Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Minuman Berenergi (Energy Drink) Terbaik

Minuman berenergi kerap jadi solusi instan untuk meningkatkan energi. Tidak hanya khasiatnya yang manjur, rasanya pun enak. Tak heran, banyak orang mengonsumsinya secara rutin. Terutama, mereka yang berkutat dengan aktivitas fisik yang berat.

Beberapa contoh merek minuman berenergi yang terkenal di Indonesia adalah Red Bull, Extra Joss, dan Proman. Agar tahu mana produk yang paling cocok dengan Anda, di artikel ini kami bahas beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Selain itu, kami juga merangkum sepuluh minuman berenergi terbaik yang beredar di pasaran. Ikuti sampai habis, ya!

Manfaat Minum Energy Drink

Energy drink merupakan minuman yang bisa menambah energi. Fungsi ini dapat terasa berkat campuran kandungan yang berfungsi menstimulasi kerja otak dan produksi energi, yaitu kafein, vitamin B, asam amino, dan bahan lainnya.

Sebagaimana pada kopi, kafein di energy drink berfungsi sama, yakni merangsang kerja otak, meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh sebabnya, efek samping yang mungkin dirasakan setelah minum kopi atau produk berkafein lainnya antara lain insomnia, anxiety, gangguan tidur, kelelahan setelah pengaruhnya hilang, dan seterusnya.

Kandungan vitamin B pada energy drink berfungsi untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Kendati begitu, asupan vitamin B orang pada umumnya sudah dicukupi melalui makanan, kecuali bila mengalami defisit atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Sebab itu, konsumsi energy drink yang memiliki kandungan vitamin B tidak boleh terlalu banyak.

Khasiat energy drink diperkuat dengan ekstrak bahan alami yang secara natural memberi manfaat pada otak dan produksi energi. Salah satu yang paling terkenal adalah gingseng. Tanaman herbal ini punya manfaat positif pada performa otak, merangsang produksi energi dan menyingkirkan kelelahan.

Di balik segala manfaat baiknya, energy drink juga memiliki dampak negatif jika dikonsumsi sembarangan. Mulai dari penurunan kesehatan jantung, peningkatan kadar gula darah, dan risiko kecanduan—terutama pada anak-anak dan remaja. Sebab itu, konsumsilah energy drink dengan bijak. Pelajari kadar kandungannya dengan teliti. Jika Anda punya kondisi medis tertentu, tak ada salahnya konsultasi ke dokter dulu.

Cara Memilih Minuman Berenergi (Energy Drink)

Sudah paham khasiatnya, kan? Di bagian ini kami menjelaskan berbagai hal yang perlu jadi pertimbangan dalam memilih energy drink. Mulai dari tingkat kandungan kafein, gula, dan kandungan lainnya, serta rasa dari minuman berenergi itu sendiri.

Perhatikan Tingkat Kandungan Kafein

blank

Seperti telah kami jelaskan pada pembahasan soal manfaat energy drink, kafein merupakan salah satu kandungan yang perannya paling besar. Kendati begitu, sebagaimana telah dijelaskan pula, konsumsi kafein membawa sederet efek samping. Sebab itu, Anda perlu memeriksa tingkat kandungan kafein energy drink pilihan Anda.

Konsumsi maksimal kafein harian adalah 400 miligram untuk orang dewasa. Untuk anak-anak dan remaja usia 12 sampai 18 tahun batasnya lebih rendah lagi, yakni 100 miligram saja per hari. Perempuan hamil atau menyusui juga disarankan mengonsumsi kafein di bawah 200 miligram. Itu pun dengan catatan harus konsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Karena tingkat asupan kafein harian yang disarankan untuk orang dewasa pada umumnya adalah 400 miligram, artinya jumlah kafein energy drink yang Anda minum harus di bawah itu. Pertimbangkan juga jumlah kafein yang bakal Anda konsumsi dari makanan/minuman lainnya, misalnya kopi dan teh. Anda bisa melihat takaran kafein energy drink pada tabel kandungan gizi pada kemasan.

Perhatikan Juga Kandungan Gulanya

blank

Supaya terasa lebih enak, sebagian produsen energy drink menambahkan gula pada produk mereka. Gula tambahan seperti ini sebenarnya kurang sehat bila jumlahnya terlalu banyak, karena dapat menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko diabetes, atau justru membuat badan lemas (sugar crash). Untuk mengantisipasinya, Anda perlu memeriksa jumlah kandungan gula sebelum mengonsumsi energy drink.

