Written by 03:00 Kesehatan & Kecantikan

10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Kering Terbaik

Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Kulit wajah yang kering dapat disebabkan oleh beragam faktor eksternal ataupun internal. Saat kondisi kulit menjadi kering, Anda tetap perlu melakukan perawatan seperti menggunakan sabun muka untuk kulit kering dan kusam. Dengan begitu, wajah Anda tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Facial wash untuk kulit kering, kasar, dan disertai garis halus tidak bisa dipilih sembarangan. Biasanya, facial wash yang bagus untuk kulit normal cenderung kering atau kering parah ini mengandung beberapa kriteria. Untuk mengetahui selengkapnya, kami akan menjelaskan cara memilih sabun muka untuk kulit kering beserta membagikan rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!

Apa yang Menyebabkan Kulit Wajah Kering?

Apa yang Menjadi Penyebab Kulit Wajah Kering

Kekeringan kulit mendorong tanda penuaan cepat muncul, seperti garis-garis halus yang nampak sebagai kerutan. Hal ini terjadi dikarenakan enzim kulit yang bertindak memperbaiki kondisi kulit mengalami fase lemah. Saat kulit kering, produksi kelenjar minyak berkurang sehingga terjadilah kerusakan sel dan penuaan.

Terdapat beberapa faktor penyebab kulit wajah kering, di antaranya akibat kekurangan natural sebum protection yang seharusnya menjadi lapisan proteksi di atas permukaan kulit. Karena tidak ada lapisan pelindung ini, maka air yang tersimpan di lapisan kulit mengalami evaporasi atau penguapan lebih cepat.

Di samping lemahnya fungsi skin barrier, menghilangnya kelembapan di lapisan dalam kulit dapat pula terjadi akibat jarangnya menggunakan pelembap atau salah mengenakan pelembap. Pelembap diperlukan sebagai proteksi kulit pertama dari luar yang menjadikan hidrasi kulit tetap terjaga.

Kulit kering juga dipromosikan oleh kebiasaan mencuci wajah dengan produk berdaya pembersih kuat melebihi batas normal pemakaian. Sebaiknya Anda bersihkan dan cuci muka tidak lebih dari dua kali sehari sehingga risiko terkikisnya sebum dan hilangnya lapisan proteksi kulit berkurang. Untuk kulit kering, sabun muka yang digunakan juga haruslah tepat dan diperkaya pelembap.

Cara Memilih Sabun Muka untuk Kulit Kering

Meskipun kulit wajah kering, Anda tetap dianjurkan menjaga kebersihannya. Penting memilih sabun muka yang cocok untuk kulit kering. Hanya saja, pastikan produk tersebut mengandung formulasi khusus untuk kebutuhan orang dengan kulit kering. Supaya tidak salah, berikut kami jelaskan cara memilih sabun muka kulit kering agar Anda mendapatkan produk yang tepat.

Utamakan Produk dalam Bentuk Krim atau Micellar

Utamakan Produk dalam Bentuk Krim atau Micellar

Produk sabun muka di pasaran mempunyai ragam bentuk, mulai dari krim, busa, gel, minyak, micellar, dan bubuk. Sabun muka berbasiskan minyak cocok digunakan hampir segala jenis kulit, namun beberapa bahan dasar lain ditujukan untuk jenis kulit tertentu. Bagaimana dengan kulit kering?

Anda yang berkulit kering dianjurkan menerapkan sabun muka dalam wujud krim atau micellar. Sabun muka berbentuk krim akan membersihkan kulit secara lembut sekaligus menyingkirkan kotoran tanpa menghilangkan kelembapan kulit.

Sedangkan micellar water, produk ini umumnya dirancang sebagai pembersih wajah dari makeup dan kotoran dalam sekali usap. Sabun muka berbentuk micellar memiliki kandungan lebih ringan dan aman serta bebas dari alkohol, sehingga cocok untuk kulit kering dan sensitif.

Pilih Kandungan Bahan yang Kaya akan Pelembap

Pilih Kandungan Bahan yang Kaya akan Pelembap

Kulit yang kendur, terasa kasar, pecah-pecah, serta timbul garis wajah yang cukup jelas dapat menjadi penanda minimnya zat pelembap di lapisan luar sel kulit. Untuk menanggulangi hal ini, orang berkulit kering dianjurkan memilih sabun muka yang mengandung beberapa komponen pelembap.

