Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik

Masakan oriental seperti capcai, sapo tahu, kimchi, dan sejenisnya memiliki rasa gurih dan aroma kuat. Cita rasa eksotis itu berasal dari kecap ikan, yang merupakan hasil fermentasi dari ikan dan garam. Jadi, bila ingin menyajikan makanan oriental di rumah, pastikan Anda menambahkan kecap ikan ke dalam masakan Anda.

Namun, di antara merek-merek yang beredar di pasaran, seperti Djoe Hoa, Squid Brand, Kingfisher, atau yang lainnya, apakah Anda sudah tahu kecap ikan mana yang paling baik digunakan? Untuk itulah artikel ini PickyBest buat, agar Anda mendapatkan acuan dalam memilih kecap ikan terbaik. Silakan disimak!

blank

Kecap Ikan Bisa untuk Apa Saja?

blank

Karena terbuat dari ikan, kecap ikan memiliki kadar gizi yang tinggi, di antaranya asam amino, nitrogen organik, dan sodium klorida. Dengan rasanya yang asin dan aroma yang kuat, kecap ikan sering digunakan sebagai penyedap untuk memperkaya rasa masakan.

Kecap ikan umumnya digunakan sebagai bumbu tambahan pada jenis masakan tumis, oseng, terutama pada masakan oriental seperti capcai, kimci, sapo tahu, shabu-shabu, dan sebagainya. Anda juga dapat menambahkan kecap ikan pada masakan lain yang berbahan daging, ikan, atau makanan laut.

Cara Memilih Kecap Ikan

Tahukah Anda bahwa kecap ikan dari negara-negara Asia memiliki rasa yang berbeda? Sebagai contoh, kecap ikan asal Thailand terasa lebih asin dan bertekstur lebih kental. Sementara itu, kecap ikan dari Vietnam memiliki aroma ikan yang lebih kuat dengan rasa cenderung manis dan tekstur yang lebih cair.

Dengan banyaknya merek kecap ikan yang menawarkan kelezatan tersendiri, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih kecap ikan agar sesuai dengan masakan Anda. Dengan begitu, Anda maupun keluarga dapat menikmati rasa sesuai preferensi tersendiri. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat membeli kecap ikan?

Untuk Rasa Lebih Enak, Utamakan yang Komposisinya dari Ikan Asli

blank

Pada umumnya bahan utama kecap ikan adalah ikan teri. Namun, untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, gunakanlah kecap ikan yang terbuat dari ikan segar, bukan sekadar rasa ikan. Perhatikan pula daftar bahan yang digunakan, pastikan kecap ikan terbaik tidak mengandung zat tambahan lain selain ikan dan garam.

Selain itu, kandungan protein dan nitrogen juga perlu diperhatikan. Jika jumlah protein tinggi, artinya kecap ikan itu mengandung lebih banyak ikan asli. Sedangkan untuk kandungan nitrogen, standarnya adalah 30°N. Semakin besar kandungan nitrogennya, semakin tinggi kualitas kecap ikan tersebut.

Pilih Bentuk dan Ukuran Kemasan sesuai Kebutuhan Anda

blank

Pertimbangan lain dalam memilih kecap ikan adalah tergantung dengan kebutuhan Anda. Kebutuhan untuk usaha kuliner tentunya berbeda dengan keperluan masak sehari-hari. Selain itu, bentuk kemasan serta ukuran produk juga berpengaruh banyak.

Kecap ikan biasanya dikemas dalam dua bentuk kemasan, yaitu botol plastik dan kaca. Keuntungan botol plastik adalah ringan, lebih mudah disimpan, dan tidak khawatir akan pecah. Sedangkan botol kaca dapat menjaga kualitas produk lebih baik tetapi bobotnya lebih berat dan rawan pecah.

Bagi Anda pemilik usaha kuliner, pilihlah kecap ikan terbaik dengan ukuran yang besar (>600 mL) agar lebih hemat dan tidak cepat habis. Biasanya kemasannya berbentuk botol atau jeriken. Sementara untuk di rumah dan tidak terlalu sering digunakan, Anda bisa memilih kecap ikan berukuran kecil (± 150 mL) atau sedang (± 225 mL).

Bila Memungkinkan, Periksa Sertifikasi BPOM dan Label Halalnya

blank

Sumber: Pom.go.id

Agar Anda dan keluarga lebih tenang saat menikmati hidangan yang sudah dicampur kecap ikan, Anda harus memastikan apakah produk tersebut aman dikonsumsi. Untuk itu, periksa informasi pada label kemasan yang menyangkut sertifikasi BPOM dan informasi kehalalannya.

