Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Mie Instan Terbaik untuk Diet & Vegetarian

Mie instan mungkin bukan makanan pertama yang muncul di benak Anda saat memikirkan menu diet. Hal yang sama mungkin juga berlaku buat Anda yang menjalani diet vegetarian. Padahal, ada banyak mie instan sehat yang rendah kalori serta bebas dari bahan hewani. Tentu rasanya pun tak kalah lezat dari mie instan biasa!

Beberapa merek mie instan yang cocok untuk diet dan vegetarian adalah Lemonilo, Maitri, dan DAAI. Supaya tidak bingung pilih yang mana, kami jelaskan cara memilihnya di artikel ini. Lebih dari itu, kami juga telah merangkum sepuluh mie instan yang enak buat Anda. Simak sampai selesai, ya!

Cara Memilih Mie Instan untuk Diet & Vegetarian

Tidak sembarang mie cocok untuk vegetarian dan orang yang sedang diet. Terdapat beberapa aspek yang mesti diperhatikan, misalnya komposisi, bahan baku mie, jumlah kalori, serta rasanya. Yuk, bahas lebih lanjut!

Periksa Komposisinya, Terutama Bumbu dan Pelengkap Lain

Aspek pertama yang mesti Anda perhatikan dalam memilih mie instan yang cocok untuk vegetarian dan orang yang sedang diet adalah komposisi bahan, terutama bumbu dan bahan pelengkap. Pasalnya, di bumbu dan bahan pelengkap biasanya terdapat bahan hewani yang ditambahkan dengan tujuan memperlezat rasa.

Bahan hewani yang terkandung di dalam bumbu mie biasanya diambil dari kaldu rebusan atau ekstrak yang telah diolah menjadi bubuk. Mie instan yang memiliki rasa hewani—misalnya kari ayam—hampir dapat dipastikan mengandung kaldu/bubuk ayam. Meski begitu, bahan hewani juga kerap dicampurkan dalam bumbu mie instan dengan rasa non-hewani, misalnya mie goreng.

Lantas bagaimana dengan mienya itu sendiri? Kebanyakan mie—bahkan yang tidak dilabeli sebagai mie vegetarian—sudah terbebas dari bahan hewani. Kendati begitu, tidak ada salahnya untuk memastikan lagi karena beberapa produk mungkin ada yang mengandung telur. Kecuali Anda menjalani diet vegetarian yang tidak masalah makan telur seperti lacto-ovo vegetarian.

Kesimpulannya, sebelum memilih mie instan, periksalah label komposisi yang biasanya terdapat di bagian belakang kemasan. Kalau mienya sudah terlanjur dibeli, sementara Anda baru sadar bahwa bumbunya mengandung bahan hewani, Anda dapat membuang bumbu bawaan tersebut dan mengolah mienya saja dengan bumbu olahan sendiri.

Biar Asupan Kalori Berkurang, Pilih Mie Berbahan Dasar Sayuran

blank

Tidak semua mie instan vegetarian otomatis cocok untuk diet. Mie dengan bahan dasar tepung terigu, meskipun bebas bahan hewani, memiliki jumlah kalori yang cukup besar. Satu kemasan mie instan dengan berat antara 80 gram mengandung 350 kalori (kkal). Jumlah kalori ini lebih tinggi daripada semangkok nasi putih yang hanya memiliki 204 kalori.

Jumlah kalori ini akan makin tinggi bila mie instan dimakan dengan campuran telur, sosis, bakso, dan bahan campuran lainnya. Alhasil, asupan kalori harian jadi menumpuk. Sementara jumlah normal asupan kalori harian yang disarankan adalah 2.000 kkal untuk perempuan dan 2.500 kkal untuk laki-laki. Untuk menurunkan berat badan, jumlahnya lebih kecil lagi, yakni 1.500 kkal ke bawah.

