Written by 16:05 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

Bila Anda mengeluh karena kondisi wajah yang kering, serum dengan kekayaan pelembap akan menanggulangi permasalahan tersebut secara bertahap. Di Indonesia, tersedia bermacam pilihan serum wajah untuk kulit kering dari merek-merek seperti Clarins, Mamonde, The Ordinary, Innisfree, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya pilihan, apakah Anda kebingungan memilih serum manakah yang paling tepat memberikan perawatan terhadap kulit kering wajah Anda? Berita baiknya, Anda tidak perlu bingung lagi karena kami akan membeberkan tips pemilihan berikut rekomendasi serum yang sesuai untuk kulit kering Anda. Ayo, kita bahas langsung!

Cara Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kering

Langkah pertama dalam menentukan serum adalah mengetahui kandungan bahan yang tertera pada masing-masing produk. Bila Anda melakukan pembelian secara online, Anda perlu mengecek detail produk pada website resmi sekaligus mengecek review pengguna. Di samping memperhatikan formula yang terkandung, pastikan Anda mengecek poin-poin penting lainnya. Berikut penjelasannya!

Pilih yang Mengandung Formula Pelembap dan Hydrator

Keperluan paling vital dari kulit kering adalah kelembapan. Jika Anda ingin mengurangi kekeringan kulit, carilah serum yang mengandung bahan-bahan dengan fungsi melembapkan. Beberapa komponen terkenal akan fitur menjaga retensi air agar tidak menguap dari dalam kulit, misalnya hyaluronic acid dan glycerin.

Di samping kedua kandungan tersebut, bahan pelembap lain seperti ceramide, kolagen, butylene glycol, propylene glycol, dan trehalose juga dicantumkan sebagai komponen untuk memaksimalkan efek kelembapan pada kulit. Bacalah dengan saksama tabel urutan kandungan yang tertera di bagian belakang kemasan, lalu pastikan produk tersebut cukup banyak memadukan bahan-bahan pelembap, terutama ceramide, glycerin, dan hyaluronic acid.

Carilah Serum berkandungan Antioksidan untuk Melindungi Kulit

Salah satu pemicu kulit menjadi kering adalah paparan lingkungan yang membawa dampak buruk, contohnya kotoran, debu, dan polusi. Apabila tidak ditangani sesegera mungkin, kulit pun semakin kering akibat rusaknya lapisan yang melindungi lapisan terdalam kulit (dermis) oleh radikal bebas. Karena alasan tersebut, kami menganjurkan Anda memilih serum yang dibekali antioksidan.

Serum yang mengandung antioksidan akan membentuk lapisan pelindung kulit terluar.  Antioksidan adalah bahan baik untuk merawat berbagai keluhan kulit, termasuk kulit berjerawat dan kulit sensitif. Sejumlah bahan tinggi antioksidan yang umum disematkan ke dalam ingredients serum antara lain teh hijau, vitamin C, dan vitamin E.

Pilihlah Serum dengan Tekstur yang Paling Nyaman

Akan banyak Anda temukan serum dengan tekstur berbeda-beda, mulai dari watery, gel, losion, hingga menyerupai cream. Daya serap dari masing-masing jenis tekstur pun berbeda. Sebagai produk yang diaplikasikan rutin, penting memilih serum yang teksturnya nyaman di kulit Anda.

Untuk kulit kering lebih dianjurkan memilih serum yang sedikit pekat atau mendekati tekstur gel dengan daya penetrasi baik. Sebisa mungkin hindari tekstur serum yang membuat Anda tidak nyaman, apalagi kalau sampai meninggalkan perasaan lengket setelah menyerap. Pilihlah tekstur serum sesuai kenyamanan Anda, ya!

Pertimbangan jika Memilih Serum berkandungan Alkohol

Alkohol atau etanol di dalam produk skincare dan kosmetik berguna untuk meringankan tekstur dari hasil gabungan formula produk. Dalam hal ini adalah serum, maka serum yang mengandung alkohol akan terasa lebih ringan saat dioleskan ke permukaan kulit.

