Written by 01:45 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik

Lipstik matte tidak menyebar, tidak lengket, tahan lama, dan cocok untuk segala jenis makeup. Bagi Anda yang menginginkan rona bibir tidak mudah luntur, lipstik matte merupakan item kosmetik wajib punya! Produk-produk yang dihadirkan Maybelline, Make Over, dan L’oreal Paris bisa Anda gunakan untuk memberikan tampilan alami dengan warna yang menempel hingga seharian.

Ada sepuluh lipstik matte terbaik yang telah kami siapkan pada artikel ini. Dengan tersedianya list produk tersebut, Anda akan terbantu dalam menemukan produk yang tepat. Namun, pastikan Anda mengetahui undertone dan kondisi bibir Anda terlebih dahulu. Oleh karena itu, pertama kami akan mengulas karakteristik lipstik matte dan cara memilih produk. Sudah siap? Ayo kita langsungkan pembahasannya!

Karakteristik dari Lipstik Matte

Tren lipstik matte sebenarnya sudah ada sejak 1920. Namun, setelah pudar, pada tahun 2016 The Kardashians mengenalkan kembali secara jor-joran lipstik matte keluarannya. Sejak itulah, tren lipstik matte mencuat kembali dan belum mati sampai sekarang. Apa sebenarnya kelebihan lipstik matte dibandingkan lipstik jenis lain?

Seperti yang telah disebutkan di atas, lipstik matte adalah item kosmetik yang memberikan kesan tebal pada bibir. Warna lipstik matte sanggup bertahan lama, bahkan tidak mudah transfer saat dipakai makan dan minum. Hampir jarang lipstik matte memerlukan retouch, sehingga cocok bagi Anda yang menginginkan stay on makeup sepanjang hari.

Di balik kelebihannya, lipstik matte mengandung formula sedikit minyak yang membuat bibir cenderung kering saat menggunakannya. Berbeda dengan lipstik berefek glossy atau lipstick bullet lain, lipstik matte lebih susah untuk dihapus. Hal demikian dikarenakan lipstik matte dirancang untuk daya tahan lama. Air saja tidak cukup untuk membersihkannya, namun Anda butuh makeup remover seperti cleansing water atau micellar water untuk menghilangkan warna lipstik.

Anda yang tertarik menggunakan lipstik matte harus menyediakan produk pelembap bibir seperti lip balm. Selain lip balm, lip scrub dapat juga Anda siapkan agar bibir tetap lembap, tidak kusam, dan lembut. Berhati-hatilah untuk tidak menyantap makanan berminyak karena akan membuat sebagian warna lipstik hilang dari bibir. Jika khawatir dengan hal tersebut, salah satu tip yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan moisturizer pada bibir sebelum memulas lipstik.

Cara Memilih Lipstik Matte

Tipe lipstik matte bermacam-macam, ada tipe liquid, stick, dan crayon. Hal lain untuk diperhatikan saat hendak membeli lipstik matte adalah undertone bibir, bagaimana warna lipstik match dengan warna kulit, dan lain sebagainya. Guna memudahkan Anda, kami rangkum cara memilih lipstik matte yang akan membantu Anda temukan lipstik matte terbaik. Let’s check it!

Pilih Warna Lipstik berdasarkan Undertone Kulit

Jangan sampai keliru, undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan gen, sedangkan skintone adalah warna kulit yang tampak kasat mata. Ada tiga pengelompokkan undertone, yakni warm, cool, dan neutral. Biasanya, orang berkulit terang atau kuning langsat dikategorikan pemilik cool undertone. Sedangkan orang berkulit cenderung gelap (tan skin) dikelompokkan sebagai warm undertone.

Undertone kulit bibir bisa diketahui dengan mengecek pembuluh darah vena pada pergelangan tangan. Apabila berwarna kebiruan, Anda mempunyai cool undertone. Kemudian, pembuluh darah vena yang tampak kehijauan, dan kulit Anda termasuk mudah menggelap apabila terkena matahari, besar kemungkinan Anda mempunyai warm undertone. Sementara itu, orang-orang yang  memiliki neutral undertone akan memperlihatkan vena atau urat nadi perpaduan hijau dan biru alias keunguan.

