Written by 21:42 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Bulu Mata Terbaik

Bulu mata lentik dan indah sudah lama Anda damba-dambakan? Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan mengaplikasikan serum bulu mata. Di dalam produk eyelashes serum, terkandung bahan-bahan aktif untuk menutrisi bulu mata agar tetap sehat. Selain itu, serum bulu mata dapat membantu bulu mata tidak mudah rontok dan rusak.

Tersedia bermacam produk serum bulu mata di Indonesia. Anda mungkin sudah familier dengan Etude House dan Shiseido? Mereka juga memproduksi serum bulu mata, lho! Tak hanya itu, merek lain seperti Nutrishe, Apotcare, dan DHC ikut merilis produk serum untuk merawat bulu mata. Tertarik membelinya? Lihat rekomendasi kami tentang serum bulu mata terbaik di artikel ini, ya! Selamat membaca!

Apa Fungsi Serum Bulu Mata?

Seperti halnya rambut di kulit kepala, bulu mata pun memiliki pola pertumbuhannya sendiri. Ada tiga fase pertumbuhan bulu mata, yaitu anagen, categen, dan telogen. Pada fase anagen, bulu mata akan tumbuh selama 4 – 6 minggu. Memasuki fase catagen, bulu mata mencapai panjang maksimum di mana folikel rambut mulai menyusut dan berlangsung sekitar 2 – 3 minggu. Fase terakhir, telogen, adalah fase di mana bulu mata “beristirahat” kurang lebih 100 hari sebelum rontok secara alami.

Beberapa hal menyebabkan bulu mata mengalami pola pertumbuhan yang tidak normal. Misalnya saja, penggunaan penjepit bulu mata, pemasangan eyelash extension, mengeriting bulu mata (eyelash perming), hingga penuaan menjadi faktor pendorong bulu mata lebih mudah rontok, berkurangnya volume, dan melemah. Supaya kondisinya terus terjaga, Anda bisa mengandalkan serum bulu mata.

Serum bulu mata adalah produk perawatan yang dibekali komponen khusus untuk memelihara bulu mata agar tidak mudah rusak. Biasanya, serum bulu mata diedarkan dengan ragam fungsi, contohnya memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Beberapa produk ditanamkan bahan lain untuk memperkuat bulu mata sekaligus menjadikannya lentik. Sebaiknya, Anda mengutamakan produk kaya akan nutrisi agar bulu mata menjadi kuat, panjang, dan sehat.

Cara Memilih Serum Bulu Mata

Jika Anda belum tahu apa saja pertimbangan saat membeli serum bulu mata, di bagian ini kami akan rincikan secara singkat. Mari disimak!

Pilih yang Mengandung Komponen untuk Merawat Bulu Mata

Serum bulu mata diperuntukkan menjalankan sederet fungsi berdasarkan komponen yang dicantumkan. Secara umum, produk serum bulu mata mengandung biotin, castor oil (minyak jarak), hyaluronic acid, panthenol, dan peptide. Beragam komponen ini memiliki peranannya masing-masing untuk bulu mata. Apa saja?

Biotin: Menjaga Proses Pertumbuhan Bulu Mata tetap Optimal

Biotin adalah jenis vitamin B kompleks, tepatnya vitamin B7, yang paling umum ditemukan dalam serum bulu mata. Kandungan ini berfungsi menumbuhkan bulu mata. Walau belum ada penelitian lebih lanjut yang menyebutkan efektivitas biotin untuk merangsang pertumbuhan bulu mata, sederet orang mengalami perubahan bulu mata tampak lebih panjang setelah rutin mengonsumsi suplemen biotin.

Jika Anda mempunyai bulu mata pendek, tidak ada salahnya membeli serum bulu mata yang mengandung biotin. Sementara itu, orang dengan kondisi kekurangan biotin akan lebih optimal menerima kebaikan biotin dalam meningkatkan pertumbuhan bulu mata.

