Written by 00:36 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Pelentik Bulu Mata Terbaik

Pelentik bulu mata atau eyelash curler adalah perangkat kosmetik untuk menaikkan bulu mata agar terlihat lentik. Berbagai alat pelentik diproduksi merek-merek yang barangkali familier buat Anda, seperti Shu Uemura, Masami, Shiseido, dan lainnya. Ada alat yang menjepit bulu mata secara menyeluruh, namun beberapa produk didesain untuk melentikkan per bagian bulu mata.

Anda berencana mengenakan penjepit bulu mata pertama kali, atau ingin mengganti produk andalan Anda yang lama? Kali ini, kami akan menampilkan pelentik bulu mata terbaik dengan jenis, kinerja, merek, dan rentang harga berbeda-beda. Anda tak perlu bingung memilih karena tips memilihnya akan kami ulas juga. Bookmark artikel ini untuk temukan pelentik bulu mata yang bagus dan cocok dengan Anda!

Cara Memilih Pelentik Bulu Mata

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin untuk Anda perhatikan ketika memilih pelentik bulu mata. Untuk mendapatkan bulu mata yang lentik sempurna, alat penjepit yang Anda gunakan harus sesuai dengan bentuk kelopak mata, serta pastikan materialnya nyaman, aman, dan tidak menimbulkan alergi. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Pilih Jenis Pelentik berdasarkan Tingkat Kemudahannya

Hal penting yang membantu Anda temukan alat pelentik ideal adalah menyesuaikan jenis pelentik dengan kelopak dan bentuk mata. Kebanyakan pelentik bulu mata berdesain klasik yang mampu menjangkau seluruh bulu mata.

Namun, akhir-akhir ini alat pelentik memiliki dua bentuk lain, yaitu bentuk standar yang menggunakan pegas dan pelentik bulu mata berukuran mini untuk melentikkan per bagian bulu mata. Ayo kita cek satu per satu keunggulan dan kekurangan di antara masing-masing jenis pelentik bulu mata ini.

Jenis Klasik untuk Kemudahan Mengatur Kelentikan Bulu Mata

Pelentik bulu mata klasik merupakan tipe paling umum yang cocok digunakan untuk segala bentuk kelopak mata, baik itu kelopak mata monolid, double lid, maupun hooded. Jenis ini termasuk cepat menghasilkan bulu mata lentik sebab kinerjanya menjepit seluruh bagian bulu mata. Tenaga Anda dalam menjepit alat memengaruhi tingkat curl atau kenaikkan bulu mata.

Bila kelopak mata Anda dalam, kami menganjurkan produk yang lekukan penjepitnya lebih lengkung. Model penjepit yang melengkung bisa mencakup bulu mata lebih efisien dibandingkan penjepit dengan flat curve. Untuk Anda yang memiliki kelopak mata tipis, pelentik bulu mata yang tidak seberapa lengkung alias berkurva datar lebih tepat dipilih.

Jenis Pegas yang Lebih Effortless

Pelentik bulu mata yang dilengkapi sistem pegas membantu Anda peroleh bulu mata lentik dengan risiko bulu mata patah lebih kecil. Pasalnya, keberadaan pegas akan mempermudah pengontrolan tenaga ketika menjepit bulu mata. Tipe ini juga cocok untuk pemula karena mampu hasilkan curl dengan minim tenaga.

Sama halnya dengan pelentik bulu mata klasik, jenis pelentik dengan pegas juga cocok untuk diaplikasikan ke semua bentuk kelopak mata. Dari segi harga, pelentik bulu mata berpegas mungkin lebih mahal sedikit, namun perbedaannya tidaklah signifikan sehingga Anda yang ber-budget terbatas tetap bisa mengakomodasinya.

Jenis Mini untuk Menjepit Bulu Mata per Bagian

Jenis pelentik bulu mata mini memiliki bentuk fisik seperti gunting kuku (nail clipper). Jika Anda mempunyai kelopak mata tanpa lipatan (monolid), tipe ini ideal digunakan karena sangat mudah disesuaikan dengan jenis kelopak mata. Oleh karena sifatnya yang melentikkan per bagian bulu mata, Anda pemilik kelopak mata double lid dan hooded pun tetap bisa menggunakan tipe pelentik berukuran mini ini.

