Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik

Selai merupakan bahan pelengkap yang biasa dioleskan pada roti tawar atau menjadi isian di dalam roti, kue, biskuit, atau wafer. Salah satu selai yang paling disukai banyak orang adalah selai kacang. Memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit asin, selai kacang tidak hanya lezat tapi juga mengandung banyak nutrisi.

Berbagai merek selai kacang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Skippy, Dale’s Farm, Peanut Butter & Co. dan lainnya. Sebelum Anda membeli salah satunya, berikut ini kami akan menguraikan tentang manfaat selai kacang dan bagaimana cara memilihnya. Kami juga menyediakan rekomendasi selai kacang untuk Anda. Simak, ya!

blank

Apakah Selai Kacang Menyehatkan?

blank

Selai kacang terbuat dari kacang yang dipanggang dan ditumbuk halus hingga menjadi pasta. Dengan 90% kandungan kacang yang kaya akan nutrisi dan sumber antioksidan, menjadikan selai kacang berguna untuk kesehatan serta membantu menurunkan berat badan.

Dengan takaran yang tepat, selai kacang dapat memberikan Anda banyak manfaat, seperti meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kolesterol baik, mengontrol gula darah, serta mengurangi risiko diabetes dan kanker. Semua berkat kandungan asam oleat, asam amino, omega-6, vitamin E, vitamin B, dan senyawa lain yang terdapat pada selai kacang.

Namun, kacang juga mengandung kalori dan lemak yang tinggi, sehingga tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi selai kacang juga harus dihindari jika Anda atau anggota keluarga Anda mempunyai alergi terhadap kacang.

Cara Memilih Selai Kacang

Memilih selai kacang mungkin terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin mendapatkan selai kacang yang terbaik, yaitu selai kacang yang tidak hanya lezat tapi juga lebih sehat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pilih Bahan Dasar berdasarkan Preferensi Anda

blank

Selai kacang tidak hanya dimonopoli oleh bahan dasar kacang tanah. Kini banyak produsen yang membuat selai kacang dari almond dan sunflower butter. Meskipun terdapat perbedaan dalam rasa serta kandungan vitamin dan mineral di antara ketiganya, tetapi ketiga bahan dasar dalam selai kacang ini yang dianggap paling sehat.

Sedangkan selai kacang yang dianggap tidak begitu sehat adalah selai kacang yang berbahan dasar kelapa, hazelnut, macadamia, pecan, walnut, dan mete. Hal itu disebabkan kesemuanya mengandung lemak yang lebih tinggi dan protein yang lebih rendah daripada kacang tanah, almond dan sunflower butter.

Periksa Tipenya, Regular (Full-Fat) atau Light (Less-Fat)?

blank

Selai kacang terdiri dari dua tipe, yaitu tipe regular (full-fat) dan light (less-fat). Tipe regular adalah selai kacang biasa atau tradisional yang selama ini kita kenal dan konsumsi. Selai ini mengandung banyak lemak dan gula, serta mengandung setidaknya 85% kacang.

Sedangkan tipe light (less-fat) disebut “ringan” karena selai kacang tipe ini hanya mengandung kacang sekitar 25%, yang artinya mengandung lebih sedikit lemak daripada selai kacang biasa. Selai tipe ini umumnya ditambahkan minyak, gula, garam, dan maltodekstrin (pati), yaitu zat untuk mengentalkan atau meningkatkan volume selai.

Sebaiknya Utamakan Produk yang Minim Komposisi

blank

Saat memilih selai kacang, sebaiknya Anda memilih produk yang memiliki daftar komposisi yang paling minim atau maksimal dua bahan, misalnya hanya kacang tanah dan garam.

Anda juga dapat memilih selai kacang murni yang mengandung 100% kacang tanah tanpa rasa tambahan. Produk dengan komposisi bahan paling sedikit akan lebih lebih sehat daripada produk dengan komposisi bahannya lebih banyak.

Demi Kesehatan, Pilih yang Tidak Diberi Tambahan Gula dan Minyak

blank

Banyak produsen selai kacang yang memberikan tambahan gula pada produknya untuk menambah rasa manis dan kelezatan sehingga lebih disukai oleh banyak konsumen. Produsen juga menambahkan minyak ke dalam selai kacang agar lebih mudah dioleskan pada roti atau makanan lain.