Dengan demikian, jika Anda tetap ingin makan mie instan saat diet, Anda dapat mencoba mie instan berbahan dasar sayuran. Mie shirataki adalah salah satunya. Mie ini terbuat dari akar tanaman konjac. Kalori yang terkandung dalam mie shirataki hanya sekitar 20 sampai 25 kkal per 100 gram. Selain itu ada juga kelp noodles yang terbuat dari rumput laut dan memiliki kandungan di bawah 10 kkal dalam ukuran yang sama.

Selain dua plant-based noodles di atas, masih ada banyak lagi variasi sayuran yang bisa diolah menjadi mie, seperti zucchini, bayam, dan wortel. Meski tekstur dan rasanya agak beda dengan mie biasa, mie seperti ini jelas menjadi alternatif yang lebih baik untuk pejuang diet, terutama yang vegetarian.

Pertimbangan dalam Memilih Rasa

blank

Rasa bukan sekadar rasa. Seperti telah sedikit disinggung pada nomor sebelumnya, mie instan dengan rasa hewani kemungkinan besar mengandung kaldu/ekstrak dari hewan tersebut. Hal ini lantas membuat opsi varian rasa yang tersedia buat Anda jadi lebih terbatas.

Kendati begitu, setiap mie dengan rasa hewani bukan berarti pasti mengandung bahan hewani. Banyak produsen mie instan yang berhasil menciptakan sensasi rasa daging/ayam dengan campuran kaldu yang terbuat dari macam-macam sayur dan bumbu.

Di samping itu, ada juga yang menggunakan kaldu/ekstrak hewani artifisial (artificial flavoring), yakni lewat proses sintetis pencampuran bahan-bahan kimia sehingga tetap vegetarian.

Dengan kata lain, mie instan yang perlu Anda hindari adalah mie instan yang rasanya berasal dari rasa asli bahan (natural flavoring). Memang, masih ada perdebatan apakah kaldu rebusan hewan termasuk vegetarian atau tidak. Yang jelas, kami ingatkan lagi untuk memeriksa komposisinya terlebih dulu.

Tidak Semua Mie Instan Vegetarian Otomatis Cocok untuk Diet

blank

Jangan terjebak dengan istilah. Mie vegetarian hanya berarti mie tersebut cocok untuk vegetarian karena bebas dari bahan hewani. Kandungan kalorinya bisa saja besar, bahkan tak jarang juga yang justru lebih besar dari mie instan biasa. Jadi, hanya karena mienya vegetarian, tidak lantas otomatis cocok untuk diet.

Di samping itu, di pasaran juga banyak mie sehat yang terbuat dari sayuran tapi tidak vegetarian. Mie seperti ini tetap mengandung bahan hewani, hanya saja lebih sehat karena mienya dari sayuran. Penggunaan bahan baku sayuran ini biasanya juga menjadikan kandungan kalorinya lebih sedikit sehingga cocok untuk diet.

Menemukan mie untuk vegetarian dan di saat yang sama juga cocok untuk diet memang memerlukan ketelitian yang lebih. Jadi, jangan terkecoh oleh label mie. Vegetarian belum tentu cocok untuk diet. Mie dari sayur belum tentu vegetarian. Pada akhirnya, selalu cek komposisi mie sebelum mengonsumsinya pertama kali.

10 Rekomendasi Mie Instan Terbaik untuk Diet & Vegetarian

Pada bagian ini, kami telah merangkum sepuluh mie instan terbaik dari beragam merek dan rasa yang cocok untuk vegetarian dan pelaku diet. Sebelum memilih, pastikan Anda telah mempertimbangkannya beradasarkan sederet aspek yang telah kami bahas sebelumnya, ya!

1. Lemonilo Mie Instan Rasa Mie Goreng

Mie goreng dari saripati bayam yang rasanya mantap!

Lemonilo merupakan merek mie instan sehat yang populer di Indonesia. Tidak seperti mie instan pada umumnya, mie ini dipanggang, bukan digoreng. Mienya sendiri terbuat dari saripati bayam, sehingga lebih sehat. Lebih dari itu, produk ini juga bebas dari penguat rasa, pengawet, dan pewarna buatan.