Anda yang tertarik mencoba jenis pelentik mini ini mungkin perlu waktu lebih lama untuk meratakan bulu mata. Walau demikian, tipe ini sangat ideal digunakan untuk melentikkan bulu mata bagian bawah yang sulit dilakukan dengan eyelash curler klasik dan pegas. Namun sayangnya, di toko online Indonesia cukup sulit mendapatkan produk pelentik bulu mata mini keluaran trusted brand.

Perhatikan Bagian Penjepit dan Bantalan Karetnya

Selain memperhatikan jenis dan sistem kerja pelentik bulu mata, Anda perlu memastikan bagian penjepit apakah elastis dan mampu terbuka lebar, serta seberapa keras bantalan karetnya. Supaya lebih jelas, kami telah pecah menjadi dua poin terkait hal-hal tersebut di bagian ini.

Pilih yang Penjepitnya Elastis dan Mampu Terbuka Lebar

Bagian penjepit bulu mata akan memengaruhi hasil akhir dari perlakuan Anda terhadap bulu mata. Pilihlah produk yang bagian penjepitnya elastis agar nyaman dipakai. Selain itu, periksa juga kelebaran penjepit karena menjadi penentu seberapa rata dan indah kelentikkan bulu mata yang tercipta.

Pelentik bulu mata yang bagian penjepitnya mampu terbuka lebar juga memudahkan Anda menjepit serta memberi curl yang merata. Selain memastikan mulut penjepit terbuka lebar, sebaiknya Anda pastikan pula mekanisme buka-tutup mulutnya tidak perlu mengeluarkan tenaga keras, namun kinerjanya tetap optimal membengkokkan bulu mata paling tidak 90o ke arah atas.

Sempurnakan Hasil dengan Bantalan Karet yang Kaku

Bantalan karet yang langsung mengenai bulu mata haruslah terbuat dari material aman. Tak hanya itu, bantalan karet pelentik yang dinilai bagus memiliki beberapa kriteria, salah satunya cukup padat dan kaku. Bila bantalan karet terlalu lembut, kemungkinan Anda butuh mengulangi penjepitan sampai bulu mata menghasilkan lentik yang Anda harapkan.

Di pihak lain, bantalan karet yang kaku serta keras juga membantu Anda melakukan jepitan ringan. Harap diingat, bila produk yang Anda pilih tercantum “soft rubber” atau “bantalan karet lembut” pada kemasan, produk tersebut sebaiknya perlu Anda uji coba terlebih dahulu karena biasanya mempunyai bantalan karet lebih lembut daripada bantalan karet standar.

Pilih berdasarkan Panjang Bulu Mata

Bila Anda berbulu mata pendek, pastikan memilih pelentik bulu mata yang ukurannya lebih kecil agar bantalan karet dan bagian penjepit mampu menjangkau hingga bagian terdekat kulit kelopak mata. Ukuran bantalan karet yang pas dapat memaksimalkan bentuk akhir bulu mata Anda.

Bulu mata yang pendek mungkin butuh didekorasi dengan maskara agar tampak panjang dan siap dilentikkan. Tetapi Anda mesti ingat, penggunaan alat penjepit dilakukan setelah mengenakan maskara sehingga tidak ada bulu mata menempel ke karet penjepit.

Gunakan Produk berbahan Plastik untuk Anda yang Alergi Logam

Setelah menentukan pelentik bulu mata berdasarkan jenis dan karakteristik bantalannya, Anda juga perlu memastikan produk yang dipilih tidak menyebabkan masalah. Tak sekadar membeli produk yang melentikkan tanpa mematahkan bulu mata, pelentik bulu mata pilihan Anda sebaiknya terbuat dari material yang tidak menimbulkan alergi.