Castor Oil: Biasa Dijadikan Bahan DIY untuk Membantu Mempertebal Bulu Mata

Di Youtube atau websitewebsite DIY, banyak konten yang membahas penggunaan castor oil untuk membantu menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Sebenarnya, castor oil atau lebih akrab dengan sebutan minyak jarak berkhasiat untuk mencegah kerusakan rambut.

Berkat kemampuannya menekan kerusakan bulu mata, castor oil termasuk salah satu bahan aktif yang hampir selalu ditemukan pada serum bulu mata. Jika diaplikasikan untuk treatment DIY, castor oil akan memberikan efek glossing dan coating sebagai ilusi yang memperlihatkan bulu mata lebih tebal.

Peptide, Panthenol, dan Hyaluronic Acid: Membuat Bulu Mata tetap Lentik dan Tidak Mudah Patah

Serum bulu mata mengandung bahan pelembap untuk menjaga bulu mata terhidrasi dengan baik. Peptide, panthenol, dan hyaluronic acid adalah komponen aktif yang bertindak sebagai agen pelembap. Ketiga bahan ini akan mengikat air sehingga bulu mata semakin lentur.

Selain itu, keberadaan unsur pelembap ini ikut menambah ilusi bulu mata terlihat tebal. Jika Anda mengalami permasalahan bulu mata kering, menggunakan serum bulu mata berkandungan pelembap akan membuat bulu mata semakin lentur, lentik, dan tidak gampang patah.

Pilih Serum dengan Fungsi sesuai Kebutuhan Anda

Hal lain untuk diperhatikan saat membeli serum bulu mata adalah mengecek formula utamanya. Sebaiknya Anda memilih produk sesuai keperluan atau mengerjakan peran khusus mengatasi permasalahan yang Anda hadapi.

Untuk Menumbuhkan Bulu Mata, Temukan Serum dengan Bahan Penumbuh Rambut

Punya bulu mata pendek, bervolume sedikit, dan jarang-jarang membuat Anda kurang percaya diri? Cobalah atasi problem tersebut menggunakan serum yang mengandung bahan penumbuh rambut. Pemakaian rutin setiap hari dibantu penutrisian dari asupan makanan, dalam beberapa minggu Anda akan melihat perbedaan yang cukup signifikan.

Zat yang biasa diandalkan untuk menumbuhkan rambut pada sebuah serum antara lain Octapeptide-2 dan procapil. Octapeptide-2 merupakan formula penumbuh rambut dengan peranan memicu struktur folikel bulge sebagai pembentuk matriks rambut. Kemudian, procapil akan mendukung pertumbuhan rambut baru serta memeliharanya agar lebih indah. Kedua bahan ini memang tidak melulu ada, namun alternatif lain biasa digunakan dengan fungsi serupa.

Untuk Bulu Mata Kering, Carilah Produk berkandungan Bahan Pelembap

Bulu mata kering menjadi pertanda minimnya kandungan pengikat air pada kulit. Bagi Anda yang mengalami bulu mata kering, pilihlah serum dengan kandungan pelembap di dalamnya. Biasanya, glycerin, hyaluronic acid, aloe vera extract, dan kolagen dipilih sebagai bahan pelembap ke dalam product ingredients.

Dengan menjaga kelembapan bulu mata, bukan hanya masalah kekeringan yang teratasi, tetapi secara bertahap Anda akan melihat perubahan tampilan mengesankan pada bulu mata. Terlebih bila serum bulu mata Anda dilengkapi bahan penutrisi, tentu bulu mata semakin kuat dan cantik.

Untuk Memperbaiki Kerusakan, Pilihlah Serum yang Mengantongi Hair Repair Formula

Serum untuk memperbaiki kerusakan cocok dipilih oleh Anda yang pernah melakukan penanaman bulu mata (eyelash extension), pengeritingan bulu mata (eyelash perming), atau biasa mengenakan bulu mata palsu (fake eyelashes). Perlakuan-perlakuan semacam ini memperbesar potensi kerusakan bulu mata.