Salah satu varian rasa Lemonilo yang paling disukai adalah mie goreng, rasa mie instan yang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Meski tanpa penguat rasa, rasa yang dihasilkan terasa lezat. Sama sekali tak kalah dari rasa mie goreng instan biasa.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak seperti mie sehat kebanyakan yang rasanya kurang enak, mie ini terasa lezat dengan cita rasa yang kaya.
  • Tekstur mie kenyal.
  • Air rebusan bening.
  • Bumbu tidak bikin enek.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Bumbunya mengandung kaldu ayam. Vegetarian yang tidak mengonsumsi kaldu ayam mungkin tidak bisa mengonsumsinya.
  • Harganya lebih mahal dibanding mie instan biasa.
Komposisi mie Tepung terigu, tepung mocaf, garam, saripati bayam, klorofil, penstabil (gum arabik), pengembang natrium karbonat
Jumlah kalori 320 kkal
Berat per kemasan 80 kg
Kisaran harga Rp6.014
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

2. Lemonilo Mie Instan Rasa Pedas Korea

Mie sehat untuk para pencinta pedas

Lemonilo tidak mau ketinggalan demam kuliner Korea yang melanda Indonesia. Varian rasa pedas Korea ini menjadi jawabannya. Sensasi pedas mie ini tidak akan mengecewakan Anda yang memang pencinta pedas.

Biarpun pedas, seperti produk Lemonilo lainnya, aspek kesehatan mie ini tidak diabaikan. Terlihat dari bagaimana mie yang digunakan dibuat dari bahan yang sama dengan mie sehat Lemonilo yang lain.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa pedas tetap nampol meski tak ada penguat rasa.
  • Bumbu sepenuhnya vegetarian.
  • Punya aroma yang mengundang.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya lebih mahal dibanding mie instan biasa.
Komposisi mie Tepung terigu, air, tepung mocaf, garam, bubuk bayam (0,03%), pewarna alami klorofilin kompleks CI. 75815, pengemulsi nabati gum arab, pengembang natrium karbonat
Jumlah kalori 300 kkal
Berat per kemasan 85 g
Kisaran harga Rp6.014
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

3. Nongshim Soon Veggie Ramyun

Ramyun halal yang seratus persen bebas dari bahan hewani

Nongshim Soon Veggie merupakan ramyun alias mie kuah ala Korea. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa mie ini terbuat dari veggie alias sayuran. Benar saja, seluruh elemen dalam produk ini—baik mie maupun bumbu—seratus persen bebas dari bahan hewani.

Sudah begitu, mie Nongshim ini juga memiliki sertifikasi halal sehingga Anda yang muslim tidak perlu berpikir dua kali untuk menikmatinya!

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas MSG tapi rasanya tetap lezat.
  • Meskipun mie vegan, tekstur mienya kenyal dan menggugah selera.
  • Ada sayuran kering sebagai bahan pelengkap.
  • Tersedia juga dalam kemasan cup.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harganya termasuk mahal, bahkan untuk mie vegetarian.
Komposisi mie Tepung terigu, pati kentang, minyak kelapa sawit, pati kentang termodifikasi
Jumlah kalori 480 kkal
Berat per kemasan 112 g
Kisaran harga Rp25.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

4. Mie Instan DAAI Rasa Soto

Mie sehat vegetarian buatan lokal yang tak perlu diragukan lagi

Klaim vegan mie instan buatan lokal ini sudah diakui oleh Asia Pacific Vegan Certification dan Indonesia Vegetarian Society. Merek ini juga terdaftar di BPOM serta punya sertifikasi halal. Jadi, meskipun kemungkinan besar Anda hanya mengenal DAAI sebagai stasiun TV, Anda tak perlu skeptis lagi dengan kualitas mie ini.