Selain meringankan tekstur serum, kandungan alkohol juga memungkinkan cairan serum menyerap lebih cepat tanpa meninggalkan kesan lengket atau minyakan pada kulit. Hanya saja, buat Anda yang memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya mengujicobakan serum terlebih dahulu. Belilah produk sampel atau travel size untuk memastikan keamanannya dengan kulit sensitif Anda.

Periksa Komposisi Bahan Lain yang Harus Dihindari

Apabila tujuan utama Anda menggunakan serum adalah untuk mengembalikan kelembapan alami kulit, pastikan untuk menghindari produk yang bersifat iritatif. Retinol merupakan salah satu komponen yang mesti Anda waspadai. Walau sangat efektif melawan tanda-tanda penuaan seperti menyingkirkan keriput dan garis halus, sifatnya sebagai chemical exfoliant akan membuat kulit Anda semakin kering.

Komposisi acid seperti glycolic acid dan salicylic acid sebaiknya Anda hindari pula karena tergolong chemical exfoliant. Jika Anda tetap memerlukan peranan dari kedua bahan acid tersebut, upayakan memilih yang persentase kandungannya rendah. Bila terjadi reaksi kering yang cukup mengganggu, sebaiknya hentikan pemakaian agar kondisi kulit wajah tidak semakin parah.

Pilih Serum yang Beraroma atau Tanpa Aroma?

Buat Anda yang menyukai wewangian, pilihlah serum yang dicampurkan bahan-bahan alami penghasil aroma. Demi menghindari risiko iritasi, kami sarankan Anda untuk tidak memilih serum dengan aroma yang berasal dari wewangian sintetis. Beberapa serum menggunakan bahan alami untuk memancarkan keharuman, seperti green tea, tea flower, dan bunga-bungaan seperti bunga mawar, teratai, dan sebagainya.

Serum yang tidak beraroma juga bisa Anda jadikan opsi ketika tidak menemukan aroma yang cocok. Karena sebuah serum yang diperlukan bukan hanya khasiatnya, maka kenyamanan, baik dari segi aroma, tekstur, dan kemudahan pengaplikasian juga menjadi aspek yang perlu Anda perhatikan.

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

Selanjutnya kami merekomendasikan sepuluh serum wajah yang dirancang khusus untuk merawat kulit kering. Pilihlah serum dengan memperhatikan poin-poin dari tips yang telah kami jelaskan sebelumnya. Selamat memilih!

1. iUNIK Beta Glucan Power Moisture Serum

Solusi praktis untuk mengatasi kulit kering Anda!

iUNIK Beta Glucan Power Moisture Scream merupakan serum asal Negeri Gingseng, Korea Selatan, yang membantu melembapkan serta memberi nutrisi pada kulit kering. Produk ini mempunyai tekstur yang slimy namun cepat meresap ke dalam kulit.

iUNIK Beta Glucan Power Moisture Scream mengandung Beta-Glucan 100%, polisakarida yang dapat ditemukan di beberapa dinding sel tumbuhan. Beta-Glucan sendiri diklaim memiliki kemampuan lebih baik dalam melembapkan kulit kering dibandingkan rekannya,  hyaluronic acid.

Formula pelembapBeta-glucan
Fungsi tambahanMengatasi sel-sel kulit mati akibat polusi, menutrisi kulit
AromaTanpa aroma
TeksturKental, sedikit lengket
KeamananParaben-free, sulfate-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi50 ml
Kisaran hargaRp350.000

2. Clarins Double Serum Complete Age Control Concentrate

Serum anti-aging dengan wangi alami

Clarins Double Serum Complete Age Control Contcentrate merupakan serum anti-aging yang terbuat dari 21 ekstrak tanaman alami. Formula dalam serum ini berfungsi mengurangi tanda-tanda penuaan kulit sehingga menjadikan kulit lebih kencang, bercahaya, serta menghaluskan kerutan dan mengecilkan pori-pori.

