Written by 01:26 Kosmetik & Kesehatan

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik

EOS Lip Balm

Bibir kering dan pecah dapat dialami siapa saja, termasuk Anda. Berbagai cara bisa ditempuh untuk mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut, seperti dengan penggunaan lip balmLip balm sendiri adalah produk perawatan yang dibuat khusus dengan kebutuhan untuk mengunci kelembapan alami pada bibir. Tapi pada sebagian kasus, lip balm justru menjadi penyebab utama terjadinya dehidrasi pada kulit bibir apabila sudah menguap.

Oleh karena itu, pemilihan lip balm dengan kualitas yang bagus menjadi kunci agar bibir kering tidak mengalami dehidrasi setelah diaplikasikan lip balm. Umumnya, lip balm dibekali dengan kandungan SPF dan vitamin E. Perlindungan terhadap sinar matahari yang diberikan akan mampu merawat bibir terbebas dari risiko kering dan pecah-pecah. Lip balm bisa digunakan sebelum menggunakan lipstik.

Pengetahuan Dasar tentang Lip Balm

Lip balm merupakan produk lip care yang secara umum difungsikan untuk melapisi bibir. Sebagaimana diketahui, kulit bibir tidak terdapat kelenjar minyak untuk mengatur kelembapan. Jadi, penggunaan lipstik sampai faktor lingkungan berisiko membuat bibir kering. Untuk mencegah kekeringan bibir, Anda dianjurkan menggunakan lip balm.

Di dalam sebuah lip balm terkandung bahan pelembap tinggi, misalnya shea butterlanolin, atau petroleum jelly/vaseline yang mampu mencegah water loss. Agar lip balm menempel lebih lama guna membentuk lapisan bibir, produsen biasa menambahkan wax ke dalam ingredient lip balm. Untuk lip balm berwarna, kandungan wax membantu menimbulkan kilau bak lip gloss atau intensitas warna seperti lipstick.

Selain mencegah bibir kering, beberapa lip balm diproduksi untuk tujuan pengobatan. Produk ini dinamakan medicated lip balm atau treatment lip balm, di mana lip balm kategori ini mengandung bahan aktif untuk menenangkan bibir iritasi sekaligus memperbaiki bibir kering dan pecah-pecah. Sejumlah lip balm juga terdapat kandungan SPF tinggi dan antioksidan seperti coenzyme Q10.

Apabila pada bibir Anda terdapat tanda-tanda penuaan semacam tekstur bibir bergaris, kini tersedia lip balm dengan anti-aging formulaLip balm tersebut mengandung kombinasi bahan, misalnya hyaluronic acid dan atelocollagen sebagai moisturizer, dan dipalmitoyl hydroxyproline untuk mengisi garis bibir yang tampak berkerut. Periksalah keterangan lip balm yang hendak Anda beli untuk mengetahui fungsi utamanya.

Cara Memilih Lip Balm

Poin-poin penting dalam memilih balm harus Anda ketahui agar memperoleh produk yang tepat. Memperhatikan apa saja kandungan sebuah lip balm memang kebutuhan vital, tetapi Anda juga perlu mengecek aspek lain seperti bentuk hingga tambahan fungsi yang dimiliki masing-masing produk. Jangan sampai salah pilih, berikut kami jelaskan apa saja hal-hal yang mesti Anda cek saat membeli lip balm!

Untuk Treatment atau Kosmetik? Pilih Tipe berdasarkan Kebutuhan Bibir Anda

Lip balm sangat bagus untuk merawat bibir dari kekeringan. Namun, bahan-bahan yang tersimpan di dalam sebuah produk memainkan peranan berbeda-beda. Hal ini menjadikan lip balm terbagi dalam dua kategori, yakni lip balm untuk kosmetik dan lip balm untuk treatment.

Lip balm untuk kosmetik adalah produk untuk menjaga kelembapan bibir sekaligus memberikan rona lembut atau tampilan kilau pada area bibir. Beberapa lip balm kosmetik ada juga yang bening, sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengaplikasikan lipstick andalan sehabis memakai lip balm.

Sementara itu, lip balm untuk fungsi treatment lebih condong ke tujuan pengobatan. Produk ini mudah dikenali dengan label “medicated” pada kemasannya. Bagi Anda yang bermasalah dengan bibir kering disertai pecah-pecah, gunakanlah medicated lip balm untuk mengobati bibir sekaligus melembapkannya.

