Written by 01:10 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik

Bagi kebanyakan orang, bekas luka pada kulit yang kasatmata sangatlah menganggu. Anda sedang dihadapi masalah serupa dan merasa tak nyaman dengan keberadaan bekas luka tersebut? Jangan khawatir sebab saat ini, tersedia banyak pilihan produk penghilang bekas luka, baik  berbentuk salep, krim, maupun gel silikon.

Di pasaran, cukup banyak produk yang efektif menghilangkan bekas luka. Selain Dermatix yang terkenal, ada pula merek lain seperti ScarAway, Strataderm, dan Keloplast. Tahukah mana produk yang paling tepat untuk Anda? Jika belum, kami akan jelaskan cara memilih produk terlebih dulu. Setelahnya, kami rekomendasikan pula produk terbaik versi PickyBest. Mari disimak!

Apa Penyebab Munculnya Bekas Luka pada Kulit?

Kemunculan bekas luka adalah hal yang normal terjadi. Kulit yang tergores, terbakar, atau disebabkan hal lain akan menyebabkan kulit mengalami trauma. Kondisi ini berlaku pula apabila terjadi pada jaringan tubuh lain. Pada kondisi ini, tubuh akan merespon dengan menghasilkan protein bernama kolagen untuk membantu proses penyembuhan.

Produksi kolagen berlangsung selama 8 – 12 minggu. Selama fase ini berlangsung, pasokan darah ke jaringan yang terdapat luka akan meningkat sehingga menyebabkan bekas luka menjadi terangkat, kental, dan kemerahan. Walaupun meninggalkan bekas, sejatinya mereka dapat memudar hampir sampai tak terlihat. Namun, untuk mencapai tahap itu, diperlukan waktu hingga dua tahun atau lebih, yang setelahnya mereka tidak dapat memudar lagi.

Di bagian tubuh sendiri terdapat beberapa bagian yang rentan meninggalkan bekas luka lebih banyak, seperti misalnya di area dada, bahu, punggung, dan cuping telinga. Apabila ada bekas luka baru yang tidak terlindungi kain pakaian, sebaiknya bantu lindungi bekas luka tersebut dengan tabir surya. Oleh karena bekas luka baru dapat menggelap akibat sinar UVA, pemakaian tabir surya dapat mengurangi perbedaan warnanya.

Kenali Empat Jenis Bekas Luka yang Sering Terjadi

Secara umum, bekas luka dibedakan menjadi empat macam. Apa saja?

  • Hipertrofik. Bekas luka ini paling umum dialami orang dengan karakteristik warna merah yang terbentuk di sepanjang luka. Warna merah pada jenis luka ini tetap tidak berubah selama beberapa tahun.
  • Keloid. Juga termasuk yang paling umum dan penyebabnya bisa beragam. Keloid termasuk bekas luka yang sulit dan lama dihilangkan karena bentuknya lebih tebal dan menonjol. Kemunculannya disebabkan oleh jaringan parut yang tumbuh melebihi lokasi luka.
  • Berbintik. Jenis bekas luka ini tampak di dalam permukaan kulit. Bintik-bintik terlihat seperti disebabkan oleh tusukan benda tajam. Biasanya luka berbintik dikaitkan dengan jerawat yang parah.
  • Kontraktur. Bekas luka jenis ini umumnya diakibatkan oleh luka bakar yang cukup parah. Kemunculannya sendiri disebabkan oleh penyusutan dan pengencangan kulit yang pada beberapa kasus parah dapat membatasi pergerakan.

Cara Memilih Obat Penghilang Bekas Luka

Sebelum memakai obat, Anda perlu memilih produk yang tepat berdasarkan jenis luka. Ada beberapa bentuk bekas luka dan masing-masing memiliki perbedaan. Selain itu, komposisi bahan pada obat penghilang bekas luka juga mempunyai efek berbeda-beda. Untuk lebih memahaminya, perhatikan bagian ini dengan saksama!

Pilih Berdasarkan Bentuknya, Apakah Salep, Krim, atau Gel?

Obat yang beredar di pasaran dibedakan menjadi beberapa bentuk. Namun yang paling umum, bentuk salep, krim, dan gel silikon paling sering ditemukan. Pilihlah bentuk obat sesuai preferensi dan kebutuhan Anda.