Sebenarnya, kacang sudah memiliki rasa manis secara alami. Agar kesehatan Anda lebih terjamin, hindari selai kacang dengan tambahan gula atau pemanis lain seperti sirup, jagung, madu, dan sebagainya. Hindari pula selai kacang yang mengandung minyak sawit karena akan berbahaya bagi kesehatan jantung. Anda dapat memilih selai kacang yang mengandung minyak kelapa sebagai gantinya.

Pilih Berdasarkan Teksturnya, Creamy atau Crunchy?

blank

Berdasarkan teksturnya, selai kacang terbagi menjadi dua jenis, yaitu creamy dan crunchy. Selai kacang creamy memiliki tekstur yang lembut dan kental, sedangkan jenis crunchy memiliki tekstur yang kasar dengan butiran remah kacang.

Nah, manakah yang lebih Anda sukai, selai kacang dengan tekstur yang lembut atau yang kasar? Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera Anda dan keluarga.

10 Rekomendasi Selai Kacang Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis selai kacang dan bagaimana cara memilihnya, sekarang simak sepuluh rekomendasi selai kacang terbaik berikut ini agar Anda dapat menentukan pilihan mana selai kacang yang akan Anda beli. Selamat memilih!

1. Skippy Chunky Peanut Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Renyahnya potongan kacang asli dalam selai kacang yang nikmat

Skippy dikenal sebagai merek selai kacang yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Tak heran, selai kacang Skippy memang terkenal enak dan bikin kangen. Begitu juga dengan Skippy Chunky Peanut Butter ini.

Selai kacang ini memiliki banyak potongan kacang asli yang renyah di setiap botolnya. Dengan rasa yang nikmat dan gurih, serta rasa manis yang pas, selai kacang bertekstur chunky ini cocok untuk dioleskan pada roti, olahan pisang, hingga menjadi campuran sambal kacang.

4 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Rasa kacang yang enak, tidak bikin enek, dan gurih.
  • Nikmat untuk olesan roti tawar, roti bakar, pisang bakar, pisang nugget, maupun biskuit.
  • Bisa juga dipakai sebagai campuran sambal gado-gado, sate, dressing salad, dan puding.
  • Tekstur renyah dengan manis pas yang bikin ketagihan.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Terlalu kental, mungkin kurang cocok untuk sebagian orang.
  • Jumlah sodium cukup tinggi.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Tidak disebutkan
Tekstur Crunchy
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp61.000

2. Viand Bevande Cashew Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Selai kacang creamy yang mengandung bahan-bahan alami

Selai kacang yang satu ini terbuat dari kacang mete berkualitas dan merupakan produksi homemade dari brand Viand Bevande. Selai kacang bertekstur halus, lembut, dan creamy ini diklaim aman untuk penderita diabetes karena mengandung bahan tambahan alami yang menyehatkan.

Bahan tambahan alami yang terdapat pada selai ini adalah himalayan pink salt yang memiliki mineral tinggi, lakanto atau pemanis alami dari monk fruit, serta minyak zaitun yang memiliki segudang manfaat.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Selai yang populer di Instagram.
  • Tidak meninggalkan rasa manis di lidah dan tenggorokan.
  • Rasa manis yang berasal dari pemanis alami.
  • Bisa dikonsumsi penderita diabetes dan orang yang menjalani diet keto.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Produk cukup sulit dicari.
Bahan dasar Cashew (kacang mete)
Komposisi Kacang mete, Himalayan pink salt, lakanto, olive oil
Tekstur Creamy
Ukuran 220 g
Kisaran harga Rp135.000

3. Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Blibli

Perpaduan bahan berkualitas tanpa gula tambahan

Bila Anda menyukai selai kacang yang tidak terlalu manis, Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Produk ini mengandung campuran kacang tanah, minyak nabati, minyak lobak, minyak biji kapas, dan minyak kedelai yang berkualitas.

Tidak mengandung gula tambahan selain kacang panggang dan garam, selai kacang ini baik untuk yang sedang diet atau penderita diabetes, juga bagi Anda yang sadar akan kesehatan. Merupakan selai kacang jenis crunchy yang dikemas dalam botol plastik, produk ini mudah dibawa saat piknik atau berwisata.