Produk atau bahan makanan yang tersertifikasi BPOM artinya telah diakui negara, baik keamanannya untuk dikonsumsi maupun izin edarnya. Bagi Anda yang muslim, kecap ikan dengan label halal MUI bisa dipilih. Untuk produk impor, Anda perlu lebih mencermati komposisi bahan produk, agar mengetahui keamanan dan kehalalannya.

10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik

Pada bagian ini, Anda akan kami bawa untuk mengenal sepuluh produk kecap ikan terbaik. Dari rekomendasi tersebut, diharapkan Anda dapat menentukan pilihan mana kecap ikan yang paling tepat untuk Anda gunakan. Mari kita mulai!

1. Djoe Hoa Kecap Ikan Cap Ikan Merah

blank

Sumber: Djoehoa.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Cita rasa tradisional yang terjaga kualitasnya

Kecap ikan Cap Ikan Merah adalah produk dari Djoe Hoa, perusahaan asli dari Indonesia, tepatnya dari Tegal, Jawa Tengah. Diproduksi sejak tahun 1942 sebagai produk pertama perusahaan, cita rasa kecap ikan terbaik ini tetap terjaga kualitasnya dengan baik hingga kini.

Dibuat dari hasil fermentasi ikan, garam, dan air, serta melalui proses tradisional yang sangat panjang, kecap ini banyak digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, seperti bakso, dan aneka Chinese food. Anda tak perlu ragu untuk mengonsumsinya karena produk ini selain berizin BPOM juga telah memperoleh label halal MUI.

Komposisi Air, hasil fermentasi ikan dan garam
Kemasan Botol plastik
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI
Ukuran 140 mL
Kisaran harga Rp10.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Squid Brand Fish Sauce

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Produk asli Thailand yang melewati proses fermentasi 18 bulan

Asli dari Thailand, Squid Brand Fish Sauce diproduksi dari ikan yang difermentasi secara alami selama 18 bulan hingga menghasilkan produk berkualitas tinggi. Terbuat dari ikan teri segar dan garam, kecap ikan terbaik ini kaya dengan protein alami dan beraroma harum.

Cita rasanya yang kuat sangat cocok untuk masakan yang ditumis, diasinkan, atau dicelupkan. Tanpa MSG, pewarna, dan pengawet tambahan, kecap ini tetap bisa dinikmati oleh Anda yang sensitif terhadap MSG sekaligus menambah nilai gizi pada masakan Anda.

Komposisi Ikan teri (anchovy) 77%, garam, gula
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan
Ukuran 725 mL
Kisaran harga Rp38.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Pengganti kecap atau garam untuk aneka masakan

Kecap ikan yang berasal dari Korea ini dibuat dari ikan teri, air, garam, spirit, dan penguat rasa. Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce biasa digunakan sebagai pengganti kecap atau garam pada aneka masakan seperti tumis sayuran, kaldu sup, atau tahu goreng.

Dengan teksturnya yang kental, kecap ikan terbaik ini juga dapat digunakan sebagai saus untuk merendam makanan khas Korea, seperti sawi kimchi. Produk ini terjamin aman dikonsumsi karena telah mendapatkan sertifikasi dari BPOM.

Komposisi Ikan teri (80%), air, garam, spirit, penguat rasa (dinatrium 5-guanilat dan dinatrium 5-inosinat)
Kemasan Botol plastik
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan
Ukuran 500 gr
Kisaran harga Rp38.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Kecap Ikan Royal Gold

blank

Sumber: Lazada.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Beraroma kuat tapi tidak menyengat

Dengan komposisi ikan teri, garam, dan gula, kecap ikan Royal Gold asal Thailand ini mempunyai aroma yang sangat kuat namun tidak menyengat. Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai kecap ikan yang berbau amis, produk ini cocok untuk Anda.

Dengan dua pilihan ukuran botol, kecap ikan terbaik ini dapat digunakan untuk menambah kelezatan pada nasi goreng, mi goreng, kwetiau goreng, atau seafood. Bagi Anda yang menyukai makanan kaya rasa, produk ini mampu mewujudkannya!

Komposisi Ikan teri (65%), garam, gula
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan
Ukuran 725 mL
Kisaran harga Rp37.125
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Tiparos Fish Sauce

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kecap ikan serba guna dengan ekstrak ikan teri

Satu lagi kecap ikan terbaik dari Thailand, Tiparos Fish Sauce, yang terbuat dari ekstrak ikan teri dan garam. Dalam pemakaiannya, kecap ini tidak hanya cocok untuk olahan ikan, tetapi juga untuk bumbu daging dan tahu, sup, kari, dan saus salad.

Dengan teksturnya yang tidak terlalu kental, jika dicampur dengan cabai, bawang putih, dan jeruk nipis, Anda bisa menjadikan produk ini sebagai saus celup untuk lumpia, udang, dan makanan ringan lainnya. Hasilnya, Anda akan merasakan cita rasa yang lebih lezat.

