Written by 00:08 Makanan & Minuman

10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik

Susu UHT merupakan susu yang cara pengolahannya dengan dipanaskan pada suhu 138-150 derajat celcius. Pemanasan bersuhu tinggi ini bertujuan untuk mematikan bakteri jahat tanpa merusak nilai gizi susu. Di pasaran, kita bisa menemukan banyak sekali pilihan susu UHT.

Greenfields, Frisian Flag, dan Diamond memproduksi susu UHT dengan bermacam pilihan rasa dan ukuran. Jika Anda tertarik membelinya, kami akan memaparkan cara memilih produk kepada Anda. Selain itu, susu UHT terbaik pilihan PickyBest juga direkomendasikan untuk Anda. Yuk, simak ulasannya!

Cara Memilih Susu UHT

Ada banyak pilihan rasa susu UHT yang ada di pasaran. Ukuran kemasannya pun beragam, dari yang sekali minum hingga kemasan literan. Guna memperoleh susu UHT yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

Sesuaikan Kandungan Lemaknya dengan Kebutuhan Konsumsi

Kebutuhan lemak setiap orang dibedakan berdasarkan usia dan kondisi tertentu, seperti sedang diet, misalnya. Maka itu, pastikan agar Anda memperhatikan jumlah lemak pada susu UHT yang hendak Anda beli.

Untuk Anak-anak, Lebih Baik Pilih Susu Full Cream yang Lemaknya Utuh

Susu UHT sebaiknya diberikan pada anak berusia 2 tahun ke atas. Untuk anak di bawah 1 tahun, disarankan agar konsultasi dulu dengan dokter. Kandungan lemak yang tinggi pada susu full cream sangat baik untuk mendukung perkembangan saraf dan fungsi otak anak.

Di sisi lain, lemak pada susu menjadikannya tinggi kalori sebagai suplai energi penunjang aktivitas anak. Sementara itu, pada orang dewasa, jumlah lemak tinggi dari susu full cream berguna untuk menaikkan berat badan. Bagi orang dengan kebutuhan kalori tinggi semisal hyperthyroidism, susu full cream juga bisa dipertimbangkan untuk dikonsumsi.

Bagi yang Sedang Diet, Utamakan yang Rendah atau Bebas Lemak

Pilihan terbaik untuk Anda yang sedang diet adalah susu rendah kalori, yakni yang kandungan lemaknya rendah atau bahkan bebas lemak. Susu rendah lemak biasanya mengantongi jumlah lemak 1 sampai 2 persen, sedangkan susu bebas lemak (skim milk) hanya 0,5 persen atau bahkan tidak ada sama sekali.

Susu bebas lemak biasanya berlaktosa rendah, sehingga bisa dikonsumsi oleh Anda yang mengalami intoleransi terhadap laktosa. Meski demikian, tetap perhatikan reaksi tubuh pasca mengonsumsi susu bebas lemak. Bila kurang yakin, lebih disarankan agar Anda meminta saran dokter terlebih dulu.

Pilih Rasa sesuai Selera dengan Tetap Menjaga Asupan Gula

Biasanya, susu UHT tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Susu dengan varian rasa ini mengandung gula tambahan yang sebaiknya dikonsumsi dalam batas wajar. Sedangkan, bagi Anda yang mengurangi asupan gula bisa memilih susu susu tanpa rasa (plain milk).

Bila Anda bermaksud membeli susu dengan rasa tertentu, perhatikanlah jumlah kalori dan gula di dalamnya. Konsumsi susu dengan tambahan gula dapat meningkatkan risiko obesitas, gigi berlubang, dan masalah kesehatan lain. Oleh karenanya, pengonsumsian susu UHT berperasa sebaiknya sesekali saja.

Untuk Anda yang Alergi Susu Sapi, Pilihlah Susu dari Bahan Nabati

Susu nabati atau nondairy milk bisa menjadi pilihan bagi Anda yang alergi susu sapi. Jenis susu ini cocok dikonsumsi oleh vegan, orang yang berdiet nondairy, dan orang yang intoleransi laktosa pada susu sapi.

Di pasaran, Anda dapat menemukan beberapa macam susu berbahan nabati, misalnya susu kedelai, susu almon, susu rami, susu oat, dan lainnya. Setiap bahan dasar susu nabati memiliki kandungan gizi berbeda. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda pilih sesuai kebutuhan maupun kesukaan Anda.

Pilih Ukuran Kemasan sesuai Preferensi Mengonsumsinya

Ukuran kemasan adalah aspek penting lain yang juga perlu Anda sesuaikan dengan preferensi Anda mengonsumsi susu.