Gliserin, vitamin E, minyak jojoba, dan urea adalah beberapa kandungan yang dapat mengikat kelembapan kulit sehingga terhindar dari kekeringan. Vitamin E dan dan minyak jojoba termasuk kandungan yang cepat diserap oleh kulit untuk memberi efek melembapkan tanpa membuat kulit terasa berminyak.

Pilih yang Mengandung Alkohol atau Tanpa Alkohol? Cermati Dulu!

Pilih yang Mengandung Alkohol atau Tanpa Alkohol

Kandungan alkohol pada sabun pembersih wajah tebragi menjadi dua jenis, yaitu alkohol dengan berat molekul rendah dan alkohol dengan berat molekul tinggi. Alkohol seperti etanol dan isopropyl alcohol tergolong sebagai low molecular weight alcohol di mana bersifat mudah menguap atau memuai di kulit. Jenis alkohol ini perlu dihindari karena menimbulkan reaksi kimia yang membuat kulit terasa kering.

Beberapa jenis alkohol yang ramah bagi kulit umumnya berasal dari hasil fermentasi olahan minyak (fatty alcohol) sehingga tidak menyebabkan iritasi, justru mampu melembapkan kulit. Fatty alcohol mempunyai perbedaan molekul dengan alkohol golongan ethanol.

Untuk mengenali alkohol jenis fatty, Anda dapat mengecek label pada produk sabun muka yang ingin Anda beli. Fatty alcohol umumnya ditulis sebagai arachidyl alcohol, behenyl alcohol, ceteary alcohol, cetyl alcohol, myristyl alcohol, dan stearyl alcohol. Jadi, bagi Anda yang memiliki kulit kering, memilih sabun muka berkandungan alkohol tetap diperbolehkan, namun pastikan jenisnya adalah fatty alcohol.

Pilih Sabun Muka dengan Daya Pembersih Ringan (Non-Exfoliating)

Pilih Sabun Muka dengan Daya Pembersih Ringan Non Exfoliating

Eksfoliasi dapat menjadikan kulit wajah lebih segar dan bersih dengan cara kerja mengangkat sel-sel kulit mati. Banyak produsen yang menciptakan sabun muka dengan sifat exfoliating. Umumnya, produk pembersih golongan exfoliator mengandung butiran scrub atau bahan kimia semacam alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), dan salicylid acid (SA).

Meski menawarkan hasil pembersihan yang lebih optimal serta berguna mencegah kulit kusam dan berjerawat, Anda yang memiliki kulit kering tidak dianjurkan menggunakan sabun muka dengan sifat exfoliating. Alasannya, sabun muka dengan formula-formula tersebut dapat mengikis kulit dan membuatnya rentan terhadap kerusakan, sehingga wajib dihindari oleh pemilik kulit kering.

Pilih yang Bebas Deterjen, Pewangi, dan Salicylic/Glycolic Acid

Pilih yang Bebas Deterjen Pewangi dan Salicylic Glycolic Acid

Dalam rangka memberi kenyamanan saat proses mencuci muka, tak jarang produsen menambahkan komponen fragrance ke dalam produknya. Sayangnya, keberadaan pewangi tambahan justru dapat menyebabkan kulit semakin kering.

Bukan hanya wewangian saja, kandungan lain seperti deterjen/sodium laury sulfate (SLS), asam salisilat, asam glikolat, dan bahan antibakteri juga perlu dihindari. Carilah sabun muka tanpa deterjen apabila Anda berkulit kering, serta pastikan di dalamnya tidak mengandung salicylic acid dan glycolic acid karena kedua kanudngan ini lebih cocok untuk pemilik kulit berminyak.

10 Rekomendasi Sabun Muka untuk Kulit Kering Terbaik

Jika Anda sedang memerlukan sabun muka untuk kulit kering terbaik, Anda tak perlu bingung lagi dalam menentukan. Berikut kami akan memberikan daftar rekomendasi pembersih wajah yang cocok buat kulit wajah kering Anda.

1. Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Klairs Rich Moist Foaming Cleanser

Kisaran harga: Rp195.000

Facial foam holy grail-nya para pemilik kulit kering!