Komposisi Water, anchovy (fish) extract (65%), salt, sugar
Kemasan Botol plastik
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan
Ukuran 700 mL
Kisaran harga Rp27.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Kikkoman Saus Rasa Ikan

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Penambah rasa masakan oriental atau seafood yang halal

Bagi Anda yang menyadari pentingnya kesehatan tapi ingin menambah penyedap rasa pada masakan, Kikkoman Saus Rasa Ikan patut Anda coba. Tanpa bahan tambahan seperti gula dan bahan kimia lainnya, cita rasa alami kecap ikan terbaik tetap terasa saat ditambahkan ke dalam masakan.

Kecap ini cocok untuk masakan oriental atau makanan laut karena rasanya yang asin dan aromanya yang kuat hingga menggugah selera. Dapat juga digunakan untuk marinasi ikan atau bahan dasar pembuatan aneka macam saus. Produk ini aman dikonsumsi karena telah mendapat sertifikasi dari BPOM dan label halal MUI.

Komposisi Air, Garam, Hasil Fermentasi Kedelai (Mengandung Air, Kedelai, Gandum, Garam, Pengawet Natrium Benzoat), Sirup Jagung Tinggi Fruktosa, Protein Kedelai, Perisa Sintetik Ikan, Penguat Rasa Dinatrium 5′-Ribonukleotida, Pengawet Natrium Benzoat.
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI
Ukuran 150 mL
Kisaran harga Rp14.300
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Finna Kecap Ikan Cap King Lobster

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Penyedap yang cocok untuk rebusan atau daging panggang

Finna Kecap Ikan Cap King Lobster dibuat dari ekstrak ikan teri, garam, dan gula yang berkualitas, serta diproses secara higienis. Memiliki aroma dan rasa asin yang tidak terlalu kuat, produk ini sangat cocok untuk penyedap tambahan pada masakan yang direbus atau daging panggang.

Padukan kecap ikan terbaik ini dengan perasan jeruk nipis atau lemon, Anda akan merasakan cita rasa yang segar di lidah. Sudah mendapat sertifikasi dari BPOM dan label halal MUI, kecap ikan ini tentu aman dikonsumsi sehari-hari. Satu lagi, Anda tak perlu merogoh kocek dalam karena produk ini dipasarkan dengan harga yang relatif murah.

Komposisi Ekstrak ikan teri, garam, gula
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp15.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Kecap Ikan Narcissus

blank

Sumber: Lazada.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kecap andalan untuk menambah kelezatan Chinese food

Bila Anda ingin mencoba memasak menu Chinese food, menggunakan kecap ikan Narcissus adalah keputusan yang tepat. Dengan mencampur kecap ikan terbaik ini, masakan Anda menjadi lebih lezat.

Terbuat dari ikan segar dan bahan berkualitas, kecap ikan ini tidak hanya memberikan rasa asin saja, tetapi juga rasa gurih yang menggoyang lidah. Selain menjadi kecap andalan untuk Chinese food, kecap ini juga bisa digunakan untuk menu masakan lainnya seperti daging ayam, sapi, dan ikan.

Komposisi Ikan (72%), garam, dan air
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI
Ukuran 600 mL
Kisaran harga Rp18.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Kaf Fish Sauce

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Kecap ikan pengganti vetsin dan garam

Diimpor dari Thailand, Kaf Fish Sauce memiliki aroma yang tidak terlalu kuat namun memberikan rasa yang lebih gurih. Terbuat dari ikan teri, garam, gula, dan tanpa MSG, kecap ini dapat digunakan sebagai pengganti vetsin dan garam pada masakan Anda.

Jadi, Anda tak perlu lagi menambahkan vetsin atau garam saat Anda menumis sayuran atau memasak menu lain. Hanya dengan menambahkan kecap ikan terbaik ini, apa pun menu yang Anda masak akan tetap terasa gurih dan lezat.

Komposisi Anchovy fish, salt, sugar
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan
Ukuran 200 mL
Kisaran harga Rp19.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Kingfisher Fish Sauce

blank

Sumber: Blibli.com

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Rasa istimewa berkualitas untuk keluarga

Terbuat dari ikan segar dan bahan-bahan pilihan, Kingfisher Fish Sauce memberikan rasa yang istimewa pada masakan yang Anda sajikan untuk keluarga tercinta. Kecap ikan produksi Kingfisher ini terkenal dengan kualitas yang tinggi karena diolah secara higienis dan modern.

Telah mendapat sertifikasi BPOM dan label halal MUI, tentunya akan membuat Anda lebih tenang dalam menggunakan kecap ikan terbaik ini sehari-hari ke dalam masakan Anda. Dengan begitu, menyajikan kelezatannya pada keluarga bakal menjadi kepuasan tersendiri!