Salah satu kandungan serum untuk membantu mengatasi kerusakan bulu mata adalah panthenol. Zat ini akan mengatasi kerusakan rambut melalui efek hair repair-nya. Selain panthenol, bahan lain berupa ginseng extract dan sembli extract juga efektif melancarkan peredaran darah agar treatment yang Anda berikan semakin optimal.

Pilih Serum Bulu Mata berdasarkan Bentuk Aplikatornya

Kemudahan penggunaan serum bulu mata tidak hanya bergantung pada keahlian pengguna. Di sisi lain, tipe aplikator memainkan peran cukup penting. Nah, serum bulu mata mempunyai beberapa bentuk aplikator, yaitu sikat maskara (mascara brush/mascara wand), pulpen (pen type), dan spons halus atau chip. Perbedaan di antara ketiga aplikator tersebut akan kami jelaskan di bawah ini!

Pen Type: Ujung yang Tipis Mempermudah Proses Pengaplikasian

Aplikator berbentuk pena memungkinkan pengguna meratakan serum pada garis mata. Ujung kuas tipisnya membantu Anda mengaplikasikan serum secara presisi. Walau menyerupai bentuk pulpen, ujungnya runcing dan tipis didesain lembut sehingga membuat risiko irtiasi mata semakin rendah.

Hanya dengan sedikit effort, Anda sudah bisa mendapatkan hasil pulasan serum yang merata. Akan tetapi, aplikator semacam ini sedikit merepotkan ketika ingin diaplikasikan ke ujung bulu mata. Jadi, meski di satu sisi memudahkan, Anda yang belum cukup pengalaman dalam mengaplikasikan makeup mata mungkin akan kesulitan.

Mascara Brush Type: Meratakan Cairan Serum sekaligus Melentikkan Bulu Mata

Sikat maskara adalah aplikator paling banyak ditemukan pada produk serum bulu mata. Barang tentu, aplikator ini lebih banyak digemari karena baik pemula atau expert sudah terbiasa menggunakan maskara dalam kesehariannya. Disebut juga mascara brush atau mascara wand, aplikator ini memungkinkan pengaplikasian dalam waktu singkat.

Bentuk sikat panjang serta lebar memudahkan Anda meratakan cairan serum. Tak hanya itu, mascara brush type dapat pula dipakai untuk menciptakan efek bulu mata lentik. Oleskanlah serum dari akar menuju ujung bulu mata dengan gerakan ke atas atau mengangkat, niscaya bulu mata Anda lentik seketika!

Chip Type: Ideal untuk Anda yang Memasang Eyelash Extension

Beberapa tipe aplikator kurang cocok untuk Anda yang menggunakan eyelash extension. Misalnya saja aplikator berbentuk sikat maskara, tidak teliti menggunakannya memperbesar risiko bulu mata extension tersangkut dan lepas. Oleh sebab itu, alternatif lain untuk pengguna eyelash extension adalah aplikator chip type.

Tipe ini terbuat dari spons utuh berdesain sedikit runcing atau gembung. Serum mata dengan aplikator chip tidak hanya menawarkan kemudahan pakai, tetapi kenyamanan pun akan teraih berkat karakteristiknya yang lembut. Untuk Anda yang khawatir lem ekstensi bulu mata terkelupas, serum bulu mata beraplikator chip opsinya!

Cek Zat Aditif yang Terkandung untuk Meminimalisir Iritasi

Mata adalah organ tubuh yang sensitif. Sembarangan memilih kosmetik mata dapat menimbulkan iritasi. Oleh sebab itu, penting agar memilih serum bulu mata yang rendah iritasi. Upayakan untuk membeli serum bulu mata tanpa bahan aditif seperti pewarna buatan, pewangi buatan, dan pengawet.