Bentuk Salep Cocok untuk Area Kulit yang Kering

Salep adalah bentuk obat topikal yang cukup sering digunakan. Jenis ini bersifat oklusif yang berarti meninggalkan lapisan minyak pada permukaan kulit. Di sisi lain, bentuk salep turut memerangkap kelembapan, sehingga cocok buat kulit area bekas luka yang kering.

Pada area kulit menebal, efek oklusif dari salep meningkatkan penetrasi bahan aktif ke dalam kulit. Dengan begitu, kinerjanya pun semakin optimal. Hanya saja, obat berbentuk salep tidak cocok diaplikasikan saat cuaca sedang panas, karena bisa menahan keringat serta membuat kulit terasa lengket.

Bentuk Krim yang Lembut serta Mudah Diserap Kulit

Pilihlah bentuk krim apabila Anda tidak suka dengan efek lapisan minyak yang cukup tebal sebagaimana bentuk salep. Obat dalam bentuk krim lebih mudah diserap kulit, namun adanya zat pengental membuatnya mampu mempertahankan kelembapan layaknya salep.

Obat berbentuk krim biasanya terbuat dari emulsi air dan minyak. Oleh karena mengandung pengemulsi dan pengawet, Anda patut waspada terhadap alergi kontak. Di pasaran, bentuk krim cukup mudah ditemukan, baik di toko obat maupun Anda beli secara online di marketplace.

Bentuk Gel Silikon yang Mengurangi Rasa Gatal pada Bekas Luka

Gel silikon merupakan salah satu bentuk obat untuk menghilangkan bekas luka paling efektif. Dari sebuah penelitian, treatment dengan lembaran silikon gel pada tiga puluh pasien menunjukkan hasil yang memuaskan. Menariknya, percobaan ini dilakukan untuk berbagai jenis bekas luka, dari level normal, hipertrofik, hingga keloid.

Pengobatan topikal menggunakan gel silikon membuat bekas luka tampak lebih halus dan rata. Lapisan film yang terbentuk dari silikon melindungi jaringan parut dari perkembangan bakteri. Yang lebih menarik, gel silikon juga dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman terkait dengan bekas luka.

Perhatikan Kandungan Produk yang Ingin Anda Beli

Beberapa bahan sering diandalkan dalam mengurangi tampilan bekas luka, seperti vitamin E, retinol, dan asam salisilat. Setiap kandungan tersebut mempunyai efek berbeda. Mari kita pahami terlebih dahulu!

Vitamin E: Menghambat Pertumbuhan Jaringan Parut

Vitamin E berperan dalam melindungi sel dari kerusakan akibat paparan radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga dipercaya mampu membantu mengobati bekas luka membandel. Namun, melansir Very Well Health, sebuah penelitian di tahun 2011 menunjukkan bahwa penggunaan vitamin E dua kali sehari tidak membawa dampak cukup signifikan untuk menghilangkan bekas luka.

Meski demikian, dalam studi lain ditemukan, anak-anak yang mempunyai bekas luka di tubuhnya akibat operasi tidak disertai pertumbuhan keloid atau jaringan parut berlebih setelah menggunakan vitamin E tiga kali sehari. Namun, untuk hasil lebih optimal, vitamin E lebih baik dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau sumber makanan.

Retinol: Ideal untuk Bekas Luka akibat Jerawat

Bahan aktif satu ini termasuk turunan vitamin A natural yang umum ditemukan pada krim, gel, dan serum anti-aging. Retinol tergolong efektif dalam merawat jerawat sekaligus menghilangkan bekas luka jerawat. Bila bekas luka Anda lebih banyak diakibatkan oleh jerawat, pilihlah produk yang di dalamnya mengandung retinol.

Namun, Anda mesti waspada, khususnya jika kulit Anda sensitif. Penggunaan retinol dianjurkan dari dosis paling rendah guna menghindari efek samping seperti iritasi, gatal, kemerahan, kekeringan, dan sensitif terhadap sinar matahari. Berkonsultasilah pada dokter terlebih dulu apabila Anda tidak yakin untuk menggunakan obat berkandungan retinol.

Asam Salisilat: Bermanfaat untuk Berbagai Masalah Kulit

Kandungan berupa asam salisilat banyak dijumpai pada produk perawatan untuk mengatasi masalah jerawat dan mengurangi bekas luka. Senyawa alami ini bekerja dengan membersihkan kotoran dan sel-sel kulit pemicu jerawat dari pori-pori kulit. Risiko inflamasi, pembengkakan, dan kemerahan juga bisa diredam sehingga timbulnya jaringan parut semakin minim.