Baik varian rasa mie goreng maupun sotonya dijamin bebas dari bahan hewani. Terlebih lagi, mie instan DAAI ini jadi makin sehat karena tidak mengandung pengawet, pewarna buatan, dan MSG. Menariknya, tak seperti mie vegan lain yang harganya mahal, mie instan ini memiliki harga yang sama dengan mie instan biasa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Mengandung zat besi, antioksidan, serta sederet vitamin.
  • Tekstur mie lembut.
  • Bumbu mie tidak bikin enek.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Buat beberapa orang, bumbunya mungkin terasa agak hambar. Terutama untuk rasa soto.
Komposisi mie Tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, garam, penstabil (nabati dan fosfat), pengatur keasaman, mineral (zat besi), antioksidan (TBHQ).
Jumlah kalori 410 kkal
Berat per kemasan 85 g
Kisaran harga Rp3.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

5. Maitri Vegetarian Soup Flavor

Kelezatan kaldu dari campuran sayur dan rempah-rempah

Maitri merupakan salah satu merek mie instan vegetarian asal Indonesia yang cukup terkenal. Karena vegetarian, tentu mie ini terbebas dari segala macam bahan hewani.

Menariknya, rasa sup mie instan ini tetap terasa enak dan gurih berkat kaldunya yang unik dari campuran sayuran dan berbagai rempah-rempah. Kocek yang perlu dirogoh untuk menikmati mie instan ini pun tidak begitu beda dengan mie instan biasa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa lezat dan segar.
  • Tekstur mie kenyal.
  • Harga murah.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih mengandung pewarna buatan.
Komposisi mie Tepung terigu, minyak sawit, tepung tapioka, garam, pengental Guargum E412, pengatur keasaman (Kalium Karbonat E501 ; Natrium Karbonat E500), penstabil Natrium Polifosfat E452 dan pewarna Tartrazine Cl 19140
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat per kemasan 80 g
Kisaran harga Rp4.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

6. Maitri Vegetarian Extra Hot Fried Noodle

Cita rasa pedas yang takkan bikin kecewa para penyuka makanan pedas

Mie instan sehat satu ini bukan sekadar pedas, tapi ekstra pedas. Kalau Anda penyuka masakan pedas yang ekstrem, Anda pasti takkan kecewa dengan varian rasa mie instan Maitri ini.

Enaknya lagi, meski cita rasa utamanya pedas, produk ini tetap terasa gurih dan lezat. Tak perlu khawatir, seperti varian rasa Mitri lainnya, mie yang satu ini juga bebas dari segala macam bahan hewani.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Pedasnya sangat nampol.
  • Harganya murah.
  • Tekstur mie kenyal seperti mie biasa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Masih mengandung pewarna buatan.
Komposisi mie Tepung terigu, minyak sawit, tepung tapioka, garam, pengental Guargum E412, pengatur keasaman (Kalium Karbonat E501 ; Natrium Karbonat E500), penstabil Natrium Polifosfat E452 dan pewarna Tartrazine Cl 19140
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat per kemasan 80 g
Kisaran harga Rp4.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

7. Telly Vegetarian Soup Flavour

blank

Sumber: Telly.com

Menawarkan rasa sup sayuran yang gurih dan segar

Banyak mie instan vegetarian yang berusaha meniru rasa hewani dengan bahan-bahan vegetarian. Mie instan yang satu ini tidak melakukan itu. Daripada membuat mie vegetarian yang rasanya seperti hewan, mie ini justru menawarkan rasa sup sayuran. Rasanya yang gurih dan segar terasa unik untuk sebagian orang yang lebih terbiasa terhadap rasa mie instan biasa.

2 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa khas sayuran terasa segar dan tidak bikin enek.
  • Tersedia juga varian rasa mie goreng dan hot pepper soup.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Harga lebih mahal dari mie instan biasa.
Komposisi mie Tidak disebutkan
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat per kemasan 80 g
Kisaran harga Rp7.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

8. Mamee Vegetarian

Rasa bumbu tidak tajam maupun terlalu asin

Mamee Vegetarian adalah mie instan sehat dari negara Malaysia. Mie berbentuk keriting ini memiliki rasa sup vegetarian alias sup sayuran. Porsinya standar namun karena keriting jadi terasa lebih banyak.