Sebisa mungkin, pilihlah serum yang banyak mencantumkan free-system pada kemasannya. Serum bulu mata dengan keterangan “ophthalmologist-tested “ lebih direkomendasikan untuk Anda pilih karena menandakan produk telah diuji tidak menyebabkan iritasi pada mata.

Untuk Pengguna Eyelash Extension, Periksa juga Keamanannya

Bagi Anda yang menggunakan ekstensi bulu mata, pilihlah serum yang tidak akan mengelupas lem extension sehingga menyebabkan copotnya ekstensi bulu mata. Beberapa produk yang aman untuk pengguna eyelash extension kami cantumkan di bawah ini. Tidak perlu khawatir!

10 Rekomendasi Serum Bulu Mata Terbaik

Berikutnya, kami telah siapkan sepuluh serum bulu mata terbaik sebagai referensi pilihan untuk Anda. Beberapa produk mengantongi label aman dari BPOM yang nomor registrasinya bisa dicek di https://cekbpom.pom.go.id/. Pilihlah serum bulu mata yang tak hanya bagus, tetapi juga aman untuk merawat bulu mata Anda. Selamat memilih!

1. Indoganic Brow & Lash Serum

Serum lokal untuk ciptakan bulu mata shiny

Punya masalah bulu mata mudah rontok dan alis kurang tebal yang menurunkan rasa percaya diri saat berpenampilan? Jangan khawatir lagi, Anda bisa coba gunakan serum bulu mata dari Indoganic. Produk ini mampu memanjangkan bulu mata agar lebih lentik sekaligus untuk menebalkan alis Anda.

Selain menawarkan dua fungsi utama, kandungan yang ada di dalamnya juga bisa memperkuat akar rambut alis dan bulu mata Anda sehingga tidak mudah rontok. Cara penerapannya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan serum pada bulu mata dan alis setiap malam. Pastikan bulu mata adn alis bersih sebelum pengaplikasian agar hasilnya lebih maksimal.

Kandungan utama Organic castor oil, wheatgerm oil, sweet almond oil, dan organic argan oil
Klaim fungsi Memanjangkan, menebalkan, menyuburkan, melembapkan, dan menumbuhkan bulu mata
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Bulu mata dan alis
Keamanan BPOM NA18191234109
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 10 ml
Kisaran harga Rp109.000

2. DHC Eyelash Tonic

Pilihan ideal untuk pengguna eyelash extension

Impian untuk miliki bulu mata lebat, lentik, dan kuat bukan hanya khayalan lagi! Bersama DHC Eyelash Tonic, tak lama lagi keinginan tersebut terwujud! Berbeda dengan produk eyelash serum lainnya, produk dari DHC ini dibuat dengan bahan-bahan alami sehingga sangat aman digunakan untuk memanjangkan bulu mata.

Produk ini tidak perih di mata, sehingga nyaman dan jauh dari perasaan waswas. Anda bisa menggunakannya secara rutin di malam hari atau sebelum mengenakan mascara. Untuk Anda yang mengeluh soal kerontokan bulu mata dan rapuh setelah melakukan ekstensi bulu mata, produk ini wajib dicoba untuk cegah kerusakan dan mendorong pertumbuhan bulu mata kembali optimal.

Kandungan utama Aloe barbadensis leaf juice, swertia japonica, willow bark extract, comfrey leaf extract, olive leaf extract, dan ginseng root extract
Klaim fungsi Memperkuat, mencegah kerusakan, meringankan, menghidrasi, dan menutrisi bulu mata
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Akar sampai ujung bulu mata
Keamanan BPOM NA22191205366
Untuk eyelash extension
Ukuran 6,5 ml
Kisaran harga Rp200.000

3. Apotcare Optilash Lash Enhancing Serum

Bulu mata panjang nan lentik bukan lagi sebatas mimpi!