Menurut acuan American Heart Association (AHA), konsumsi gula maksimum untuk laki-kali dalam sehari tidak boleh lebih dari 150 kalori, atau setara dengan 37,5 gram (9 sendok teh). Sementara untuk perempuan adalah 100 kalori atau setara 25 gram (6 sendok teh). Dalam gambaran yang lebih besar, asupan gula tidak boleh melebihi 10 persen dari total kalori yang Anda terima per hari.

Di samping mengikuti acuan jumlah asupan gula, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan pilihan energy drink yang tanpa gula tambahan. Produk seperti ini biasanya mengambil rasa manis dari gula alami yang terkandung bersama ekstrak buah. Selain lebih sehat, produk seperti ini juga tak kalah enak rasanya. Walau memang, energy drink seperti ini biasanya lebih mahal.

Kenali juga Kandungan Stimulan Lainnya

blank

Selain kafein, energy drink juga dilengkapi kandungan stimulan lainnya. Kandungan-kandungan ini berperan sebagai stimulan tambahan di samping kafein. Kombinasinya mungkin dapat meningkatkan keampuhan energy drink.

Vitamin B

Vitamin B secara umum berperan untuk mengubah makanan menjadi energi. Vitamin B mudah larut di dalam air dan terbuang bersama urine. Anda tidak perlu khawatir terjadi penumpukkan di dalam tubuh, selama jumlah asupannya tak berlebihan. Beberapa jenis vitamin yang paling sering terdapat di energy drink adalah vitamin B3 (niasin), B6 (piridoksin), B12 (kobalamin), dan B9 (asam folat).

Asam Amino

Asam amino merupakan zat yang diasosiasikan dengan proses pembentukan otot. Zat ini sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh, tapi beberapa orang tertentu mungkin perlu asupan tambahan dari luar. Jenis asam amino yang paling sering terdapat dalam energy drink adalah taurin. Asam amino ini dapat menstimulasi otak dan memberi efek menenangkan.

Taurin dipercaya dapat meningkatkan metabolisme ketika dikombinasikan bersama kafein. Meski begitu, ada juga mengklaim pengaruhnya tidak besar. Yang jelas, jika energy drink Anda mengandung taurin, pastikan jumlahnya tak lebih dari 3.000 miligram—yang merupakan batas maksimum asupan harian.

Ekstrak Stimulan Alami

Beberapa energy drink menambahkan ekstrak stimulan alami seperti ginseng, guarana, teh hijau, kopi, ginkgo biloba, dan lain sebagainya. Meski biasanya tak berjumlah banyak, keberadaan stimulan seperti ini tetap patut diberi perhatian karena masing-masing memiliki efek samping.

Selain itu, konsumsi bahan-bahan ini juga diiringi terpicunya alergi pada beberapa orang. Sebab itu, lebih baik periksa dulu stimulan alami apa saja yang terkandung dalam energy drink sebelum Anda mengonsumsinya.

Pilih yang Rasanya Cocok dengan Lidah Anda

blank

Energy drink bukanlah obat. Kemanjurannya tidak ditentukan pada seberapa pahit/tidak enak rasanya. Anda tetap dapat menikmati energy drink sebagaimana minuman berperisa biasa. Karena itu, jangan ragu untuk memilih varian rasa yang paling Anda sukai. Salah satu yang paling terkenal adalah rasa buah-buahan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa sekalipun rasanya enak, ini tetap saja energy drink. Konsumsinya perlu dibatasi agar tidak ketagihan dan membawa dampak buruk pada kesehatan. Selain itu, perlu juga diingat bahwa perbedaan rasa mungkin memengaruhi kadar gula yang terkandung pada energy drink tersebut. Jadi tidak ada salahnya untuk memeriksa tabel kandungan produk pada tiap varian rasa.

10 Rekomendasi Minuman Berenergi (Energy Drink) Terbaik

Apakah tenggorokan Anda terasa haus setelah mengikuti pembahasan di atas? Di bagian ini kami merekomendasikan sederet energy drink yang dapat segera melepas dahaga Anda, sekaligus menambah stamina dan daya fokus. Jangan lupa untuk memilih sambil mempertimbangkan aspek-aspek yang terlah dibahas, ya!

1. Red Bull Energy Drink

blank

Sumber: Redbull.com

Merek minuman berenergi yang tak perlu diperkenalkan lagi

Logo dua banteng merah produk ini sering kita lihat di segala macam pertandingan olahraga. Red Bull memang menjadi salah satu merek energy drink paling terkenal di dunia.