Sebagaimana rasa sup sayur, rasa mie instan ini begitu gurih dan segar. Rasa bumbunya sendiri cukup unik karena tidak tajam (mild) dan tidak terlalu asin.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasanya yang mild membuatnya cocok dikonsumsi anak-anak maupun orang lanjut usia.
  • Mengingat ini produk impor, harganya relatif tak begitu mahal.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Relatif tidak ada.

Komposisi mie Tepung gandum (mengandung gluten), minyak sayur [minyak kelapa sawit (mengandung antioksidan yang diizinkan E321)], garam, mengandung pengemulsi (E452, E501, & E466)
Jumlah kalori 360 kkal
Berat per kemasan 75 g
Kisaran harga Rp10.000
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

9. Alamie Mie Wortel Goreng Rasa Rendang

Manfaat wortel dalam bentuk mie goreng

Anda malas makan wortel karena rasanya yang tidak enak? Bagaimana kalau makan wortel dalam bentuk mie goreng rasa rendang dari Alamie satu ini? Selain enak, manfaat wortelnya tidak hilang.

Seperti Anda tahu, wortel memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Sebagai mie, kalorinya pun lebih rendah dibanding mie biasa, cocok untuk para pejuang diet yang tetap ingin makan enak. Asyiknya lagi, harga produk ini tidak seberapa mahal!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas MSG, pengawet, serta pewarna buatan.
  • Tekstur mie kenyal dan lembut saat digigit.
  • Bebas dari rasa pahit khas wortel.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasanya mungkin agak hambar buat orang yang sudah terbiasa dengan mie instan dengan MSG. Meski begitu, setelah beberapa waktu rasanya akan terasa normal.
Komposisi mie Tepung terigu, telur, air, garam, buah/sayur
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat per kemasan 75 g
Kisaran harga Rp5.400
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

10. Alamie Mie Bayam Kuah Rasa Bawang

Mie kuah dari bayam dengan rasa bawang buatan UKM dalam negeri

Menyuruh anak makan bayam adalah hal yang susah karena bayam memang memiliki rasa yang pahit. Anda bisa mulai mengenalkannya dengan mie instan yang terbuat dari bayam ini. Saat dimakan, rasa pahit bayam tidak terasa sama sekali. Yang tersisa tinggal kelezatan mie kuah rasa bawang.

Menariknya lagi, karena diproduksi oleh UKM dalam negeri, membeli mie ini berarti Anda ikut serta membantu perkembangan industri pangan lokal!

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Bebas MSG, pengawet, serta pewarna buatan.
  • Meski terbuat dari sayur, tekstur mie tetap terasa kenyal.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasanya mungkin agak hambar buat orang yang lebih terbiasa dengan mie instan ber-MSG.
Komposisi mie Tepung terigu, telur, air, garam, bayam hijau
Jumlah kalori Tidak disebutkan
Berat per kemasan 50 g
Kisaran harga Rp5.500
Cek harga & diskon di Shopee Cek harga & diskon di Lazada Cek harga & diskon di Blibli