5 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tidak ada tambahan gula.
  • Sedikit kandungan garam.
  • Diperkaya folat untuk mendukung pembakaran lemak.
  • Menawarkan rasa gurih berpadu harum alami dari kacang.
  • Kemasan plastik yang ideal dibawa bepergian.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Mungkin tidak diminati oleh Anda yang mengutamakan bahan kemasan ramah lingkungan.
  • Kurang cocok untuk penyuka rasa manis.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Peanuts, hydrogenated vegetable oil (contains rapeseed oil, cottonseed oil and soybean oil), iodised salt
Tekstur Crunchy
Ukuran 340 g
Kisaran harga Rp38.400

4. Allaire Crunchy Chunky Low Carb Peanut Butter

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Bukalapak

Dengan butiran kacang renyah tanpa gula untuk yang sedang diet

Tidak mengandung gula serta rendah karbohidrat, Allaire Crunchy Chunky Low Carb Peanut Butter cocok untuk Anda yang sedang diet keto atau seorang vegetarian maupun vegan.

Memiliki rasa gurih dengan aroma kacang panggang yang segar, selai ini bertekstur chunky dengan butiran kacang renyah cocok dijadikan olesan atau topping roti atau isian bolu gulung.

6 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Butiran kacangnya begitu renyah.
  • Ideal dikonsumsi oleh Anda yang melakukan program diet keto.
  • Bisa untuk olesan atau topping roti dan kue.
  • Tanpa tambahan gula dan gluten.
  • Bebas kolesterol.
  • Cocok untuk vegetarian maupun vegan.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Kebanyakan menyukai rasa, tekstur, dan nilai nutrisi dari selai ini. Hanya saja, Anda yang hendak membeli online perlu memastikan packaging-nya agar selai tidak tumpah.

Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Roasted peanut, sea salt, sucralose
Tekstur Crunchy
Ukuran 300 g
Kisaran harga Rp100.000

5. Beorganik 100% Pure Peanut Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Lazada Cek harga di Tokopedia

100% kacang murni tanpa minyak dan tanpa pengawet

Beorganik 100% Pure Peanut Butter terbuat dari kacang panggang organik, madu hutan, dan sejumput garam pink himalayan. Dibuat dengan cara dipanggang di oven, selai kacang ini mengandung 100% kacang murni.

Tanpa tambahan gula, minyak, dan pengawet, selai kacang ini cocok untuk dikonsumsi meski Anda vegetarian atau sedang melakukan diet keto. Rasa manis yang dihasilkannya merupakan rasa manis asli dari kacang.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tanpa tambahan gula, minyak, pengawet, dan bebas gluten.
  • Keto dan vegan-friendly.
  • Harga terjangkau.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Rasa manis asli kacang, mungkin kurang cocok untuk sebagian lidah orang.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Organic roasted peanut, Himalayan pink salt
Tekstur Creamy
Ukuran 280 g
Kisaran harga Rp57.000

6. Dale’s Farm Creamy Peanut Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Bercita rasa kacang alami dalam selai yang creamy

Dibuat dengan komposisi 89% kacang tanah panggang, ditambah gula, minyak nabati, minyak kacang, dan garam, Dale’s Farm Creamy Peanut Butter menghadirkan citarasa kacang alami dan minyak kacang dalam selainya yang creamy.

Diperkaya dengan lemak baik, serat, dan protein tinggi, selai ini dipercaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tinggi kandungan baik untuk pencernaan.
  • Kemasan toples kaca yang tampak premium.
  • Berizin edar dari BPOM.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Kemasan rawan pecah.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Kacang tanah panggang (89%), gula, minyak nabati, minyak kacang, garan.
Tekstur Creamy
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp75.900

7. Sincere Organic Peanut Butter

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Bukalapak Cek harga di Tokopedia

Kebaikan selai kacang rendah gula untuk kesehatan

Sesuai namanya, Sincere Organic Peanut Butter terbuat dari kacang tanah organik yang baik untuk kesehatan. Diolah dengan cara dipanggang, bukan digoreng, lalu digiling sampai lembut hingga menjadi butter, aman dari kandungan minyak.