Apotcare Optilash Lash Enhancing Serum adalah aerum bulu mata berwarna transparan yang dapat meningkatkan volume bulu mata hingga 66% dalam 28 hari. Untuk Anda yang mengalami masalah bulu mata rontok atau kurang lentik, produk ini akan menunjang pertumbuhan bulu mata dengan maksimal.

Mengingat area mata yang sensitif, tentu kualitas produk ini lebih aman berkat ophthalmologist-tested formula-nya. Di dalam serum ini tersimpan polypeptide P226 dan Optiwire untuk melembabkan dan menutrisi bulu tanpa menyebabkan kemerahan atau iritasi. Cukup goreskan pada akar bulu mata rutin di pagi dan malam hari, tak lama kemudian hasilnya pun terlihat!

Kandungan utama Panthenol, allantoine, dan biotinoyl tripeptide-1
Klaim fungsi Melembapkan, memanjangkan, menutrisi, dan melindungi bulu mata dari kerusakan
Tipe aplikator Pen
Area penggunaan Akar bulu mata
Keamanan Ophthalmologist-tested, non-irritating formula
Untuk eyelash extension
Ukuran 3,5 m
Kisaran harga Rp690.000

4. Erto’s Eyelash Serum

Memanjangkan bulu mata tidak pernah senyaman ini!

Bagi Anda pecinta produk Erto’s Beauty, ada kabar baik bilamana saat ini Anda bermaksud membeli serum bulu mata. Eyelash Serum keluarannya telah dipercaya banyak orang sebagai produk treatment untuk menghasilkan bulu mata panjang dan lebat.

Anda tidak perlu khawatir mengalami iritasi saat menggunakan produk ini. Sebab, Erto’s Eyelash Serum tersusun dari bahan-bahan alami yang teruji aman oleh BPOM. Di samping mengatasi bulu mata yang botak agar tumbuh kembali, produk ini akan membuat bulu mata Anda lebih hitam.

Kandungan utama Camellia sinensis leaf extract, ricinus communis seed oil, dan olea europaea fruit oil
Klaim fungsi Menebalkan, menghitamkan, melentikkan, melembutkan, memanjangkan, dan memperkuat akar bulu mata
Tipe aplikator Tube
Area penggunaan Akar bulu mata
Keamanan BPOM NA18161200517
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 10 ml
Kisaran harga Rp86.000

5. Silver Swan Max Lash Enhancing Serum

Menjanjikan hasil signifikan hanya dalam 2 bulan!

Sedang mencari produk serum bulu mata yang menjanjikan hasil cepat? Produk terobosan Silver Swan ini bisa Anda masukkan ke dalam wishlist. Tak perlu ragu lagi memilih produk ini karena produknya terbuat dari 100% minyak alami untuk memastikan keamanannya.

Bersama Max Lash Enhancing Serum ciptaan Silver Swan, Anda akan peroleh bulu mata tebal, panjang dan lentik kurang dari 6-8 minggu! Selain tidak menunggu waktu lama untuk melihat hasil, serum ini hanya perlu Anda aplikasikan sedikit secara rutin 2x sehari. Cepat dan hemat!

Kandungan utama Rucinus communis (castor) seed oil, prunus dulcis (almond) oil, cocos nucifera (coconut) oil, eclipta prostrata (false daisy) oil, dan tocoheryl acetate
Klaim fungsi Memanjangkan dan menutrisi bulu mata
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Akar sampai ujung bulu mata
Keamanan Terbuat dari 100% natural oil
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 11 ml
Kisaran harga Rp100.000

6. Etude House My Lash Serum

Katakan “Goodbye!” pada kerontokan bulu mata berlebih!

Pecinta produk kosmetik Korea perlu menjajal serum bulu mata keluaran Etude House berikut. Produk ini dirancang khusus untuk mengatasi masalah bulu mata rapuh dan rontok. Bila Anda melakukan tanam bulu mata atau sering mengenakan maskara, produk ini akan memperkuat akar bulu mata supaya tidak gampang rontok.