Bagian gagang dan penjepit berbahan logam nikel dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Maka dari itu, pastikan Anda tidak sensitif terhadap produk logam nikel. Opsi bagi Anda yang ternyata bermasalah dengan produk berlogam, belilah pelentik bulu mata dari material stainless steel yang memadukan logam namun tanpa nikel di dalamnya. Jika ingin lebih aman lagi, sekarang banyak diproduksi alat pelentik dari bahan plastik yang ramah saat menyentuh kulit yang alergi logam.

Utamakan Merek yang Menyediakan Pengganti Bantalan Karet

Saat mencari pelentik bulu mata, Anda harus mengetahui sesering apa Anda akan menggunakan alat tersebut. Jika digunakan setiap hari, bantalan karet lebih cepat menipis. Untuk menghemat budget dan mencegah Anda repot di kemudian hari, kami sarankan membeli pelentik bulu mata dari produsen yang menjual produk dalam bentuk paket. Jadi, selain ada pelentik, ada pula bantalan karet tambahan.

Selain memilih produk yang dilengkapi bantalan karet pengganti, Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas alat. Semakin sering dipakai, ada kemungkinan fungsi alat berkurang. Dari mulai kinerja pegas yang melemah, atau bagian penjepit yang semakin sulit diatur. Bila timbul kendala yang memengaruhi kenyamanan, ada baiknya mengganti pelentik bulu mata Anda ke yang baru.

10 Rekomendasi Pelentik Bulu Mata Terbaik

Sudah tidak sabar ingin melentikkan bulu mata Anda? Mari cari tahu bentuk kelopak, sudut mata, dan panjang bulu mata Anda. Setelahnya, barulah Anda memilih pelentik bulu mata terbaik sesuai kebutuhan. Berikut best recommendation-nya!

1. Shu Uemura Eyelash Curler

Penjepit bulu mata premium untuk hasil lentik effortless

Pelentik bulu mata keluaran Shu Uemura menghadirkan body premium untuk kenyamanan Anda saat menggunakannya. Sudut lengkung didesain secara presisi agar sesuai untuk semua bentuk mata. Bantalan silikonnya memberikan keamanan ekstra dan membentuk lengkung optimal yang mampu menghasilkan bulu mata lentik secara effortless.

Pegangannya dibuat ergonomis untuk memastikan stabilitas dan kemudahan kontrol gerakan. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi yang kukuh dan berkilau sehingga dapat dipastikan keawetannya. Meski harganya cukup tinggi, Shu Uemura menyertakan berbagai kelebihan yang membuat aktivitas menjepit bulu mata semakin nyaman dan mudah.

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti ✔ | 1 buah
Kisaran harga Rp360.000

2. Etude House My Beauty Tool Secret Eyelash Curler

Pilihan dengan harga affordable untuk hasil memuaskan

Sedang mencari produk pelentik bulu mata dengan harga terjangkau? Etude House bisa menjadi pilihan! Klaimnya, produk ini mampu mengangkat dan mengeriting bulu mata berkat ukuran dan bentuk yang pas. Bantalan pelindung berupa karet silicone dapat memudahkan Anda membersihkan sisa mascara hanya dengan sapuan tisu basah!

Dalam kemasannya, produk ini juga dilengkapi tambahan karet sebagai cadangan jika sewaktu-waktu hilang atau karet sudah aus. Penjepitnya termasuk nyaman digunakan meskipun Anda perlu memaksimalkan penggunaannya pada area ujung mata. Dengan manfaat yang ditawarkan, banderol harga produk ini worth it untuk Anda pertimbangkan.

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti
Kisaran harga Rp28.000

3. Shiseido Eyelash Curler

Semakin ergonomis dengan teknologi edge-free design

Menawarkan desain tanpa sudut, produk ini akan memberikan sentuhan lembut dan nyaman untuk meminimalisir kemungkinan kelopak mata ikut terjepit pada saat digunakan. Selain itu, desain seperti ini memungkinkan penjangkauan hingga rambut bulu mata terkecil sekalipun! Sudut lengkungnya mampu menjangkau dari inner corner hingga outer corner untuk mendapatkan bulu mata lentik merata dengan mudah.