Asam salisiat berguna untuk semua jenis bekas luka. Oleh sebab itu, perhatikan label kandungan pada kemasan obat penghilang bekas luka yang ingin Anda beli, lalu pastikan terkandung asam salisilat di dalamnya. Namun, Anda yang memiliki kulit sensitif perlu melakukan pengujian terlebih dahulu terhadap kandungan ini.

Selain asam salisilat, kandungan vitamin B3 atau niacinamide dapat juga membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit paling luar. Berkat kemampuan tersebut, vitamin B3 memiliki sifat antiradang yang baik dalam menghilangkan kemerahan akibat jerawat. Vitamin B3 ini juga dapat menjaga kelembapan kulit sebab keberadaannya akan meningkatkan produksi ceramide.

10 Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Luka Terbaik

Pada daftar berikut, kami tampilkan sepuluh produk salep, krim, dan gel silikon untuk menghilangkan bekas luka. Anda bisa mendapatkan salah satunya di toko obat, apotek tedekat, maupun secara online di marketplace. Selamat menentukan!

1. Dermatix Ultra

Sumber: Dermatix.co.id

Mampu menyamarkan berbagai bekas luka yang sulit dihilangkan

Dermatix Ultra adalah obat dalam bentuk gel yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi berbagai bekas luka secara efektif. Produk satu ini dirancang dengan teknologi canggih dan inovatif bernama cyclopentasiloxane (CPX). Dematix mengombinasikan CPX dengan vitamin C ester yang terbukti secara medis dalam menyamarkan bekas luka.

Perpaduan CPX dan vitamin C esternya dapat mencerahkan area kulit menggelap akibat bekas luka. Anda bisa menggunakan Dermatix Ultra pada area bekas luka parut atau gores, luka bakar, dan luka lain akibat trauma. Walau berjenis gel silikon, Dermatix memastikan produknya tidak berminyak, tahan air, dan bisa di-cover dengan kosmetik.

BentukGel silikon
KandunganCPX (cyclopentasiloxane), vitamin C ester
Ukuran15 g
Kisaran hargaRp130.000

2. Meilibahenling

Dengan formula minyak ular yang tidak berbau

Jika Anda memerlukan obat yang terbuat dari bahan-bahan alami, produk satu ini patut Anda pertimbangkan. Meilibahenling merupakan obat Cina yang diracik dari 100% bahan-bahan alami. Produk ini tidak berbau saat diaplikaskan ke permukaan kulit, sehingga nyaman untuk Anda yang sensitif terhadap bebauan.

Salah satu komposisi yang digunakan oleh produsen dalam obat ini adalah minyak ular. Formula minyak ular mampu menghilangkan bekas luka dan menghaluskan kulit. Jika Anda memerlukan obat penghilang bekas luka bakar yang sulit dihilangkan, misalnya akibat terkena tumpahan air panas atau knalpot, Meilibahenling layak dipercaya!

BentukKrim
KandunganSnake oil, glycerine, aloe picked oil, snake guts, reseen mishap was leave
Ukuran60 g
Kisaran hargaRp120.000

3. Bio-Oil

Sumber: Bio-oil.com

Dapat mengurangi kemungkinan pembentukan stretch mark pada area kulit lain

Bio-Oil dirancang dengan rangkaian bahan alami, termasuk beberapa jenis minyak tanpa pengawet. Dengan demikian, produk ini ideal digunakan oleh semua jenis kulit. Didesain sebagai spesialis produk skin treatment, Bio-Oil akan membantu menyamarkan bekas luka secara maksimal. Bagi Anda yang mengalami masalah warna kulit tidak rata, produk ini juga bisa diandalkan.

Belum berhenti, Bio-Oil juga bisa dipilih oleh wanita pasca hamil yang memiliki masalah stretch mark. Apabila Anda terganggu dengan munculnya tanda penuaan di kulit, produk ini diklaim sangat efektif mengurangi tanda penuaan. Di area kulit kering pun, minyak satu ini bekerja optimal dalam melembapkan agar tekstur kulit terasa halus.