Etude House My Lash Serum bekerja menutrisi bulu mata agar sehat dari akar hingga ke ujungnya. Meski demikian, satu hal yang disayangkan dari produk ini yaitu masih mengandung paraben. Oleh sebab itu, gunakanlah mengikuti anjuran pakai agar tidak menimbulkan reaksi iritasi.

Kandungan utama Biotin, ginseng extract, aloe vera leaf extract, dan dangyak extract
Klaim fungsi Menutrisi bulu mata agar tidak mudah rontok
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Akar sampai ujung bulu mata
Keamanan Masih mengandung paraben
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 9 g
Kisaran harga Rp65.000

7. Nutrishe Nutrilash Eyelash & Eyebrow Serum

Aman untuk orang dewasa, juga anak-anak!

Apakah Anda membutuhkan serum bulu mata yang menjamin terbebasnya risiko iritasi? Cobalah Nutrilash Eyelash & Eyebrow Serum, kandungannya didesain secara aman menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak membuat mata merah, gatal, dan iritasi.

Hanya dalam satu produk, Anda akan meraih dua manfaat sekaligus. Pertama, serum ini bekerja melembapkan setiap helai bulu mata supaya tampak lentik. Kedua, efek lentiknya dibantu oleh penutrisian dari dalam sehingga pertumbuhan bulu mata menjadi optimal!

Kandungan utama Virgin coconut oil, rose flower oil, argan oil, grape seed oil, castor oil, almond oil, biotin, dan olive fruit oil
Klaim fungsi Mempercepat pertumbuhan bulu mata
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Bulu mata dan alis
Keamanan BPOM NA18191232012
Untuk eyelash extension
Ukuran 15 ml
Kisaran harga Rp80.000

8. Pulchra Oilash Lash & Brow Natural Serum

Berukuran mungil dengan packaging botol pipet, praktis untuk travelling!

Mau punya eyebrow yang on fleek ditemani bulu mata yang lentik? Anda bisa dapatkan keduanya hanya dengan Pulchra Oilash Lash & Brow Natural Serum. Dikemas dengan botol pipet, serum ini praktis dibawa ke mana-mana, bahkan ketika Anda travelling sekalipun!

Tidak perlu waspada berlebih saat menggunakannya karean Pulchra mengandalkan bahan alami yang bukan hanya aman, tetapi tidak ditambahkan zat pengawet. Anda cukup meneteskan 2 – 3 tetes pada aplikatornya, bulu mata siap dipulas layaknya maskara.

Kandungan utama Cocos nucifera (coconut) oil, vitis vinifera (grape) seed oil, ricinus communis (castor) seed oil, persea gratissima (avocado) oil, prunus amygdalus dulcis (sweet almond) oil, dan tocopherol
Klaim fungsi Menumbuhkan, memperkuat akar, dan melentikkan bulu mata
Tipe aplikator Mascara brush
Area penggunaan Akar sampai ujung bulu mata
Keamanan Aman untuk segala usia (termasuk anak-anak), tanpa pengawet, tanpa pewarna, tanpa pewangi, dan tanpa tambahan bahan kimia lain
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 20 ml
Kisaran harga Rp85.000

9. Shiseido Adenovital Eyelash Serum

Tidak mengandung pewarna dan pewangi sintetis

Khusus untuk Anda yang alergi pada produk serum berkandungan fragrance, serum bulu mata besutan Shiseido ini merupakan rekomendasi terbaik. Serum ini terbuat dari komponen alami berupa ekstrak buah ziziphus jujuba berpadu glycerin yang akan memanjangkan, menguatkan, dan melentikkan bulu mata melalui efek lembapnya.