Tabel Perbandingan Mie Instan untuk Diet & Vegetarian

Produk Lemonilo Mie Instan Rasa Mie Goreng Lemonilo Mie Instan Rasa Pedas Korea Nongshim Soon Veggie Ramyun Mie Instan DAAI Rasa Soto Maitri Vegetarian Soup Flavor Maitri Vegetarian Extra Hot Fried Noodle Telly Vegetarian Soup Flavour Mamee Vegetarian Alamie Mie Wortel Goreng Rasa Rendang Alamie Mie Bayam Kuah Rasa Bawang
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Komposisi mie Tepung terigu, tepung mocaf, garam, saripati bayam, klorofil, penstabil   (gum arabik), pengembang natrium karbonat Tepung terigu, air, tepung mocaf, garam, bubuk bayam (0,03%), pewarna   alami klorofilin kompleks CI. 75815, pengemulsi nabati gum arab, pengembang   natrium karbonat Tepung terigu, pati kentang, minyak kelapa sawit, pati kentang   termodifikasi Tepung terigu, minyak nabati, tepung tapioka, garam, penstabil (nabati   dan fosfat), pengatur keasaman, mineral (zat besi), antioksidan (TBHQ). Tepung terigu, minyak sawit, tepung tapioka, garam, pengental Guargum   E412, pengatur keasaman (Kalium Karbonat E501 ; Natrium Karbonat E500),   penstabil Natrium Polifosfat E452 dan pewarna Tartrazine Cl 19140 Tepung terigu, minyak sawit, tepung tapioka, garam, pengental Guargum   E412, pengatur keasaman (Kalium Karbonat E501 ; Natrium Karbonat E500),   penstabil Natrium Polifosfat E452 dan pewarna Tartrazine Cl 19140 Tidak disebutkan Tepung gandum (mengandung gluten), minyak sayur [minyak kelapa   sawit (mengandung antioksidan yang diizinkan E321)], garam, mengandung   pengemulsi (E452, E501, & E466) Tepung terigu, telur, air, garam, buah/sayur Tepung terigu, telur, air, garam, bayam hijau
Jumlah kalori 320 300 480 410 Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 360 Tidak disebutkan Tidak disebutkan
Berat per kemasan 80 kg 85 g 112 g 85 g 80 g 80 g 80 g 75 g 75 g 50 g
Kisaran harga Rp6.014 Rp6.014 Rp25.000 Rp3.000 Rp4.000 Rp4.000 Rp7.000 Rp10.000 Rp5.400 Rp5.500
Periksa ketersediaan Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli Cek diskon di Shopee Cek diskon di Lazada Cek diskon di Blibli

Kesimpulan

Jadi, mie instan vegetarian mana yang akan Anda konsumsi dalam diet Anda? Biar tidak keliru, pastikan untuk menyeleksinya berdasarkan sederet aspek yang telah kami jelaskan di bagian cara memilih.

Kami ingatkan lagi bahwa kebanyakan mie instan di pasaran sebenarnya  cocok untuk vegetarian, hanya bumbunya saja yang jadi perhatian. Jadi, kalau memang mendesak, Anda selalu dapat mengonsumsi mie instan apa pun asal bumbunya tidak dimakan. Semoga Anda menemukan mie instan vegetarian yang paling ideal buat diet Anda, ya!

Referensi

Are Ramen Noodles Vegetarian?
https://www.thespruceeats.com/are-ramen-noodles-vegetarian-3378465 diakses pada XXX

Are Noodles Vegan?
https://www.veganfriendly.org.uk/is-it-vegan/noodles/ diakses pada XXX

6 Types of Vegetarian Diets: A Dietitian Explains
https://www.healthline.com/nutrition/types-of-vegetarians diakses pada XXX

Low-Carb Pastas to Try Instead of Classic Noodles
https://www.eatingwell.com/article/7528052/low-carb-pastas-to-try-instead-of-classic-noodles/ diakses pada XXX

Vegan Ramen Noodles: Plant-Based Spins on the Classic Dish
https://immieats.com/vegan-ramen-noodles-plant-based-spins-on-the-classic-dish/ diakses pada XXX

Are Instant Noodles Bad for You?
https://www.healthline.com/nutrition/instant-noodles diakses pada XXX

Are Instant Noodles Good For Weight Loss (5 Tips For Weight Loss)
https://aspirefitnesswalnut.com/are-instant-noodles-good-for-weight-loss-5-tips-for-weight-loss diakses pada XXX

Are Artificial Flavors Vegan?
https://vegfaqs.com/are-artificial-flavors-vegan/ diakses pada XXX

Chicken Stock Doesn’t Count as Meat
https://slate.com/human-interest/2013/09/chicken-stock-vegetarians-need-to-compromise-and-stop-pretending-it-counts-as-meat.html diakses pada XXX

You may also like

Comments are closed.