Serum untuk kulit kering ini memiliki wangi alami menenangkan dengan tekstur yang tidak membuat kulit terasa berminyak. Penyerapannya pun cepat, namun, dalam beberapa laporan pengguna merasakan sedikit lengket di wajah. Selain untuk kulit kering, Clarins Double Serum Complete Age Control Concentrate cocok digunakan untuk tipe kulit lainnya.

Formula pelembapButylene glycol, glycerin, sodium hyaluronate, tocopherol (vitamin E), ascorbic acid (vitamin C)
Fungsi tambahanMeratakan tekstur kulit, menyamarkan tanda panuaan, mengecilkan pori-pori, menenangkan jerawat
AromaLembut, wangi alami
TeksturKental, sedikit lengket
KeamananParaben-free, sulfate-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free
Isi50 ml
Kisaran hargaRp1.260.000

3. Hanasui Rich Nutrition Serum

Dengan kandungan ginseng merah untuk lawan tanda-tanda penuaan

Untuk membantu mengatasi permasalahan kulit kering, Hanasui meluncurkan tiga varian intense treatment serum, di antaranya Hanasui Rich Nutrition Serum. Serum ini banyak diperbincangkan setelah mendapat review positif oleh salah satu beauty vlogger Indonesia, sekaligus menjadikan varian ini paling populer dibandingkan dua varian lainnya.

Hanasui Rich Nutrition Serum mengandung salah satu bahan skincare paling terkenal di Korea Selatan, ginseng merah yang dipercaya kaya akan kandungan mineral dan vitamin serta dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Untuk kulit kering, serum ini dilengkapi sodium hyaluronate yang membantu melembapkan sekaligus mengencangkan kulit.

Formula pelembapSodium hyaluronate, butylene glycol, propylene glycol, glycerin
Fungsi tambahanMeningkatkan elastisitas kulit (anti-aging)
AromaWangi lembut
TeksturCukup encer, sedikit lengket
KeamananParaben-free, sulfate-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi25 ml
Kisaran hargaRp65.000

4. Clinelle PureSwiss Hydracalm Serum

Efektif menjaga kelembapan kulit wajah selama tiga hari

Serum keluaran brand Clinelle ini berfungsi meningkatkan hidrasi kulit kering, mengunci kelembapan kulit hingga 72 jam, serta melindungi kulit dari iritasi. Kandungan hyaluronic acid, bio-calm complex, dan PureSwiss thermal spring water yang terkandung dalam serum ini membantu menenangkan, memulihkan, dan mempertahankan kulit dari sensitivitas.

Tidak seperti skincare lain, hyaluronic acid yang ada dalam serum ini takkan berdampak buruk pada kulit untuk pemakaian jangka panjang karena berasal dari tumbuhan. Selain melembapkan, hyaluronic acid-ya juga dapat mengembalikan struktur pertahanan kulit dan membentuk lapisan kulit alami.

Formula pelembapChamomilla recutita (matricaria) flower extract, anthemis nobilis flower extract, butylene glycol, propylene glycol, glycerin
Fungsi tambahanMenenangkan dan melindungi kulit dari iritasi
AromaHarum, tidak menyengat
TeksturMild, ringan, cepat meresap
KeamananParaben-free, sulfate-free, alcohol-free
Isi20 ml
Kisaran hargaRp280.000

5. Make Over Hydration Serum

Bebas alkohol dan hipoalergenik

Serum ini mengandung aloe vera, pro-vitamin B, serta vitamin E yang berfungsi melembapkan kulit. Selain itu, produk ini juga cocok menjadi pengganti primer karena dapat mempertahankan make up tetap awet sepanjang hari dan tidak mengelupas.  Ditambah lagi, Make Over Hydrating Serum tidak membuat kulit menjadi berminyak.