Shiseido Adenovital Eyelash Serum menggunakan aplikator chip berwujud spons panjang untuk mempermudah proses penerapan. Berkat bentuk aplikator spons demikian, serum ini sangat friendly bagi para pemula sejak pemakaian pertama. Satu lagi, Shiseido menyuguhkan formula eyelash nurturing complex untuk menghasilkan bulu mata lentik sehat.

Kandungan utama Panax ginseng extract (carrot extract), Sophora extract (coudine extract), sansho extract, arunica extract, dan hop extract
Klaim fungsi Memanjangkan dan menebalkan bulu mata
Tipe aplikator Chip
Area penggunaan Bulu mata dan alis
Keamanan Tanpa pewangi dan pewarna
Untuk eyelash extension Tidak disebutkan
Ukuran 6 g
Kisaran harga Rp273.000

10. FEG Eyelash Enhancer

Membuat bulu mata lebih kuat dan lebat hanya dalam 20 hari!

Tidak percaya diri akibat bulu mata jarang-jarang, pendek, dan kurang pekat? Tenang, ada satu solusi untuk mengatasi seluruh permasalahan Anda tersebut: FEG Eyelash Enhancer! Serum ini berkomposisikan 100% bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping apa pun asalkan penerapannya berdosis tepat.

Di samping mengutamakan keamanan produk, FEG melengkapi serum ini dengan asam amino alami untuk mempercepat pertumbuhan folikel bulu mata. Itulah mengapa, FEG Eyelash Enhancer diklaim sanggup memperlihatkan hasil pada hari ke-20 setelah penggunaan pertama.

Kandungan utama Purified water, disodium phosphate, dan cellulose gum
Klaim fungsi Memanjangkan, menggelapkan, dan menebalkan bulu mata
Tipe aplikator Pen
Area penggunaan Akar bulu mata
Keamanan Tanpa pewangi buatan, tanpa bahan beracun, tanpa bahan kimia, non-animal testing, tanpa iritasi, dan 100% natural
Untuk eyelash extension
Ukuran 3 ml
Kisaran harga Rp120.000

Cara yang Aman Menggunakan Serum Bulu Mata

Sudah berhasil menemukan serum bulu mata yang tepat dengan kebutuhan Anda? Jika sudah, pastikan Anda cermat mengaplikasikan serum agar tidak mengiritasi mata. Pada kemasan produk biasanya dicantumkan cara memakainya, yakni memulai pengaplikasian dari akar menuju ujung bulu mata. Walau tampak mudah, Anda perlu berhati-hati untuk menghindari cairan serum masuk ke mata.

Cara paling mudah menggunakan serum bulu mata adalah dengan bantuan aplikator. Jadi, sebisa mungkin pilih produk yang dilengkapi aplikator, entahkah bentuk pen, mascara wand, atau chip. Selain ketiga bentuk aplikator tersebut, serum bulu mata juga mempunyai aplikator lain, misalnya tube yang dituang tepat ke garis mata atau comb yang dioles langsung dengan jari.

Sebelum memulas serum, pastikan bulu mata bersih, kering, dan tidak berminyak. Bersihkanlah bulu mata dengan micellar water yang aman untuk kulit sensitif seperti area mata. Ketika siap, balurkan serum ke tiap helai bulu mata arah gerakan dari bawah ke atas. Pakailah serum secara teratur setiap malam menjelang tidur atau siang hari sebelum merias makeup.

10 Rekomendasi Micellar Water Terbaik untuk Membersihkan Makeup

Kesimpulan

Serum bulu mata akan membantu Anda memperoleh bulu mata yang ternutrisi. Dengan demikian, masalah seperti kerusakan, kerontokan, dan kekeringan akan teratasi dengan baik olehnya. Sampai sini, kita sudah melihat rekomendasi serum bulu mata terbaik. Jadi, manakah produk yang kemungkinan akan Anda beli? Semoga serum bulu mata pilihan Anda bekerja baik mengoptimalkan kesehatan bulu mata Anda, ya!

(Visited 2.871 times, 28 visits today)