Mengetahui undertone akan berguna dalam menentukan warna lipstik. Untuk cool undertone, silakan pilih lipstik matte dengan rona ungu kebiruan, nude, cokelat, dan pink. Pada warm undertone, lipstik matte berwarna maroon, mauve, peach, dan oranye bata akan cocok. Anda cukup beruntung jika termasuk orang dengan neutral undertone, karena dapat menggunakan semua warna lipstik, namun tetap sesuaikan dengan skintone agar terlihat pas.

Perhatikan Kesesuaian Lipstik dengan Warna Kulit Anda

Untuk menghindari kesan menor, Anda juga harus menyesuaikan warna lipstik dengan warna kulit Anda. Beberapa orang kesulitan melakukan hal ini. Oleh karena itu, kami akan paparkan sedikit tips-nya kepada Anda. Apabila warna kulit Anda kuning langsat, yang juga ciri khas kebanyakan kulit orang Asia, akan sangat cocok mengenakan warna lipstik dark berry, oranye bata, red cherry, dan red maroon. Hindari penggunaan warna nude karena akan membuat riasan Anda terlihat pucat.

Untuk orang Indonesia yang rata-rata kulitnya sawo matang, memilih lipstik warna merah, merah muda, dan ungu muda akan match. Warna kulit sawo matang juga membawa keberuntungan, karena warna lipstik apapun cenderung cocok. Sementara bagi pemilik kulit gelap,pilihlah lipstik berwarna merah tua untuk kesan elegan. Jangan memilih lipstik warna pastel karena range warna pastel membuat skintone gelap tampak lebih gelap.

Anda kulitnya pucat? Cobalah gunakan lipstik bernuansa pastel atau warna kalem lain. Anda juga dapat suguhkan kesan mewah pada riasan dengan memilih lipstik matte berwarna terang, misalnya oranye, light red, atau biru. Pemilik kulit putih sebaiknya menggunakan warna lipstik nude atau deretan warna terang lain, seperti merah muda, oranye terang, dan bahkan warna emas juga cocok. Orang yang berkulit putih akan terkesan menor jika menggunakan lipstik warna gelap seperti ungu atau merah tua, maka itu hindarilah warna-warna tersebut.

Pastikan Mengandung Pelembap agar Bibir Tidak Terlalu Kering

Sedikitnya kandungan minyak membuat lipstik matte melekat kuat pada bibir, sehingga hasilnya pun lebih lama dan kelebihan lain dari formula less oil ini, lipstik matte menjadi transferproof. Namun, ada harga yang harus Anda bayar saat memakai lipstik matte, yakni bibir menjadi kering. Maka itu, pilihlah lipstik matte yang diperkaya bahan pelembap.

Selain glycerin, komponen lain seperti jojoba oil, argan oil, beeswax, squalene, shea butter, dan vitamin E juga berguna memberikan kelembapan. Periksalah komposisi lipstik matte pilihan Anda, kemudian pastikan ketersediaan salah satu atau beberapa bahan pelembap tersebut.

Lipstik matte yang dilengkapi pelembap tidak hanya bermanfaat untuk bibir, tetapi sekaligus membuat kontur bibir Anda sedikit tertutupi. Bagi Anda yang kerap terburu-buru sehingga lipstik matte menjadi opsi utama untuk ronakan bibir, serta tidak sempat mengaplikasikan lip balm sebelumnya, memilih produk dengan tambahan pelembap akan melindungi bibir Anda dari kering dan munculnya garis pecah-pecah pada bibir.

Pilih Jenis Lipstik yang Membuat Anda Nyaman Menggunakannya

Sebuah lipstik dinamakan lipstik matte karena formulanya menghasilkan efek matte. Hal serupa berlaku untuk jenis lain, misalnya lip gloss yang mewarnai bibir sekaligus memberikan efek kilau. Akan tetapi, kebanyakan lipstik didesain menjadi 3 bentuk, yakni bentuk stick, crayon, dan liquid.