Pilih yang Bahan Pelembapnya Terserap Baik ke Dalam Bibir

Ketika memilih lip balm, jangan sampai Anda mudah tergoda dengan klaim produk. Bacalah bagian belakang kemasan untuk mengecek komposisinya. Lip balm yang bagus seharusnya mengandung bahan yang tak hanya menciptakan lapisan pelindung bibir, tetapi mampu terpenetrasi dengan baik ke lapisan dalam bibir Anda.

Kami sarankan Anda memilih lip balm yang komponen pelembapnya berasal dari bahan alami. Produsen sering mengandalkan beeswax untuk membuat skin barrier pada permukaan bibir agar kelembapannya bertahan lebih lama. Selain beeswax, Anda akan menemukan moisturizer agent lain, contohnya shea butterjojoba oilglycerin, dan beberapa juga mencantumkan bahan aktif seperti thermal waterbisabolol atau calendula untuk memberi efek soothing lips.

Pilih Lip Balm dengan UV Protection untuk Anda yang Aktif di Luar Ruangan

Jika Anda bermaksud pergi ke pantai atau melakukan aktivitas siang hari di luar ruangan, pastikan lip balm yang Anda gunakan tak hanya bertugas menahan kelembapan bibir, melainkan juga diperkaya agen proteksi sinar UV. Adanya UV protection agent membantu bibir lebih terlindungi dari pecah-pecah, keretakan, dan bahkan pengelupasan akibat reaksi buruk sinar UV.

Selain tidak mempunyai kelenjar minyak, bibir manusia juga tidak mampu memproduksi melanin sebagai perlindungan reaktif terhadap matahari. Makanya, kami sangat menyarankan Anda memilih lip balm berkandungan SPF bilamana Anda lebih sering bergerak di bawah teriknya sinar ultraviolet.

Pilih Tinted Lip Balm yang Sekaligus Meronakan Bibir

Dewasa ini, lip balm tak hanya melembutkan bibir. Sejumlah merek mulai mengeluarkan lip balm khusus dengan tambahan warna yang tampak natural saat menyatu di bibir. Buat Anda yang ingin absen menggunakan lipstick, namun tetap berharap tampilan bibir sedikit merona, tinted lip balm jawabannya!

Tinted lip balm menawarkan bermacam varian warna. Tingkat kekuatan warna boleh jadi berbeda-beda di antara masing-masing produk. Anda harus sesuaikan intensitas warna berdasarkan keperluan. Supaya tidak kecewa, pastikan warna lip balm tidak mudah luntur atau transfer saat makan dan minum. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mengecek review produk dari pengguna lain.

Pilih Bentuk Lip Balm yang Paling Nyaman

Jika sebelumya umum dijumpai lip balm dalam pot atau kaleng, sekarang Anda bisa memilih lip balm yang dikemas berbentuk pop ball atau stickLip butter berkemasan jar, pot, atau kaleng menjadi bentuk yang populer di pasaran. Namun, beberapa pengguna mulai tidak nyaman karena bentuk kemasan seperti itu dianggap kurang higienis.

Apabila Anda ingin mencoba bentuk lip balm baru, cobalah produk berkemasan pop ball atau stickLip balm berbentuk pop ball sangat praktis digunakan, bentuknya pun lucu-lucu sehingga banyak dipilih oleh kawula muda. Lip balm stick juga tidak kalah praktis, bahkan Anda bisa lebih presisi setiap kali memulas permukaan bibir.

Komposisi Bahan yang Perlu Anda Waspadai

Kulit bibir yang tipis cukup sensitif mengharuskan Anda cermat memilih produk. Kembali diingatkan lagi, bacalah selalu apa saja komposisi yang terkandung pada sebuah lip balm. Sebaiknya hindari produk yang di dalamnya terdapat alkohol karena memicu bibir kering, serta bahan sintetis seperti pewarna dan pewangi yang dapat membuat bibir iritasi.

Camphor dan menthol yang memungkinkan bibir terasa sensasi dingin sebaiknya Anda hindari. Waspada juga dengan lip balm yang menggunakan petroleum jelly atau vaseline karena berdampak pada kurangnya asupan oksigen yang diterima kulit bibir. Kemudian, jauhilah lip balm berkandungan paraben dan bahan pengawet sebab khawatir tertelan dan memengaruhi produksi hormon.

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik

Apabila saat ini Anda membutuhkan sebuah lip balm, berikut ini kami pilihkan beberapa produk terbaik yang bisa Anda gunakan. Lip balm yang akan kami bagikan berikut ini bisa dipakai untuk pria dan wanita.