BentukMinyak
KandunganParaffinum liquidum (mineral oil), triisononanoin, cetearyl ethylhexanoate, isopropyl myristate, retinyl palmitate, tocopheryl acetate, anthemis nobilis flower oil, lavandula angustifolia (lavender) oil, rosmarinus officinalis (rosemary) leaf oil, calendula officinalis flower extract, helianthus annuus (sunflower) seed oil, glycine soja (soybean) oil, BHT, bisabolol, parfum (fragrance)
Ukuran25 mL
Kisaran hargaRp52.000

4. LanBeNa TCM Scar and Acne Mark Removal Gel Ointment

Sumber: Lanbena.com

Bekas luka, tanda penuaan, dan warna kulit tak merata bisa teratasi dengan sempurna!

Komposisi utama yang digunakan untuk merumuskan produk ini takkan menyebabkan kulit teriritasi. Dengan begitu, Anda yang mempunyai kulit sensitif dan rentan terhadap sembarangan produk tak perlu khawatir saat memakai obat ini. Pasalnya, produsen hanya mengadopsi bahan-bahan alami yang bersifat ringan sebagai ingredients pokoknya.

Formulasi bahan ringan dalam obat satu ini mudah terserap ke dalam kulit untuk mempercepat proses pembaruan dan penyembuhan alami kulit. Tekstur yang lembut juga menjadikan salep ini bisa dengan mudah diaplikasikan dengan jari. Ingin menghilangkan bekas luka, menyamarkan tanda penuaan, dan menyeimbangkan warna kulit sekaligus? Milikilah produk ini!

BentukSalep
KandunganCentella asiatica, glycerin, allantoin, low molecular weight heparin, carbomer, ginseng, white tea, rhodiola, dll
Ukuran30 mL
Kisaran hargaRp54.720

5. Mederma Advanced Scar Gel

Sumber: Mederma.com

Menjadi rekomendasi utama para dokter dan apoteker di berbagai negara

Mederma Advanced Scar Gel merupakan obat penghilang bekas luka dalam bentuk gel produksi Amerika Serikat. Produk ini begitu laris di Eropa dan telah menjadi rekomendasi utama dari para dokter dan ahli farmasi sebagai produk untuk mengatasi berbagai bekas luka. Efektivitas produk ini teruji klinis mampu melembutkan ketidaksempurnaan kulit yang terdapat bekas luka.

Formula berupa gel yang terkandung di dalamnya bekerja secara proaktif untuk mengurangi kemerahan dan membuat jaringan kulit lebih halus, elastis, dan lembut. Mederma Advanced Scar Gel dapat Anda pakai untuk menangani bekas luka akibat operasi (terdapat jahitan), jerawat, luka bakar, keloid, stretch mark, dan bentuk luka lainnya.

BentukGel
KandunganAllantoin 0,5%
Ukuran20 g
Kisaran hargaRp365.000

6. Breylee Acne Scar Removal Cream

Sumber: Breylee.com

Bekerja dengan mempromosikan sel kulit baru pada lapisan epidermis

Para ilmuwan begitu menyukai mekanisme kerja dari obat satu ini. Breylee Acne Scar Removal Cream akan mempercepat proses regenerasi sel dalam jaringan epidermis. Selain itu, produk ini juga sangat efektif dalam merawat bekas luka akibat trauma kulit terhadap berbagai insiden atau kejadian, seperti terbakar, operasi, dan semacamnya.

Produk ini bisa diaplikasikan pada acne scars. Cukup mengoleskannya 2 – 3 kali sehari, formulanya akan menembus ke dalam kulit untuk mempromosikan beberapa sel pada jaringan epidermis. Sebenarnya, produk ini cocok bagi semua jenis kulit. Namun, untuk Anda yang berkulit sensitif sebaiknya melakukan patch test terlebih dulu.

BentukKrim
KandunganAqua/water, glycerol, allantoin, phenoxyethanol, carbomer, hyaluronic acid, triethanolamine, trehalose,  nicotinamide, portulaca oleracea extract, lavandula  extract, centella asiatica extract, fucose, arbutin, epidermal growth factor
Ukuran30 g
Kisaran hargaRp38.900

7. ScarAway 100% Silicone Scar Gel

Sumber: Myscaraway.com

Tidak berbau, transparan, dan bisa digunakan pada banyak area tubuh!

Ini adalah self-drying silicone gel yang dapat Anda andalkan untuk mereduksi tampilan dari bekas luka pada kulit. Tak hanya itu, ScarAway 100% Silicone Scar Gel juga mampu mencegah pembentukan bekas luka yang abnormal. Gel silikonnya telah dipatenkan dengan advanced technology, memastikannya ampuh menghilangkan berbagai macam bekas luka.