Minuman berenergi ini selalu sukses membikin badan terasa enteng. Kandungan kafeinnya yang terbilang cukup tinggi untuk minuman kaleng bakal membuat mata Anda melek seketika.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Cukup efektif menambah energi dan membantu konsentrasi.
  • Pengaruhnya terasa dalam waktu yang relatif singkat.
  • Kemasan kaleng dapat didaur ulang.
  • Mudah dicari di minimarket dan warung.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mengandung tambahan gula.
Jumlah kafein 80 mg
Jumlah gula 11 g per 100 ml
Kandungan Vitamin B3, B5, B6, B12, taurin
Ukuran per kemasan 250 ml
Kisaran harga Rp19.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Monster Energy

Memiliki karakteristik yang lebih kuat

Monster Energy adalah satu lagi energy drink yang mendunia. Minuman berenergi ini memiliki karakter yang lebih kuat dengan jumlah kafein yang tinggi. Satu kalengnya mengandung 120 sampai 160 miligram kafein.

Alhasil, energy drink ini cukup efektif meningkatkan energi untuk waktu singkat. Kendati begitu, kandungan gulanya yang cukup tinggi membuat Anda mesti ekstra teliti jika berniat mengonsumsinya tiap hari.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Variasi rasa banyak. Dengan tingkat kandungan yang berbeda-beda, termasuk kafeinnya.
  • Kafein tinggi membuat pengaruhnya pada tubuh sangat efektif.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kandungan gula cukup tinggi.
  • Mungkin agak susah dicari di minimarket, apalagi warung.
Jumlah kafein 120 mg
Jumlah gula 40 g
Kandungan Vitamin B2, B3, B6, B12, taurin, ekstrak panax gingseng
Ukuran per kemasan 355 ml
Kisaran harga Rp63.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Proman Energenesis

Rasa enak, kafein setara segelas kopi

Tingkat kafein di Proman energy drink kurang lebih setara dengan segelas kopi. Kalau Anda bukan penikmat kopi, minuman berenergi ini kira-kira dapat memberi manfaat yang sama. Pengaruhnya makin dipertajam lagi dengan ekstrak ginseng.

Di lidah, rasa anggur Proman terasa nikmat. Selain itu, di samping kemasan kaleng, terdapat juga kemasan botol kaca untuk memudahkannya dibawa ke mana-mana.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga terjangkau.
  • Ada kemasan kaleng dan botol.
  • Tersedia di semua minimarket.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kandungan gula yang termasuk tinggi.
Jumlah kafein 50 mg
Jumlah gula 26 g
Kandungan Vitamin B3, B5, B6, B12, natrium, ekstrak gingseng
Ukuran per kemasan 200 ml
Kisaran harga Rp5.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Blibli Cek harga & diskon di Tokopedia

4. JNX The Curse

Suplemen pralatihan yang rasanya enak dan bebas gula

JNX The Curse merupakan energy drink bubuk. Untuk meninumnya, Anda perlu melarutkannya dalam air. Varian The Curse khusus dirancang untuk diminum sebelum mulai latihan.

Dengan campuran bahan dan nutrisinya yang banyak, The Curse memberikan pengaruh yang lebih besar dari energy drink langsung minum biasa. Kerennya lagi, terdapat banyak variasi rasa yang bisa dipilih!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kafein ekstra tinggi untuk mendukung aktivitas yang lebih berat, khususnya olahraga.
  • Walaupun bebas gula, rasanya tetap enak. Plus, tidak ada aftertaste yang menempel di lidah.
  • Lebih hemat karena satu kemasan bisa untuk 50 penyajian.
  • Pengaruhnya dapat terasa dalam waktu relatif singkat.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kafein 155 mg per sajian
Jumlah gula Tidak ada gula
Kandungan Beta-Alanine, Creatine Monohydrate, Citric AcidAmplifier Blend       900mg, L-Citrulline, L-Arginine Alpha-Ketoglutarate
Ukuran per kemasan 250 gr untuk 50 penyajian
Kisaran harga Rp330.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Extra Joss

blank

Sumber: Kalbe.co.id

Salah satu minuman berenergi favorit orang Indonesia

Orang Indonesia pasti sudah kenal dengan energy drink satu ini. Extra Joss menjadi favorit untuk segala kalangan berkat rasanya yang enak dan efeknya yang memang terasa di tubuh.

Dari segi kandungan, Extra Joss memiliki stimulan yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin B, taurin, dan kafein. Ada pula ekstrak royal jelly dan ginseng yang memiliki segudang manfaat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harganya murah.
  • Pengaruhnya terasa namun tidak terlalu kuat sehingga bisa dikonsumsi oleh orang yang toleransi kafeinnya rendah.
  • Mudah didapatkan di mana-mana. Tersedia di minimarket, warung, sampai warung kopi.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Khasiatnya mungkin kurang terasa buat beberapa orang.
Jumlah kafein Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kandungan Taurin, vitamin B2, B3, B5, B6, B8, B9, B12
Ukuran per kemasan 4 g
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. KukuBima Ener-G!