Selai kacang dengan tekstur lembut ini tidak hanya digunakan untuk olesan roti, tapi juga bisa dipakai sebagai bahan filling pada kue atau topping pada smoothies. Tak perlu khawatir dengan masalah kesehatan, karena selai ini dibuat tanpa tambahan gula, perasa, atau pengawet.

8 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Berkemasan kaca yang cukup tebal.
  • Komposisi dasar organik yang tersertifikasi.
  • Bebas filler (tidak ada tambahan berbagai macam minyak).
  • Bebas pengawet dan bahan penstabil.
  • Tanpa tambahan gula.
  • Aman untuk pelaku diet keto dan penderita diabetes.
  • Vegan-friendly.
  • Bisa juga dicampurkan pada MPASI bayi.

2 Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Tutup kemasan kurang kencang.
  • Harga cukup mahal untuk sebagian orang.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Certified organic local peanuts, sea salt
Tekstur Creamy
Ukuran 225 g
Kisaran harga Rp69.900

8. Dale’s Farm Crunchy Peanut Butter

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Rasakan sensasi tekstur padat dan besar dari jenis kacang virginia

Selain mengeluarkan selai kacang jenis creamy, Dale’s Farm juga memproduksi selai kacang jenis crunchy yang tak kalah lezatnya. Terbuat dari 89% kacang jenis virginia, berpadu dengan gula, minyak nabati, minyak kacang, dan garam.

Butiran kacang yang bertabur di antara selainya menghasilkan tekstur yang  padat dan besar, serta menghadirkan sensasi gigitan kacang saat Anda memakannya. Selai ini dikemas dalam toples kaca yang bisa digunakan ulang.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tekstur renyah kacang yang padat dan besar.
  • Rasa kacangnya nyaman di lidah.
  • Harga tergolong murah untuk jenis selai crunchy.
  • Kemasan dari kaca yang bisa dipakai kembali apabila selai habis.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

Hampir semua pembeli mengaku suka dengan produk ini, baik dari segi rasa, tekstur crunchy, maupun kemasannya.

Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Kacang tanah (89%), gula, minyak nabati, minyak kacang, garam
Tekstur Crunchy
Ukuran 500 g
Kisaran harga Rp53.600

9. Peanut Butter & Co., Simply Smooth

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Tokopedia

Kelezatan 100% kacang Amerika dengan sertifikasi Vegan Action

Berasal dari Amerika Serikat, selai kacang ini mengandung 100% kacang tanah Amerika dan dicampur dengan sedikit garam dan sedikit minyak sayur, tanpa tambahan gula. Produk ini juga telah tersertifikasi sebagai produk vegan karena bebas GMO, gluten, dan lemak trans.

Bertekstur halus dan lembut sesuai namanya, selai kacang ini cocok untuk dioleskan pada roti, topping es krim atau buah. Selain lezat, selai ini aman untuk kesehatan dan juga halal.

Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tersertifikasi Vegan Action.
  • Bebas GMO, gluten, dan lemak trans.
  • Tanpa tambahan gula, pewarna, pengawet, dan perasa.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian orang tidak suka dengan adanya tambahan palm oil sehingga selai susah diaduk.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Kacang tanah, minyak sayur, garam
Tekstur Creamy
Ukuran 454 g
Kisaran harga Rp218.000

10. NUDE Original Peanut Butter

blank

Sumber: Shopee.co.id

Cek harga di Shopee Cek harga di Blibli Cek harga di Bukalapak

Selai kacang homemade yang aman untuk vegan dan pelaku diet

Produk terakhir yang kami rekomendasikan ini adalah selai kacang homemade yang terbuat dari kacang dan sedikit himalayan salt, tanpa tambahan bahan lain seperti gula, madu, pengawet, atau pengental.

Selain itu, NUDE Original Peanut Butter juga tidak mengandung produk susu, sehingga cocok untuk vegan dan pelaku diet rendah gula. Selain sehat, selai ini memberikan rasa kelezatan yang unik dan sedikit berbeda dari selai kacang biasa.