Dari mulai bekas luka operasi, terbakar, sayatan, trauma, hingga tindakan kosmetik, seluruhnya dapat dihilangkan oleh produk ini. Menariknya,  produk yang juga tidak berbau ini dapat Anda aplikasikan pada pagi maupun malam hari. Penggunaannya pun universal, alias bisa di seluruh badan, entahkah di kulit wajah, telinga, leher, ketiak, tangan, atau bahkan kulit kepala.

BentukGel silikon
KandunganPolysiloxanes, silicon dioxide
Ukuran10 g
Kisaran hargaRp349.000

8. Strataderm Scar Therapy Gel

Gel terapi bekas luka yang aman digunakan anak-anak hingga ibu menyusui

Strataderm Scar Therapy Gel diklaim sangat efektif dalam mencegah pembentukan bekas luka abnormal. Tonjolan bekas luka yang umumnya berwarna kemerahan tak hanya direduksi, melainkan warna kulit pun kembali diratakan olehnya. Berbeda dengan penghilang bekas luka berbentuk gel silikon lain, produk ini dikemas dalam tube menyerupai salep.

Bagi pemilik kulit sensitif, produk ini tetap aman digunakan. Bahkan, anak-anak, wanita hamil, sampai ibu menyusui tetap bisa memakai gel penghilang bekas luka ini. Satu lagi yang mungkin Anda suka, produk ini tak sekadar transapran dan nonaroma, melainkan juga bebas alkohol, pewangi, dan paraben.

BentukGel silikon
KandunganPolydimethylsiloxanes, siloxanes, alkylmethyl silicones
Ukuran20 g
Kisaran hargaRp680.000

9. Cica-Care Scar Treatment

Sumber: Blibli.com

Selain reusable dan washable, cocok juga diberikan pada anak-anak

Apabila Anda memiliki bekas luka yang menebal atau berjenis hipertrofik, Smith Nephew menghadirkan produk penghilang bekas luka berbentuk silicone gel sheet. Produk satu ini bisa menghemat pengeluaran Anda dalam melakukan treatment. Pasalnya, Cica-Care Scar Treatment dapat dicuci ulang, bahkan lembarannya bersifat reusable!

Perihal efektivitasnya, produk ini telah diuji untuk merawat bekas pada orang dengan usia mencapai 30 tahun. Hasilnya, 100% bekas luka tampak memudar serta mengempis setelah 6 bulan perawatan. Produk ini mampu menghilangkan bekas luka pasca operasi, akibat kecelakaan, dan luka bakar. Cica-Care Scar Treatment juga cocok digunakan oleh anak-anak, lho.

BentukGel silikon
KandunganGel silikon yang diawetkan dilaminasi pada membran gel silikon elastomerik
Ukuran12 x 6 cm
Kisaran hargaRp365.750

10. Keloplast Silicone Keloid Reduction

Produk yang andal untuk mengempiskan keloid

Kebanyakan gel silikon penghilang bekas luka terasa terlalu mahal buat Anda? Jika demikian, produk satu ini mungkin sesuai dengan budget Anda. Kelopast Silicone Keloid Reduction didesain berbentuk lembaran yang lembut dan elastis. Daya rekat yang mumpuni membuat produk ini efektif menghilangkan bekas luka kemerahan, gelap, hingga mencegah pembentukan keloid.

Apabila luka Anda sudah terlanjur membentuk keloid, produk berupa gel silikon medis ini perlu dipakai teratur selama 12 jam setiap hari hingga keloid mengempis. Supaya lebih irit, potonglah terlebih dahulu lembaran silikonnya menyesuaikan bentuk dan ukuran keloid. Keloplast Silicone Keloid Reduction dapat dengan mudah Anda beli di apotek maupun marketplace.

BentukGel silikon
KandunganSilikon gel medis
Ukuran5 x 6 cm
Kisaran hargaRp59.500