Tekstur, kemudahan pakai, dan daya kerja di antara masing-masing bentuk lipstik berbeda. Maka dari itu, Anda harus memastikan penggunaan jenis lipstik matte yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ulasan selengkapnya akan kami terangkan di bagian ini.

Bullet/Stick: Tekstur Padat dengan Kemampuan Melembapkan yang Baik

Lipstik tipe ini paling banyak ditemukan di pasaran. Akrab pula dengan sapaan lipstick bullet, jenis lipstik ini mempunyai tekstur yang padat. Anda yang khawatir bibir menjadi kering akibat penggunaan lipstik matte dapat memilih produk berbentuk bullet atau stick. Alasannya, lipstik ini dilengkapi sedikit minyak untuk mempertahankan lapisan kulit bibir lembap.

Kemampuan transferproof-nya mungkin tidak sebaik tipe liquid, namun lipstik bullet disukai banyak wanita karena tidak membuat bibir kering. Bukan ketahanan yang ditawarkan oleh lipstik ini, melainkan kenyamanan sehingga menjadikannya cocok untuk segala usia. Untuk mengeluarkan warna intens, Anda perlu menciptakan beberapa layer hingga terlihat ketebalan warna yang Anda inginkan.

Crayon: Ramah bagi Pemula karena Penggunaannya yang Praktis

Meskipun menjadi kosmetik umum yang lazim digunakan, beberapa dari Anda mungkin belum begitu mahir menggunakan lipstik. Kami rekomendasikan lipstik matte tipe crayon apabila Anda mengharapkan kemudahan guna. Lip crayon didesain dengan ujung sedikit runcing untuk memudahkan proses pengaplikasian, sehingga Anda yang pemula tetap nyaman dan optimal memperoleh warna bibir berkesan matte.

Idealisme produsen merancang lip crayon berbeda-beda. Kami menganjurkan Anda memilih produk yang cukup panjang agar Anda lebih gampang ketika memegangnya. Lip crayon berformula lebih ringan dibandingkan lipstik bullet, membuatnya pas dipakai pelajar tingkat atas atau mahasiswi. Bila ingin memperoleh keuntungan lebih, pilihlah lip crayon yang dapat dialihfungsikan menjadi blush on dan eyeshadow.

Liquid: Menampilkan Warna Lebih Intens untuk Kesan Maksimal

Keunggulan liquid lipstick terletak pada kekuatan warna yang dihasilkan. Tingkatkan rasa percaya diri Anda dengan warna intens dari penggunaan lipstik matte bertipe liquid. Walau ideal untuk segala kondisi dan warna bibir, Anda yang ingin menutupi bibir gelap bisa mengandalkan liquid lipstick.

Jika Anda tertarik menggunakan lipstik liquid, aplikasikan lip balm sebelum memolesnya karena lipstik ini cenderung menyebabkan bibir kering. Anda bisa mengandalkan lipstik liquid apabila memerlukan riasan bibir yang tahan hingga seharian. Daya tahan lipstik liquid berbeda-beda, maka itu sebaiknya Anda periksa juga klaim daya tahan produk atau mengecek ulasan pengguna lain di YouTube atau website product review.

10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik

Berikut kami tampilkan pilihan lipstik matte berkualitas dari brand-brand terpercaya. Oleh karena masing-masing produk menawarkan keunggulan, pastikan Anda memilih lipstik yang tidak membuat bibir terlalu kering, ya!

1. Maybelline The Powder Mattes by Color Sensational

Dilengkapi nektar madu untuk lembapkan bibir

Lipstik matte satu ini tidak sekadar menjanjikan hasil matte 2x lebih intens, Maybelline memastikan produknya cocok digunakan seluruh wanita Indonesia. Ke-26 shades yang tersedia kompatibel untuk berbgai warna kulit, termasuk sawo matang dan kuning langsat.