Punya variasi rasa yang banyak biar tidak bosan

Bersama Extra Joss, KukuBima juga menjadi minuman berenergi favorit orang Indonesia. Bedanya, kalau Extra Joss hanya memiliki satu varian rasa, KukuBima menawarkan pilihan rasa yang banyak.

Di samping rasa original, ada pula kopi, anggur, mangga, dan perisa buah yang lain. Variasi rasa ini takkan membuat Anda bosan, terutama bila Anda perlu mengonsumsinya setiap hari.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga murah.
  • Efeknya dapat terasa hanya dalam waktu 30 menit setelah diminum.
  • Gampang ditemukan di mana-mana.
  • Ada varian siap minum.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Khasiatnya mungkin kurang terasa untuk beberapa orang.
Jumlah kafein 50 mg
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kandungan Taurin, vitamin B3, B6, B12
Ukuran per kemasan 4,5 g
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Kratingdaeng

Alternatif lebih ringan dan manis dari Red Bull

Kratingdaeng merupakan minuman berenergi asal Thailand yang kemudian dijual ke dunia barat sebagai Red Bull. Perbedaannya, Kratingdaeng memiliki tingkat kafein yang lebih rendah, serta ukuran saji yang lebih sedikit. Jika Red Bull terlalu kuat buat Anda, maka Kratingdaeng dapat menjadi alternatif yang pas. Rasanya pun lebih manis sehingga lebih menarik buat sebagian orang.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya yang sangat manis mungkin lebih disukai beberapa orang.
  • Harga murah.
  • Efek segera terasa hanya beberapa menit saja setelah diminum dan dapat bertahan hingga 3 jam.
  • Mudah ditemukan di mana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kandungan gula tinggi. Satu botol/kaleng sudah nyaris memenuhi jumlah maksimum asupan gula harian.
Jumlah kafein 50 mg
Jumlah gula 25 g
Kandungan Taurin, inositol, vitamin B5, B6, B12
Ukuran per kemasan 150 ml
Kisaran harga Rp4.900
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. BSN N.O.-XPLODE

Memberi ledakan energi sebelum mulai latihan

Kami punya satu lagi suplemen pralatihan untuk Anda. BSN N.O.-XPLODE bakal membikin energi Anda meledak. Efek ini sangat dibutuhkan untuk para atlet.

Minuman ini tak hanya memberi Anda tambahan energi, namun juga meningkatkan ketahanan Anda melalui ramuan beta-alaninnya yang spesial. Hebatnya, kemanjuran N.O.-XPLODE juga diiringi rasa yang lezat dengan lima pilihan rasa buah.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Kafein sangat tinggi. Ideal untuk menunjang latihan berat.
  • Formulasi lengkap dengan stimulan tambahan seperti taurin, natrium, beta-alanin, dan citrulline malate.
  • Rasanya lezat dan manis.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya mungkin cukup mahal buat beberapa orang.
  • Kafeinnya yang tinggi membuatnya tak cocok untuk orang yang sekadar ingin melek atau melakukan aktivitas normal.
Jumlah kafein 275 mg per sajian
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kandungan Vitamin D, B1, B3, B6, B12, asam folat, kalsium, sodium, potassium, taurin
Ukuran per kemasan 1.1 kg untuk 60 penyajian
Kisaran harga Rp745.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Kino Panther

Lebih dari cukup untuk mengusir kantuk saat bepergian

Kalau Anda sekadar ingin mengusir kantuk, maka Panther cup adalah minuman berenergi yang bisa Anda coba. Formulasi kafein, taurin, dan inositol dengan rasa minuman yang kuat dominan asam dijamin bakal membuat Anda melek seketika. Selain itu, karena ukuran kemasannya kecil, konsumsinya mudah dibatasi. Asupan kafein dan gula pun dapat diatur sesuai batas.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa enak.
  • Harganya murah. Tetap hemat jika ingin membeli gelas kedua apabila efek dari gelas pertama tidak terasa.
  • Mudah ditemukan di mana-mana. Baik minimarket maupun warung.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Jumlah persis kafein dan gulanya tidak diberitahukan.
Jumlah kafein Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kandungan Taurin, kafein, inositol
Ukuran per kemasan 175 ml
Kisaran harga Rp1.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Hemaviton Jreng

Berfungsi menambah stamina sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh

Hemaviton Jreng menawarkan ramuan dari kombinasi taurin, multivitamin, ekstrak ginseng, royal jelly, dan madu. Ramuan ini bertujuan meningkatkan stamina, sekaligus mengembalikan kesegaran tubuh jika diminum setelah beraktivitas.