1. Tony Moly Mini Berry Lip Balm

Aroma wangi dari ekstrak buah-buahan segar

Tony Moly sebagai brand kecantikan asal Korea mengeluarkan lip balm yang tersedia dalam dua pilihan warna dan bentuk kemasan berbeda, yaitu Cherry dan Blueberry. Sama seperti namanya, lip balm merek Tony Moly ini mengandung bahan utama ekstraksi buah-buahan berry yang menawarkan properti untuk melembapkan bibir.

Warna alami yang dimiliki Tony Moly Mini Berry Lip Balm tidak akan membahayakan bibir Anda, bahkan jika sampai termakan sekalipun. Selain memberikan warna yang cantik, lip balm ini punya aroma cukup wangi seperti buah-buahan. Tenang saja, wangi fruity yang diciptakan tidak menyengat sehingga nyaman dan nikmat ketika terhirup.

Fungsi Kosmetik
Bahan pelembap Shea butter, witch hazel
Mengandung UV protection ✔ | SPF 15
Berwarna atau bening? Berwarna
Bentuk Ball
Ukuran 7 g
Kisaran harga Rp139.000

2. MAC Tendertalk Lip Balm

Setiap warna mampu menyesuaikan mood para penggunanya

Pada peluncuran pertamanya, MAC Tendertalk Lip Balm berhasil menyedot perhatian banyak beauty enthusiast. Hal tersebut dikarenakan MAC Cosmetics menyatakan produk ini bukan hanya melembapkan bibir, tetapi bisa berubah warna sesuai suasan hati pengguna. Keren, bukan? Disebut-sebut sebagai “smart lip conditioner”, MAC Tendertalk Lip Balm tersedia dalam 5 pilihan warna berbeda yang masing-masing bisa menyesuaikan kondisi kulit dan mood Anda.

Hanya dengan satu dua kali pulasan, lip balm terbaik dari MAC Cosmetics seketika mengunci kelembapan bibir sangat baik. Alhasil, bibir terasa kering tak lagi menjadi momok. Melalui produk ini pula, MAC Cosmetics berhasil membawa kembali tren kecantikan yang pernah hits era 90-an. Ketika itu, para wanita sangat antusias dengan produk kosmetik yang bisa berubah warna sesuai kondisi tubuh. Pada saat itu juga, banyak lip balm yang dikemas dengan bentuk unik dan cantik dengan sentuhan hologram.

Fungsi Kosmetik
Bahan pelembap Synthetic wax, beeswax, ethylhexylglycerin, caprylyl glycol, tocopherol acetate
Mengandung UV protection
Berwarna atau bening? Berwarna
Bentuk Stick
Ukuran 3 g
Kisaran harga Rp210.000

3. L’Occitane Shea Butter Ultra Rich Lip Balm

Lembapkan bibir kering dengan komponen 10% shea butter

L’occitane menghadirkan produk lip balm terbaik yang dibekali 10% kandungan shea butter. Shea butter bukan hanya bertugas mengunci kelembapan berjam-jam, melainkan juga mampu menutrisi dan melindungi bibir Anda yang kering. Bersama produk ini, L’occitane mengklaim hasil akhir perawatan berupa bibir yang kenyal dan lembut.

Konsentrasi shea butter tinggi dari L’occitane Shea Butter Ultra Rich Lip Balm akan mendukung proses regenerasi kulit pada bibir Anda, terutama yang rentan  terhadap kering dan pecah. Bagi Anda yang punya masalah dengan bibir mudah kering, disarankan untuk mengaplikasikan lip balm dari L’occitane ini beberapa saat sebelum mengenakan lipstik. Dengan begitu, Anda akan bisa tampil lebih percaya diri dengan warna bibir merona lipstik yang disertai bibir lembap sepanjang hari.

Fungsi Treatment
Bahan pelembap Shea butter, vegetable oil, castor oil, sunflower oil, beeswax
Mengandung UV protection
Berwarna atau bening? Bening
Bentuk Tube
Ukuran 12 mL
Kisaran harga Rp175.000

4. Burt’s Bees Tinted Lip Balm

Hasil akhir semi-glossy yang menambah kesan seksi di bibir Anda

Ini adalah salah satu lip balm untuk bibir pecah-pecah yang bisa memberikan warna namun tidak terlalu mencolok. Tekstur dari Burt’s Bees Tinted Lip Balm sedikit glossy dan tidak sticky sehingga hanya dengan sekali pulasan sudah terlihat hasilnya menyebar ke seluruh permukaan bibir. Bagi Anda yang tidak suka tampilan bibir bervolume atau tebal, lip balm dari Burt’s Bees ini bisa dijadikan pilihan!