Disamping tidak perlu banyak layer untuk hasilkan warna intens, formula lipstik seri Color Sensational ini ultra-lightweight sehingga bibir terasa nyaman tanpa perasaan berat. Untuk bibir hitam sekalipun, lipstik matte persembahan Maybelline berikut menyediakan warna yang matching. Berbentuk stick dengan kandungan honey nectar, lipstik ini menjaga kelembapan bibir sekaligus menjamin kemudahan pengaplikasian.

Jenis Bullet/stick
Formula pelembap Honey nectar, glycerin, dan shea butter
Warna 26 shades
Berat 3,9 g
Kisaran harga Rp55.000

2. Purbasari Lipstick Color Matte

Lipstik matte tahan lama bersertifikasi HALAL dan terdaftar di BPOM

Sebagai brand lokal, Purbasari sangat bangga mengetahui lipstik matte keluarannya disukai banyak orang. Berbagai review positif diterima untuk Lipstick Color Matte-nya. Anda bermaksud menampilkan ketebalan warna bibir tanpa tampak kontur bibir yang mengganggu? Purbasari memastikan produknya ini meng-cover bibir dengan cantik tanpa menyebabkan kering.

Volume bibir lebih padat nan elegan yang diperlihatkan bakal menambah kepercayaan diri Anda. 15 varian warna yang tersedia memungkinkan Anda tampil dengan rona bibir berbeda setiap hari. Bersahabat soal harga, para pelajar yang ingin belajar makeup layak menjajal produk ini. Apalagi, Purbasari membekali lipstik matte ini dengan vitamin E, beeswax, dan beberapa emollient, bibir lembap dan terawat niscaya Anda rasakan!

Jenis Bullet/stick
Formula pelembap Vitamin E, beeswax, squalene, dan candelila cera extract
Warna 15 shades
Berat 2,6 g
Kisaran harga Rp36.500

3. Make Over Color Stick Matte Crayon

Pulas bibir lebih nyaman berkat ujung krayon yang lembut

Kabar baik didatangkan dari Make Over kepada Anda yang berburu lipstik matte untuk pemula. Walaupun tidak menawarkan banyak pilihan shade, lip crayon ini menyediakan range warna ideal untuk warm maupun cool undertone. Formula ringan yang diterapkan terasa nyaman di bibir. Didukung komposisi pelembap vitamin E dan carnauba wax, Color Stick Matte Crayon memastikan bibir Anda tetap lembut.

Selain unggul akan formula yang breathable, produk ini diklaim tahan lama dari pagi hingga malam hari hanya dalam satu sapuan. Ujung krayon lipstiknya lembut, kegiatan memulas bibir menjadi momen yang selalu Anda nanti-nantikan! Tak hanya itu, packaging-nya yang pas di tangan memudahkan pengaplikasian untuk hasil lebih akurat.

Jenis Crayon
Formula pelembap Vitamin E dan copernicia cerifera (carnauba) wax
Warna 5 shades
Berat 2,6 g
Kisaran harga Rp99.000

4. Emina Creamatte Lip Cream

Pigmentasi warna yang konsisten sekaligus tahan lama seharian

Rating Creamatte Lip Cream di marketplace atau website khusus review produk hampir sempurna. Ini menjadi pertanda betapa berkualitasnya lipstik matte persembahan Emina. Tak sekadar kompatibel ke range kulit gelap hingga terang, belasan pretty shades yang disuguhkan memungkinkan Anda memakai lipstik berdasarkan mood.

Bertipe lip cream, tekstur liquid dengan pigmentasi warna kuat akan mempercantik bibir Anda. Tidak lupa, Emina melengkapi produk ini komposisi vitamin E yang berfungsi melembapkan bibir. Teksturnya yang soft dan velvety mempermudah Anda setiap waktu memulasnya. Apabila Anda penasaran ingin mencobanya, ingatlah bahwa matte finish lipstick ini tidak sepenuhnya transerproof.