Komposisi Water, extract of anchovy fish, and  salt
Kemasan Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI
Ukuran 650 mL
Kisaran harga Rp42.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Bukalapak Cek harga & diskon di Tokopedia

Tabel Perbandingan Kecap Ikan

Produk Djoe Hoa Kecap Ikan Cap Ikan Merah Squid Brand Fish Sauce Daesang Chung Jung One Anchovy Sauce Kecap Ikan Royal Gold Tiparos Fish Sauce Kikkoman Saus Rasa Ikan Finna Kecap Ikan Cap King Lobster Kecap Ikan Narcissus Kaf Fish Sauce Kingfisher Fish Sauce
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Komposisi Air, hasil fermentasi ikan dan garam Ikan teri (anchovy) 77%, garam, gula Ikan teri (80%), air, garam, spirit, penguat rasa (dinatrium 5-guanilat dan dinatrium 5-inosinat) Ikan teri (65%), garam, gula Water, anchovy (fish) extract (65%), salt, sugar Air, Garam, Hasil Fermentasi Kedelai (Mengandung Air, Kedelai, Gandum, Garam, Pengawet Natrium Benzoat), Sirup Jagung Tinggi Fruktosa, Protein Kedelai, Perisa Sintetik Ikan, Penguat Rasa Dinatrium 5′-Ribonukleotida, Pengawet Natrium Benzoat. Ekstrak ikan teri, garam, gula Ikan (72%), garam, dan air Anchovy fish, salt, sugar Water, extract of anchovy fish, and  salt
Kemasan Botol plastik Botol kaca Botol plastik Botol kaca Botol plastik Botol kaca Botol kaca Botol kaca Botol kaca Botol kaca
Sertifikasi BPOM
Label halal MUI Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Ukuran 140 mL 725 mL 500 gr 725 mL 700 mL 150 mL 200 mL 600 mL 200 mL 650 mL
Kisaran harga Rp10.000 Rp38.000 Rp38.000 Rp37.125 Rp27.000 Rp14.300 Rp15.000 Rp18.000 Rp19.000 Rp42.400
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Bukalapak Cek diskon di Tokopedia

Cara Menyimpan Kecap Ikan agar Kualitasnya Tetap Terjaga

blank

Penggunaan kecap ikan untuk kebutuhan masak di rumah mungkin tidak sesering penggunaan di restoran. Terkadang, kecap ikan tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Setelah kemasannya dibuka, kecap ikan bisa bertahan hingga 1-2 tahun bila disimpan di dapur atau di suhu ruang yang konstan.

Agar kecap ikan terbaik Anda lebih awet hingga tanggal kedaluwarsa, sebaiknya kecap tetap berada di dalam wadah kedap udara aslinya, dan disimpan di tempat gelap yang sejuk seperti dapur.

Jauhkan kecap ikan dari kompor atau tempat cuci piring agar terhindar dari suhu yang tidak stabil. Hindari juga menyimpan kecap ikan di dalam kulkas karena akan berakibat garam mengkristal.

Yuk, cek rekomendasi produk penambah cita rasa masakan dari PickyBest lainnya!

Kesimpulan

Kecap ikan umum digunakan untuk memperkaya cita rasa serta kelezatan masakan, terutama masakan oriental. Selain itu, kecap ikan juga dapat digunakan sebagai pengganti vetsin atau penyedap rasa. Meski disimpan dalam jangka waktu yang lama, kecap ikan tidak akan rusak selama berada di dalam suhu ruang yang stabil.

blank

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan kecap ikan terbaik yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Tidak sabar untuk segera memasak dan menyantap hidangan oriental bersama keluarga? Selamat makan enak!

Referensi

Kecap Inggris, Kecap Asin, Kecap Ikan, Apa Bedanya?
http://bumburesep.org/kecap-inggris-kecap-asin-kecap-ikan-apa-bedanya/ diakses pada 13 Maret 2021

Ini Fungsi Penting Kecap Ikan dalam Masakan
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3912233/ini-fungsi-penting-kecap-ikan-dalam-masakan diakses pada 13 Maret 2021

Memilih Kecap Ikan
https://food.detik.com/cooking-tips/d-1808517/memilih-kecap-ikan diakses pada 13 Maret 2021

Ultimate Guide to FISH SAUCE + Tasting!
https://hot-thai-kitchen.com/fish-sauce-101/ diakses pada 13 Maret 2021

Five Expert Tips For Choosing the Best Fish Sauce
https://www.thekitchn.com/five-expert-tips-for-choosing-the-best-fish-sauce-maker-tour-203369 diakses pada 13 Maret 2021

You may also like

Comments are closed.