Tabel Perbandingan Obat Penghilang Bekas Luka

ProdukDermatix UltraMeilibahenlingBio-OilLanBeNa TCM Scar and Acne Mark Removal Gel OintmentMederma Advanced Scar GelBreylee Acne Scar Removal CreamScarAway 100% Silicone Scar GelStrataderm Scar Therapy GelCica-Care Scar TreatmentKeloplast Silicone Keloid Reduction
BentukGel silikonKrimMinyakSalepGelKrimGel silikonGel silikonGel silikonGel silikon
KandunganCPX (cyclopentasiloxane), vitamin C esterSnake oil, glycerine, aloe picked oil, snake guts, reseen mishap was leaveParaffinum liquidum (mineral oil), triisononanoin, cetearyl ethylhexanoate, isopropyl myristate, dllCentella asiatica, glycerin, allantoin, low molecular weight heparin, carbomer, ginseng, white tea, rhodiola, dllAllantoin 0,5%Aqua/water, glycerol, allantoin, phenoxyethanol, carbomer, hyaluronic acid, triethanolamine, trehalose, nicotinamide, portulaca oleracea extract, lavandula extract, centella asiatica extract, fucose, arbutin, epidermal growth factorPolysiloxanes, silicon dioxidePolydimethylsiloxanes, siloxanes, alkylmethyl siliconesGel silikon yang diawetkan dilaminasi pada membran gel silikon elastomerikSilikon gel medis
Ukuran15 g60 g25 mL30 mL20 g30 g10 g20 g12 x 6 cm5 x 6 cm
Kisaran hargaRp130.000Rp120.000Rp52.000Rp54.720Rp365.000Rp38.900Rp349.000Rp680.000Rp365.750Rp59.500
Periksa ketersediaan

Gunakan Bantuan Madu sebagai Perawatan Tambahan

Madu telah dipakai berbad-abad sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan, salah satunya untuk mengobati dan menghilangkan bekas luka. Madu akan membantu mempercepat proses pemulihan, efektif dalam pengobatan luka, dan mendorong regenerasi jaringan baru.

Untuk menerima hasil yang lebih optimal, disarankan agar memakai madu yang tidak disaring, tidak dipanaskan, dan tidak diproses panjang sehingga manfaat terapeutiknya dapat dirasakan.  Perawatan bekas luka dengan madu juga tergolong mudah.

Anda dapat mencampurkan madu dengan minyak zaitun. Buatlah ramuan dari 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan zaitun. Hasil pencampurannya dioleskan ke kulit yang terdapat bekas luka, kemudian pijat selama 3 menit, lalu letakkan handuk hangat di kulit. Saat handuk sudah dingin, angkat handuknya dan gosokkan perlahan hingga madu dan minyak zaitunnya terhapus bersih.

Kesimpulan

Ada banyak sekali pilihan obat penghilang bekas luka di pasaran, bukan? Jika me-review kembali daftar tersebut, tentu Anda menyadari kalau ada gap harga jual yang sangat jauh dari satu produk dengan produk lainnya. Untuk itu, Anda juga perlu mempertimbangkan pemilihan produk berdasarkan budget Anda.

Jika ingin hasil yang lebih cepat, produk yang teruji klinis dan bernilai pasaran yang tinggi umumnya lebih bisa diandalkan. Namun, selalu utamakan memperhatikan efek samping dari masing-masing produk. Semoga artikel kami kali ini berhasil membantu Anda menemukan obat penghilang bekas luka yang sesuai!

Referensi

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Langkah yang Tepat
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/obat-untuk-menghilangkan-bekas-luka/ diakses pada 24 Desember 2020

Empat Jenis Bekas Luka dan Cara Mengatasinya
https://www.medcom.id/rona/kesehatan/4ba2WB2k-empat-jenis-bekas-luka-dan-cara-mengatasinya diakses pada 24 Desember 2020

The Efficacy of Silicone Gel for the Treatment of Hypertrophic Scars and Keloids
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2918339/ diakses pada 24 Desember 2020

Benarkah Vitamin E Ampuh untuk Mengobati Bekas Luka?
https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/vitamin-e-untuk-mengobati-bekas-luka/ diakses pada 24 Desember 2020

Vitamin E and Scar Prevention or Removal
https://www.verywellhealth.com/remedy-for-scars-and-scar-removal-89918 diakses pada 24 Desember 2020

Can Retinol be Used to Treat Acne?
https://www.healthline.com/health/retinol-for-acne diakses pada 24 Desember 2020

Kandungan pada Salep yang Efektif Menghilangkan Bekas Luka
https://www.honestdocs.id/kandungan-pada-salep-yang-efektif-menghilangkan-bekas-luka diakses pada 24 Desember 2020

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Mulai Asam Salisilat Hingga Madu
https://tirto.id/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-mulai-asam-salisilat-hingga-madu-eh29 diakses pada 24 Desember 2020

Does Honey Fade Scars?
https://www.leaf.tv/8142315/does-honey-fade-scars/ diakses pada 24 Desember 2020

(Visited 424.652 times, 25 visits today)