Jenis Liquid
Formula pelembap Vitamin E
Warna 15 shades
Berat 5,5 mL
Kisaran harga Rp46.500

5. Wardah Intense Matte Lipstick

Tersedia 15 shades untuk rentang kecocokan warna yang luas

Brand yang terkenal akan kosmetik halalnya, Wardah, turut meramaikan pasar. Kemunculan Intense Matte Lipstick disambut baik makeup junkie. Cukup siapkan budget puluhan ribu, Anda sudah bisa menjajal seluruh klaim produk ini. Formula long lasting-nya didukung pigmentasi sangat baik. Tak hanya itu, lipstik matte berikut bertekstur creamy di bibir.

Bila Anda menyukai efek matte yang intens, produk besutan Wardah satu ini jawabannya! Belum berhenti sampai situ, lipstik matte yang tahan sekitar 6 – 7 jam di bibir ini tidak akan membuat bibir kering. Selain diperkaya agen pelembap, Wardah Intense Matte Lipstick juga menawarkan kelembutan tekstur yang menghadirkan kenyamanan saat memulas bibir.

Jenis Bullet/stick
Formula pelembap Octyldodecyl stearoyl stearate, beeswax, candelilla wax, carnauba wax, squalene, dan tocopheryl acetate (vitamin E)
Warna 15 shades
Berat 2,3 g
Kisaran harga Rp49.000

6. NYX Soft Matte Lip Cream

Produk yang akan menemani Anda seharian dengan makeup bibir tetap on!

Apakah Anda salah seorang yang memiliki tone kulit terang? Kesulitan Anda menemukan lipstik dengan warna pas akan diatasi oleh NYX Soft Matte Lip Cream. Ke-36 nude-based shades lipstik ini siap memberikan sentuhan warna menakjubkan pada bibir Anda.

Selain tahan lama dengan formula ringan dan tekstur creamy, lip cream liquid rancangan NYX satu ini dijamin tidak mengeringkan bibir. Malahan, penyantuman beeswax-nya bakal melembutkan bibir Anda. Tidak ada wangi menyengat ataupun aneh-aneh, inilah lipstik dengan efek soft matte idaman banyak orang!

Jenis Liquid
Formula pelembap Beeswax dan glyceryl behenate/eicosadioate
Warna 36 shades
Berat 4,7 mL
Kisaran harga Rp120.000

7. L’Oreal Paris Rouge Signature Matte Colored Ink

Aplikator tear drop pipih memudahkan penjangkauan sudut-sudut bibir

Seri lipstik matte dari L’oreal Paris cukup banyak. Selain Color Ritche Matte dan Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick, kami sarankan Anda mencoba Rouge Signature Matte Colored Ink-nya. Produk ini didesain dalam bentuk liquid cream. Salah satu keunggulan produk ini terletak pada pigmentasi warna mirip lip tint, namun lebih kuat, serta cepat kering tanpa menyebabkan bibir lengket.

Lipstik matte yang diklaim ultra-thin formula, fresh, dan long lasting ini mempunyai aplikator berbentuk tear drop yang bukan hanya lembut, tetapi juga mampu hasilkan pulasan mengikuti garis bibir secara presisi. Selain warna merah pekat hingga nude, L’oreal Paris berinovasi mengeluarkan shades yang dilengkapi glitter untuk makeup bibir lebih stunning!

Jenis Liquid
Formula pelembap Butylene glycol
Warna 37 shades
Berat 7 mL
Kisaran harga Rp150.000

8. LT Pro Long Lasting Matte Lip Cream

Diperkaya komponen alami untuk menutrisi dan melembapkan bibir

Kombinasi astrocaryum murumuru seed butter dan vitamin E yang terkandung di dalam produk ini beraksi ganda sebagai lip moisturizer, antioksidan, dan vitamin. Khusus Anda yang bermasalah dengan penampilan kerut pada bibir, LT Pro mengembangkan lipstik matte ini dengan soft focus effect yang akan menghaluskan tekstur bibir secara instan.