Meskipun jumlah persis kandungan gulanya tidak diberitahukan, produk ini aman untuk dikonsumsi tiap hari. Varian rasanya pun banyak sehingga Anda takkan mudah bosan.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Harga terjangkau.
  • Rasa enak dengan 7 varian rasa.
  • Mudah ditemukan di mana-mana.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Jumlah kafein Tidak disebutkan
Jumlah gula Tidak disebutkan
Kandungan Taurin, vitamin B3, royal jelly, ekstrak gingseng
Ukuran per kemasan 4 g
Kisaran harga Rp8.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Minuman Berenergi (Energy Drink)

Produk Red Bull Energy Drink Monster Energy Proman Energenesis JNX The Curse Extra Joss KukuBima Ener-G! Kratingdaeng BSN N.O.-XPLODE Kino Panther Hemaviton Jreng
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Jumlah kafein 80 mg 120 mg 50 mg 155 mg per sajian Tidak disebutkan 50 mg 50 mg 275 mg per sajian Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Jumlah gula 11 g per 100 ml 40 g 26 g Tidak ada gula Tidak disebutkan Tidak disebutkan 25 g Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Kandungan Vitamin B3, B5, B6, B12, taurin Vitamin B2, B3, B6, B12, taurin, ekstrak panax gingseng Vitamin B3, B5, B6, B12, natrium, ekstrak gingseng Beta-Alanine, Creatine Monohydrate, Citric AcidAmplifier Blend 900mg,   L-Citrulline, L-Arginine Alpha-Ketoglutarate Taurin, vitamin B2, B3, B5, B6, B8, B9, B12 Taurin, vitamin B3, B6, B12 Taurin, inositol, vitamin B5, B6, B12 Vitamin D, B1, B3, B6, B12, asam folat, kalsium, sodium, potassium,   taurin Taurin, kafein, inositol Taurin, vitamin B3, royal jelly, ekstrak gingseng
Ukuran per kemasan 250 ml 355 ml 200 ml 250 gr untuk 50 penyajian 4 g 4,5 g 150 ml 1.1 kg untuk 60 penyajian 175 ml 4 g
Kisaran harga Rp19.900 Rp63.000 Rp5.900 Rp330.000 Rp7.000 Rp7.000 Rp4.900 Rp745.000 Rp1.000 Rp8.000
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Blibli Cek diskon di Tokopedia Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Jadi, energy drink mana yang pengin Anda minum? Sebelum membeli, pastikan untuk menyeleksinya berdasarkan cara memilih yang telah kami bahas. Mulai dari tingkat kandungan kafein, gula, dan kandungan lainnya, serta rasa yang ditawarkan oleh setiap produk.

Kami ingatkan lagi untuk memerhatikan tingkat kafein dan gula pada energy drink yang Anda minum. Jangan mengonsumsinya berlebihan hanya karena rasanya enak. Selain itu, jika Anda punya kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, Anda harus konsultasi ke dokter dulu. Mudah-mudahan minuman berenergi pilihan Anda membawa dampak positif buat kelancaran aktivitas Anda, ya!

Referensi

Are Energy Drinks Good or Bad for You?
https://www.healthline.com/nutrition/energy-drinks diakses pada 11 Juli 2021

No Proof Energy Drinks Harm Blood Vessels, Unhealthy for Other Reasons
https://www.healthline.com/health-news/no-proof-energy-drinks-harm-blood-vessels diakses pada 11 Juli 2021

Energy Drinks’ Potential Effects on the Heart
https://www.healthline.com/health-news/energy-drinks-potential-effects-on-heart diakses pada 11 Juli 2021

How To Choose The Best Energy Drink For You
https://properwild.com/blogs/blog/how-to-choose-the-best-energy-drink-for-you diakses pada 11 Juli 2021

Energy Drink Nutrition Facts, Ingredients, and More
https://www.verywellfit.com/energy-drinks-89052 diakses pada 11 Juli 2021

10 Common Energy Drink Ingredients: What You Need to Know
https://www.eatingwell.com/article/278049/10-common-energy-drink-ingredients-what-you-need-to-know/ diakses pada 11 Juli 2021

How to Decide on the Best Energy Drink Flavors
https://thedrinklabs.com/blog/how-to-decide-on-the-best-energy-drink-flavors/ diakses pada 11 Juli 2021

You may also like

Comments are closed.