Untuk Konsumsi Satu Keluarga, Pilih Kemasan Besar yang Lebih Ekonomis

Pilihlah susu berkemasan besar apabila hendak dikonsumsi untuk satu keluarga di rumah. Kemasan besar atau family pack biasanya dijual lebih murah daripada kemasan kecil, sehingga Anda pun dapat menghemat pengeluaran. Produk family pack dapat Anda temukan dengan kisaran ukuran 900 mL hingga 1 liter.

Untuk Dibawa Bepergian, Pilih Kemasan Sekali Minum agar Praktis

Meski bisa tahan lama tanpa dimasukkan ke lemari pendingin, susu UHT tetap akan cepat basi saat kemasannya sudah dibuka. Maka dari itu, beberapa produsen mengeluarkan produk berkemasan on the go.

Susu berkemasan sekali minum sangat praktis bepergian, misalnya sebagai bekal anak sekolah, rekreasi, maupun bekerja. Kemasan susu portion pack ini umumnya berukuran dari 150 mL, 200 mL. hingga 250 mL.

10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik

Setelah mengerti beberapa aspek penting dalam memilih produk, berikutnya akan kami sampaikan rekomendasi pilihan susu UHT untuk Anda. Selamat memilih!

1. Frisian Flag Purefarm Full Cream

Diperkaya dengan delapan vitamin dan tiga mineral yang baik untuk tubuh

Selain kesegaran susu murni, rasa gurih dan lezat dari susu UHT besutan Frisian Flag ini juga melekat di lidah. Produk ini diperkaya delapan vitamin (A, D3, B1, B2, B3, B5, B6, dan B12) serta tiga mineral (kalsium, fosfor, dan iodium) sebagai nutrisi baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Di samping menghilangkan dahaga, Frisian Flag Purefarm Full Cream merupakan booster semangat apabila dikonsumsi pagi hari. Pasalnya, zat makro berupa karbohidrat siap dikonversi tubuh sebagai sumber energi untuk memulai hari. Segar, nikmat, dan bergizi!

Jumlah kalori140 kkal per 225 mL
Kadar lemak7 g per 225 mL
Kadar gula11 g per 225 mL
RasaFull cream
Ukuran kemasan900 mL
Kisaran hargaRp15.700

2. Greenfields Skimmed Milk

Kandungan lemak 0,1% sangat bagus untuk menjaga berat badan

Greenfields mengeluarkan empat varian susu UHT. Dari keempat pilihan, kami rekomendasikan Anda untuk mencoba skimmed milk-nya. Susu skim dari Greenfields berasal dari susu segar yang kandungan lemaknya telah dikurangi hingga tersisa 0,1% saja.

Dengan kemasan karton literan, Greenfields Skimmed Milk dapat Anda konsumsi untuk satu keluarga. Menariknya lagi, produk ini disebutkan sanggup bertahan hingga 9 bulan, lho. Bila Anda berencana menjaga berat badan tanpa harus melupakan konsumsi susu, produk ini dapat menjadi pilihan ideal!

Jumlah kalori80 kkal per 225 mL
Kadar lemak0 g per 225 mL
Kadar gula12 g per 225 mL
RasaOrisinal
Ukuran kemasan1 L
Kisaran hargaRp17.900

3. Sanitarium So Good Almond Milk Unsweetened

Berbahan dasar almon yang lezat, rendah lemak, dan tinggi kalsium

Apakah Anda mempunyai alergi terhadap susu sapi? Jika demikian, Sanitarium menghadirkan So Good Almond Unsweetened yang diproduksi dari kacang almon yang dapat Anda jadikan pilihan. Produk ini tak sekadar bebas laktosa, tetapi juga bebas gluten, gula, pewarna buatan, perasa buatan, dan kolesterol.

Jaminan 98,5% fat free membuat susu ini aman diminum setiap hari tanpa khawatir menambah berat badan. Sementara, tingginya kalsium bermanfaat bagi tulang. Walau terbuat dari bahan nabati, susu ini dipastikan nikmat, terlebih bila dikonsumsi mandiri atau dicampurkan ke dalam sereal sarapan pagi Anda.

Jumlah kalori80 kkal per 250 mL
Kadar lemak0 g per 250 mL
Kadar gula12 g per 250 mL
RasaOrisinal
Ukuran kemasan1 L
Kisaran hargaRp48.500

4. Diamond Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium

Menggunakan kemasan aseptik yang menjamin susu tetap steril

Sesuai namanya, Diamond Susu UHT adalah produk susu berkadar lemak rendah dan tinggi akan kalsium. Dengan demikian, Anda yang sedang diet dapat mempertimbangkan susu berkemasan hijau ini.