3 Alasan untuk Membeli Produk:

  • Tanpa tambahan susu, gula, madu, pengawet, dan mentega/margarin.
  • Ideal untuk pelaku diet keto dan vegan.
  • Bisa disimpan di suhu ruang.

Pertimbangan sebelum Membeli Produk:

  • Sebagian orang menganggap rasanya berbeda dari selai kacang pada umumnya.
Bahan dasar Kacang tanah
Komposisi Tidak disebutkan
Tekstur Creamy
Ukuran 200 g
Kisaran harga Rp60.000

Tabel Perbandingan Selai Kacang

Produk Skippy Chunky Peanut Butter Viand Bevande Cashew Butter Tong Garden Unsweetened Crunchy Peanut Butter Allaire Crunchy Chunky Low Carb Peanut Butter Beorganik 100% Pure Peanut Butter Dale’s Farm Creamy Peanut Butter Sincere Organic Peanut Butter Dale’s Farm Crunchy Peanut Butter Peanut Butter & Co., Simply Smooth NUDE Original Peanut Butter
blank blank blank blank blank blank blank blank blank blank
Bahan dasar Kacang tanah Cashew (kacang mete) Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah Kacang tanah
Komposisi Tidak disebutkan Kacang mete, Himalayan pink salt, lakanto, olive oil Peanuts, hydrogenated vegetable oil (contains rapeseed oil, cottonseed oil and soybean oil), iodised salt Roasted peanut, sea salt, sucralose Organic roasted peanut, Himalayan pink salt Kacang tanah panggang (89%), gula, minyak nabati, minyak kacang, garan. Certified organic local peanuts, sea salt Kacang tanah (89%), gula, minyak nabati, minyak kacang, garam Kacang tanah, minyak sayur, garam Tidak disebutkan
Tekstur Crunchy Creamy Crunchy Crunchy Creamy Creamy Creamy Crunchy Creamy Creamy
Ukuran 500 g 220 g 340 g 300 g 280 g 500 g 225 g 500 g 454 g 200 g
Kisaran harga Rp61.000 Rp135.000 Rp38.400 Rp100.000 Rp57.000 Rp75.900 Rp69.900 Rp53.600 Rp218.000 Rp60.000
Ketersediaan produk

Kesimpulan

Selai kacang yang selama ini biasa dijadikan rasa tambahan pada roti, kue, atau biskuit, tidak hanya memberikan kelezatan saja tetapi juga manfaat untuk kesehatan. Hal itu disebabkan oleh bahan kacangnya yang memiliki nutrisi tinggi dan mengandung antioksidan.

blank

Semua merek selai kacang menawarkan keistimewaan produknya, seperti bebas gula dan bebas pengental agar selai lebih sehat dikonsumsi. Cermatlah dalam memilih selai kacang dengan cara-cara yang telah kami sajikan di atas. Semoga Anda puas dengan selai kacang pilihan Anda!

Referensi

What Is The Healthiest Nut Butter? (Your Nut Butter Buying Guide)
https://pickyeaterblog.com/what-is-the-healthiest-nut-butter-to-eat-your-nut-butter-buying-guide/ diakses pada 3 Juni 2021

Your Guide to the Best Nut Butters and Other Creamy Spreads
https://health.clevelandclinic.org/guide-best-nut-butters-creamy-spreads/ diakses pada 3 Juni 2021

How to buy the best peanut butter
https://www.choice.com.au/food-and-drink/nuts-and-oils/nuts/buying-guides/peanut-butter diakses pada 3 Juni 2021

How to choose nut butters and spreads
https://www.healthyfood.com/advice/how-to-choose-nut-butters-and-spreads/ diakses pada 3 Juni 2021

Things To Look For When Buying Peanut Butter
https://food.ndtv.com/food-drinks/things-to-look-for-when-buying-peanut-butter-1885451 diakses pada 3 Juni 2021

Which Is Healthier: Creamy Or Crunchy Peanut Butter?
https://www.prevention.com/food-nutrition/a19827456/creamy-vs-crunchy-peanut-butter/ diakses pada 3 Juni 2021

Smooth vs. Chunky Peanut Butter: The Great Debate
https://www.huffpost.com/entry/smooth-vs-chunky-peanut-butter_n_5609435 diakses pada 3 Juni 2021

You may also like

Comments are closed.