Untuk pemilik bibir super kering dan mudah gatal akibat alergi, Burt’s Bees Tinted Lip Balm menjaga kondisi terbaik bibir Anda, terlebih jika digunakan rutin. Anda bisa memakainya di malam hari sebelum tidur untuk memperoleh perubahan terhadap bibir yang alergi. Hasil akhir yang diberikan lip balm ini cenderung berminyak, tapi tidak membuat bibir seperti habis makan gorengan.

Fungsi Treatment
Bahan pelembap Shea butter, coconut oil, vegetable oil, beeswax, olive oil, sunflower oil, castor oil, lanolin, dll
Mengandung UV protection
Berwarna atau bening? Berwarna
Bentuk Stick
Ukuran 4,25 g
Kisaran harga Rp85.500

5. Maybelline Baby Lips Moisturizing Lip Balm

Mampu menghilangkan garis-garis halus pada bibir

Jika Anda bertanya merek lip balm apa yang paling laris di Indonesia, mungkin Maybelline Baby Lips Moisturizing Lip Balm ini salah satunya. Dijual dengan harga kurang dari 100 ribu, lip balm terkenal dari Maybelline ini menjadi pilihan banyak orang Indonesia. Selain mudah ditemukan, lip balm ini menawarkan kenyamanan yang dihasilkan dari aroma wangi yang tidak menyengat di hidung serta tekstur lembut dan kenyal pada bibir.

Maybelline Baby Lips Moisturizing Lip Balm sangat cocok digunakan oleh kalangan remaja. Maybelline mengklaim setiap pengguna akan memperoleh hasil bibir sehat dan lembap hingga delapan jam dengan produk ini. Di dalamnya tersedia centella essence dan SPF 20 yang berkombinasi menjadikan bibir lembap dan terbebas dari efek buruk sinar ultraviolet.

Fungsi Kosmetik
Bahan pelembap Shea butter, candelilla wax
Mengandung UV protection ✔ | SPF 20
Berwarna atau bening? Berwarna
Bentuk Stick
Ukuran 4,4 g
Kisaran harga Rp79.000

6. EOS Lip Balm

Selain banyak menawarkan varian rasa, ada kandungan SPF-nya juga!

Butuh lip balm yang aman untuk ibu hamil? Coba EOS Lip Balm! Tidak mengandung paraben dan terbuat dari bahan organik adalah karakteristik utama lip balm ini. Dikemas dalam bentuk pop ball, produk ini mudah digulirkan ke permukaan bibir. EOS Lip Balm menggunakan 95% bahan organik tanpa disertai zat aditif gluten, phthalate, dan petrolatum yang berbahaya bagi kulit bibir.

Tersedia dalam banyak varian, seperti Vanilla Mint, Coconut Milk, Strawberry Sorbet, Summer Fruit, Pomegranate Raspberry, dan masih banyak lagi. Dikarenakan terbuat dari bahan-bahan alami terutama buah-buahan, jadi aroma yang dihasilkan percis seperti buah segar.

Fungsi Kosmetik dan treatment, tergantung varian
Bahan pelembap Beeswax, olive oil, coconut oil, jojoba oil, shea butter, pomegranate oil, dll
Mengandung UV protection Beberapa varian mengandung SPF 15
Berwarna atau bening? Berwarna dan bening, tergantung varian
Bentuk Ball
Ukuran 7 g
Kisaran harga Rp69.000

7. Blistex Medicated Lip Balm

Ampuh mengembalikan kesehatan bibir kering dan pecah-pecah

Seharian duduk di ruangan ber-AC dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, untuk menunjang aktivitas, Anda bisa mengandalkan Blistex Medicated Lip Balm. Produk perawatan bibir ini diformulasikan untuk menawarkan efek lembap dan pengobatan yang langsung terasa ketika Anda menjalani rutinitas.

Teknologi Lip Medex-nya mampu mengembalikan level paling sehat bibir disertai dengan penyeimbangan kelembapan. Jika Anda menyukai lip balm yang tidak berminyak, Blistex Medicated Lip Balm adalah pilihan yang pas. Formula ringan dimiliki oleh lip balm ini, menjadikannya nyaman saat menempel di area bibir.

Fungsi Treatment
Bahan pelembap Beeswax, cetyl alcohol, cetyl palmitate, lanolin, lanolin oil, petrolatum
Mengandung UV protection ✔ | SPF 15
Berwarna atau bening? Bening
Bentuk Stick
Ukuran 3 lip balm @4,25 g
Kisaran harga Rp145.000 (value pack)

8. Innisfree Canola Honey Lip Balm

Warna merah muda terpancar memberi sentuhan fresh nan elegan

Lip balm sekaligus lip tint dari Innisfree ini diciptakan untuk memberi perawatan bibir kering serta menambah pesona lewat warna indah yang terpancar. Innisfree mengeluarkan dua pilihan warna terang, yakni coral dan merah muda yang tidak mencolok ketika digunakan.