Kemasan aseptik dan pemrosesan bersuhu sangat tinggi menjamin kesterilan produk. Selain aman dari bakteri, susu ini juga bebas pengawet. Dengan rutin meminumnya, tubuh Anda akan merasakan manfaat lebih berkat vitamin lengkap dan mineral yang tersimpan di dalamnya.

Jumlah kalori40 kkal per 100 mL
Kadar lemak1,25 g per 100 mL
Kadar gulaTidak disebutkan
RasaOrisinal
Ukuran kemasan1 L
Kisaran hargaRp14.500

5. Milklab Lactose Free Milk

Kesegarannya 100% berasal dari sapi perah Australia

Milklab Lactose Free Milk adalah susu yang didapat dari sapi perah asal Australia yang terkenal akan kesegarannya. Produk ini bebas laktosa sehingga dapat menjadi opsi bagi individu dengan intoleransi laktosa.

Bagi coffee addict, mencampur susu ini ke dalam secangkir espreso akan memberikan kekayaan rasa. Namun, tanpa dicampur kopi pun, susu ini tetap nikmat! Absennya pewarna, perasa, pengawet, dan tambahan gula menjadikan susu ini aman dikonsumsi jangka panjang.

Jumlah kalori160 kkal per 250 mL
Kadar lemak8,8 g per 250 mL
Kadar gula12 g per 250 mL
RasaOrisinal
Ukuran kemasan1 L
Kisaran hargaRp24.500

6. Nestle Bear Brand

Terbuat dari 100% susu murni yang telah melalui proses sterlisasi

Bear Brand produksi Nestle terbuat dari susu murni yang sudah disterilisasi serta bebas pengawet. Kemurnian susunya akan memberi dampak positif terhadap meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena tanpa bahan pengawet, Anda disarankan langsung menghabiskannya setelah kemasan dibuka. Kemasan kaleng on the go-nya sangat praktis untuk disimpan di dalam kulkas maupun dibawa bepergian.

Jumlah kalori120 kkal per 189 mL
Kadar lemak7 g per 189 mL
Kadar gulaTidak disebutkan
RasaOrisinal
Ukuran kemasan189 mL
Kisaran hargaRp8.500

7. V-Soy Original UHT

Mengandung protein kedelai tinggi dengan rasa manis yang pas

Saat bosan dengan rasa manis khas susu dairy, sesekali Anda dapat beralih mengonsumsi nondairy milk. V-Soy Original UHT diracik dari sari kacang kedelai pilihan yang selain bergizi tinggi, rasa manisnya pun tidak berlebihan.

Nilai protein 9 gram per sekali botolnya dapat Anda jadikan asupan protein tambahan sehari-hari. Satu lagi, kacang kedelai asal Kanada dari susu ini dipastikan bebas GMO, lho.

Jumlah kalori188 kkal per 250 mL
Kadar lemak8,5 g per 250 mL
Kadar gula15 g per 250 mL
RasaOrisinal
Ukuran kemasan1 L
Kisaran hargaRp29.218

8. Cimory Fresh Milk Banana

Terbuat dari susu sapi segar yang kaya manfaat bagi tubuh

Cimory dikenal akan susu sapi segar dengan berbagai pilihan rasanya. Salah satu rasa yang cukup laris di pasaran adalah rasa pisang. Bagi Anda penggemar pisang, Cimory Fresh Milk Banana patut dicantumkan ke dalam wishlist.

Susu segar ini menawarkan segudang manfaat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Selain enak, tekstur creamy susunya semakin membuat lidah Anda termanjakan setiap kali meminumnya.

Jumlah kalori220 kkal per 250 mL
Kadar lemak8 g per 250 mL
Kadar gula17 g per 250 mL
RasaPisang
Ukuran kemasan950 mL
Kisaran hargaRp22.000

9. Anlene Actifit UHT Cokelat

Kaya nutrisi untuk Anda yang aktif berkegiatan harian

Anlene Actifit UHT Cokelat berkomposisi rendah lemak, kolagen, serta vitamin dan mineral sangat pas untuk individu yang aktif. Ekstra kalsium dari susu ini mampu menjaga pembentukan dan kepadatan tulang. Sementara kolagennya akan bertugas memelihara kesehatan sendi Anda.

Di samping nutrisi esensial tersebut, terdapat pula protein yang akan memperbaiki jaringan tubuh secara menyeluruh. Belum usai, Anlene juga melengkapi susu ini dengan kebaikan vitamin B2 dan B6 sebagai pemelihara metabolisme energi sekaligus pembentukan jaringan otot.