Alas silikon yang fleksibel pada bagian penjepit akan menambah proteksi mata Anda. Shiseido juga menyertakan satu buah rubber pad tambahan untuk penggantian. Poin plus lain yang membuat Anda tak lagi ragu memilihnya, pelentik bulu mata ini pernah mendapuk penghargaan Allure Best of Beaut, lho!

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti ✔ | 1 buah
Kisaran harga Rp195.000

4. The ONE Eyelash Curler

Penjepit bulu mata dengan warna ungu lembut yang trendi

The ONE menghadirkan pelentik bulu mata berwarna ungu lembut yang manis di bagian handle grip dan penjepitnya. Desainnya yang manis semakin lengkap dengan kemampuan melentikkan yang mumpuni. Cukup tekan beberapa detik di 3 bagian bulu mata, selanjutnya Anda akan memperoleh hasil bulu mata lifted dan siap ditimpa maskara!

The ONE Eyelash Curler dilengkapi satu bantalan karet pengganti sehingga Anda tak perlu khawatir bila karet hilang atau menipis. Jepitannya pun cukup empuk dan nyaman untuk kelopak mata. Bahannya yang terbuat dari stainless steel membuat alat pelentik ini kuat dan awet untuk pemakaian jangka panjang.

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti ✔ | 1 buah
Kisaran harga Rp51.000

5. Masami Shouko Eyelash Curler

Eyelash curler awet dengan sentuhan warna hitam

Butuh pelentik bulu mata yang kukuh dan elegan? Produk satu ini bisa menjadi pilihan! Bahan stainless steel kuat berpadu warna produk yang hitam mengilap membuat produk ini semakin layak Anda miliki. Di dalam kemasannya tersedia juga satu karet bantalan untuk isi ulang ketika bantalan karet yang pertama kotor, aus, atau rusak.

Desainnya diciptakan untuk mampu menjangkau tiap helai bulu mata agar lebih terangkat dan lentik. Apalagi, kekuatan jepitnya yang stabil tidak akan menyakiti kelopak mata atau menyebabkan kerontokan bulu mata. Produk ini sangat awet karena build quality-nya yang tergolong perfect.

Jenis Klasik
Material bahan Metal
Bantalan karet pengganti ✔ | 1 buah
Kisaran harga Rp88.900

6. Shu Uemura S Curler

Desain inovatif untuk hasil jepitan sempurna

Satu lagi produk pelentik bulu mata besutan Shu Uemura yang masuk dalam list rekomendasi. Desain S curler yang unik ditujukan untuk mendapatkan hasil lebih presisi dan tidak menjepit kelopak mata, memungkinkan Anda mendapatkan hasil lentik yang terpisah, lebih estetik, dan tanpa rasa sakit. Meskipun bagian penjepitnya tangguh, namun tetap lembut saat menekan bulu mata Anda.

Bentuk eyelash curler inovatif ini membuatnya cocok juga digunakan Anda pemilik bulu mata tipis dan pendek. Selain itu, Anda pun bisa dengan mudah mengatur gerakan jepitan berkat S shape-nya untuk hasil lentik maksimal. Secara keseluruhan, pelentik bulu mata Shu Uemura ini mampu memberikan kemudahan penggunaan serta hasil lentik yang memuaskan!

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti
Kisaran harga Rp279.000

7. Tammia Eyelash Curler

Menyediakan warna-warni menarik dengan harga affordable

Tammia Eyelash Curler masuk dalam jajaran produk pelentik bulu mata dengan harga yang bersahabat. Tercipta dalam berbagai pilihan warna, Anda dapat menyesuaikannya dengan kepribadian Anda. Meski dibanderol dengan harga murah, alas penjepitnya berasal dari karet berkualitas dan cukup lembut ketika digunakan.

Kualitas rancangan berbalut stainless steel-nya menjadikan produk ini semakin awet untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, kemampuan melentikkannya juga memiliki keunggulan di atas rata-rata. Anda yang masih pemula bisa memasukkan produk ini ke keranjang makeup Anda karena Tammia menjamin produknya takkan memberi hasil mengecewakan!