Bukan hanya mengesankan bibir cantik, tetapi ketahanan warna hingga tengah hari menambah nilai lebih produk ini. Belum lagi rancangan formulanya yang ringan di bibir, rasa nyaman adalah keniscayaan. Anda yang bermaksud mengenakan lipstik matte ringan untuk tutupi kerutan bibir dan berformula long-lasting, jangan ragu memilih LT Pro Long Lasting Matte Lip Cream.

Jenis Liquid
Formula pelembap Astrocaryum murumuru seed butter dan vitamin E
Warna 10 shades
Berat 8 mL
Kisaran harga Rp120.000

9. Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse

Tidak gampang pudar meski Anda gunakan makan atau minum

Suka dibuat bingung oleh produk yang menawarkan banyak shades karena Anda termasuk pemilik neutral undertone? Wardah merilis lipstik matte seharga puluhan ribu yang mudah diaplikasikan, ringan, serta memberikan intense matte untuk bibir Anda. Klaim comfort matte dihasilkan dari vitamin E sebagai pelembap untuk cegah bibir kering sekaligus lengket.

Inovasi lain tersemat ke dalam produk ini, yakni finish velvet powdery di mana bibir Anda tidak sekadar menawan oleh intense matte-nya, namun bibir terasa seperti tekstur bedak alias powdery tidak lama setelah pengaplikasian. Berkat gabungan hasil akhir tersebut, Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse memberi efek blurry lips ala perempuan-perempuan Korea.

Jenis Liquid
Formula pelembap Vitamin E
Warna 8 shades
Berat 4 g
Kisaran harga Rp62.500

10. Mizzu Valipcious Velvet Matte

Hemat lipstik karena tidak perlu dipakai banyak layer

Final recommendation kami jatuh kepada Mizzu Valipcious Velvet Matte. Masih dengan matte liquid lipstick, produk lokal ini mampu menutupi warna permukaan bibir dengan sempurna. Anda yang memiliki bibir cenderung gelap, pilihlah lipstik yang dapat meng-cover bibir gelap ini hanya dalam 2 – 3 kali pulasan.

Walaupun bibir tidak mudah kering berkat shea butter dan vitamin E-nya, Anda pemilik bibir kering sebaiknya mengaplikasikan lip scrub lembut 1 jam sebelum pemakaian, atau lebih optimal melakukan scrubbing sebelumnya di malam hari. Staying power lipstik matte lokal ini cukup hingga 5 – 6 jam, namun tetap transferproof meski hanya sedikit ketika dipakai minum atau makan.

Jenis Liquid
Formula pelembap Shea butter dan vitamin E
Warna 10 shades
Berat 4,5 g
Kisaran harga Rp79.000

Lihat juga rekomendasi lip balm terbaik di sini!

Beberapa produk lipstik matte tidak dibekali formula ampuh untuk melembapkan bibir. Daripada mengurungkan niat, lebih baik Anda aplikasikan lip balm sebelum mengenakan lipstik.

Pilihannya pun banyak, mulai dari lip balm tanpa aroma, tanpa warna, hingga lip balm berwarna tersedia. Simak ulasan selengkapnya beserta rekomendasi produk terbaik pada artikel berikut. Selamat memilih!

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik
10 Rekomendasi Lip Balm Berwarna Terbaik

Kesimpulan

Lipstik matte adalah produk andalan yang akan menemani Anda berkegiatan sehari-hari. Beberapa produk dengan klaim daya tahan belasan jam memastikan penampilan Anda tetap maksimal selama di kantor atau luar ruangan. Dari berbagai merek lipstik matte terbaik rekomendasi kami di atas, kami harap Anda berhasil temukan salah satu yang pas.

Oleh karena formula lipstik matte cenderung menyebabkan bibir kering, lebih baik Anda aplikasikan lip balm sebagai lapisan dasar untuk mengurangi efek dry lips. Pilihlah lipstik matte yang teksturnya bukan hanya nyaman, tetapi warnanya juga cocok dengan undertone bibir dan skintone kulit Anda. Yuk, ciptakan pesona bibir dengan warna intens bersama lipstik matte idaman!

(Visited 829 times, 29 visits today)