Jumlah kalori120 kkal per 175 mL
Kadar lemak3 g per 175 mL
Kadar gula16 g per 175 mL
RasaCokelat
Ukuran kemasan175 mL
Kisaran hargaRp5.130

10. MilkLife Murni

Sumber: Blibli.com

Ideal untuk diminum langsung maupun dicampur ke dalam masakan Anda!

Produk ini tergolong unik karena susunya diklaim berasal dari sapi bahagia yang terpelihara secara ekstra. Berkat dedikasi The Milk People dalam merawat sapi ternaknya, kesegaran dan kemurnian susunya pun menjadi kelebihan dari setiap produk susu keluarannya ini.

Apalagi, pengawasan ekstra menjamin kualitas susu MilkLife selalu terjaga secara konsisten. Salah satu variannya ini, yakni MilkLife Murni, dapat Anda minum langsung atau yang jarang Anda temui dari produk lain, yaitu dapat pula diajdikan sebagai bahan dasar masakan Anda.

Jumlah kalori110 kkal per 200 mL
Kadar lemak6 g per 200 mL
Kadar gula4 g per 200 mL
RasaOrisinal (segar)
Ukuran kemasan200 mL
Kisaran hargaRp7.000

Tabel Perbandingan Susu UHT

ProdukFrisian Flag Purefarm Full CreamGreenfields Skimmed MilkSanitarium So Good Almond Milk UnsweetenedDiamond Susu UHT Rendah Lemak Tinggi KalsiumMilklab Lactose Free MilkNestle Bear BrandV-Soy Original UHTCimory Fresh Milk BananaAnlene Actifit UHT CokelatMilkLife Murni
Jumlah kalori140 kkal per 225 mL80 kkal per 225 mL80 kkal per 250 mL40 kkal per 100 mL160 kkal per 250 mL120 kkal per 189 mL188 kkal per 250 mL220 kkal per 250 mL120 kkal per 175 mL110 kkal per 200 mL
Kadar lemak7 g per 225 mL0 g per 225 mL0 g per 250 mL1,25 g per 100 mL8,8 g per 250 mL7 g per 189 mL8,5 g per 250 mL8 g per 250 mL3 g per 175 mL6 g per 200 mL
Kadar gula11 g per 225 mL12 g per 225 mL12 g per 250 mLTidak disebutkan12 g per 250 mLTidak disebutkan15 g per 250 mL17 g per 250 mL16 g per 175 mL4 g per 200 mL
RasaFull creamOrisinalOrisinalOrisinalOrisinalOrisinalOrisinalPisangCokelatOrisinal (segar)
Ukuran kemasan900 mL1 L1 L1 L1 L189 mL1 L950 mL175 mL200 mL
Kisaran hargaRp15.700Rp17.900Rp48.500Rp14.500Rp24.500Rp8.500Rp29.218Rp22.000Rp5.130Rp7.000
Periksa ketersediaan

Kesimpulan

Susu UHT bisa menjadi minuman penambah nutrisi untuk kesehatan tubuh Anda. Ada banyak merek susu UHT dengan berbagai kelebihannya sebagaimana yang telah tercantum pada list di atas. Ada yang bagus untuk diet, tulang, hingga produk yang lezat sebagai campuran kopi.

Sebelum memutuskan membeli, pastikan kesesuaiannya dengan tubuh Anda, entah dari ukuran, rasa, hingga kandungannya. Meski menyehatkan, total nutrisi pada setiap susu berbeda-beda. Oleh karenanya, pastikan Anda tetap mengontrol pengonsumsiannya.

Referensi

Ultra-high-temperature pasteurization
https://www.britannica.com/topic/ultra-high-temperature-pasteurization diakses pada 9 Januari 2021

Tips Memilih Susu UHT yang Aman untuk Anak
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3581081/tips-memilih-susu-uht-yang-aman-untuk-anak diakses pada 9 Januari 2021

Fresh milk or formula?
https://www.straitstimes.com/lifestyle/fresh-milk-or-formula diakses pada 9 Januari 2021

How to buy the best milk
https://www.cookinglight.com/eating-smart/smart-choices/how-buy-best-milk diakses pada 9 Januari 2021

Everything You Need to Know About Lactose Intolerance
https://www.healthline.com/health/lactose-intolerance diakses pada 9 Januari 2021

Mengenal Ragam Susu Nabati dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
https://tirto.id/mengenal-ragam-susu-nabati-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan-f7NU diakses pada 9 Januari 2021

Is Non-Refrigerated and Shelf-Stable Milk Bad for You?
https://www.shape.com/healthy-eating/healthy-drinks/non-refrigerated-milk diakses pada 9 Januari 2021

(Visited 200 times, 2 visits today)