Dikemas dalam botol kaca tebal, serum ini akan tetap mengamankan kulit kering Anda meski sedang melakukan travelling. Kehigienisan isi cairan serum tetap terjaga berkat tutup pump yang dicatutkan. Untuk kulit senantiasa lembap di mana pun Anda berada, cobalah Make Over Hydration Serum sekarang juga!

Formula pelembapPanthenol, glycerin, sodium hyaluronate, propylene glycol, butylene glycol
Fungsi tambahanMengencangkan dan mencerahkan kulit secara instan
AromaTanpa aroma
TeksturCair, mirip gel, tidak berwarna
KeamananSulfate-free, alcohol-free, allergen-free, silicone-free
Isi33 ml
Kisaran hargaRp110.000

6. Mamonde Red Energy Recovery Serum

Serum kulit keirng dengan bahan utama bebungaan

Serum asal Korea Selatan ini hadir dalam kemasan yang mengusung warna merah gelap. Mamonde Red Energy Recovery Serum tergolong unik karena terbuat dari bunga-bunga yang telah diteliti selama 28 tahun. Serum ini diklaim dapat membuat kulit lebih cerah, lembap, dan glowing selama lima hari.

Selain mencerahkan dan melembapkan kulit, Mamonde Red Energy Recovery Serum dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang ingin tampak awet muda karena dapat menyamarkan keriput dan garis-garis kulit di wajah. Sebagai pelengkap, serum ini memiliki 8-free hypoallergenic yang artinya menggunakan seminimal mungkin bahan yang memicu timbulnya alergi.

Formula pelembapBeta-glucan, glycerin, tocopherol (vitamin E), butylene glycol, sodium hyaluronate
Fungsi tambahanMenutrisi kulit agar senantiasa sehat
AromaSegar lembut bebungaan
TeksturGel bening, tidak kental, sangat lembut
KeamananParaben-free, sulfate-free, allergen-free, cruelty-free, mineral oil-free
Isi30 ml
Kisaran hargaRp550.000

7. Innisfree Green Tea Seed Serum

Serum dengan bahan dasar teh hijau dari pulau Jeju

Siapa yang tidak kenal merek Innisfree? Brand kecantikan yang lagi-lagi berasal dari Korea Selatan ini banyak digemari penggiat skincare di Indonesia. Innisfree Green Tea Seed Serum yang terbuat dari perasan daun dan teh hijau dari Pulau Jeju ini diklaim dapat melembapkan kulit serta menguatkan skin barrier atau lapisan kulit terluar wajah.

Ketika diaplikasikan pada kulit, cairan serumnya mudah meresap di kulit dan tidak menimbulkan perasaan lengket. Yang lebih istimewa nya lagi, serum ini menjamin perubahan kulit yang lebih kenyal, tampak lebih cerah, serta tidak menyebabkan break out.

Formula pelembapPanthenol, glycerin
Fungsi tambahanMembuat kulit lebih bercahaya
AromaSedikit wangi
TeksturCenderung cair, mudah meresap
KeamananParaben-free, sulfate-free, cruelty-free, silicone-free, allergen-free
Isi80 ml
Kisaran hargaRp306.000

8. The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5

Penyelamat kulit yang dehidrasi

Serum keluaran The Ordinary ini menjadi salah satu serum yang menjadi favorit warga Indonesia. Selain karena harganya yang cukup affordable, The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5 juga dikenal karena ampuh melembapkan kulit. Selain melembapkan, serum yang diformulasikan dari ultra-pure vegan hyaluronic acid  dan vitamin B5 ini dapat menetralkan pH dan meningkatkan hidrasi kulit wajah.

The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5 mempunyai tekstur yang cukup tebal, namun menjadi super watery ketika diaplikasikan ke muka dan sangat cepat meresap. Overall, serum ini cocok digunakan untuk Anda yang sedang mengalami dehidrasi kulit, terutama untuk kulit dengan tipe kering.