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti
Kisaran harga Rp54.900 – Rp65.900

8. Silver Swan Lash Curler (Petite)

Ideal untuk pemula hingga MUA profesional!

Silver Swan mempercayakan desain ergonomis untuk menggaet Anda yang mendambakan penggunaan eyelash curler secara mudah dan cepat. Produk ini  mengutamakan kenyamanan Anda untuk mengangkat bulu mata hingga yang terpendek di inner corner, menjadikannya ideal digunakan oleh pemula hingga makeup artist professional sekalipun.

Menariknya lagi, Anda dapat memanfaatkan pelentik bulu mata ini untuk melentikkan bulu mata palsu setelah ditempelkan ke mata. Tersedia dalam warna rose gold yang cantik dan feminin, Silver Swan dapat menjadi pilihan Anda yang ingin mendapatkan kualitas produk premium di kisaran harga tak sampai ratusan ribu. Affordable price, so worthy!

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti
Kisaran harga Rp79.000

9. LA Girl Lash Curler

Bukaan penjepit lebar untuk Anda yang amatir

Kelopak mata Anda masih sering terjepit saat mengaplikasikan eyelash curler? Pelentik bulu mata dari LA Girl dapat menjadi solusi. Bukaan penjepit yang ekstra lebar membantu mencegah bulu mata tertarik, peluang kelopak mata terjepit pun semakin kecil. Tak cuma itu, curve shape-nya telah didesain agar cocok untuk semua bentuk dan ukuran mata.

LA Girl Lash Curler mampu menghasilkan bulu mata yang lentik dramatis dan memberikan efek intens setelah pemakaian. Tak lupa, pelentik bulu mata klasik ini telah disertakan 1 bantalan karet pengganti untuk menambah ketenangan Anda beberapa bulan setelah pembelian. Desain warna rose gold-nya ikut menambah kesan anggun untuk produk ini!

Jenis Klasik
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti ✔ | 1 buah
Kisaran harga Rp130.000

10. O.TWO.O Eyelash Curler

Budget lash curler dengan kualitas mumpuni

Hadir dalam dua warna netral yaitu perak dan hitam, pelentik bulu mata andalan O.TWO.O ini dibanderol dengan harga sangat murah. Bagi Anda yang membutuhkan budget lash curler, inilah produk yang tepat buat Anda! Meski dari segi kualitas belum sebanding dengan produk lash curler high end, O.TWO.O merancang produk agar tetap tangguh dan ergonomis di tangan.

Bantalan karet terbuat dari non-toxic silicone yang kuat, namun tetap lembut ketika diaplikasikan, Anda pun bebas khawatir besi penjepit menyakiti kelopak mata Anda. Walau terjangkau, pelentik bulu mata belasan ribu ini telah berbahan dasar stainless steel 304 frame yang ringan, namun kekuatannya bisa diandalkan! Beratnya yang ringan menjadikannya semakin praktis dibawa-bawa!

Jenis Pegas
Material bahan Stainless steel
Bantalan karet pengganti
Kisaran harga Rp17.900

Kesimpulan

Setelah berhasil menemukan pelentik bulu mata yang cocok dengan kebutuhan Anda, pastikan untuk selalu mengaplikasikan dengan tepat. Jangan menarik paksa pelentik bulu mata untuk mencegah bulu mata patah, tercabut, atau terasa sakit. Bersihkan alat penjepit dengan tisu pembersih atau air setelah menggunakannya. Selain itu, bantalan karet yang mulai tidak nyaman perlu Anda ganti dengan yang baru.

Penggunaan pelentik bulu mata yang benar akan mengurangi rasa sakit di bulu mata serta mengurangi kerontokan akibat kesalahan pakai. Kemudian, produk yang ideal dapat membantu Anda ciptakan bulu mata lentik dan indah. Kami ucapkan selamat mencoba, semoga Anda puas dengan bulu mata lentik yang menjadi idaman!

(Visited 1.580 times, 21 visits today)