Dengan dua pilihan warna tersebut, Anda bukan hanya merasakan efek melembapkan bibir yang kering, melainkan secara bersamaan bibir terlihat mempesona dengan warna lembutnya. Namun, untuk Anda yang mengalami bibir luka, eksim, dan alergi kulit lainnya, sebaiknya tidak memakai produk ini.

Fungsi Kosmetik
Bahan pelembap Honey extract, glyceryl caprylate, diisostearyl malate, sweet almond oil, aluminum hydroxide, candelilla wax
Mengandung UV protection
Berwarna atau bening? Berwarna
Bentuk Stick
Ukuran 3,5 g
Kisaran harga Rp73.000

9. Sebamed Lip Defense SPF 30

Lip balm tanpa warna untuk kesan apa adanya

Radikal bebas dapat menurunkan kesehatan bibir. Untuk mencegahnya, Anda bisa menerapkan lip balm Sebamed satu ini. Diformulasikan bersama bahan aktif alami jojoba oil dan vitamin E, produk ini melindungi bibir dari efek buruk radikal bebas. Lip balm yang dikemas sederhana ini menjadikannya praktis dibawa.

Bicara soal tekstur, Sebamed Lip Care SPF 30 nyaman di bibir tanpa greasy. Sebamed menyertakan kandungan SPF, serta tanpa tambahan warna. Selain itu, lip balm ini mengandung pewangi alami yang hanya tercium pada ujung stick balm-nya. Jadi saat diaplikasikan ke bibir, aromanya akan tertinggal. Bebas iritasi!

Fungsi Treatment
Bahan pelembap Jojoba oil, rice bran oil, castor oil, rapeseed sterols, squalene, bisabolol, lecithin, candelilla wax, beeswax
Mengandung UV protection ✔ | SPF 30
Berwarna atau bening? Bening
Bentuk Stick
Ukuran 4,8 g
Kisaran harga Rp74.500

10. Egyptian Magic Cream

Produk pilihan selebriti-selebriti kelas dunia

Karena kandungannya 100% dari bahan-bahan yang aman, produk ini tidak menimbulkan efek-efek negatif bagi bibir. Egyptian Magic Cream sudah menjadi rahasia kulit indah dan mulus para selebriti Hollywood. Produk ini melibatkan 6 kandungan utama, yaitu minyak zaitun, beeswax, bee pollen, royal jelly, honey, dan bee propolis.

Anda bisa memakai produk ini sebagai lip balm, maupun untuk merawat area kulit kering di bagian tubuh lain. Egyptian Magic Cream dibuat tanpa zat aditif, bebas bahan pengawet, free-fragrance, dan tidak berbahan kimia serta paraben-free, sehingga aman untuk kulit sensitif sekalipun. Tekstur creamy-nya mampu menyerap baik ke kulit bibir.

Fungsi Treatment
Bahan pelembap Olive oil, beeswax, honey extract, bee pollen, royal jelly, bee propolis
Mengandung UV protection
Berwarna atau bening? Bening
Bentuk Jar
Ukuran 118 mL
Kisaran harga Rp649.000

Lihat juga rekomendasi produk untuk bibir terbaik lainnya di sini!

Lip balm yang menampilkan warna-warna indah akan mempercantik bibir Anda. Gunakanlah lip balm berwarna bila Anda menyukai kesan muda atau ingin tampil lebih memukau saat berkegiatan.

Biasanya. lip balm menjadi produk yang diaplikasikan pertama sebelum pemulasan lipstik. Anda juga bisa memperoleh kelembapan, warna, dan rona bibir menawan dengan lip tint, lip gloss, atau lip serum. Temukan produk terbaiknya di sini!

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik
10 Rekomendasi Lip Balm Berwarna Terbaik
10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik
10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik
10 Rekomendasi Lip Gloss Terbaik
10 Rekomendasi Serum Bibir Terbaik

Kesimpulan

Sebagai produk yang dipakai secara topikal, lip balm yang digunakan harus berlabel aman agar cocok ke semua kondisi bibir, terutama yang kerap mengalami kering dan pecah-pecah. Sedangkan lip balm yang dicampur bahan pewarna, perisa, fragrance, atau glitter lebih cocok untuk bibir yang tidak sensitif karena tujuan utamanya bukan hanya untuk melembapkan, tetapi juga menjadikan bibir terlihat mengkilap dan mempesona.

(Visited 36.553 times, 50 visits today)