Terbuat dengan kandungan bahan dasar terbaik untuk kulit wajah kering seperti cantella asiatica, sangat cocok untuk Anda gunakan. Kondisi kulit yang kering dan sensitif juga bisa mengandalkan produk ini. Formula yang lembut dari produk Klairs ini tidak akan membuat kulit wajah terasa ketarik atau tegang setelah penggunaan. Justru, efek yang dihasilkan adalah kulit wajah yang lembab dan lembut.

Bagi yang cocok dengan produk ini tentu akan menjadikannya sebagai holy grail. Bagaimana tidak, produk ini sudah dibuktikan oleh ribuan perempuan Indonesia untuk merawat kulit wajah mereka yang sensitif, kering, dan bahkan berjerawat. Di balik kelebihan tersebut, Klairs Rich Moist Foaming Cleanser ini pemakaiannya perlu diimbangi dengan moisturizer karena sedikit memberikan efek kulit seperti tertarik.

2. CeraVe Hydrating Facial Cleanser

CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Kisaran harga: Rp125.000

Melembapkan secara mendalam berkat kandungan hyaluronic acid-nya

Jika Anda benar-benar menginginkan sabun muka untuk kulit kering dan mencerahkan yang tidak menyisakan efek tertarik pada wajah, maka CeraVe Hydrating Facial Cleanser pilihannya. Dikemas secara khusus untuk keperluan kulit normal dan kering, menjadikannya laris di pasaran. Produk ini bukan hanya bersifat membersihkan, tetapi juga diklaim dapat melembabkan wajah. Di dalamnya terdapat hyaluronic acid untuk menigkatkan kelembaban wajah.

Sedangkan efek melembabkannya sendiri diperoleh dari hasil kerja ceramide yang juga terdapat di dalam produk ini. Zat tersebut juga secara bersamaan membuat kulit terasa kencang dan halus. Produk ini aman digunakan oleh kulit kering karnea tidak mengandung sabun atau busa yang kerap menjadi penyebab kulit kering. Saat digunakan, produk ini tidak mengeluarkan aroma dan rasa dingin. Formula yang ringan menjadikannya mudah dibilas dan tidak menyisakan efek kesat.

3. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Kisaran harga: Rp30.000

Untuk kulit kering yang tergolong parah, ini solusinya!

Sering dihampiri oleh masalah kulit kering yang cukup parah? Jangan khawatir, sekarang Anda sudah bisa menggunakan produk unggulan dari Hada Labo ini. Dirancang khusus sebagai sabun muka untuk kulit kering bagi remaja terbaik, menjadikannya banyak diburu dalam peluncuran pertamanya di Indonesia. Satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum membahas keunggulan dari produk ini adalah aroma yang dimiliki diakui sebagian orang cukup mengganggu.

Bicara soal performa, Anda bisa mengandalkan produk ini sebagai facial cleanser saat kondisi kulit sedang diterpa masalah kering dan kusam. Face wash ini benar-benar bebas dari busa sehingga tak akan memberikan efek licin saat dibersihkan dan kulit tertarik setelah pemakaian. Formula yang dimiliki oleh produk ini cukup gentle sehingga dipastikan aman untuk penggunaan jangka panjang –selama kulit wajah kering dan sensitif.

4. Bioderma Atoderm Gel Douche

Bioderma Atoderm Gel Douche

Kisaran harga: Rp100.000

Sabun muka kulit kering bertekstur gel yang bebas sabun

Ingin mencari facial wash untuk tipe kulit kering yang soap free? Anda bisa memilih Bioderma Atoderm Gel Douche yang mengantongi kriteria tersebut. Formula bebas sabun dari produk ini memastikan kulit yang kering mendapatkan perawatan yang baik. Tekstur gel lembut yang dimiliki oleh Bioderma Atoderm Gel Douche menjadikannya efektif untuk membersihkan sekaligus memberikan efek lembab pada kulit.

Melalui tekstur gel tersebut juga sabun muka untuk kulit kering murah ini mampu memberikan efek menenangkan serta perlindungan terhadap kulit. Apabila Anda pernah mengalami masalah kulit kering yang cukup parah, bahkan sampai terkelupas dan memerah, maka Bioderma Atoderm Gel Douche ini juga sangat bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan permasalahan tersebut. Setelah pemakaian rutin, secara perlahan kandungannya akan memperbaiki kondisi wajah yang bermasalah tadi.

5. Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Kisaran harga: Rp26.000

Murah dan kaya akan bahan-bahan alami

Himalaya punya sabun pembersih kulit wajah yang kering dengan harga pasaran tak mencapai 50 ribu rupiah. Bagi Anda yang punya masalah dengan budget maka kami sarankan untuk menggunakan produk ini. Meskipun murah, kemampuan dari Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash tidak bisa dianggap sebelah mata. Semua itu dikarenakan formulasi bebas sabun dari produk ini yang benar-benar baik untuk merawat kelembaban dan kulit kering serta teregang.

Diperkaya dengan ekstrak lidah buaya yang terkenal baik untuk membuat kulit wajah halus, lembut, dan kenyal. Bukan hanya itu, sabun muka untuk kulit kering dan flek hitam ini juga terbuat dari bahan alami lain berupa ketimun yang bisa mendinginkan dan memberi efek menenangkan pada wajah. Kedua kandungan alami tersebut secara bersamaan akan menciptakan hasil kulit ang segar dan bersinar.

6. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

Kisaran harga: Rp120.000

Mengandalkan vitamin E untuk mengatasi beragam permasalahan kulit

Vitamin E dikenal sebagai zat yang mempunyai efek antioksidan untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit, seperti keriput, kulit terbakar matahari, bekas luka, dan kulit merah disertai gatal bisa disembuhkan dengan penggunaan obat atau salep yang mengandung vitamin E. Sedangkan untuk kulit wajah kering sendiri, Anda bisa memanfaatkan kandungan vitamin E yang terdapat di dalam The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash.

Kandungan zat tersebut akan membuat kulit wajah Anda yang kering kembali segar dan lembut seketika. Pemakaian yang rutin dalam jangka panjang (selama kulit wajah bermasalah dengan kondisi kering) tidak akan memberikan efek buruk. Produk ini juga sangat ampuh untuk mengangkat kotoran dan debu yang masih menempel di wajah setelah aktivitas padat yang Anda lakukan seharian.

7. L’Oreal Paris Hydra Fresh Mild Foam

Loreal Paris Hydra Fresh Mild Foam

Kisaran harga: Rp80.000

Selain bembersihkan, juga efektif mengatasi masalah jerawat!

Hydra Fresh Mild Foam adalah seri sabun muka untuk kulit kering dan sensitif persembahan L’Oreal Paris untuk pelanggan setianya. Sabun pembersih wajah ini dirancang khusus untuk kebutuhan kulit yang kering dan sensitif. Jika Anda juga pernah atau sering mengalami masalah jerawat karena kondisi acne prone, produk ini juga bisa diandalkan. Wajah yang lembut, bersih, dan segar setiap hari bisa Anda dapatkan dari penggunaan rutin facial wash ini.

Sesuai dengan namanya, L’Oreal Paris Hydra Fresh Mild Foam ini bisa dianggap sebagai produk pembersih wajah untuk kulit kering kronis. Bahkan, sebagian orang yang mengaku pernah mengalami kulit terkelupas dan berkerak, bisa sembuh setelah menemukan produk ini. Jadi untuk Anda yang ingin merasakan efek perawatan kulit kering yang sempurna, L’Oreal Paris Hydra Fresh Mild Foam jawabannya!

8. Origins Checks and Balances™ Frothy Face Wash

Origins Checks and Balances Frothy Face Wash

Kisaran harga: Rp125.000

Walau berbusa banyak, formulanya terbukti gentle!

Untuk Anda yang belum tahu, frothy dalam bahasa Indonesia berarti berbusa. Jadi benar sekali, Origins Checks and Balances™ Frothy Face Wash ini adalah sabun muka untuk kulit kering bersisik yang mengandung busa cukup banyak. Anda tak perlu khawatir, keberadaan busa tersebut hanya difungsikan sebagai agen pembersih yang ampuh untuk menyapu kotoran membandel dari dalam pori-pori wajah.

