana pun. Anda hanya perlu mengoleskannya secara merata pada seluas area luka hingga bagian pinggirannya untuk hasil maksimal. Jika dipakai secara rutin, kulit yang lembut, halus, dan terlihat sehat akan kembali dimiliki pada bagian yang sebelumnya terdapat bekas luka.

10. Body Merry Fading Stretch Marks and Scars Cream

Body Merry Fading Stretch Marks and Scars Cream

Kisaran harga: Rp634.000

Berkomposisikan bahan alami yang sangat melimpah!

Krim penghilang bekas luka dalam bentuk jar ini memanfaatkan bahan-bahan mengesankan seperti shea butter, vitamin E, vitmain C, vitamin B3, vitamin B5, minyak biji bunga matahari, organic cocoa butter, minyak jojoba, minyak biji rami organik, minyak biji raspberry, minyak alpukat, ekstra daun teh hijau, dan beberapa bahan lain.

Perpaduan bahan-bahan alami tersebut menjadikan obat penghilang bekas luka di wajah ini sangat baik dalam menangani tampilan stretch mark dan bekas luka. Produsen juga melengkapi kandungannya dengan formula pelembab yang akan membuat kulit Anda semakin halus dan kenyal. Jika Anda juga dihinggapi masalah kulit kering dan pecah di kaki, tangan, lengan, siku, ataupun bagian tubuh lainnya, krim satu ini bisa Anda gunakan untuk menghidrasi area kulit yang kering tersebut.

Gunakan Bantuan Madu Sebagai Perawatan Tambahan

Gunakan Bantuan Madu Sebagai Perawatan Tambahan

Madu telah dipakai berbad-abad sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan, salah satunya untuk mengobati dan menghilangkan bekas luka. Madu akan membantu mempercepat proses pemulihan, efektif dalam pengobatan luka, dan mendorong regenerasi jaringan baru. Untuk menerima hasil yang lebih optimal, disarankan agar memakai madu yang tidak disaring, tidak dipanaskan, dan tidak diproses panjang sehingga manfaat terapeutiknya dapat dirasakan.

Perawatan bekas luka dengan madu juga tergoong mudah. Anda dapat mencampurkan madu dengan minyak zaitun. Buatlah ramuan dari 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan zaitun. Hasil pencampurannya dioleskan ke kulit yang terdapat bekas luka, kemudian beri pijatan selama 3 menit dan letakkan handuk hangat di kulit. Saat handuk sudah dingin, angkat handuknya lalu gosokkan perlahan hingga madu dan minyak zaitunnya terhapus bersih.

Kesimpulan

Wah, ternyata ada banyak sekali pilihan obat penghilang bekas luka terbaik di pasaran, bukan? Jika me-review kembali daftar tersebut, tentu Anda menyadari kalau ada gap harga jual yang sangat jauh dari satu produk dengan produk lainnya. Untuk itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih obat atau krim salep penghilang bekas luka yang mana.

Jika ingin hasil yang lebih cepat, tentu produk dengan nilai pasaran yang tinggi akan memberikan dampak perubahan yang lebih singkat. Namun, selalu utamakan memperhatikan efek samping dari masing-masing produk. Semoga artikel yang telah kami bahas sepanjang ini dapat membantu Anda dalam menyamarkan kulit yang terdapat bekas luka sehingga Anda pun lebih berani berekspresi tanpa diganggu dengan adanya bekas luka tersebut.

(Visited 251 times, 2 visits today)