Formula pelembapPanthenol, sodium hyaluronate, glycerin
Fungsi tambahanKhusus untuk melembapkan kulit
AromaTanpa aroma
TeksturGel sedikit thick, cepat meresap
KeamananParaben-free, sulfate-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi30 ml
Kisaran hargaRp159.000

9. Avene Hydrance Intense Rehydrating Serum

Mengunci kelembapan kulit selama 24 jam

Serum oil-free yang diformulasikan dari 77% Avène Thermal Spring Water ini diklaim mampu mengunci kelembapan kulit selama 24 jam. Walaupun dibanderol dengan harga cukup pricey, namun harga ini sepadan dengan kualitasnya. Soalnya, selain ampuh melembapkan, serum ini juga dapat menenangkan kulit sensitif sehingga Anda yang memiliki kulit sensitif akan terbantu olehnya.

Wanginya yang harum dan teksturnya yang waterbase membuat serum ini nyaman digunakan. Menggunakan produk ini tidak akan membuat Anda waswas kulit menjadi kering sebab Avene memastikan kandungannya akan mencegah air terevaporasi keluar dari lapisan kulit.

Formula pelembapAvène Thermal Spring Water, glycerin
Fungsi tambahanMelembutkan tekstur kulit
AromaWangi enak
TeksturWatery, cepat meresap
KeamananParaben-free, sulfate-free, cruelty-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi30 ml
Kisaran hargaRp450.000

10. Somethinc HYALuronic B5

Anti kering, anti kusam, dan anti penuaan dini

Mengandung hyaluronic acid 2% dan vitamin B5 sebagai bahan utamanya, Somethinc HYALuronic B5 berperan aktif menjaga kelembapan kulit, mencegah kulit kusam, mencegah penuaan dini, serta menjadikan kulit kenyal, glowing, dan sehat.

Selain itu, serum ini juga dapat melawan jerawat, mengatasi redness, menyingkirkan spot-spot hitam pada wajah, dan meningkatkan tekstur kulit. Produk ini tidak mengandung fragrance atau pewangi sintetis sehingga aman digunakan. Meskipun begitu, aromanya tetap harum dan tidak mengganggu.

Formula pelembapVitis vinifera (grape) seed extract, panthenol, butylene glycol, glycerin
Fungsi tambahanMenghaluskan kulit agar tampak lebih segar
AromaWangi lembut, tidak mengganggu
TeksturRingan, cepat meresap
KeamananParaben-free, sulfate-free, silicone-free, alcohol-free, allergen-free, fungal acne (malassezia) safe
Isi20 ml
Kisaran hargaRp120.000

Lihat juga rekomendasi produk skincare untuk kulit kering lainnya di sini!

Penggunaan skincare bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Mulai dari sabun muka, serum, dan pelembap. Pada kesempatan lain, kami telah merangkum produk skincare untuk kulit kering. Bagi Anda yang berminat, bukalah tautan berikut untuk menuju artikel yang diinginkan. Selamat membaca!

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Kering
10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Kering

Kesimpulan

Perawatan rutin menggunakan serum akan memberikan perubahan signifikan pada kulit wajah Anda yang kering. Berkat kelembapan yang terjaga, wajah pun terhindar dari risiko kerusakan akibat pengaruh eksternal maupun internal. Berdasarkan produk rekomendasi kami di atas, manakah serum wajah terbaik untuk kulit kering pilihan Anda?

Penggunaan serum memanglah penting, namun yang tidak kalah penting lagi adalah mengimbanginya dengan istirahat cukup, sering konsumsi buah-buahan, dan perbanyak minum cairan untuk mencegah dehidrasi. Dengan begitu, Anda pun akan memperoleh kulit yang sehat, lembap, dan tampak awet muda.

(Visited 10.559 times, 3 visits today)