Sedangkan kandungannya sendiri sudah pasti natural sehingga akan gentle saat mengenai kulit wajah yang kering. Produk sabun wajah ini punya aroma lavender yang wangi. Efek menyegarkan juga dapat dihasilkan oleh produk ini lewat kandungan spearmint yang ikut terkandung di dalamnya.  Satu lagi yang tak kalah penting untuk diketahui, Origins Checks and Balances™ Frothy Face Wash ini merupakan produk yang aman karena bebas paraben dan sulfur.

9. Physiogel Hypoallergenic Cleanser

Physiogel Hypoallergenic Cleanser

Kisaran harga: Rp125.000

Tidak menyebabkan alergi dan dipastikan non-comedogenic

Dari namanya tentu Anda sudah bisa menebak kalau Physiogel Hypoallergenic Cleanser ini adalah produk pembersih wajah yang aman digunakan karena tidak memberikan efek alergi. Selain itu, produk ini juga bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyebabkan timbulnya komedo atau bruntusan. Produk ini tidak dibuat dari campuran bahan pewarna, parfum, dan pengawet.

Menurut klaimnya, Physiogel Hypoallergenic Cleanser ini menjadi salah satu sabun muka untuk kulit kering dan berkomedo (bruntusan) yang juga cocok dipakai oleh bayi tanpa memberi efek samping apapun. Formula yang ringan dan bebas sabun menjadi kunci utama mengapa produk ini tidak menimbulkan efek macam-macam bagi kulit. Untuk penggunaannya, Anda bisa menggunakan air ataupun tidak air. Jika ingin dengan air, Anda bisa melakukannya seperti mencuci muka pada umumnya. Sedangkan yang tanpa air cukup dengan mengoles pada wajah dan meratakannya, kemudian dibersihkan pakai tisu lembut atau kapas.

10. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Kisaran harga: Rp150.000

Kandungan utama minyak zaitun untuk mengunci kelembapan kulit

Innisfree tahu betul kebutuhan orang-orang yang bermasalah dengan kulit kering. Lewat pengetahuan tersebut, Innisfree menciptakan produk yang dapat membersihkan sekaligus melembabkan kulit kering Anda. Innisfree menggunakan bahan dasar berupa ekstrak minyak zaitun pada produk ini. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, minyak zaitun sudah terkenal sejak zaman dulu sebagai produk perawatan yang baik untuk kesehatan kulit.

Produk yang menggunakan Golden Olive dari pulau Crete di Mediterania ini menyimpan banyak vitamin dan antioksidan yang secara nyata mampu membuat kulit menjadi bersih. Bukan cuma itu, zat antioksidan dan vitamin tersebut juga akan membebaskan kulit dari gangguan-gangguan seperti kotoran yang menempel dan sisa makeup yang sulit dibersihkan tanpa memberikan efek kering dan tertarik setelah penggunaan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Kulit Wajah yang Kering

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Kulit Wajah yang Kering

Selain penting untuk menggunakan sabun muka untuk kulit kering terbaik, Anda juga perlu tahu teknik mencuci wajah yang benar. Pastikan Anda menggunakan air hangat dengan suhu kurang dari 40° C. Hal ini bertujuan agar sebum atau minyak wajah tidak terangkat banyak sehingga kelembaban alami akan hilang.

Selain itu, upayakan agar Anda tidak membiarkan facial wash terutama bentuk foam berlama-lama menempel pada wajah karena akan memberi dampak negatif terhadap kulit. Anda juga perlu menutup proses pembersihan wajah dengan membasuh kulit menggunakan air dingin, sehingga memberikan efek menenangkan pada kulit wajah.

Kesimpulan

Sabun muka untuk kulit kering dalam bentuk krim atau berbasiskan air adalah yang terbaik. Pertimbangan lain dalam memilihnya adalah memeriksa kandungan pelembapnya, pastikan produk pilihan Anda mengantongi beberapa bahan melembapkan, seperti hyaluronic acid, vitamin E, gliserin, minyak jojoba, dan sebagainya.

Apabila Anda berhasil menemukan produk terbaik dalam daftar rekomendasi di atas, kami sangat senang mengetahuinya! Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, kami harap Anda bersedia membagikannya ke akun sosial media Anda, entah itu Facebook, Twitter, atau bahkan ke teman Anda di WhatsApp. Terima kasih telah membaca!

(Visited 25.316 times, 7 visits today)